8 Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau dan Pahit

Sanra Hutagalung

Cara Memasak Jengkol agar Tidak Bau dan Pahit merupakan informasi yang cukup banyak dicari loh, mulai dari ibu rumah tangga hinggga anak-anak muda masa kini.

Hal ini bukanlah tanpa alasan, karena jengkol salah satu jenis bahan makanan yang lezat apabila diolah dengan baik dan benar.

Memasak jengkol bagi yang sudah paham untuk menghilangkan bau dan rasa pahitnya mungkin tidak jadi masalah, tetapi bagi mereka yang baru pertama kali mengolah bahan masakan yang satu ini, ada baiknya membaca artikel dibawah ini sampai selesai, berikut informasinya.

Sekilas Tentang Jengkol

Jengkol (Archidendron Jiringa) adalah salah satu jenis tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 30 meter dan memiliki buah berbentuk seperti kacang berwarna coklat dengan aroma yang khas dan kuat.

Sekilas Tentang Jengkol
Sekilas Tentang Jengkol

Buah jengkol biasanya dikonsumsi sebagai bahan makanan terutama di Indonesia, dimana jengkol sendiri sangat sering disebut sebagai bahan masakan tradisional.

Namun jengkol memiliki sifat yang kontroversial karena memiliki aroma yang kuat dan rasa yang pahit. Selain itu jengkol juga diketahui dapat menebabkan masalah kesehatan jika di konsumsi secara berlebihan. Maka sebaiknya, konsumsilah jengkol dengan takaran yang cukup.

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau Dan Pahit

Jengkol merupakan salah satu jenis bahan makanan yang khas dari Indonesia yang terkenal karena aroma yang kuat dan bau yang khas semerbak.

Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau Dan Pahit
Cara Memasak Jengkol Agar Tidak Bau Dan Pahit

Meskipun memiliki bau yang sangat khas, namun jengkol memiliki tinggi peminat dikalangan orang tua maupun anak muda pada umumnya.

Namun jengkol juga dikenal memiliki rasa yang pahit jika tidak dimasak dengan benar. Berikut beberapa tips dan cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit.

1. Pilih Jengkol yang Tidak Terlalu Tua

Langkah pertama yaitu memilih jengkol yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Karena pada umumnya, faktor utama yang menyebabkan jengkol menjadi pahit dikarenakan kesalahan dalam memilih jenis jengkol.

Pilih Jengkol Yang Tidak Terlalu Tua
Pilih Jengkol Yang Tidak Terlalu Tua

Biasanya jengkol yang sudah terlalu tua akan mengeluarkan bau yang lebih khas dibandingkan jengol yang masih muda. Bukan hanya itu saja, jengkol yang sudah tua juga memiliki rasa yang lebih pahit dan sepat.

Untuk itu pastikan tidak salah pilih dalam memilih jenis jengkol, agar jengkol yang dimasak lebih sempurna dalam segi rasa maupun keempukannya.

2. Kupas Kulit Jengkol

Apabila sudah memilih jenis jengkol yang berkualitas, kemudian kupas kulit jengkol sampai bersih secara menyeluruh sesuai dengan keinginan dan porsi yang ingin dimasak. Karena kulit jengkol tidak bisa dimasak secara bersamaan dengan buah yang ada di dalam kulit jengkol.

3. Cuci Jengkol Dengan Garam

Cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit selanjutnya yaitu dengan mencuci jengkol dengan air bersih. Jengkol yang telah dikupas cuci sebanyak 2 kali, kemudian pastikan air sisa untuk membersihkan jengkol tidak kotor.

Mencuci jengkol termasuk salah satu cara untuk membuang bau khas yang keluar dari buah jengkol itu sendiri. Oleh sebab itu, dengan melakukan cara ini akan meminimalisir bau yang terdapat pada jengkol.

4. Rebus Jengkol

Jika dirasa jengkol sudah bersih, kemudian rebus jengkol kedalam air mendidih selama 10-15 menit. Apabila jengkol sudah empuk, masukkan jengkol kedalam cawan, kemudian cuci kembali jengkol dengan air bersih agar bau khas dan rasa pahit yang ada pada jengkol bisa hilang.

Ulangi proses membersihkan jengkol yang sudah direbus agar cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit , hingga air rebusan tidak berwarna kuning lagi dan jengkol tidak terlalu bau lagi.

5. Geprek atau Memarkan Jengkol

Cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit yaitu dengan menggeprek atau memearkan jengkol. Cara ini dilakukan agar bumbu yang akan dipadukan dengan jengkol lebih mudah menyerap.

Geprek atau Memarkan Jengkol
Geprek atau Memarkan Jengkol

Pada bagian ini kamu hanya perlu memarkan jengkol secukupnya, pastikan jengkol tidak hancur agar bentuk jengkol terlihat lebih menarik untuk dinikmati.

6. Buang Kulit Tipis atau Pelindung Buah Jengkol

Faktor penyebab utama yang menjadikan jengkol bau dan pahit adalah tidak membuang kulit bagian dalam jengkol ketika ingin dimasak.

Untuk itu cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit yang baik adalah membuang kulit tipis atau pelindung buah jengkol apabila sudah selesai di geprek.

7. Masak Jengkol dengan Bumbu Pilihan

Tahukah kamu bahwa bumbu oalahan yang dipilih juga dapat berdampak bagi rasa maupun aroma yang dikeluarkan oleh jengkol?

Olahan jengkol cukup beragam, meskipun memiliki bumbu yang sama dengan oalahan bumbu yang digunakan orang lain belum tentu jengkol yang di masak tidak mengeluarkan bau atau pahit.

Secara umum pemilihan bumbu atau pemberian bumbu yang berlebih akan membuat jengkol tersebut menjadi pahit. Oleh sebab itu, pastikan olahan bumbu yang dipilih sudah sesuai dengan takarannya, agar cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit yang sudah dilakukan tidak sia-sia.

8. Gunakan Api yang Sedang

Cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit yaitu memasak jengkol dengan api yang sedang. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga tingkat kematangan jengkol.

Karena memasak jengkol dengan api yang sedang dan dengan waktu yang sedikit lebih lama dapat menetralkan rasa pahit dan bau yang terdapat pada jengkol. Untuk itu, pastikan api yang digunakan untuk memasak jengkol tidak terlalu besar.

Bagaimana Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut?

Meskipun sudah melakukan cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit, namun jika mengkonsumsi makanan tersebut akan tetap meluarkan bau dimulut.

Hal ini dikarenakan jengkol adalah jenis bahan makanan yang khas dari Indonesia yang terkenal karena aroma yang kuat dan bau yang khas semerbak.

Untuk mengurangi atau menghilangkan bau jengkol di mulut, kamu bisa mencoba cara berikut ini.

Tips Penjelasan
Berkumur dengan Air Hangat dan Garam Berkumur dengan air hangat yang dicampur garam dapat membantu menghilangkan bau mulut. Garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau.
Mengunyah Permen atau Gula Mengunyah permen atau gula-free chewing gum dapat membantu meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu membersihkan bakteri penyebab bau di mulut.
Gunakan Sikat Gigi dan Pasta Berkualitas Sikat gigi secara menyeluruh setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi berkualitas tinggi. Pastikan untuk membersihkan lidah dan langit-langit mulut juga.
Minum Air Putih Minum air putih secara teratur dapat membantu membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan dan bakteri. Air juga membantu menjaga produksi air liur yang sehat.
Hindari Makanan Penyebab Bau Hindari makanan yang dikenal menyebabkan bau mulut seperti bawang, bawang putih, dan jengkol. Hindari juga makanan pedas, alkohol, dan kafein, yang dapat mengeringkan mulut dan menyebabkan bau tidak sedap.
Gunakan Mouthwash Gunakan mouthwash atau obat kumur yang mengandung bahan antibakteri untuk membantu membersihkan bakteri di mulut. Pilih produk yang tidak mengandung alkohol jika mulut Anda cenderung kering.
Kunyah Daun Mint atau Peterseli Daun mint atau peterseli segar mengandung zat yang dapat membantu menyegarkan napas. Coba kunyah beberapa daun setelah makan jengkol.

Cara Masak Rendang Jengkol Agar Tidak Bau dan Pahit

Banyak orang merasa cara masak jengkol rendang yang diolah sudah benar, pada hal ketika jengkol sudah siap disajikan dan dimakan jengkol tersebut justru mengeluarkan bau dan pahit.

Cara Masak Rendang Jengkol Agar Tidak Bau dan Pahit
Cara Masak Rendang Jengkol Agar Tidak Bau dan Pahit

Hal tersebut bukanlah tanpa sebab, agar jengkol yang diolah tidak terbuang sia-sia, berikut cara memasak rendang jengkol agar tidak bau dan pahit.

Bahan-bahan :

  • 500 grm jengkol
  • 500 ml santan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 ruas lengkuas
  • 1 batang serai

Bumbu yang dihaluskan

  • 7 buah cabai merah keriting
  • 4 buah cabe merah mesar
  • 7 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • Bumbu rendang.
  • 3 cm jabe
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar

Bumbu tambahan

  • 1 sd lada bubuk
  • Penyedap rasa (Sesuai keinginan)
  • Gula dan garam secukupnya.

Cara Memasak Rendang Jengkol Agar Tidak Bau dan Pahit

  1. Rebus Jengkol sampai empuk agar tidak bau dan pahit.
  2. Setelah sudah empuk, kupas kulirnya lalu cuci sampai bersih, kemudian memasrkan jengkol hingga agak pipih.
  3. Tumis bumbu halus beserta daun salam, serai, daun jeruk dan lengkuas, kemudian masak hingga wangi dan matang.
  4. Masukkan jengkol dan santan, Lalu aduk agar santan yang telah dimasukkan tidak pesah.
  5. Terakhir, masukkan garam, gula, lada dan penyedap koreksi rasa. Masak hingga bumbu meresap dan mengental.
  6. Angkat dan jengkol siap disajikan.

Postingan Menarik Lainnya : 10 Menu Masakan Sehari Hari Orang Kampung, Mudah dan Murah

Kesimpulan

Demikian beberapa cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit. namun dengan melakukan beberapa cara yang telah disebutkan diatas, diharapkan bisa membuat jengkol menjadi lebih enak dan lezat untuk dikonsumssi.

Akan tetapi perlu diingat, untuk tidak mengkonsumsi jengkol dalam jumlah yang berlebih agar tidak menimbulkan masalah pada kesehatan, terutama bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan atau gangguan lainnya.

Semoga informasi cara memasak jengkol agar tidak bau dan pahit ini bermanfaat dan sampai ketemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Related Post