Review Kredit Pintar: Kelebihan dan Kekurangan Kredit Pintar

Gunawan Sumri

Review Kredit Pintar – Sebelum memutuskan lebih jauh untuk menggunakan aplikasi Kredit Pintar, alangkah lebih baik apabila kita memeriksa secara saksama mengenai review Kredit Pintar. Melalui aplikasi yang satu ini, maka Anda bisa melakukan pinjaman uang secara online yang aman serta merasakan berbagai kelebihan yang ditawarkannya.

Review Kredit Pintar

Review Kredit Pintar
Review Kredit Pintar

Kredit Pintar sendiri merupakan salah satu layanan pinjaman online yang dapat dipakai oleh nasabah demi memenuhi kebutuhan produktif seperti bisnis atau pun untuk keperluan sehari-hari. Uang tunai rupiah yang disediakan oleh Kredit Pintar sangat mumpuni, sehingga tidak mengherankan apabila review Kredit Pintar selalu dipenuhi ulasan positif.

Baca Juga : Aplikasi Pinjaman Online Easy Cash Apakah Aman? Ini Jawabannya!

Kelebihan Kredit Pintar

Kelebihan Kredit Pintar
Kelebihan Kredit PintarKelebihan Kredit Pintar

Berdasarkan review Kredit Pintar yang sebelumnya telah ditulis oleh nasabah yang lain, ada banyak sekali kelebihan yang ditawarkannya. Untuk mengetahui apa saja kelebihan yang disediakan oleh Kredit Pintar, mari simak beberapa penjelasan singkat yang sudah ada di bawah ini:

Pinjaman Cepat Cair

Review Kredit Pintar yang pertama yaitu proses pinjaman yang dilakukan di aplikasi ini berlangsung dengan cepat, sehingga uangnya akan segera diterima di rekening Anda. Banyak sekali perusahaan fintech lainnya yang menyatakan bahwa mereka sanggup memberikan dana dengan proses yang kilat, akan tetapi dalam praktiknya mereka membutuhkan waktu yang lama dalam melakukan hal tersebut.

Di aplikasi Kredit Pintar, Anda tidak akan merasa kecewa sebab proses pencairan dana bisa berlangsung dalam waktu yang super cepat, yakni selama 1 x 24 jam saja. Anda hanya perlu meluangkan waktu selama kurang lebih 5 menit untuk mengisi data-data yang tersedia di formulir, lalu kirimkan data tersebut agar diverifikasi oleh pihak yang berwenang. Nantinya, Anda akan memperoleh notifikasi bahwa saldo rekening mendapatkan jumlah tambahan yang dikirimkan oleh Kredit Pintar.

Pemanfaatan AI dalam Penentuan Skor Kredit

Review Kredit Pintar yang kedua yaitu mereka telah menggunakan teknologi canggih berupa AI ketika ingin menentukan skor kredit. Produk utama yang disediakan oleh Kredit Pintar adalah pinjaman tunai, dan nasabah harus melengkapi dokumen tertentu yang diperlukan sehingga sistem Kredit Pintar bisa segera memberikan skor kredit.

Skor kredit tersebut berguna untuk menentukan seberapa besar limit kredit yang bisa dikenakan. Agar proses penentuan tersebut berjalan dengan cepat, maka pemanfaatan AI (Artificial Intelligence) menjadi pilihan yang sempurna karena teknologi yang satu ini dapat mengolah data yang sudah dikumpulkan oleh seluruh calon nasabah.

Hal itu bisa memangkas proses verifikasi karena karyawan Kredit Pintar tidak perlu harus mengecek data tersebut satu demi satu secara manual. Nasabah pun bisa lebih cepat dalam mengajukan pinjaman sehingga dalam hitungan menit saja, Anda akan segera memperoleh pinjaman yang mumpuni dan sesuai dengan skor kredit.

Sudah Diawasi oleh Pihak OJK

Sudah Diawasi oleh Pihak OJK
Sudah Diawasi oleh Pihak OJK

Review Kredit Pintar yang selanjutnya yaitu mereka termasuk ke dalam perusahaan fintech yang diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan. Dengan begitu, mereka sudah mendapatkan pengawasan yang ketat dan nasabah pun berhak mendapatkan perlindungan secara hukum yang sah.

Kredibilitas yang dimiliki oleh Kredit Pintar dibuktikan dengan keberadaan surat izin dari OJK yang sudah dirilis pada tahun 2019 lalu. Seluruh data yang sudah dikirimkan oleh pihak nasabah kepada Kredit Pintar pasti dijamin dan diawasi keamanannya, sehingga tidak akan disalahgunakan dan disebarkan oleh perusahaan tanpa izin dari nasabah.

Keberadaan surat izin tersebut juga menjadi jawaban yang tepat bagi Anda yang masih merasa ragu untuk menggunakan Kredit Pintar. Berbeda dengan perusahaan pinjaman uang lain yang ilegal, aplikasi tidak akan menerapkan bunga yang terlalu sembarangan karena harus menyesuaikan dengan kriteria yang ditetapkan oleh OJK.

Informasi yang Bersifat Transparan

Kelebihan lain yang dijanjikan oleh Kredit Pintar yaitu mereka berusaha untuk menampilkan informasi pinjaman yang bersifat terbuka dan transparan. Tidak ada lagi informasi yang bersifat terlalu rahasia, sebab nasabah mampu melihat secara mandiri informasi yang berkaitan dengan hal-hal peminjaman pada aplikasi.

Informasi tersebut mulai dari tanggal jatuh tempo, total pembayaran, suku bunga, sampai limit pinjaman. Dengan begitu, maka Anda menjadi lebih siap dan sedia ketika harus menyiapkan sejumlah uang tertentu demi melunasi cicilan pembayaran yang sudah Anda pinjam sebelumnya dari pihak Kredit Pintar

Fitur Face Unlock yang Canggih

Fitur Face Unlock yang Canggih
Fitur Face Unlock yang Canggih

Apabila Anda tidak ingin pihak lain mengotak-atik informasi yang ada di aplikasi Kredit Pintar, maka Anda bisa mengaktifkan fitur keamanan yang sudah mereka sediakan. Terdapat beberapa fitur keamanan yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah fitur Face Unlock. Sistem dari fitur ini sebenarnya sama seperti sistem pengenalan wajah lainnya yang sudah sering ditemukan di ponsel-ponsel terkini.

Fitur Face Unlock terbilang cukup baru di aplikasi Kredit pintar, dan dapat membantu Anda untuk melakukan log in saat mengalami masalah tertentu. Mulai dari nomor ponsel yang tiba-tiba hilang, terblokir oleh provider, atau pun tidak bisa memperoleh kode SMS dalam waktu singkat.

Review Kredit Pintar yang tertera di laman Google Play Store juga menjadikan nasabah semakin mempercayai bahwa aplikasi ini sangat aman dalam menangani data pelanggan. Oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa panik saat tidak bisa memasuki aplikasi Kredit Pintar karena ada fitur tambahan yang bisa Anda coba.

Nasabah Selalu Dibimbing

Review Kredit Pintar yang lain yaitu aplikasi ini begitu bersahabat dengan nasabah yang sebelumnya masih pemula atau pun belum familier dengan kinerja aplikasi pinjaman online. Hal tersebut karena Kredit Pintar menyediakan layanan yang ramah kepada nasabah, sehingga mereka bisa memberikan edukasi yang mumpuni untuk setiap orang yang hendak meminjam uang.

Kredit Pintar tidak akan melakukan pembaruan pinjaman demi membebani nasabah yang kesulitan membayar cicilan. Ketika nasabah ternyata tidak bisa membayar pinjaman secara tepat waktu atau jatuh tempo, maka pihak tim Kredit Pintar akan berusaha membantu nasabah mencari solusi yang tepat. Hal itu akan membantu nasabah agar tidak perlu mengambil langkah-langkah yang membahayakan dirinya sendiri.

Metode Pembayaran Variatif

Metode pembayaran yang sudah disediakan oleh pihak Kredit Pintar terbilang sangat variatif, demi membantu nasabah untuk membayar tagihan yang dibebankan. Ada beberapa metode yang bisa dipilih, mulai dari pembayaran langsung secara offline melalui gerai minimarket terdekat atau bisa pula secara online.

Pembayaran secara online meliputi pembayaran melalui internet banking, mobile banking, dompet digital, hingga Virtual Account Bank. Banyaknya metode pembayaran yang ada semakin membuat pengguna merasa dipermudah dalam melakukan pembayaran dengan metode yang menurut nasabah paling nyaman untuk dilakukan.

Mempunyai Rating Tinggi

Apabila diperhatikan, review Kredit Pintar tergolong tinggi dan hal itu terbukti dari nilai rating yang besar apabila dibandingkan dengan aplikasi serupa lainnya. Review Kredit Pintar pun banyak yang menyatakan bahwa aplikasi ini termasuk ke dalam aplikasi yang patut dicoba karena tidak menimbulkan kerugian yang berbahaya.

Tampilan Interface yang Simpel

Banyak review Kredit Pintar yang memuji tampilan interface milik aplikasi ini, karena terlihat begitu sederhana dan tidak terlalu rumit. Hal itu karena pihak developer telah membuat tampilan halaman utama aplikasi yang mudah untuk dilihat oleh setiap pengguna, sehingga bahkan pengguna yang berumur pun tetap mengenali fitur-fitur dengan baik.

Bunga Pinjaman yang Rendah

Kredit Pintar adalah aplikasi yang sudah berada di bawah naungan OJK, sehingga secara otomatis pihak perusahaan pasti akan mengikuti anjuran OJK yang berkaitan dengan besarnya bunga pinjaman. Bunga yang dibebankan kepada nasabah yaitu sekitar 0,4 persen per hari dan berlaku untuk seluruh produk pinjaman tunai yang lainnya.

Nominal yang Besar dan Tenor Lama

Kelebihan yang tidak boleh diabaikan yaitu Kredit Pintar memiliki pinjaman dengan nominal yang besar. Bahkan, limit pinjaman yang mereka janjikan kepada nasabah mencapai 20 juta rupiah yang tergolong besar, terlebih mayoritas nasabah menggunakan aplikasi demi memenuhi keadaan yang bersifat darurat.

Limit itu bisa dijadikan sebagai salah satu sumber dan cadangan dana ketika nantinya Anda memerlukan dana dalam jumlah tinggi. Sementara itu, tenor yang mereka tetapkan yaitu mencapai 360 hari. Meskipun begitu, panjangnya tenor pun akan menyesuaikan dengan jumlah pinjaman yang diajukan oleh nasabah.

Kekurangan Kredit Pintar

Kekurangan Kredit Pintar
Kekurangan Kredit Pintar

Saat membahas mengenai review Kredit Pintar, kurang lengkap rasanya apabila tidak turut serta membahas tentang kekurangan yang kemungkinan dihadapi oleh nasabah. Inilah beberapa kekurangan Kredit Pintar yang harus diketahui dengan baik oleh setiap calon nasabah:

Limit yang Susah Diperoleh

Meskipun limit pinjaman Kredit Pintar termasuk tinggi dan besar, akan tetapi perlu proses yang harus dilakukan terlebih dahulu sehingga skor kredit nasabah pun menjadi lebih meningkat lagi. Bahkan, jumlah limit tersebut hampir mustahil untuk diraih karena persyaratan dan proses yang cukup rumit.

Rata-rata pihak nasabah hanya akan memperoleh kredit pinjaman dengan jumlah yang kurang dari 5 juta rupiah, disertai tenor 3 bulan. Sangat sedikit jumlah nasabah yang berhasil memperoleh limit mencapai belasan juta dengan tenor selama 360 hari.

Penagihan yang Tegas

Jika dibandingkan dengan aplikasi yang lain, proses penagihan yang dilakukan oleh Kredit Pintar cenderung sangat tegas bahkan keras. Mereka akan mengingatkan debitur untuk segera melunasi tagihan yang dimiliki, dan jika tidak segera dilunasi dalam waktu yang terlalu lama, mereka akan menempuh jalur hukum.

Demi menghindari hal tersebut, maka calon nasabah dan peminjam harus mampu mengukur seberapa besar kemampuan yang mereka miliki sebelum mengajukan pinjaman. Pastikan untuk membayar pinjaman secara tepat waktu agar tidak berhadapan dengan hal-hal yang tidak diinginkan.

Denda yang Cukup Tinggi

Denda yang diberlakukan oleh pihak Kredit Pintar cukup tinggi, bahkan sedikit lebih besar daripada ketentuan OJK. Denda tersebut mencapai angka 1,35 sampai 1,39 persen per hari, sehingga nasabah yang merasa keberatan dengan denda tersebut dan tidak bisa membayar tepat waktu harus mencari alternatif dalam melakukan pembayaran.

Tips Menggunakan Aplikasi Kredit Pintar

Tips Penjelasan
Periksa Tarif dan Biaya Pastikan Anda memahami semua tarif dan biaya yang terkait dengan pinjaman yang Anda ajukan. Baca dengan cermat persyaratan dan kontrak pinjaman.
Pinjam Sesuai Kebutuhan Hanya pinjam jumlah uang yang Anda butuhkan dan mampu bayar kembali. Hindari pinjaman yang berlebihan yang mungkin menyebabkan masalah keuangan.
Tinjau Bunga dan Tenor Pahami tingkat suku bunga dan jangka waktu pinjaman. Semakin lama jangka waktu, semakin banyak bunga yang akan Anda bayar.
Perhatikan Waktu Pembayaran Pastikan Anda tahu tanggal jatuh tempo pembayaran pinjaman Anda dan usahakan untuk membayar tepat waktu. Keterlambatan pembayaran dapat menghasilkan biaya tambahan.
Hati-hati dengan Aplikasi Palsu Pastikan Anda mengunduh aplikasi Kredit Pintar dari sumber resmi seperti Google Play Store atau App Store untuk menghindari aplikasi palsu.
Review Kredit Pintar
Review Kredit Pintar

Itulah informasi mengenai review Kredit Pintar yang bisa dijadikan sebagai salah satu acuan saat Anda ingin meminjam dari perusahaan ini. Meskipun mempunyai kekurangan tertentu, akan tetapi kelebihan yang mereka tawarkan cukup menguntungkan, sehingga tidak ada salahnya apabila Anda mencoba jasa yang mereka sajikan demi menutupi kebutuhan dana dalam waktu yang singkat.

Gunawan Sumri

Pejuang Semester Akhir, Menyalurkan Inspirasi Dengan Menulis. Menyukai Kopi dan Kamu! Iya Kamu :D

Related Post

Tinggalkan komentar