5 Cara Mengurangi Plagiarisme Secara Online dan Cepat

Indah Permata Sari Sihombing

Cara Mengurangi Plagiarisme Dengan Cepat menjadi topik pencarian yang sangat ramai dikunjungi khususnya pada bidang akademi. Sebelum membahas lebih lanjut cara mengurangi plagiarisme dengan cepat, mari kita cari tahu apa itu plagiat dan bagaimana bisa suatu karya di sebut plagiatrisme ?

Apa Itu Plagiat ?

Cara Mengurangi Plagiarisme Dengan Cepat
www.indowebmaster.com

Berikut beberapa pengertian plagiat dari berberapa sumber  :

  • Menurut Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.17 tahun 2010, plagiat merupakan perbuatan secara sengaja atau tidak sengaja dalam memperoleh atau mencoba memperoleh kredit atau nilai untuk suatu karya ilmiah, dengan mengutip sebagian atau seluruh karya / karya ilmiah pihak lain yang di akui sebagai karya ilmiah miliknya tanpa menyatakan sumber secara tepat dan memadai.
  • Menurut Lindsey, plagiat adalah tindakan menjiplak ide, gagasan atau karya orang lain untuk di akui sebagai karya sendiri atau menggunakan karya orang lain tanpa  menyebutkan sumbernya sehingga menimbulkan asumsi yang salah atau keliru mengenai asal muasal suatu ide, gagasan atau karya (Soelistyo, 2011)
  • Menurut Suyanto dan Jihad (2011), plagiarisme ada mencuri gagasan, kata-kata, kalimat atau hasil penelitian orang lain dan menyajikannya seolah-olah sebagai karya sendiri.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa plagiatrisme adalah tindakan yang melanggar hukum karena adanya penjiplakan suatu karya atau ide milik orang lain baik sengaja maupun tidak sengaja.

Hal-Hal Yang Menyebabkan Terjadinya Plagiarisme

Sebelum membahas bagaimana cara mengurangi plagiarisme dengan cepat ada baiknya kita mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab terjadinya plagiarisme, antara lain :

  • Pemahaman yang kurang terhadap suatu topik

Kurangnya pemahaman terhadap suatu topik dapat mengakibatkan seseorang merasa buntu dan tidak dapat menuangkan ide pada karyanya. Maka dari itu sebelum memulai menciptakan suatu karya, Individu perlu menelusuri berbagai macam sumber terkait topik yang akan dikembangkan untuk menambah referensi dalam pembuatan suatu karya.

  • Waktu yang terbatas

Salah satu penyebab plagiarisme merupakan keterbatasan waktu. Saat seseorang di desak menciptakan atau mengerjakan suatu karya, individu tersebut cenderung memikirkan jalan pintas dengan meniru milik orang lain agar karya tersebut terselesaikan dengan cepat karena si individu tidak memiliki banyak waktu untuk memikirkan ide terbaru.

  • Tekanan yang dialami Individu

Tekanan yang di alami individu bisa dari diri sendiri maupun dari luar. Sering kali perasaan ingin selalu menjadi yang terbaik memberikan tekanan pada diri sendiri sehingga mencari cara yang lebih mudah.

  • Penyalahgunaan teknologi

Di era digital saat ini sangat mudah dalam mencari info-info yang kita perlukan melalui internet. kemudahan ini menjadi salah satu alasan seseorang mengambil atau meniru karya milik orang lain karena bisa didapatkan dengan cepat dan gratis.

 

Akibat Dari Plagiarisme

Cara Mengurangi Plagiarisme Dengan Cepat
tonynurhadianto.blogspot.com

Ada banyak dampak yang di sebabkan oleh plagiarisme antara lain :

Dampak Penjelasan
Hancurnya reputasi yang sudah dibangun Dampak yang akan dirasakan pertama kali oleh plagiator adalah rusaknya reputasi yang sudah dibangun sejak lama. Orang yang diketahui pernah melakukan penjiplakan terhadap karya orang lain akan menurunkan nilai kredibilitasnya.
Hilangnya rasa percaya orang lain terhadap pelaku Pelaku plagiator tersebut cenderung tidak akan di hargai karena tidak menghargai pekerjaan tangan orang lain juga. Pelaku juga akan kehilangan kepercayaan orang lain dalam menghasilkan karya. Jikalau suatu waktu pelaku benar menciptakan karya hasil pemikiran sendiri, tidak menutup kemungkinan banyak orang meragukan keasliannya.
Menghambat kreativitas Orang yang terbiasa melakukan plagiarisme akan kesulitan mendapatkan ide maupun gagasan dalam membuat suatu karya. plagiator terbiasa hanya mengambil ide atau bahkan meniru langsung tanpa memikirkan inovasi maupun solusi terbaru dalam menciptakan suatu karya yang bagus.
Tersandung kasus hukum Tersandung kasus hukum merupakan dampak yang paling serius bagi plagiator karena di dalam hukum plagiarisme merupakan tindak kejahatan yang termasuk kedalam golongan pencurian karya milik orang lain. Sanksi yang di kenakan juga cukup berat seperti masuk ke dalam sel jeruji besi. jika sudah masuk dalam sel jeruji besi banyak pihak yang akan mempertimbangkan ke anggotaan pelaku sebagai contoh dalam bidang akademi atau organisasi.

Plagiator bisa dikeluarkan oleh lembaga yang bersangkutan karena kasus tersebut. Tidak sedikit juga adanya pencabutan gelar yang dimiliki pelaku plagiarisme karena hasil karyanya yang merupakan hasil jiplakan.

Cara-Cara Menghindari Plagiarisme

Cara Mengurangi Plagiarisme Dengan Cepat
akbara.ac.id

Setelah mengetahui bahayanya dampak dari plagiarisme sebaiknya mengambil langkah untuk menghindari tindakan tersebut dengan cara :

  • Banyak Membaca

Dengan banyak membaca akan banyak pula referensi ilmu yang dimiliki. Hal tersebut dapat mengurangi minat plagiarisme karena ilmu yang di miliki mampu membuahkan ide-ide baru dalam menciptakan suatu karya.

  • Pelajari Pedoman Gaya Pengutipan

Setiap orang bisa belajar gaya pengutipan umum dengan mudah dan mengelola referensi yang baik melalui web seperti modern languages.

Persamaan gaya pengutipan sering kali menjadi sebab terjadinya plagiarisme tidak disengaja, maka dari itu penting untuk mempelajari gaya pengutipan sebagai salah satu cara mengurangi plagiarisme dengan cepat pada suatu karya.

  • Lengkapi Dengan Daftar Pustaka

Lengkapi daftar pustaka pada karya ilmiah yang sudah di buat. khususnya kutipan-kutipan para ahli yang tidak boleh terlewat.

Daftar pustaka yang lengkap dapat menjadi pembuktian bahwa suatu karya tersebut merupakan hasil karya sendiri yang didukung dari berbagai referensi. Hal ini menjadi cara mengurangi plagiarisme dengan cepat pada karya yang dibuat oleh penulis.

  • Gunakan gaya penulisan berbeda

Banyak pembahasan yang bisa saja dengan topik yang sama namun untuk menghindari plagiarisme, individu bisa menggunakan gaya bahasa sendiri yang memiliki ciri khas dan pengertian berbeda dari milik orang.

Cara Mengurangi Plagiarisme Dengan Cepat

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah plagiarisme dengan cepat antara lain :

  • Cara mengurangi Plagiarisme Dengan Cepat Menggunakan Seomagnifier Website Paraphfrase Tool

Seomagnifier Website Paraphfrase Tool adalah salah satu layanan yang di gunakan untuk mengurangi plagiarisme dengan cepat. Berikut langkah-langkah menggunakan Website Paraphfrase :

  1. Copy Karya tulis atau tugas yang telah di buat
  2. Buka google dan cari website Seomagnifier, kemudian masuk
  3. klik menu paraphrasing tool, lalu pilih bahasa Indonesia
  4. Masukkan (Paste) essay atau karya ilmiah yang sudah di copy tadi dan masukkan kedalam kolom, kemudian klik paraphrase it
  5. Essay atau karya tulis sudah berhasil diparafrase secara cepat dan otomatis
  • Cara mengurangi Plagiarisme Dengan Cepat Menggunakan Layanan parafrase dari Deepublish

Layanan parafrase adalah layanan yang mengubah artikel ilmiah seperti skripsi, tesis, disertasi, jurnal, dan lainnya menjadi buku. layanan ini cukup mudah untuk membantu kamu mengurangi plagiarisme dengan cepat.

Caranya dengan mengirimkan artikel atau karya tulis yang dimiliki, kemudian di proses menjadi buku yang bebas plagiarisme. Melalui layanan ini struktur kata, kalimat maupun paragraf, dari sumber tulisan akan di cantumkan tanpa mengumbah makna aslinya.

  • Cara mengurangi Plagiarisme Dengan Cepat Menggunakan aplikasi Anti plagiarisme

Berikut beberapa aplikasi yang dapat digunakan sebagai cara mengurangi plagiarisme dengan cepat tanpa bayar antara lain :

  1. Itext.com

Itext.com  merupakan aplikasi yang dapat mendeteksi plagiarisme dengan cara menempelkan langsung tulisan yang ingin di cek lalu tunggu sistem mendeteksi indikasi plagiarisme. .

2. DupliChecker

Layanan Ini dapat mendeteksi plagiarisme dengan mengunjungi situsnya di www.duplichecker.com Cara mengurangi plagiarisme dengan cepat menggunakan situs ini cukup dengan mengunggah file dokumen tulisan ke web, lalu sistem akan menunjukkan hasil pengecekan secara instan.

  • Cara mengurangi Plagiarisme Dengan Cepat Menggunakan Smodin

Berikut cara mengurangi plagiarisme dengan cepat menggunakan smodin :

  1. Masuk ke situs Smodin.me
  2. Pilih menu Text rewriter and spinner
  3. Ubah bahasa Inggris menjadi bahasa Indonesia
  4. Kemudian Copy-paste tulisan yang di anggap plagiat turnitin ke kolom input di situs Smodin
  5. Teks akan terbaca otomatis

Baca juga : 25 Aplikasi Canggih Yang Orang Jarang Tahu dan Gratis

Kesimpulan

Seperti yang sudah kita ketahui betapa bahayanya dampak dari melakukan plagiarisme, mari untuk mulai menghindari plagiarisme dengan cara-cara yang telah di ulas diatas.

Namun jika kamu seorang seniman maupun public figure, Ada baiknya untuk tetap melakukan pengecekan terlebih dahulu pada karya tulis ataupun artikel yang telah di buat untuk menghindari penjimplakan tidak disengaja seperti persamaan kalimat dan gaya bahasa yang di gunakan oleh penelitian orang lain.

Demikianlah pembahasan cara mengurangi plagiarisme dengan cepat tanpa ribet diatas, terima kasih sudah berkunjung pada artikel ini dan semoga dapat membantu pembaca.

Related Post

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay