Batas Minimal Token Listrik Mati Yang Wajib Diperhatikan!

Sanra Hutagalung

Batas Minimal Token Listrik Mati merupakan hal yang wajib diketahui oleh pelanggan listrik prabayar. Agar pengguna dapat mengisi ulang token listrik kembali sebelum alaram berbunyi dan lampu padam.

Pada umumnya, batas minimal token listrik mati ini ini ditetapkan oleh perusahaan listrik untuk memastikan bahwa pelanggan selalu memiliki akses ke listrik dalam keadaan darurat, seperti saat pemadaman listrik.

Selain itu batas minimal token listrik mati ini untuk memastikan bahwa masih ada jumlah minimal token  listrik yang harus tetap tersedia untuk digunakan.

Bagi pelanggan listrik prabayar, kebijakan ini dapat membantu menghindari terjadinya pemadaman listrik ketika token listrik sudah melewati batas minimal pengisian.

Apa Itu Token Listrik?

Token listrik bentuk voucher atau kode unik yang digunakan untuk membeli kredit listrik prabayar pada meteran KWH listrik prabayar. Umumnya, token listrik berjumlah 20 digit angka unik. Apabila salah input, maka layanan listrik tidak bisa difungsikan atau digunakan.

Token listrik bisa dibeli melalui berbagai saluran, seperti toko-toko atau agen penjualan listrik prabayar, mesin ATM, aplikasi mobile banking atau situs web penyedia layanan pembayaran listrik prabayar.

Apa Itu Limit KWH?

Limit KwH adalah batasan maksimum penggunaan token listrik PLN. Umumnya limit ini hanya 720 jam per bulannya. Untuk menghitung batas maksimal penggunaannya, berikut rumus yang bisa kamu gunakan :

Rumus Menghitung Batas Penggunaan Token

Contohnya saja :

1. Limit KWH 450

KWH 450 biasanya berhubungan dengan program subsidi listrik yang disediakan oleh pemerintah. Program subsidi listrik ini biasanya ditujukan untuk meringankan beban biaya listrik bagi masyarakat lurang mampu.

Jika ingin mengetahui berapa biaya token yang dibutuhkan serta batasan kwh listrik 450 pascabayar, berikut cara menghitungnya.

  • Batas Maksimum KWH = 720 jam x (450/1000) = 324 KWH
  • Harga Maksimum Pembelian  = 324 KWH x Rp 415 = Rp 134.460

2. Limit KWH 900

KWH 900 daya lisrik yang paling umum dan banyak digunakan oleh masyarakat, karena kualitas cahaya lebih bagus dan mutu kabel yang tinggi. Untuk menghitung nilai pembelian token KWH 900, berikut caranya.

  • Batas Maksimum KWH = 720 jam x (900/1000) = 648 KWH
  • Harga Maksimum Pembelian  = 648 KWH x Rp 1.352 = Rp 876.096

3. Limit KWH 1.300

KWH 1.300 biasanya program ini digunakan untuk masyarakat kelas menengah. Berikut rumus menghitung nilai pembelian token untuk KWH 1.300 dibawah ini.

  • Batas Maksimum KWH = 720 jam x (1.300/1000) = 936 KWH
  • Harga Maksimum Pembelian  = 936 KWH x Rp 1.444.70 = Rp 1.352.239

4. Limit Token Sesuai Daya

Ternyata limit token listrik juga ada yang ditentukan oleh daya listrik. Nah, untuk menentukan limit atau batasan ini, juga memerlukan rumus. Berikut rumus untuk menghitung limit token listrik sesuai daya :

  • 450 VA = 324 KWH atau Rp 134.460
  • 900 VA = 648 KWH atau Rp 876.096

Batas Minimal Token Listrik Mati

Biasanya batas minimal token listrik mati jika jumlah token sudah berada di bawah nomor KWH minimal yang tercatat di meteran masing-masing. Selain itu, batas minimal token listrik mati apabila sudah melewati 720 jam per bulan.

Nah apabila kedua tanda ini terjadi, secara otomatis alaram meteran akan berbunyi dengan sendirinya. Hal ini menandakan bahwa token listrik hampir habis dan harus segera diisi ulang.

Jadi perhatikan batas minimal token listrik mati sebelum kehabisan total. Sebaiknya  mengisi ulang token listrik sebelum alaram meteran berbunyi atau lampu indikator meteran sampai berganti menjadi warna merah.

Token Listrik Bunyi Tahan Berapa Lama?

Meteran listrik memiliki alaram yang akan berbunyi ketika sisa pulsa token sudah mau habis. Alaram tersebut sebagai penanda untuk pengguna agar mengisi ulang token lagi.

Apabila alaram berbunyi, kWh meteran listrik biasanya sudah menunjukkan angka 25 kWh. Dengan arus listrik 25 kWh kamu bisa menggunakan listrik dalam jangka waktu 2-3 hari tergantung pemakian.

Namun untuk mencegah keterbatasan penggunaan listrik dirumah, sebaiknya mengisi token listrik saja. Selain itu, bunyi alaram yang disebabkan oleh habisnya token tidak membuat kamu terganggu dan merasa risih.

Bagaimana Cara Mematikan Alaram Token Listrik?

Apabila batas minimal token listrik mati akan ditandai dengan bunyinya alaram terlebih dahulu. Hal tersebut akan membuat kamu merasa malu, karena bunyi alaram yang begitu kuat.

Namun untuk mematikan alaram token listrik memerlukan kode tertentu. Untuk lebih lanjut, berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam mematikan alaram token listrik :

  • Cek meteran listrik yang alaramnya sedang berbunyi.
  • Masukkan kode 812 pada meteran listrik dan tekan tombol ENTER.
  • Maka alaram token listrik berhasil dimasukan.

Untuk informasi tambahan, metode mematikan alaram ini memiliki durasi yang berbeda tiap merek meteran listrik yang digunakan. Biasanya kode ini juga hanya mampu menunda alaram agar tidak berbunyi selama 10-20 menit saja.

Cara Mengubah Batas Minimal Sisa Daya di Meteran Listrik

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi bunti alaram token listrik setelah batas minimal token listrik mati yaitu dengan mengubah batas minimal sisa dayanya.

PLN menerapkan batasan standar minimum sisa daya yaitu 20 kWh. Apabila kuota listrik sudah mencapai angka tersebut, secara otomatis alaram akan berbunyi. Biasanya, kuota 20 kWh cukup untuk digunakan selama 2 hingga 3 hari saja.

Adapun cara untuk mengubah batas minimal sisa daya di meteran listrik prabayar, ikuti langkah-langah berikut ini.

Mengubah Batas Minimal Sisa Daya di Meteran Listrik.
  • Tentukan batas minimal kWh yang diinginkan terlebih dahulu. Contohnya 10 kWh.
  • Masukkan kode 456 beserta batas minimal kwh yang diinginkan, yaitu 10 kWh. Misalnya : 45610.
  • Tekan tombol ENTER.
  • Maka batas minimal sisa daya di meteran akan berubah.

Cara Isi Ulang Token di Aplikasi Mocipay

Dalam pengisian token listrik terdapat nominal pembelian yang telah ditentukan langsung dari pihak PLN. Sistem ini diterapkan dengan segala kemudahan yang bisa dirasakan langsung oleh pelanggan PLN. Jadi kamu tidak perlu mempertanyakan lagi untuk nominal pembelian token listrik kepada petugas PLN.

Berikut adalah nominal pengisian token dan jumlah kWh listrik prabayar yang bisa kamu beli, diantaranya :

Nominal Jumlah kWh
1.000.000 659,7 kWh
500.000 328,9 kWh
250.000 132.3 kWh
100.000 66,2 kWh
50.000 33.1 kWh
20.000 13,2 kWh

Sebelum melakukan pembelian token listrik di aplikasi Mocipay, pastikan kamu memiliki saldo yang cukup. Karena untuk membeli produk di aplikasi ini, pengguna harus mengisi saldo akunnya terlebih dahulu.

Hal tersebut akan memudahkan transaksi setiap pengguna untuk membeli produk yang tersedia di aplikasi Mocipay. Adapun cara membeli token listrik prbayar menggunakan aplikasi Mocipay dengan harga termurah, yaitu sebagai berikut :

Cara Membeli Token Listrik di Mocipay
  • Download aplikasi Mocipay terlebih dahulu melalui Play Store di perangkat ponsel kamu.
  • Buat akun dengan mendaftarkannya.
  • Setelah akun sudah ada, buka aplikasi Mocipay.
  • Pada halaman utama, pilih opsi menu PLN.
  • Klik PLN Prabayar.
  • Masukkan Nomor Meteran/ID Pelanggan rumah kamu dan pilih jumlah token yang ingin dibeli.
  • Lalu klik Beli dan Beli Sekarang.
  • Konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul Nomor Seri Token Listrik baru.
  • Masukkan nomor seri baru yang telah didapatkan ke meteran listrik.

Artikel terkait : Token Listrik Bunyi Terus Padahal Pulsa Masih Banyak, Ini Solusinya!

Kesimpulan

Batas Minimal Token Listrik Mati
Batas Minimal Token Listrik Mati

Dengan memahami batas minimal token listrik mati, setiap pelanggan listrik prabayar dapat menghindari kesulitan atau kerugian ketika terjadi pemadaman listrik.

Selain itu, mengetahui batas minimal token listrik mati juga dapat memastikan ketersediaan listrik yang stabil dan dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Oleh karena itu sangat penting untuk memperhatikan kebijakan ini dan memastikan bahwa token listrik selalu cukup untuk kebutuhan dan dalam situasi darurat sekalipun.

Related Post