3 Cara Mengecilkan Suara Alarm Token Listrik

Sanra Hutagalung

Cara mengecilkan suara alarm token listrik bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Melihat semua hal sudah sangat mudah dilakukan di era digital yang semakin maju ini.

Tekan listrik adalah alat pembayaran yang digunakan untuk membeli listrik prabayar. Ketika jumlah kWh listrik yang tersedia di dalam token hampir habis, alarm pada token listrik akan berbunyi.

Bunyi alarm token listrik prabayar tersebut sebagai pengingat pada pengguna agar dapat mengisi ulang kembali token listrik.

Namun terkadang suara alarm yang terlalu keras dapat mengganggu ketenangan dan kenyemanan pengguna atau tetangga di sekitar. Oleh karena itu, beberapa pengguna kemungkinan ingin mengecilkan suara alarm pada token listrik.

Untuk mendapatkan langkah-langkah cara mengecilkan suara alarm token listrik, simak penjelasan dibawah ini!

Sekilas Tentang alarm Token Listrik

Suara token listrik biasanya berupa bunyi sirine yang khas dan sangat mudah dikenali. Bunyi alarm tersebut akan aktif ketika token listrik sudah hampir habis.

Secara umum, meteran listrik prabayar memiliki dua lampu indikator, yaitu hijau dan merah. Hijau menunjukkan bahwa pulsa listrik masih mencukupi. Sedangkan warna merah menunjukkan bahwa pulsa listrik sudah mencapai batas minimal.

Suara alarm token listrik berbeda-beda, tergantung pada merk dan modelnya. Namun pada umumnya memiliki colume yang cukup keras dan berulang-ulang untuk memperingati pengguna.

alarm token listrik juga tidak akan berhenti mengeluarkan bunyi, apabila pengguna tidak melakukan isi ulang pulsa token listrik. Untuk informasi selengkapnya terkait cara mengecilkan suara alarm token listrik, simak penjelas dibawah ini.

Penyebab alarm Token Listrik Bunyi

Ada beberapa penyebab alarm token listrik bunyi, salah satunya yang paling umum diketahui yaitu pulsa token di bawah 20 kWH. Selain itu, ada penyebab lain yang menjadikan alarm token listrik mengeluarkan bunyi, berikut penjelasannya dibawah ini.

Penyebab Keterangan 
Pulsa dibawah 20 kWh alarm pada token listrik akan berbunyi ketika jumlah kWh listrik dibawah 20 kWh. Agar alarm tidak berbunyi, pengguna harus mengisi ulang token listrik.
Meteran Listrik Error Jika terdapat kerusakan pada alat meteran listrik, seperti sensor yang tidak bekerja dengan benar, akan menyebabkan alarm token listrik bunyi.
Arus Listrik Terlalu Tinggi Apabila alat meteran listrik mendeteksi arus listrik terlalu tinggi, maka meteran akan mengeluarkan bunyi alarm token listrik sebagai tanpa bahaya.

Cara Kerja KWH Meteran Digital

Sebelum ke pembahasan inti terkait cara mengecilkan suara alarm token listrik, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja KWH Meteran Digital.

KWH meteran atau meteran digital adalah jenis meteran listrik yang menggunakan token atau pulsa dan biasanya disebut sebagai prabayar.

Cara Kerja KWH Meteran Digital
Cara Kerja KWH Meteran Digital

Di dalam sebuah kWh meteran digital terdapat mikrochip dan sensor yang sangat berperan pada proses penginputan token listrik dan berperan dalam menghitung daya listrik yang digunakan.

Ktika pengguna memasukkan kode token listrik prabayar, maka mikrochip akan membaca dan memverifikasi apakah token yang dimasukkan benar atau salah. Apabila token ID benar maka pulsa akan bertambah, jika salah maka kWh meteran akan menunjukkan keterangan gagal.

Ktika melakukan proses ini, maka angka token listrik prabayar yang dimasukkan merupakan input analog dan setelah itu mikrochip akan memproses.

Atau sebaliknya, jika benar input analog akan diubah menjadi output digitak berupa nominal daya listrik yang dibeli dan ditampilkan pada layar LCD.

Cara Mengecilkan Suara alarm Token Listrik

Meteran listrik prabayar akan berbunyi apabila token atau daya akan habis. Agar tidak terlalu terganggu dengan bunyi yang telah keluar dari meteran listrik sebaiknya cara mengecilkan volume suara alarm token listrik tersebut.

Cara Mengecilkan Suara alarm Token Listrik
Cara Mengecilkan Suara alarm Token Listrik

Untuk cara mengecilkan suara alarm token listrik pada meteran listrik prabayar, kamu harus melakukan beberapa langkah terlebih dahulu, yakni diantaranya sebagai berikut.

Tekan Sembarangan Tombol

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan menekan sembarangan tombol pada meteran listrik prabayar, Hal tersebut dilakukan untuk mengaktifkan tampilan layar pada meteran token.

Masukkan kode 456

Langkah kedua, masukkan kode 456 dan nomor batas minimal daya token listrik mengeluarkan suara alam. Contoh : 45605. Artinya batas minimal daya token listrik mengeluarkan suara alam di 5 kWH.

Tekan Enter

Apabila semua pengaturan untuk cara mengecilkan suara alarm token listrik sudah sesuai dengan yang diharapkan. Tekan enter untuk menetapkan setelan yang telah dibuat sebelumnya. Maka suara alarm token listrik akan berbunyi ketika daya listrik sisa 5 kWH.

Apabila Token Listrik Prabayar habis, kamu bisa mengisi ulangnya melalui aplikasi Mocipay dengan harga termurah dan promo potongan harga setiap harinya.

Batas Minimal dan Maksimal kWh Meteran Token Listrik

Apabila cara mengecilkan suara alarm token listrik berhasil dilakukan, kamu juga harus tahu berapa batas minimal dan maksimal kWh meteran token listrik. Hal ini bertujuan ketika ingin mengubah settingan kWh tidak terjadi kesalahan dan berhasil dilakukan.

Batas minimal kWh yang bisa diatur yaitu 5 kWh dan maksimal 9 kWh. Contohnya pengguna memasukkan kode 45603 dengan tujuan mengubah batas minimal menjadi 3 kWh.

Dapat dipastikan meteran tidak akan memproses kode perintah yang telah dimasukkan. Apabila dilakukan cek ulang dengan kode 79 maka hasilnya akan seperti semula atau tidak berubah.

Sama halnya jika pengguna ingin mengubah dengan batas lebih dari 9 kWh, dapat dipastikan meteran tidak akan bisa memproses kode perintah yang telah dimasukkan.

Bagaimana Cara Mematikan alarm Token Listrik?

Secara umum alarm token listrik prabayar tidak bisa dimatikan, namun beberapa pengguna memilih mematikan alarm token listrik agar tidak mengganggu aktivitas yang sedang dikerjakan.

Meskipun cara mengecilkan suara alarm token listrik tersebut sudah dilakukan, tetapi pengguna masih tetap merasa terganggu.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Masukkan kode 812 pada meteran listrik prabayar.
  • Tekan Enter atau Accept.
  • Secara otomatis alarm akan berhenti mengeluarkan bunyi.

Pastikan cara ini kamu gunakan hanya sementara saja, karena secara umum alarm token listrik prabayar tidak bisa dimatikan agar setiap pengguna mengetahui jika pulsa token listrik sudah hampir habis dan harus diisi.

Mengubah Bunyi Token Listrik

Selain megecilkan suara alarm, kamu juga dapat mengubah bunyi token listrik prabayar selama 3-5 menit loh, yaitu dengan cara mengubah waktu tunda atau jeda alarm meteran listrik.

Adapun langkah-langkah untuk mengubah bunyi token listrik yang dapat kamu coba, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Masukkan kode 123xyz dan tekan Enter.
  • Ganti kode xyz dalam satuan menit. Misalnya mengubah settingan alarm selama 6 jam atau 360 menit. Contohnya yaitu 1233360.
  • Apabila berhasil, secara otomatis bunyi token listrik akan akan berubah.

Artikel Menarik Lainnya : Batas Minimal Token Listrik Mati Yang Wajib Diperhatikan!

Kesimpulan

Cara Mengecilkan Suara Alarm Token Listrik
Cara Mengecilkan Suara Alarm Token Listrik

Demikian cara mengecilkan suara alarm token listrik yang bisa kamu coba apabila merasa terganggu ketika sedang beraktivitas di dalam rumah.

Namun perlu dikeahui bahwa setiap merek dan tipe token listrik memiliki cara yang berbeda untuk menyesuaikan suara alarm. Oleh karena itu penting untuk membaca petunjuk pengguna dengan seksama.

Jika sudah melakukan setiap langkah diatas tetapi tidak ada perubahan sama sekali, sebaiknya berkonsultasi dengan agen listrik terdekat untuk mendapatkan informasi yang lebih lanjut tentang cara mengecilkan alarm token listrik.

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay