12 List Harga Gigi Palsu Permanen dan Lepasan Terbaru 2024

Irfan Nathanael

Daftar Harga Gigi Palsu Permanen dan Harga Gigi Palsu Lepasan – Pemasangan gigi palsu saat ini sudah jauh lebih mudah karena terdapat banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi gigi. Gigi palsu merupakan alternatif untuk menggantikan gigi asli yang ompong.

Alasan yang paling umum gigi ompong biasanya adalah usia, namun tentu bukan hanya hal tersebut yang dapat menyebabkan gigi ompong. Masih banyak hal yang dapat menyebabkan gigi ompong salah satunya adalah kecelakaan.

Jika memiliki niat untuk mengganti gigi ke gigi palsu permanen, kamu harus tau berapa harga gigi palsu permanen. Kali ini Mocipay akan membahas artikel tentang harga gigi palsu permanen.

Artikel menarik lainnya: Harga Kain Flanel Per Lembar dan Per Meter

Apa Itu Gigi Palsu?

Harga Gigi Palsu Permanen

Sebelum lanjut ke harga gigi palsu sebaiknya kita membahas dan mengetahui apa itu gigi Palsu. Gigi palsu atau denture adalah alat bantu untuk menggantikan gigi yang hilang dan jaringan gusi di sekelilingnya.

Menurut yang dituliskan di Wikipedia, gigi palsu pertama kali dikenal pada tahun 700 SM. Biasanya pada masa tersebut gigi palsu masih terbuat dari gading, tulang ikan paus atau tulang kudanil dan diikat dengan semacam kawat yang terbuat dari emas. Teknik ini bertahan selama hampir 2000 tahun.

Penggunaan gigi palsu dapat mengatasi keluhan yang muncul akibat gigi hilang, seperti gangguan makan dan berbicara, serta menurunnya rasa percaya diri.

Gigi palsu dibagi menjadi dua jenis, yaitu gigi palsu yang terpasang secara permanen dan gigi palsu yang dapat dilepas sewaktu-waktu. Gigi palsu yang bisa dilepaskan terbagi lagi menjadi dua jenis, yakni gigi palsu sebagian dan gigi palsu lengkap.

Pada usia diatas 60-an biasanya gigi copot dengan sendirinya, dari situlah gigi palsu menjadi satu-satunya solusi untuk menggantikannya.

Selain sebagai fungsi alat gigit dan kunyah, gigi palsu juga difungsikan sebagai estetika penunjang penampilan wajah terutama ketika senyum atau membuka mulut. Harga gigi palsu berbeda beda sangat bergantung pada kasus yang di alami pasien.

Manfaat Menggunakan Gigi Palsu

Setelah mengetahui apa itu gigi palsu, kamu juga harus mengetahui apa saja manfaat penggunaan gigi palsu. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan gigi palsu.

  • Menjaga Posisi Rahang dan Gigi

Manfaat utama dari penggunaan gigi palsu adalah menjaga posisi gigi dan rahang. Pasalnya, ruang kosong pada rahang akibat satu atau beberapa gigi tanggal bisa membuat gigi-gigi asli yang tersisa menjadi bergeser. Selain bergeser, gigi juga dapat berpindah ke arah dalam atau sebaliknya.

Apabila dibiarkan terus-menerus, pergeseran gigi akan membuat susunan gigi bertabrakan. Tak hanya itu, dampak lain jika tidak menggunakan gigi palsu adalah gigi sulit dibersihkan dan proses mengunyah menjadi kurang nyaman.

  • Memperbaiki Fungsi Mengunyah

Gigi palsu yang menggantikan gigi asli bisa pula membantu memperbaiki fungsi mengunyah. Dengan penggunaan gigi palsu, proses mengunyah menjadi lebih sempurna dan makanan bisa tercerna dengan baik.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Tak dapat dipungkiri, gigi memiliki peranan penting dalam penampilan seseorang. Tentunya, gigi ompong akan memberikan dampak besar dalam penampilan seseorang dan bahkan membuat kepercayaan diri menurun. Karena itu, penggunaan gigi palsu bisa mengatasi permasalah satu ini.

Jenis & Harga Gigi Palsu

Harga Gigi Palsu Permanen
Harga Gigi Palsu Permanen

Dilihat dari cara penggunaanya, gigi palsu ini terbagi menjadi 2 macam yaitu gigi palsu jenis lepasan dan jenis permanen.

Harga gigi palsu jenis lepasan lebih terjangkau dibanding jenis permanen, hal ini juga sebanding dengan benefit yang dirasakan oleh pasien ketika menggunakannya. Jenis lepasan memang murah namun jenis ini sebetulnya lebih ditujukan sebagai estetika atau penampilan saja terutama ketika senyum.

Ketika digunakan untuk gigit atau kunyah tidak dapat berfungsi sekuat atau sebaik gigi palsu permanen. Sedangkan gigi palsu jenis permanen selain dari sisi penggunaan juga lebih nyaman secara fungsi untuk gigit dan kunyah jauh lebih baik dari jenis lepasan bahkan hampir mendekati fungsi gigi asli.

Kekuranganya hanya pada usia warna mahkotanya saja. Hal ini disebabkan material yang digunakan ada yang logam campur dengan porcelain dan full porcelain. untuk yang metal campur porcelain biasanya hanya tahan 4 hingga 5 tahun saja, sedangkan full porcelain dapat bertahan puluhan tahun.

Dari segi harga gigi palsu jenis permanen ini memang jauh lebih mahal, hal ini sebanding dengan benefit yang dirasakan oleh penggunanya.

1. Gigi Palsu Lepasan

Harga Gigi Palsu
sumber gambar www.sehatq.com

Untuk jenis gigi palsu lepasan, terdiri dari 4 jenis yang berbeda disesuaikan dengan bahan yang digunakan untuk pembuatan gigi palsu. Berikut adalah 4 jenis gigi palsu lepasan dan penjelesannya:

  • Gigi Palsu Akrilik

Gigi palsu Akrilik adalah gigi palsu lepasan yang terbuat dari bahan akrilik dengan kombinasi kawat di bagian gusinya. Kekurangan gigi palsu jenis ini kurang natural karena adanya penggunaan kawat. Selain itu jenis ini hanya dapat bertahan 3-4 tahun saja.

Untuk harga gigi palsu lepasan jenis ini adalah kisaran Rp. 1.500.000 untuk plat termasuk dengan 1 gigi pertamanya.

  • Gigi Palsu Valplas

Gigi palsu jenis ini adalah gigi palsu yang terbuat dari bahan valplas yang lentur. Jenis ini baik untuk penampilan karena tampak menyatu dengan gusi dan gigi aslinya. Jenis gigi palsu yang satu ini dapat bertahan 10-11 tahun lamanya.

Untuk pemasangan jenis gigi palsu yang satu ini dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000.000 untuk plat termasuk dengan 1 gigi pertamanya.

  • Gigi Palsu Logam

Jenis gigi palsu lepasan yang satu ini merupakan perpaduan penggunaan antara bahan valplas dengan logam pada bagian gusinya. Penggunaan bahan logam dan valplas membuat jenis ini lebih nyaman dan awet.

Untuk pemasangan gigi palsu lepasan jenis logam sendiri dibandrol dengan Rp. 2.000.000 untuk plat termasuk dengan 1 gigi pertamanya.

  • Gigi Palsu Thermosens

Gigi palsu jenis thermosens termasuk salah satu jenis gigi palsu terbaru dan paling difavoritkan. Hampir mirip dengan valplast yang cukup fleksibel, jenis thermosens ini lebih kuat dan bisa menggantikan kehilangan banyak gigi.

Untuk harga gigi palsu thermosens dibandrol dengan harga Rp. 3.500.000 ntuk plat termasuk dengan 1 gigi pertamanya.

Perawatan Gigi Palsu Lepasan

Gigi palsu lepasan tentu saja memerlukan perawatan, selain agar nafas tidak berbau juga agar dapat bertahan lama. Berikut ini adalah tips merawat gigi palsu lepasan :

  1. Melepas gigi palsu secara perlahan dan berhati-hati
  2. Membersihkan seluruh rongga mulut yaitu lidah, gusi, dan langit langit dengan sikat gigi yang berbahan lembut agar tidak melukai gusi.
  3. Bersihkan dengan sikat dan pasta gigi khusus secara pelan dan merata kemudian basuh dengan air mengalir.
  4. Gunakan alas kain/handuk untuk mencegah kemungkinan rusak apabila jatuh saat dibersihkan.
  5. Lepas ketika tidur dan rendam didalam air hangat (tidak boleh terlalu panas)

2. Gigi Palsu Permanen

Harga Gigi Palsu
sumber gambar www.klikdokter.com

Sama seperti jenis gigi palsu lepasan, jenis gigi palsu permanen juga dibagi menjadi 3 jenis disesuaikan dengan cara pemasangannya. Berikut adalah jenis gigi palsu permanen, antara lain:

  • Dental Implan adalah jenis gigi palsu permanen yang berdiri sendiri dengan penanaman logam pada gusi kemudian diberikan mahkota palsu yang menyerupai gigi asli.  Prosedur pengerjaan dipelukan 3-4 kunjungan dari mulai penanaman implan, pemasangan abuttment hingga pemasangan crown (mahkota palsu).
  • Crown ; atau biasa disebut dengan jaket gigi merupakan salah satu jenis gigi palsu permanen yang diaplikasikan pada gigi patah atau keropos. Pengerjaan crown memerlukan 2x kunjungan dari pencetakan model gigi hingga pemasangan.
  • Bridge ; merupakan gigi palsu permanen yang diaplikasikan pada orang yang mengalami gigi ompong. Tindakan ini perlu mengecilkan gigi disampingnya sebagai penopang gigi utama yang ingin diperbaiki. Tindakan ini memerlukan 2x kunjungan sama halnya dengan crown, digunakan untuk mengatasi gigi patah atau keropos sedangkan crown bridge pada gigi ompong.

Perawatan Gigi Palsu Permanen

Tidak ada perlakukan khusus seperti cara merawat gigi palsu jenis lepasan. Jika jenis lepasan harus dilepas setiap malam direndam dan dibersihkan, tidak begitu pada jenis permanen. Perawatan gigi palsu jenis permanen ini hampir sama dengan cara merawat gigi kita yang masih asli.

Cukup dengan rajin menggosok gigi dan lebih memfokuskan pada gigi palsu tersebut dengan membersihkan sela sela serta control ke dokter gigi jika ada keluhan yang dirasakan.

Baca Juga : Harga Mutiara Kerang Asli dan Paling Laris

Daftar Harga Gigi Palsu Lepasan

Jenis Gigi Palsu Lepasan

Harga

Gigi Palsu Lepasan Plat Akrilik Rp. 1.500.000
Gigi Palsu Lepasan Plat Valplas Rp. 2.000.000
Gigi Palsu Lepasan Plat Logam Rp. 2.500.000
Gigi Palsu Lepasan Thermosens Rp. 3.500.000

Daftar Harga Gigi Palsu Permanen

Jenis Gigi Palsu Permanen

Harga Gigi Palsu Permanen

Implan+Crown All Porcelain Rp. 18.500.000
Implan+Crown Metal Porcelain Rp. 16.500.000
Crown Bridge (3 Mahkota Zirconia) Rp. 12.000.000
Crown Bridge (3 Mahkota All Porcelain) Rp.   9.000.000
Crown Bridge (3 Mahkota Metal Porcelain) Rp.   9.000.000
Crown Zirconia Rp.   4.000.000
Crown All Porcealain Rp.   3.000.000
Crown Metal Porcelain Rp.   2.000.000

Penutup

Harga Gigi Palsu Permanen dan Lepasan
Harga Gigi Palsu Permanen dan Lepasan

Demikianlah pembahasan tentang jenis gigi palsu dan harga gigi palsu permanen dan Lepasan. Semoga artikel kali ini dapat membantu dan dapat membawa manfaat untuk kamu terutama yang ingin mengganti gigi asli dan mencari tau tentang harga gigi palsu permamen.

Related Post