Kenapa ATM Tidak Bisa Tarik Tunai? Ketahui 7 Penyebab Lengkap dengan Solusinya!

Iusnar Sinaga

Membahas mengenai ATM, anda mungkin pernah mengalami kendala dimana anda tidak bisa tarik tunai. Kenapa ATM tidak bisa tarik tunai? itulah topik yang akan kita ulas dalam artikel ini. Tak hanya akan menampilkan alasan dibalik “kenapa ATM tidak bisa tarik tunai” Namun dalam postingan ini, kami juga akan membagikan secara lengkap beberapa solusi untuk ATM yang tidak bisa tarik tunai.

Cara Tarik Tunai Uang di ATM

Cara tarik tunai uang di ATM sebenarnya cukup mudah dan simpel, namun pada beberapa orang terutama bagi pengguna baru ATM akan mengalami sedikit kesulitan ketika ingin menarik uang melalui ATM. Oleh karena itu, sebelum lanjut membahas tentang kenapa ATM tidak bisa tarik tunai, terlebih dahulu kami akan menunjukkan pada anda bagaimana cara tarik tunail uang di ATM.

Berikut kami tampilkan beberapa langkah-langkah dalam tarik tunai uang di ATM pada semua jenis ATM baik BRI, Mandiri, BCA, dan semua jenis ATM lainnya, yang dapat dilakukan melalui 2 cara yaitu dengan menggunakan kartu ATM dan tanpa kartu ATM.

  • Cara tarik tunai uang di ATM dengan menggunakan kartu ATM

Sumber: batam.tribunnews.com
  1. Masukkan kartu anda ke mesin ATM sesuai dengan bank/ jenis ATM yang anda anda punya (misalnya, jika ATM yang anda gunakan adalah ATM Mandiri, maka masukkanlah ke mesin ATM Mandiri)
  2. Silahkan pilih bahasa sesuai dengan keinginan anda (tersedia bahasa Indonesia dan bahasa Inggris)
  3. Masukkan PIN kartu ATM anda (biasanya terdiri dari 6 digit)
  4. Akan muncul beberapa menu pilihan, silahkan pilihlah opsi “tarik tunai
  5. Pilih jumlah yang ingin anda tarik. Klik “jumlah lain” untuk menarik uang dengan nominal lainnya yang berbeda dari menu pilihan nominal yang ditampilkan di layar mesin ATM
  6. Konfirmasi penarikan uang tunai
  7. Tunggu beberapa saat uang anda akan keluar sesuai dengan nominal yang anda masukkan
  8. Ambil juga struk penarikan yang keluar dari mesin ATM untuk melihat sisa saldo dalam tabungan anda
  9. Keluarkan kartu dari mesin ATM jika tidak ada lagi transaksi yang ingin anda lakukan. Untuk mengeluarkan ATM dari mesin ATM, caranya adalah: Tekan “Tidak” ketika muncul pertanyaan “apakah anda ingin lanjut melakukan transaksi”
  • Cara tarik tunai uang di ATM tanpa menggunakan kartu ATM

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini beberapa Bank juga sudah menyediakan opsi tarik tunai tanpa harus menggunakan kartu ATM. Namun syarat untuk dapat menggunakan cara ini adalah anda harus memiliki aplikasi perbankan sesuai dengan bank anda, yang sudah terdaftar dan sudah bisa digunakan. Misalnya aplikasi untuk bank Mandiri adalah Livin by Mandiri, Untuk Bank BRI menggunakan aplikasi BRImo. Intinya, gunakanlah aplikasi sesuai dengan jenis Bank kalian ya gaes.

Sumber: pindahlubang.com/ Kenapa ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Oke biar ga bingung, langsung saja kami tampilkan ini dia beberapa langkah-langkah dalam penarikan uang tunai di ATM tanpa harus menggunakan kartu ATM:

  1. Silahkan login ke aplikasi perbankan anda
  2. Ketuklah menu “tarik tunai“ yang biasanya terletak di halaman beranda
  3. Lalu pilih opsi “ATM
  4. Kemudian pilihlah nominal yang ingin anda tarik.
  5. Lakukan konfirmasi dengan memasukkan PIN aplikasi perbankan anda
  6. Tunggu beberapa saat, anda akan menerima kode unik yang akan anda gunakan untuk bisa tarik tunai di ATM tanpa kartu. Tapi ingat yah, kode unik ini biasanya akan berlaku dalam waktu 5 menit saja.
  7. Jika sudah menerima kode unik, selanjutnya carilah ATM sesuai dengan bank anda
  8. Pada layar mesin ATM, ketuklah opsi tarik tunai kartu
  9. Selanjutnya, masukkanlah nomor Handphone yang tertaut ke aplikasi perbankan anda
  10. Lalu, Masukkan 6 digit kode unik yang kamu dapat dari aplikasi
  11. Ikuti petunjuk berikutnya untuk menyelesaikan transaksi
  12. Jika sudah berhasil di konfirmasi, maka tunggulah dalam beberapa saat transaksi tarik tunai anda akan diproses dan uangnya akan dikeluarkan dari mesin ATM

Kenapa ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Kenapa ATM Tidak Bisa Tarik Tunai
Kenapa ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Nah, anda telah mengetahui 2 cara mudah untuk melakukan tarik tunai di ATM. Jika ternyata anda gagal dalam transaksi tarik tunai, berikut ini kami tampilkan beberapa alasan kenapa ATM tidak bisa tarik tunai, silahkan disimak penjelasan kami berikut ini:

  • ATM rusak

Alasan dibalik kenapa ATM tidak bisa tarik tunai yang pertama adalah karena kerusakan pada kartu ATM. Kerusakan yang dimaksud disini adalah seperti chip tergores, laminating kartu yang terkelupas, fisik kartu yang patah, atau pita magnetik yang terkikis. Jika kondisi kartu ATM anda sudah seperti itu, maka sebaiknya anda segera mengganti kartu ATM anda dengan yang baru.

  • Uang di mesin ATM habis

Lanjut, alasan kenapa ATM tidak bisa tarik tunai  yang berikutnya adalah karena uang di dalam mesin ATM sudah habis atau kosong. Pada beberapa mesin ATM biasanya akan membuat pemberitahuan tertulis yang ditempel di layar mesin ATM, seperti “Maaf, transaksi tidak bisa dilakukan saat ini” atau “maaf, persediaan uang di ATM ini kurang” Apabila kamu mengalami kondisi yang seperti ini, maka sebaiknya kamu mencari ATM lain yang juga dengan lokasi anda

  • Server bank sedang gangguan

Ada juga alasan lain yang menjadi penyebab kenapa ATM tidak bisa tarik tunai, yaitu karena server Bank sedang gangguan. Server Bank mengalami gangguan biasanya dipicu oleh dua hal diantaranya yaitu Bank tersebut sedang dalam pemeliharaan jaringan (maintenance) atau memang sedang ada terjadi masalah di pusat data yang membuat koneksi mesin ATM dengan server bank menjadi error.

  • Nominal penarikan tidak sesuai dengan pecahan yang tersedia di mesin ATM

Kenapa ATM tidak bisa tarik tunai? juga dapat disebabkan karena nominal penarikan yang tidak sesuai dengan pecahan yang tersedia dalam mesin ATM. Perlu untuk anda ketahui, tidak semua mesin ATM menyediakan pecahan uang 50ribu dan 100ribu. Beberapa diantaranya ada juga yang terbatas, yang hanya menyediakan pecahan 50000 saja atau 100000 saja. Oleh karena itu sebelum melakukan penarikan, pastikan anda mengetahui terlebih dahulu pecahan yang tersedia dalam mesin ATM.

  • Saldo tidak mencukupi untuk nominal penarikan anda

Source: a.grid.id/ Kenapa ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Setiap transaksi yang dilakukan pada mesin ATM tentu saja bergantung pada saldo yang tersedia di kartu ATM anda. Termasuk untuk melakukan tarik tunai, memerlukan adanya saldo dalam rekening anda. Oleh karena itu, sebelum bertransaksi perlu bagi anda untuk melakukan cek ketersediaan saldo terlebih dahulu.

Selain itu, pastikan juga saldo yang tersisa setelah dilakukan penarikan tidak kurang dari minimal saldo tabungan yang telah ditentukan pada jenis Bank yang anda gunakan. Misalnya seperti pada jenis bank Mandiri, sisa saldo minimal adalah Rp50000 Sehingga jika nominal penarikan yang anda masukkan tidak menyisakan saldo minimal 50ribu, maka secara otomatis transaksi tarik tunai anda tidak akan berhasil.

  • Gangguan jaringan

Perlu untuk anda ketahui bahwa cara kerja ATM bergantung pada koneksi internet yang stabil agar dapat mengirimkan data transaksi customer ke kantor pusat. Koneksi jaringan yang tidak bagus, akan membuat mesin ATM kehilangan koneksi dengan server bank. Pada saat situasi ini terjadi, maka transaksi pada mesin ATM termasuk tarik tunai mungkin akan gagal atau tidak akan dapat diproses dengan benar.

  • Telah mencapai limit tarik tunai harian

Alasan kenapa ATM tidak bisa tarik tunai yang terakhir adalah karena transaksi telah mencapai atau melebihi limit tarik tunai harian. Perlu anda ketahui bahwa setiap Bank menerapkan limit tarik tunai sesuai dengan jenis ATM yang digunakan oleh nasabahnya. Maka dari itu, perlu untuk anda mengetahui berapa limit tarik tunai ATM yang anda gunakan.

Pada saat pembuatan ATM, biasanya anda akan diberikan penjelasan tentang penggunaan kartu ATM tersebut, termasuk penjelasan mengenai limit tarik tunainya. Selain itu, anda juga bisa mengetahui berapa limit tarik tunai ATM anda melalui pencarian di mesin telusur Google atau situs resmi bank yang anda gunakan.

Solusi untuk ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Kenapa ATM Tidak Bisa Tarik Tunai

Setelah mengetahui beberapa alasan dibalik kenapa ATM tidak bisa tarik tunai, selanjutnya dibawah ini kami akan memberikan beberapa solusinya. Jika anda sedang mengalami kendala tidak bisa tarik tunai, anda bisa mengikuti beberapa solusi yang kami tampilkan dibawah ini:

  • Transaksi via ATM lain

Solusi yang pertama untuk ATM yang tidak bisa tarik tunai yaitu dengan beralih bertransaksi lewat ATM lain. Jika pada beberapa ATM bank anda yang sudah anda coba tidak bisa melakukan penarikan tunai, maka penyebabnya kemungkinan besar adalah karena server bank anda yang sedang gangguan atau bermasalah. Oleh karena itu sebagai solusinya, anda bisa beralih ke ATM bank lain.

Anda tidak perlu khawatir, karena anda tetap bisa bertransaksi dengan bebas biaya admin menggunakan beberapa jenis mesin ATM seperti ATM bersama, Link, Maestro, Prima, dan Cirrus. Atau jika anda tidak keberatan, anda juga bisa melakukan tarik tunai lewat ATM diluar yang telah disebutkan dengan dikenakan biaya admin tertentu.

  • Tarik Tunai melalui Bank

Ada juga solusi lainnya yang dapat anda lakukan ketika ATM tidak bisa tarik tunai yakni dengan mengunjungi bank sesuai dengan jenis layanan bank yang anda gunakan. Andabisa mendatangi BANK terdekat dengan lokasi anda. Ketika sudah sampai di Bank, yang pertama ambillah terlebih dahulu nomor antrian, lalu sampai ke Teller tujuan anda yang ingin melakukan tarik tunai. Tapi ingat, jika anda memilih cara ini anda wajib harus membawa buku tabungan anda ya ges.

  • Hubungi layanan Bank anda

Solusi untuk kendala pada ATM tidak bisa tarik tunai yang terakhir adalah menghubungi layanan bank anda. Tanyakan pada mereka apa mengenai kendala yang sedang anda hadapi. Mereka akan menjelaskan penyebab dan solusinya! Berhubung karena jenis bank sangat banyak ya guys, jadi kami tidak dapat menampilkan call center bank satu per satu dalam artikel ini. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa mengetahui call center bank anda melalui mesin telusur Google.

Berikut tips sebelum menghubungi Layanan Bank :

Tips  Keterangan
Persiapkan Informasi Siapkan informasi seperti nomor rekening, kartu ATM, dan detail transaksi yang akan Anda bahas.
Gunakan Nomor Resmi Pastikan Anda menghubungi nomor telepon resmi yang tertera di situs web atau dokumen resmi bank.
Pilih Waktu yang Tepat Pilih waktu yang kurang sibuk, seperti di pagi hari atau menjelang penutupan layanan.
Buat Catatan atau Pertanyaan Jika perlu, buat catatan atau daftar pertanyaan sebelumnya untuk memastikan tidak terlupakan.
Pastikan Dalam Kondisi Tenang Pastikan Anda dalam kondisi tenang dan nyaman saat melakukan panggilan.

Simpulan

Kenapa ATM Tidak Bisa Tarik Tunai?
Kenapa ATM Tidak Bisa Tarik Tunai?

Dalam menghadapi situasi di mana ATM tidak bisa tarik tunai, penting bagi anda untuk mengetahui penyebabnya terlebih dahulu agar dapat menemukan solusi yang tepat. Nah, itulah dia beberapa penyebab atau alasan dibalik kenapa ATM tidak bisa tarik tunai beserta cara mengatasinya. Dengan mengikuti solusi paling mudah yang telah kami tampilkan dalam artikel ini, permasalahan terkait ATM yang tidak bisa tarik tunai bukan lagi menjadi sebuah masalah serius untuk anda pikirkan.

Related Post

Tinggalkan komentar

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay