21 Font Mesin Ketik Lengkap Dengan Link Downloadnya

Ristauli Sianturi

Zaman dulu untuk mengerjakan sesuai seperti ttugas kuliah maupun surat penting semua nya memakai mesin ketik manual. Dan sekarang sudah ada font mesin ketik jadi sangat praktis sekali.

Sangat banyak font mesin ketik yang kita temukan atau yang bisa kita pakai melalui  word, melalui link dan masih banya cara lagi. Dibawah ini akan kita bahas apa saja sih font mesin ketik .

Lihat Juga: 5 Cara Membuat Tulisan Berwarna di Whatsapp

Pengertian Font 

Sebelum kita bahas jauh mengenai font mesin ketik kita harus paham dulu apa itu font?  Font adaah ukuran atau berat karakter yang digunakan dengan jenis- jenis huruf berbeda.

Seperti yang banyak diketahui desain, bentuk hingga karakter dari sebuah font biasanya berbeda- beda. Dari mulai mencolok hingga sangat simpel,sesuai penggunaannya. Kebanyakan orang menyebut dengan jenis huruf karena ada desain tersendiri.

Dengan bantuan program perangkat lunak seperti microsoft word, excel, hingga power point dapat merancang font sendiri. Bentuknya juga beraneka ragam, ini yang menyebabkan pengguna bisa bebas memilih mana yang dibutuhkan.

21 Font Mesin Ketik Terbaru

Di era modern ini pasti tidak asing dengan komputer ataupun laptop pasti anda sering menggunakan alat tersebut. Kemajuan industri yang membuat adanya mesin tersebut. Begitu pula dengan gaya penulisan, berikut font mesin ketik terbaru terus link download-nya gratis :

1. 1984 Report Font

Font mesin ketik pertama bisa anda akses adalah 1984 Report, seperti yang diperhatikan gaya penulisan ini memiliki standar atau reguler. Bisa juga langsung mendownload tanpa biaya apapun atau gratis link disini.

font mesin ketik
1984 Report Font-Sumber: Blogfont

 

2. Travelling Typewriter 

Selanjutnya font mesin ketik hadir bentuk huruf, seperti ini sudah sangat populer di kalangan. Banyak juga mengetik dokumen menggunakan gaya tersebut selain modis juga bisa menjadi estetik, mendownloadnya juga gratis

font mesin ketik
Travelling Typewriter- Sumber: Unblest

3. Jmh Typewriter

Untuk font mesin ketik satu ini muncul dengan pilihan dari beberapa gaya dan bentuk. Tinggal memilih yang mana cocok untuk anda pakai, dan sesuai dengan kebutuhannya

font mesin ketik
Jmh Typewriter- Sumber: Fontr

4. Typo Wrong 

Font mesin ketik yang tidak kalah populer yaitu Typo wrong, sering ditemukan pada tahun 2015. Memang pada masanya sudah sangat terkenal, banyak yang memakai gaya satu ini

font mesin ketik
Typo Wrong- Sumber: Tisucodang

5. Fragment Core 

Menghadirkan font mesin ketik terkesan modern dan kekinian dibandingkan dengan yang lain. inilah menjadi daya tarik mengapa banyak digunakan hingga sekarang

font mesin ketik
Fragment Core- Sumber: Fontmirror

6. Gabriele Font Family 

Gabriele adalah font mesin ketik salah satu yang disukai desainer, apalagi untuk penggembangan blog atau website. Bentuknya menyerupai alat ketik dahulu pinggirannya juga unik, sehingga orang tidak malas membaca dan menjadi bentuk favorit,

font mesin ketik
Gabriele Font Family- Sumber: Fonts

7. L. C Smith 5 Typewriter

Dari macam- macam font mesin ketik, ini adalah yang terkenal dan cukup sering digunakan. Biasanya dipakai untuk memanipulasi dokumen yang sudah lampau dan jarang ditemukan untuk itu bisa direvisi

font mesin ketik
L. C Smith 5 Typewriter- Sumber: ffonts

 

8. Royal 200 Trashed 

Jenis font mesin ketik jadul adalah royal 200 Trashed, terkenal namun cukup jarang untuk digunakan. Hanya dipakai untuk edit tulisan yang terkesan horor atau misterius tapi tidak merubah keunikannya

font mesin ketik
Royal 200 Trashed- Sumber: Blogfonts

9. Kingthings Typewriter

Font mesin ketik sangat dicintai banyak orang karena simple dan tanpa tambahan efek apapun. Dan pastinya cukup populer kesan persih di hurufnya sangat menarik untuk digunakan

font mesin ketik
Kingthings Typewriter- Sumber: Sqentfiral

10. Typewriter Condensed 

Gaya font mesin ketik ini benar- benar seperti tempo dulu, tulisan yang kecil- kecil menambah kemiripannya. Biasanya untuk menulis surat di era dahulu terlihat kesan sejarahnya dan tentu saja bisa di download tanpa biaya apapun

font mesin ketik
Typewriter Condensed- Sumber: Fontinuse

11. Another Typewriter

Desainer Johan Holmdel yang tentunya sudah mempunyai lisensi, font mesin ketik ini seperti bentuk manual yang sebenarnya. Gaya hurufnya juga sama persis dengan alat ketik tersebut

font mesin ketik
Another Typewriter- Sumber: Fontmirror

12. ALF Font Pespaye Nonmetric 

Ketikan jadul selanjutnya cukup panjang, yaitu ALF Pespaye Nonmetric. Font mesin ketik tersebut dibuat pada tahun pertengahan 2004, dan masih dipakai sampai saat ini menginstalnya juga gratis

font mesin ketik
ALF Font Pespaye Nonmetric- Sumber: Fontplace

 

13. Triumph Typewriter Font

Font Mesin Ketik Triumph Typewrite
                              Sumber: fontspace

Triumph Typewriter Font. Font yang dibuat oleh Tomasz Skwronski ini bisa kamu pakai secara gratis. Dengan catatan kalau untuk komersil, kamu perlu menghubungi pembuatnya terlebih dulu.

Secara spesifik, font ini memiliki karakter yang lengkap. Karena ada desain untuk font huruf kecil, huruf besar dan beberapa huruf khusus.

14. Old Newspaper Types

Font Mesin Ketik Old Newspaper Types
                              Sumber: dafont

Font klasik ini mengambil gaya koran retro jaman dulu. Sehingga font memiliki desain estetik tersendiri. Di jaman sekarang, jenis font seperti ini sangat fungsional.  Karena bisa dimanfaatkan untuk beberapa keperluan, seperti pembuatan logo, merk dan sebagainya.

15. Moments Typewriter Fonts

Font Mesin Ketik Moments Typewriter
                        Sumber: CreativeMarket

Kalau kamu ingin memakai font mesin tik bergaya tipografi, kamu bisa coba pakai Moments Typewriter Fonts. Karena mendukung gaya tersebut, membuat font ini sangat cocok untuk dipakai dalam pembuatan desain kaos, tulisan kreatif dan lainnya.

16. Enigma Typewriter Sans Font

Font Mesin Ketik Enigma Typewriter Sans
                            Sumber: envato

Enigma Typewriter Sans Font adalah salah satu font mesin ketik yang sangat kami rekomendasikan. Alasannya karena font ini memiliki desain karakter yang sangat banyak.

Mulai dari desain karakter huruf kecil, besar, khusus, angka hingga simbol tersedia di font ini. mengenai desain, jenis font ini terinspirasi oleh mesin Enigma, sehingga terlihat menarik.

17. Another Typewriter Font

Font Mesin Ketik Another Typewriter
                           Sumber: dafont

Misalkan kamu ingin desain font mesin ketik yang sederhana, Another Typewriter Font ini bisa jadi pilihan. Secara spesifik, desain dari Another Typewriter Font ini sangat sederhana. Namun kelengkapannya cukup baik

18. Soft Italic Typewriter Font

Font Mesin Ketik Soft Italic Typewriter
                                Sumber: fontspace

Selain font-font tadi, kamu juga bisa download Soft Italic Typewriter Font. Desain di font ini sangat lembut dan juga sederhana. Namun kelebihannya punya banyak karakter yang bisa kamu pakai secara gratis. Mulai dari desain huruf besar, kecil, angka, simbol dan karakter khusus.

19. Merchant Ledger Font

Font Mesin Ketik Merchant Ledger
                      Sumber: envato

Bagi kamu yang mencari font mesin ketik untuk branding, Merchant Ledger Font ini sangat direkomendasikan. Alasannya karena font ini memang dirancang khusus untuk branding.

Misalnya seperti untuk font pembuatan kemasan, merk, postingan sosial media, brosur, buku dan masih banyak lainnya. Download disini.

20. Mom’s Typewriter Font

Font Mesin Ketik Mom’s Typewriter
                          Sumber: dafont

Typewriter Font adalah desain dari font ini mengusung konsep retro namun elegan. Sehingga sangat cocok untuk beberapa keperluan, seperti desain sablon baju, video editing genre horor dan lainnya. Download disini

21. Uncle Typewriter Font

Font Mesin Ketik Uncle Typewriter
                                     Sumber: dafont

Font mesin ketik ini bisa dibilang serupa, yaitu Uncle Typewriter Font. Bedanya dengan font Mom’s, desain di font ini lebih terkesan rustic. Namun font ini sangat cocok untuk keperluan pembuatan desain baju tema thriller, merchandise dan sebagainya. Download disini

Tips Menggunakan Font Mesin Ketik pada Penulisan

Tips Penjelasan
Gunakan Font Mesin Ketik untuk Efek Visual Font mesin ketik biasanya digunakan untuk efek visual. Gunakan dengan bijak untuk menarik perhatian pembaca.
Sesuaikan Ukuran dan Spasi Sesuaikan ukuran font dan spasi antara karakter agar sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan.
Periksa Keterbacaan Pastikan bahwa teks yang ditulis dengan font mesin ketik tetap mudah dibaca. Kadang-kadang, font mesin ketik dapat sulit dibaca dalam teks panjang.
Eksperimen dengan Warna Percobaan dengan warna teks dalam kombinasi dengan font mesin ketik dapat menciptakan efek visual yang menarik.
Gunakan dalam Konteks yang Tepat Pertimbangkan konteks penggunaan font mesin ketik. Mereka sering digunakan dalam desain retro, tampilan vintage, atau untuk memberikan nuansa khusus pada teks.

Kesimpulan

Font Mesin Ketik
Font Mesin Ketik
Begitulah Font mesin ketik yang dapat dipergunkan. Diatas sudah lengkap dijelaskan dan juga sudah dilengkapi link untuk dowload font nya. Bisa digunakan sesuai selera atau sesuai kebutuhan masing masing.

Related Post

Tinggalkan komentar