10 Tips Bisnis Coworking Space dan Perhitungan Biaya Sederhana

Soni Aman

Bisnis coworking space – Banyak pilihan kategori bisnis yang bisa dijalankan saat ini dengan melibatkan pasar milenial. Bahkan, potensi bisnis yang didapatkan juga dianggap sangat besar. Salah satu bisnis yang bisa menjadi pertimbangan termasuk bisnis coworking space. Ini merupakan bisnis yang bisa memberikan nilai keuntungan cukup besar. Konsep bisnis yang dihadirkan juga sangat berbeda dibandingkan dengan lainnya. Namun, perlu diingat bisnis seperti ini memang sangat mengharapkan kreativitas hingga dukungan teknologi seperti internet yang cepat.

Mengenal apa itu coworking space

Mengenal apa itu coworking space
Mengenal apa itu coworking space

Sebelum memulai bisnis coworking space sebaiknya pahami terlebih dahulu makna dari konsep bisnis seperti ini. Apalagi ini juga akan memberikan kemudahan dalam menentukan arah dan tujuan dalam menjalankan bisnis untuk jangka waktu yang lebih lama.

Coworking space adalah sebuah konsep baru dalam dunia kerja yang memungkinkan para profesional atau pebisnis untuk bekerja bersama di lingkungan kerja yang bersama. Tempat ini memberikan fasilitas yang sama dengan kantor tradisional, seperti meja, kursi, komputer, dan internet, tetapi memberikan fleksibilitas dan lingkungan yang lebih kreatif dan bersahabat. Coworking spaces juga sering menawarkan fasilitas tambahan seperti ruang rapat, kafe, dan area bersantai.

Baca Juga: 10 Cara Menjadi Distributor Langsung Dari Pabrik

Ide dasar dari coworking space adalah untuk menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan bersahabat bagi para profesional atau pebisnis yang bekerja sendiri atau berpartisipasi dalam proyek bersama. Ini memungkinkan mereka untuk bekerja dalam lingkungan yang produktif dan memiliki akses ke sumber daya dan jaringan yang berguna.

Coworking spaces juga membantu para profesional atau pebisnis untuk menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan hidup pribadi mereka. Ini memungkinkan mereka untuk bekerja dari mana saja dan pada waktu yang mereka inginkan, serta memiliki fleksibilitas untuk memilih lingkungan kerja yang paling cocok untuk mereka.

Perubahan role dari tipe pekerjaan yang tersedia bagi para milenial justru sangat membutuhkan kehadiran dari coworking space. Hal ini karena sudah banyak milenial yang bekerja dengan skema WFA atau sering disebut dengan Working From Anywhere.

Secara keseluruhan, coworking space adalah solusi yang sempurna bagi para profesional atau pebisnis yang ingin meningkatkan produktivitas dan efisiensi, sambil tetap menjaga fleksibilitas dan keseimbangan hidup mereka. Ini juga membantu para profesional atau pebisnis untuk berkolaborasi dan berinteraksi dengan rekan kerja baru, membangun jaringan yang berguna dan mengembangkan ide-ide baru.

Persiapan memulai bisnis coworking space

Persiapan memulai bisnis coworking space
Persiapan memulai bisnis coworking space

Sama seperti lainnya, tentu saja bisnis coworking space juga membutuhkan persiapan. Ini dilakukan karena saat ini persaingan dalam bisnis ini sudah semakin ketat. Selain itu, banyak pelaku bisnis ini juga mengeluarkan biaya atau modal yang sangat besar. Tentu saja perhitungan hingga persiapan juga memberikan pengaruh terhadap keputusan dalam menjalankan bisnis jangka panjang. Berikut ini ada beberapa persiapan untuk memulai bisnis coworking space seperti:

  1. Identifikasi target pasar

Identifikasi siapa target pasar Anda dan apa kebutuhan mereka sehingga Anda dapat menyesuaikan fasilitas dan layanan yang Anda tawarkan.

  1. Pemilihan lokasi

Pilih lokasi yang mudah diakses, dekat dengan pusat bisnis dan fasilitas umum seperti restoran dan tempat parkir.

  1. Analisis bisnis

Hitung biaya operasional dan keuntungan yang diharapkan untuk memastikan bahwa bisnis Anda menguntungkan.

  1. Desain dan fasilitas

Desain ruangan dan fasilitas yang nyaman dan efisien untuk memberikan pengalaman yang baik bagi para pengguna.

  1. Pemasaran

Gunakan media sosial, website, dan event-event lokal untuk mempromosikan bisnis Anda dan menarik calon pengguna.

  1. Layanan pelanggan

Berikan layanan pelanggan yang baik dan responsif untuk membangun loyalitas dan menjaga pengguna tetap setia.

  1. Fleksibilitas tarif

Tawarkan berbagai opsi tarif yang fleksibel untuk menarik berbagai jenis pengguna dan menyesuaikan dengan budget mereka.

  1. Kerja sama

Kerjasama dengan perusahaan dan bisnis lokal untuk meningkatkan visibilitas dan menarik lebih banyak pengguna.

Perhitungan biaya untuk bisnis coworking space

Perhitungan biaya untuk bisnis coworking space
Perhitungan biaya untuk bisnis coworking space

Bisnis coworking space juga memiliki perhitungan biaya tertentu. Biasanya perhitungan ini juga disesuaikan dengan riset pasar yang dilakukan sebelumnya. Perlu diingat bahwa perhitungan biaya yang dibutuhkan juga akan dipengaruhi terhadap skala bisnis. Semakin besar bisnis ini maka akan membutuhkan biaya yang lebih besar juga. Berikut ini beberapa perhitungan biaya untuk menjalankan bisnis coworking space seperti:

  1. Biaya sewa tempat

Ini mungkin menjadi biaya terbesar untuk bisnis coworking space. Anda perlu mempertimbangkan lokasi, ukuran, dan kondisi gedung saat memutuskan berapa banyak yang akan Anda habiskan untuk sewa. Perhitungan ini biasanya berlaku untuk pemilik yang menggunakan tempat sewa. Biaya yang dibutuhkan sekitar 200 juta hingga 1 milyar.

  1. Perabotan dan peralatan

Anda akan membutuhkan meja, kursi, lemari, papan tulis, dan peralatan lain untuk memberikan lingkungan kerja yang nyaman bagi tamu Anda. Perhitungan biaya sekitar 50 juta hingga 200 juta.

Perabotan dan Peralatan Keterangan
Meja Kerja Meja dengan ukuran yang memadai untuk bekerja dengan laptop atau komputer.
Kursi Ergonomis Kursi yang dirancang untuk kenyamanan bekerja dalam jangka waktu lama.
Partisi atau Pembatas Untuk memberikan privasi antara satu tempat duduk dengan yang lainnya.
Lemari Locker Tempat penyimpanan barang pribadi para pengguna coworking space.
Papan Tulis/Whiteboard Berguna untuk diskusi atau presentasi.
Ruang Rapat Dilengkapi dengan meja, kursi, proyektor, dan whiteboard.
Ruang Santai Area dengan sofa atau bean bags untuk istirahat atau diskusi informal.
Pantry Dilengkapi dengan mesin kopi, dispenser, kulkas, dan microwave.
Printer dan Scanner Alat pendukung untuk mencetak dan memindai dokumen.
Wi-Fi Berkualitas Tinggi Internet berkecepatan tinggi untuk kebutuhan kerja.
Sistem Keamanan CCTV, alarm, dan sistem akses kontrol pintu.
AC Untuk menjaga suhu ruangan tetap nyaman.
Penerangan yang Baik Lampu yang mencukupi untuk menerangi setiap area kerja.
Dekorasi Tanaman, lukisan, atau dekorasi lainnya untuk meningkatkan estetika ruangan.
Sistem Suara Untuk pengumuman atau musik latar ruangan.
Stasiun Pengisian Tempat pengisian untuk perangkat elektronik seperti laptop, handphone, dll.
  1. Instalasi teknologi

Anda perlu memastikan bahwa bisnis Anda dilengkapi dengan peralatan teknologi terbaru, seperti koneksi internet yang cepat, printer, dan proyektor. Perhitungan biaya sekitar 10 juta hingga 20 juta, termasuk biaya berlangganan internet.

  1. Biaya operasional

Ini meliputi biaya listrik, air, telepon, dan biaya administrasi lainnya. Perhitungan biaya sekitar 5-10 juta.

  1. Biaya pemasaran dan promosi

Anda perlu mempromosikan bisnis Anda agar dikenal oleh masyarakat. Ini bisa melibatkan biaya iklan, acara pemasaran, dan promosi lainnya. Perhitungan biaya sekitar 1-2 juta per bulan.

  1. Gaji karyawan

Anda akan membutuhkan staf untuk mengelola bisnis Anda, mulai dari penerima tamu hingga pengelola ruangan. Perhitungan gaji juga bergantung dari jumlah pegawai.

  1. Pajak

Anda harus membayar pajak untuk bisnis Anda, seperti pajak penghasilan, pajak properti, dan pajak lainnya yang berlaku. Perhitungan pajak ini juga disesuaikan dengan omset bisnis.

Rintangan menjalankan bisnis coworking space

Rintangan menjalankan bisnis coworking space
Rintangan menjalankan bisnis coworking space

Berikut ini ada beberapa rintangan dalam menjalankan bisnis coworking space yang patut dipertimbangkan seperti:

  1. Modal awal yang tinggi

Memulai bisnis coworking space membutuhkan investasi awal yang besar untuk membeli atau menyewa lokasi, membeli peralatan, dan membangun fasilitas yang memadai.

  1. Persaingan yang ketat

Saat ini, bisnis coworking space sangat populer dan banyak pesaing yang bermunculan. Anda perlu membedakan bisnis Anda dan menawarkan nilai tambah yang unik untuk membedakan diri dari pesaing.

  1. Pemasaran dan branding

Anda perlu memastikan bahwa bisnis Anda dikenal dan diingat oleh target pasar Anda. Ini bisa mencakup pemasaran online, pemasaran tradisional, dan relasi publik.

  1. Menjaga kualitas layanan

Anda perlu memastikan bahwa fasilitas dan layanan Anda berkualitas dan memenuhi harapan klien. Ini melibatkan menjaga fasilitas dan peralatan yang selalu berfungsi dengan baik, dan memastikan bahwa staf Anda cepat dan responsif terhadap kebutuhan klien.

  1. Menentukan harga

Anda perlu memastikan bahwa harga yang Anda tawarkan kompetitif dan memperhitungkan biaya operasional bisnis Anda, serta mempertimbangkan harapan dan kemampuan pembayaran klien Anda.

Akhir Kata

Bisnis Coworking Space
Bisnis Coworking Space

Bisnis coworking space telah memperkenalkan paradigma baru dalam dunia kerja, menyediakan lingkungan yang inspiratif dan berkolaborasi bagi para pekerja independen, startup, dan perusahaan yang ingin berbagi ruang kerja fleksibel. Dengan fasilitas modern dan layanan yang mendukung, bisnis ini mengatasi batasan ruang tradisional dan menggalang komunitas yang beragam.

Kemajuan teknologi dan tren bekerja jarak jauh telah mendorong pertumbuhan coworking space, yang tidak hanya memberikan tempat kerja produktif tetapi juga menghadirkan peluang untuk berinteraksi, berbagi pengetahuan, dan membangun jaringan profesional. Di tengah perubahan dinamika kerja, bisnis coworking space terus mengembangkan konsep yang fleksibel dan inklusif untuk mendukung perkembangan karier dan inovasi di era modern.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay