13 Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark Terbaik

Juanda Sidabutar

Temukan 13 aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark yang akan membantu kamu merekam tutorial, gameplay, konten lainnya. Aplikasi Open Broadcaster Software atau OBS Studio, Bandicam Screen Recorder, Camtasia, Active Presenter, WM Recorder, Dxtory, Xsplit Gamecaster, Ice Cream Screen Recorder, Action, CamStudio, ShareX, Screenpresso Free, dan Filmora Screen.

Saat ini Laptop sudah menjadi alat yang sangat diperlukan dan cukup membantu untuk menyelesaikan tugas maupun kegiatan kita sehari-hari. Namun laptop juga tidak terlepas dari suatu software ataupun aplikasi yang dapat merekam segala kegiatan kita di dalamnya.

Hal ini dikarenakan, banyaknya kegiatan di dunia maya (internet) saat ini yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang seperti jual beli di toko online, membuat video tutorial, bermain game online mapun editing gambar.

Berbica soal membuat video tutorial, kita pasti sering melihat beberapa Content Creator yang melakukan rekaman langsung melalui komputer ataupun laptop. Pasalnya, beberapa rekaman tersebut seperti untuk kebutuhan konten di Youtube dan lain-lain.

Untuk itu, dalam artikel kali ini akan dibahas beberapa aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark yang dapat kamu akses secara gratis. Simak ulasannya yaa!

Daftar Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark Terbaik

Ada banyak aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark yang dapat kamu akses di internet untuk mendapatkannya. Berikut ini beberapa daftar aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark terbaik 2023 yang wajib dicoba jika kamu seorang gamers atau streamer.

Aplikasi Open Broadcaster Software atau OBS Studio

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark
Aplikasi Open Broadcaster Software atau OBS Studio

Open Broadcaster Software atau OBS Studio adalah salah satu aplikasi perekam layar laptop terbaik yang tersedia secara gratis dan tanpa watermark. Aplikasi ini sangat populer di kalangan para gamer dan juga streamer karena menyediakan berbagai fitur yang kuat.

OBS Studio dapat merekam layar laptop kamu dengan kualitas tinggi dan memberikan fleksibilitas dalam menyesuaikan pengaturan perekaman, kamu dapat merekam layar penuh, area tertentu, atau bahkan melakukan perekaman multi-sumber untuk menggabungkan video dan audio dari beberapa sumber.

OBS Studio juga mendukung streaming langsung ke platform populer seperti Youtube, Facebook, Twitch dan lain sebagainya. Bukan hanya itu, OBS Studio juga dapat digunakan pada sistem operasi seperti Windows, macOS, dan juga Ubuntu.

Untuk mendownload software atau aplikasi ini, kamu bisa menuju ke situs web resmi OBS atau di Klik Disini.

Fitur-fitur Pada Open Broadcaster Software atau OBS Studio

Adapun fitur lengkap yang ada pada Open Broadcaster Software atau OBS Studio, antara lain:

  1. Perekaman layar komputer atau laptop dengan menyesuaikan ukuran dan posisi area
  2. Perekaman game yang kuat dengan kualitas tinggi tanpa mengurangi kinerja game
  3. Pengaturan perekaman yang dapat disesuaikan seperti mengubah pengaturan resolusi, frame rate, bitrate dan format file
  4. Perekaman video dan audio dari beberapa sumber secara bersamaan. Misalnya, kamu dapat merekam layar, webcam dan sumber audio eksternal sekaligus
  5. Penyiaran langsung ke berbagai platform seperti Youtube, Facebook Live dan lainnya
  6. Pengaturan audio yang kaya seperti kontrol volume, pengaturan delay dan kemampuan untuk menggabungkan audio dari berbagai sumber
  7. Pengaturan layar untuk menggabungkan elemen-lemen video, gambar, teks, dan sumber lain dalam tampilan yang lebih kompleks
  8. Pengeditan dasar untuk memotong dan menggabungkan klip video secara langsung dalam aplikasi
  9. Didukung berbagai plugin dan ekstensi
  10. Tampilan antarmuka yang user-friendly mudah digunakan.

Itulah beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh OBS Studio. Aplikasi ini terus dikembangkan oleh komunitas open source, sehingga fitur-fitur baru dan pembaruan terus ditambahkan dari waktu ke waktu.

Aplikasi Bandicam Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark
Aplikasi Bandicam Screen Recorder

Bandicam Screen Recorder merupakan Software atau Aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark legend yang populer dengan banyak fitur yang berguna. Aplikasi ini menawarkan kemampuan merekam layar dalam kualitas tinggi, perekaman area tertentu, perekaman webcam, serta perekaman game.

Bandicam dapat merekam segala kegiatan yang dilakukan di dalam laptop dan mengekspor rekaman tersebut tanpa watermark dan memberikan hasil yang berkualitas.

Sayangnya jika kamu menggunakan Bandicam versi trial, maka akan menampilkan sebuah tulisan watermark pada video hasil rekaman layar. Namun, jika kamu ingin menghilangkan watermark tersebut maka kamu bisa menggunakan Bandicam Pro dengan membelinya disini: Klik Disini.

Kelebihan Aplikasi Bandicam Screen Recorder

Bandicam Screen Recorder sebagai aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark memiliki kelebihan lain. Adapun kelebihan-kelebihan tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Kualitas Rekaman yang Tinggi

Bandicam memiliki kemampuan untuk merekam layar dengan kualitas tinggi hingga resolusi 4K. Ini memastikan bahwa rekaman kamu memiliki detail yang tajam dan juga jernih.

  • Fitur Perekaman Game yang Kuat

Bandicam juga memiliki mode perekaman game yang dirancang khusus untuk merekam gameplay dengan resolusi tinggi. Fitur ini sangat berguna bagi kamu untuk merekam permainan tanpa mengurangi kinerja game yang sedang berjalan.

  • Pilihan Format Rekaman yang Diversifikasi

Aplikasi ini sangat didukung berbagai format perekaman seperti AVI dan MP4, sehingga kamu dapat memilih format yang sesuai dengan preferensi kamu atau sesuai persyaratan platform berbagi video.

  • Perekaman Layar Tertentu

Bandicam memungkinkan kamu untuk merekam seluruh layar atau hanya area tertentu yang kamu inginkan. Jadi, jika kamu ingin merekam layar laptop dengan fokus pada area penting untuk menjaga privasi bisa menggunakan fitur Screen Recording Mode jika diperlukan.

  • Perekaman Audio yang Jelas

Aplikasi ini juga mendukung perekaman audio dari berbagai sumber, termasuk mikrofon dan speaker sistem sehingga kamu dapat dengan mudah menyinkronkan audio dengan rekaman video.

Kekurangan Aplikasi Bandicam Screen Recorder

Sebagai aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark, Bandicam memiliki kekurangan lain, ternyata Aplikasi Bandicam Screen Recorder ini tidak terlepas dari beberapa kekurangan lain, diantaranya

  • Versi Gratis dengan Watermark

Jika kamu yang ingin menggunakan Bandicam dengan versi gratis, maka rekaman kamu akan memiliki watermark yang akan terlihat pada hasil rekaman video. Untuk menghilangkan watermark tersebut, kamu perlu membeli lisensi Bandicam.

  • Harga yang Relatif Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa Bandicam adalah aplikasi berbayar, dan harga mungkin dianggap tinggi oleh beberapa pengguna.

  • Tidak Ada Fitur Pengeditan Video

Bandicam tidak menyediakan fitur pengeditan video hasil rekaman layar di laptop secara bawaan. Jika kamu perlu mengedit rekaman hasil rekaman layar, kamu perlu menggunakan aplikasi pengedit video secara terpisah.

  • Dukungan Pelanggan Terbatas

Beberapa pengguna melaporkan bahwa dukungan pelanggan Bandicam tidak selalu responsif atau memberikan bantuan yang memadai dalam menangani masalah atau pertanyaan.

Meskipun Bandicam memiliki kelebihan dalam hal kualitas rekaman yang tinggi dan fitur perekaman game yang kuat, namu ada beberapa kekurangan yang perlu untuk dipertimbangkan seperti harga yang relatif tinggi dan kebutuhan untuk menggunakan aplikasi pengeditan video yang terpisah. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan Bandicam, penting untuk mengevaluasi kebutuhan kamu dan mempertimbangkan alternatif lain yang mungkin lebih sesuai dengan anggaran dan kebutuhan kamu.

Aplikasi Camtasia

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark
Aplikasi Camtasia

Camtasia merupakan perangkat lunak, software atau aplikasi yang dirancang oleh TechSmitch Corporation dan dikenal sebagai aplikasi untuk membuat video tutorial, presentasi dan konten video lainnya. Namun dengan seiring dengan perkembangannya kini Camtasia memiliki fitur sebagai aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark.

Fitur-fitur Pada Camtasia

Sebagai aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark, Camtasi memiliki beberapa fitur lengkapnya, antara lain seperti:

  1. Perekam Layar: merekam aktivitas layar komputer maupun laptop dengan menentukan area tertentu yang dipilih
  2. Perekam Kamera: merekam video menggunakan kamera web atau kamera eksternal yang terhubung ke komputer atau laptop
  3. Perekam Audio: merekam audio dari mikrofon atau sumber audio lainnya seperti merekam suara sendiri, komentar atau narasi selama proses perekaman
  4. Editor Video: mengedit dan memodifikasi rekaman dengan mudah seperti memotong, menggabungkan dan memindahkan klip video
  5. Library Media: menyediakan library media dengan berbagai macam konten siap pakai termasuk ikon, latar belakang, musik, suara dan juga animasi
  6. Anotasi dan Efek Visual: menyediakan berbagai alat anotasi seperti panah, teks, garis dan kotak yang dapat ditambahkan ke video
  7. Output Video yang Beragam: menghasilkan video dengan berbagai format dan resolusi seperti MP4, AVI, WMV, dan format lainnya
  8. Integritas dengan Aplikasi Lain:  dapat terhubung dengan aplikasi pihak ketiga seperti PowerPoint, Google Drive dan Dropbox sehingga dapat mengimpor hasil editan konten ke proyek kamu.

Artikel menarik lainnya: 14 Aplikasi Translate Bahasa Bali Ke Indonesia Terbaik

Aplikasi Active Presenter

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark
Aplikasi Active Presenter

Active Presenter atau biasa disebut Anatomi Active adalah perangkat lunak atau aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark, pembuat video dan alat authoring e-learning yang dikembangkan oleh Atomi Systems.

Active Presenter dirancang khusus untuk menciptakan video tutorial, presentasi, simulasi dan konten pembelajaran yang interaktif.

Aplikasi ini bisa kamu install di laptop kamu dengan sistem operasi Windows ataupun macOC, untuk mendapatkan aplikasi ini bisa mengunjungi situs resminya Active Presenter atau untuk mendownloadnya di link berikut: https://atomisystems.com/download/.

Fitur Utama Pada Active Presenter

Sebagai aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark, Active Presenter memiliki beberapa fitur utama, antara lain sebagai berikut:

  • Perekaman layar yang fleksibel
  • Perekaman audio yang mudah
  • Editor video yang lengkap
  • Pembuat e-learning atau konten pembelajaran yang interaktif
  • Penyunting slide
  • Output video dan SCORM
  • Integrasi dengan aplikasi lain seperti Camtasia, PowerPoint dan Adobe Captivate

Aplikasi WM Recorder

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark
Aplikasi WM Recorder

WM Recorder juga merupakan perangkat lunak atau aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark yang dikembangkan oleh Applian Technologies. aplikasi ini dirancang khusus untuk merekam video dan audio dari layar komputer maupun laptop kamu termasuk video yang di putar secara streaming.

Kekurangan WM Recorder

Meskipun WM Recorder memiliki beberapa fitur yang berguna dalam merekam video dan audio dari layar laptop maupun komputer, namun ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebagai aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark.  Adapun beberapa kekurangan WM Recorder, antara lain:

  1. Keterbatasan kompatibilitas dengan beberapa situs web atau platform streaming tertentu
  2. Kualitas rekaman dapat dipengaruhi oleh kualitas sinyal internet
  3. Tidak ada fitur pengeditan hasil rekaman video
  4. Tidak adanya dukungan resmi untuk pembaruan lanjutan

Aplikasi Dxtory

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark
Aplikasi Dxtory

Aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark selanjutnya adalah Dxtory y yang dikembangkan oleh ExKode CO. Ltd. Aplikasi ini dirancang untuk merekam video dan audio dari layar komputer dengan kualitas tinggi dan fitur kustomisasi yang luas.

Aplikasi Xsplit Gamecaster

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark
Aplikasi Xsplit Gamecaster

Xsplit Gamecaster merupakan Aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark yang dirancang secara khusus untuk para pemain game. Aplikasi ini dikembangkan oleh Splitmedialabs dan memberikan kemudahan dalam merekam dan berbagi momen bermain game secra real-time.

Aplikasi Ice Cream Screen Recorder

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark Terbaik 2023
Aplikasi Ice Cream Screen Recorder

Berbeda dengan nama aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark lainnya. Kini adapula nama Aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark yaitu Ice Cream Screen Recorder. Walaupun namanya yang sedikit asing, namun aplikasi ini cukup handal untuk digunakan oleh para gamer karena dari penggunaannya yang cukup mudah. Perangkat lunak atau aplikasi ini dikembangkan oleh Icecream Apps dan memiliki antarmuka yang intuitif serta fitur-fitur yang berguna.

Aplikasi Action

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark
Aplikasi Action

Aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark selanjutnya adalah Action yang dikembangkan oleh Mirilis Ltd. Perangkat lunak atau aplikasi ini dirancang secara umum untuk merekam video dan juga audio dari layar komputer atau laptop dengan kualitas tinggi serta memungkinkan streaming langsung ke platform populer seperti Youtube, Facebook Live dan lain-lain.

Aplikasi CamStudio

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark
Aplikasi CamStudio

Dari namanya sih tidak heran lagi. CamStudio adalah Aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark yang dirancang untuk digunakan pada platform windows dan dikembangkan oleh Rendersoft.

Jika kamu tertarik dengan aplikasi ini bisa mengunjungi situs resminya CamStudio atau untuk mendownloadnya di link berikut: https://camstudio.org/.

Aplikasi ShareX

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark
Aplikasi ShareX

ShareX adalah Aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark open source yang berfungsi sebagai alat perekam layar, pengambil screenshot dan pembagian file. Perangkat lunak ini dirancang untuk diigunakan pada platform windows dan memiliki sejumlah fitur yang cukup kuat.

Jika kamu tertarik dengan aplikasi ini bisa mengunjungi situs resminya ShareX atau untuk mendownloadnya di link berikut: https://getsharex.com/.

Aplikasi Screenpresso Free

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark
aplikasi Screepresso

Aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark selanjutnya adalah Screenpresso Free. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat diakses secara gratis. Pasalnya aplikasi ini fitur yang paling sering digunakan adalah pengambilan screenshot atau tangkapan layar. Perangkat lunak atau aplikasi ini dikembangkan oleh Learnpulse dan dirancang untuk dugunakan pada platform Windows.

Jika kamu tertarik dengan aplikasi ini bisa mengunjungi situs resminya Sreenpresso Free atau untuk mendownloadnya di link berikut: https://www.screenpresso.com/download/.

Aplikasi Filmora Screen

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark Terbaik
Aplikasi Filmora Screen

Aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark terakhir adalah Filmora Screen. Aplikasi ini sering disebut sebagai aplikasi perekam layar terbaik, karena memiliki banyak fitur beragam di dalamnya.

Jika kamu tertarik dengan aplikasi ini bisa mengunjungi situs resminya Filmora Wondershare atau untuk mendownloadnya Disini.

Tips Penjelasan
Tentukan Kebutuhan Anda Pertimbangkan tujuan Anda dalam menggunakan aplikasi perekam layar. Apakah Anda ingin merekam presentasi, tutorial, atau gameplay? Ini akan membantu Anda menentukan fitur yang Anda butuhkan.
Perhatikan Kualitas Video Pastikan aplikasi perekam layar dapat merekam video dalam kualitas tinggi, setidaknya 1080p (Full HD). Kualitas video yang baik penting untuk hasil yang memuaskan.
Cari Fitur yang Dibutuhkan Periksa fitur-fitur yang ditawarkan oleh aplikasi, seperti kemampuan merekam layar penuh, merekam suara, merekam kamera web, dan lainnya. Pastikan fitur-fitur ini sesuai dengan kebutuhan Anda.
Evaluasi Kemudahan Penggunaan Pilih aplikasi yang memiliki antarmuka yang mudah digunakan. Anda tidak ingin membuang waktu berharga mencari tahu cara menggunakannya.
Perhatikan Kinerja Sistem Pastikan aplikasi perekam layar tidak membebani sistem komputer Anda terlalu berat. Ini dapat memengaruhi kinerja selama perekaman.

Kesimpulan

Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark
Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark

Dalam artikel ini, kami telah mengulas 13 Aplikasi Perekam Layar Laptop Tanpa Watermark Terbaik 2023. Open Broadcaster Software atau OBS Studio, Bandicam Screen Recorder, Camtasia dan aplikasi lainnya. menawarkan kemudahan pengguna, kualitas rekaman yang baik dan fitur-fitur yang berguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan kamu.

Dengan adanya aplikasi perekam layar laptop tanpa watermark diatas, kamu dapat merekam layar dengan bebas tanpa khawatir akan gangguan tanda air atau watermark yang akan mengurangi kualitas video kamu. Jadi mulailah eksplorasi kamu dalam merekam layar laptop dan sampaikan pesan kamu secara visual dengan aplikasi diatas sesuai kebutuhanmu.

Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya dari Mocipay.com.

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng. Instagram: @juandasidabutar09

Related Post

Tinggalkan komentar