HargaRagam

Harga Mutiara Kerang Asli dan Paling Laris

Meskipun Harga Mutiara Kerang cukup mahal, namun tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat Indonesia untuk membelinya. Selain memiliki daya tarik yang cukup besar, mutiara juga dapat menciptakan keindahan bagi penggunannya.

Di indonesia mutiara kerang dibagi menjadi 2 kategori, yaitu mutiara air laut (sea water pearl) dan mutiara air tawar (freshwater pearl). Mutiara air laut habitat hidupnya berada diperairan laut, sedangkan mutiara air tawar habitat hidupnya berada diperairan danau, bendung dan sungai.

Mutiara Kerang

Sumber : freepik.com

Mutiara merupakan benda keras yang berasal dari hewan triploblastik selomato yang memiliki tubuh lunak. Sama seperti cangkang, mutiara terdiri dari kalsium karbonat yang berbentuk kristal dan di simpan dalam lapisan konsentris.

Mutiara pertama kali digunakan oleh raja Yunani Xerxes. Sejak dahulu mutiara dipercayai sebagai jimat yang membawa keberuntungan di saat terjadinya perang dan termasuk obat yang dapat menyembuhkan penyakit.

Di indonesia mutiara kerang dibagi menjadi 2 kategori, yaitu mutiara air laut (sea water pearl) dan mutiara air tawar (freshwater pearl). Untuk mutiara air laut habitat hidupnya diperairan laut, sedangkan mutiara air tawar habitatnya diperairan danau, bendungan dan sungai.

Jenis Mutiara Kerang

Berikut jenis mutiara kerang yang paling laris dan paling banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia, yaitu sebagai berikut :

  • South Sea Pearl

Sumber : markaz-pearl.com

South Sea Pearl merupakan budidaya dari tiram Pinctada maxima, yang dihasilkan dari pantai utara Australia dan menjadi andalan dari wilayah Indonesia.

Biasanya South Sea Pearl memiliki ukuran sekitar 9mm hingga 17mm, yang memiliki bentuk bulat hampir sempurna dan tergolong ke dalam jenis baroque. Jika dibandingkan dengan ukuran mutiara pada umumnya, South Sea Pearl memiliki ukuran yang lebih besar.

Ciri umum yang paling dikenali dari jenis mutiara ini, yaitu berwarna putih keemasan serta permukaan mutiara memiliki perpaduan perak, biru, hijau dan merah. South Sea Pearl jenis mutiara yang cukup mahal, karena langkah dan sangat jarang ditemukan.

  • Akoya Pearl

Sumber : peralparadise.com

Jenis mutiara Akoy Pearl memiliki produksi terbesar di perairan Jepang sekitar Samudera Pasifik. Ciri umum Akoy Pearl, yaitu berwara silver, rose, pink, abu-abu dan warna emas.

Jika dibandingkan dengan mutiara pada umumnya, Akoy Pearl memiliki ukuran relatif kecil sekitar 3mm hingga 10mm. Biasanya mutiara Akoya digunakan untuk membuat perhiasan dengan desain klasik.

  • Black Pearl

Sumber : pearlwise.pro

Mutiara Black Pearl dihasilkan dari budidaya tiram pinctada margaritifera yang berasal dari perairan Tahiti. Oleh sebab itulah mengapa jenis mutiara ini disebut sebagai Black Tahitian Pearl.

Secara umum mutiara Black Pearl berwarna gelap pekat, namun ketika terkena sinar, mutiara ini memiliki perpaduan warna cokelat, biru, abu-abu dan hijau gelap. Untuk Black Pearl berwarna hitam pekat memiliki harga termahal, dibandingkan warna lainnya.

Jenis mutiara ini juga tergolong cukup besar, sekitar 6 mm hingga 13 mm. Bentuk mutiara Black Pearl sangat bervariasi, mulai dari berbentuk tetesan air, oval, bulat dan baroque. Harga mutiara kerang jenis Black Pearl sedikit lebih mahal.

  • Freshwater Pearl

Sumber : pearlparadise.com

Jika dibandingkan dengan jenis mutiara di atas, harga mutiara kerang jenis Freshwater Pearl memiliki harga paling murah. Hal tersebut disebebkan oleh, jumlah pasokan-nya cukup tinggi dan sangat mudah ditemukan.

Freshwater Pearl merupakan jenis mutiara hasil budidaya air tawar. Paling banyak ditemui pada perairan danau China terkhusus wilaya Zhuli dan sebagian kecil dari kota Jepang.

Bentuk mutiara Freshwater Pearl sangat bervariasi, mulai dari berbentuk tetesan air, bulat dan oval. Jenis mutiara ini umumnya memiliki ukuran sekitar 4 mm hingga 13 mm. Warna mutiara Freshwater Pearl juga bervariasi, seperti berwarna lavender, putih, pink dan blush cream.

Harga Mutiara Kerang Asli Paling Laris di Indonesia

Berikut list harga mutiara kerang paling laris di Indonesia yang di rangkum dari situs resmi Blibli dan Shopee diantaranya sebagai berikut.

Jenis Mutiara Kerang Harga (Rp)
South Sea Pearl 6.000.000 – 38.000.000
Akoya Pearl 7.000.000 – 40.000.000
Black Pearl 4.000.000 – 3.000.000
Freshwater Pearl 1.000.000 – 4.000.000

Berapa Harga Mutiara Kerang Air Tawar?

Sedangkan untuk harga mutiara kerang air tawar jauh lebih murah dibandingkan dengan harga mutiara kerang asli dimana harga mutiara kerang air tawar saat ini berkisar antara 75.000 sampai 150.000 rupiah yang bisa kamu dapatkan di toko online seperti tokopedia dan shopee.

Untuk informasi tambahan lainnya terkait harga mutiara kerang di atas, sewaktu-waktu dapat berubah, tergantung kebijakan dan pemberian harga produk dari masing-masing penjual.

Oleh sebab itu, jika ingin mengetahui harga mutiara kerang yang lebih pasti, kamu bisa mengunjungi situs resmi atau aplikasi yang menjual produk tersebut. Sebagai opsi lainnya kamu juga dapat mengunjungi store khusus penjual mutiara kerang yang ada disekitar wilayah kamu.

Apabila kamu kehabisan paket data atau pulsa ketika ingin membeli produk di situs resmi mutiara kerang, kamu bisa membeli pulsa dan paket data melalui aplikasi Mocipay dengan harga termurah.

Artikel Menarik Lainnya : Daftar Harga Mie Gacoan Lengkap Dengan Menunya

Kesimpulan

Harga Mutiara Kerang
Harga Mutiara Kerang

Demikian daftar harga mutiara kerang per gram beserta jenisnya yang dapat di sajikan untuk kamu. Apabila terdapat kesalahan penulisan harga, nama produk serta informasi seputar jenis mutiara kerang. Silahkan tinggalkan komentar kamu dibawah ini. Semoga informasi ini bermanfaat dan sampai ketemu di informasi selanjutnya.

Back to top button