Daftar Harga Kucing Munchkin Anakan dan Dewasa

Rohma Dearni

Bagi kamu yang ingin memelihara kucing munchkin, mari kita ulas daftar harga kucing munchkin anakan hingga dewasa lengkap dengan jenis yang biasa di pelihara.

Pecinta kucing biasanya lebih tertarik memelihara jenis ini, mungkin karena perawakan tubuh yang pendek dengan atau tanpa bulu. Walaupun harga kucing munchkin cukup menguras kantong, kelucuannya diyakini sebanding dengan harga yang dikeluarkan untuk memiliki satu dari ras ini.

Kucing Munchkin
Kucing Munchkin

Melansir dari Wikipedia kucing munchkin adalah salah satu ras kucing berkaki pendek yang terbentuk karena mutasi genetik alami. Ras ini baru mulai dikembangbiakkan sekitar tahun 1980-an di negara Amerika Serikat, negara asalnya. Karena kakinya yang pendek, munchkin menjadi salah satu ras kucing terkecil di dunia.

Diketahui munchkin memiliki bulu panjang dan pendek, karena unk membuat ras ini dipersilangkan dengan ras lain, dijelaskan kucing ini merupakan nenek moyang dari beberapa ras kucing berkaki pendek.

Karakteristik Kucing Munchkin

Selain munchkin, ternyata ada beberapa jenis kucing berkaki pendek lainya. Bagaimana cara membedakan kucing munchkin dengan kucing lain? intip yuk poin penting tentang kucing munchkin :

  1. Tinggi kucing berkisar antara 12,7-17,78 cm lebih pendek 8 cm dari rata-rata kucing
  2. Bobot kucing dewasa berkisar antara 2,72-4,5 kilogram
  3. Kucing yang emiliki bulu panjang biasanya halus, sedangkan kucing berbulu pendek memiliki bulu yang tebal
  4. Biasanya kucing munchkin memiliki bulu berwarna abu-abu dan hitam pekat, warna mata kucing berkaki pendek ini snagat bervariasi muali dari kuning, biru, cokelat. Jika berumu panjang jenis ini akan bertahan 12-15 tahun.

Jenis Kucing Munchkin yang Biasa Dipelihara di Indonesia

Membahas lebih lanjut mengenai harga kucing munchkin, kali ini kita akan ulas jenis kucing munchkin dan kisaran harga anakan hingga dewasa. Setiap kucing tentunya memiliki harga berbeda, jika kamu tertarik dengan jenis munchkin yang biasa dipelihara di Indonesia berikut kami sajikan untukmu.

  • Munchkin British Shorthair

Harga Kucing Munchkin British Short
Harga Kucing Munchkin British Short / Sumber: pinterest.com

Munchkin British shorthair merupakan salah satu jenis munchkin yang sudah banyak dipelihara di Indonesia, jenis kucing ini adalah hasil dari persilangan kucing munchkin dan british shorthair. Gambar diatas adalah contoh munchin british, dengan bulu pendek namun tidak mengurangi kelucuanya.

Postus tubuh kucing ini besar, berotot dan pendek dengan bentuk kepala dan pipi yang bulat. Untuk bobot kucing munchkin ini diantara 5-10 kg dengan bulu yang tumbuh pendek namun tebal. Sifat manis yang ditonjolkan british shorthair membuat penggemar tertarik untuk memeliharanya, untuk harga kucing munchkin british shorthair berkisar diantara Rp 6.500.000 – Rp 18.000.000

  • Munchkin Napoleon

Munchkin Napoleon
Munchkin Napoleon / Sumber: thediscerningcat.com

Napoleon merupakan hasil persilangan antara munchkin dan himalaya. Napoleon memiliki warna yang cantik dengan ketebalan yang berbeda-beda, namun yang pasti jenis ini memiliki kaki kecil dengan wajah bulat yang hampir tertutupi bulu.

Berbeda dengan british short hair, bulu jenis ini hampir menutupi badan khususnya di area ekor yang membuat bulunya terlihat seperti kucing anggora. Harga kucing munchkin napolen juga dibedakan berdasarkan usia dengan harga sekitar Rp 7.5o0.000- Rp 9.500.000.

  • Munchkin Persia

Munchkin persia merupakan hasil perkembangbiakan antara munchkin dengan persia sehingga menghasilkan jenis kucing berbulu tebal dan berkaki pendek. Seperti munchkin pada umumnya jenis ini memiliki berat antara 4-6 kg sehingga sangat disukai. Munchkin persia mudah beradaptasi dan ramah terhadap anggota keluarga bahkan sejenisnya mereka dibanderol dengan harga mulai dari Rp 1.200.000/ekor.

  • Munchkin Genetta

Munchkin Ganetta
Munchkin Ganetta / Sumber: merdeka.com

Genetta masuk dalam daftar munchkin yang sudah banyak dipelihara di Indonesia. Sekilas kucing ini persis sama dnegan kucing lokal jika dilihat dari bulu, itu karena mereka merupakan hasil persilangan ras munchkin, savannah dan bengal.

Walaupun memiliki kaki pendek tidak membuatnya susah melompat, jenis ini diyakini gesit dan mudah beradaptasi. Genetta hadir dengan warna hitam, perak, cokelat dan tutul salju, dengan tubuh mungil munchkin genetta dibanderol dengan harga yang menguras kantong sekitar Rp 8.000.000/ekor.

  • Munchkin Scottish Fold

Munchkin scottish fold merupakan hasil persilangan antara munchkin dan scottish fold. Melihat dari fisik telinga kucing lebih menonjol kedalam dengan kaki pendek, karena alasan inilah jenis ini ukup diburu dan banyak dipelihara di Indonesia. Seperti jenis munchkin lainya scttish fold dibanderol mulai dari harga Rp 7.000.000/ekor.

  • Munchkin Kinkalow

Munchkin kinkalow juga masuk kedalam daftar pembahasan kita, jika melihat kucing imut, pendek dan telinga yang ditekuk keluar mereka masuk dalam kategori munchkin kinkalow. Persilangan sukses antara munchkin dengan american curl menghasilkan kucing berkaki pendek layaknya munchkin, lalu mengikuti telinga ditekuk keluar warisan dari american curl.

Selain daftar kucing diatas, ada juga kucing bambino yang merupakan hasil perkawinan munchkin dengan sphynx yang menghasilkan kucing dengan bulu halus. Sekilas kucing seperti tidak memiliki rambut dan kulit tubuh berkerut, di Indonesia kucing ini belum terlalu familiar sebab owner kucing ini masih bisa dihitung.

Daftar Harga Kucing Munchkin Murah 2023

Harga Kucing Munchkin
Harga Kucing Munchkin/ Sumber: olx.co.id

Diatas kita membahas jenis kucing munchkin, namun perlu diketahui bahwa beberapa jenis diatas merupakan persilangan munchkin dengan ras lain. Awalnya harga kucing munchkin tergolong murah, namun karena proses perkawinan, membuat harganya kucing menguras kantong.

Pembahasan lanjut mengenai harga kucing munchkin adalah harga jenis berdasarkan usia dan jenis kelamin kucing, tidak perlu berlama-lama berikut kami sajikan daftar harga kucing munchkin terbaru :

Jenis Kucing Harga 
Kitten Munchkin Betina Rp5.000.000
Kitten Munchkin Jantan 2,5 Bulan Rp5.000.000
Munchkin British Shorthair Betina 2,5 Bulan Rp7.500.000
Munchkin British Shorthair Jantan 4 Bulan Vaksin Rp9.500.000
Kucing Munchkin Napoleon Betina 3,5 Bulan Rp11.500.000
Munchkin Napoleon Jantan 2,5 Bulan Rp10.500.000
Munchkin Persia Rp1.200.000
Munchkin Peaknose 5 Bulan Rp8.167.500
Munchkin Scottish Fold Betina Kitten Rp7.120.000
Munchkin Kinkalow Jantan 3 Bulan Rp7.765.000
Munchkin Kinkalow Betina 3 Bulan Rp10.000.000
Bambino (munchkin sphynx) Betina 12 Bulan Rp5.000.000
Kitten Munchkin Genetta Jantan 3 Bulan Rp8.000.000

Dafar harga kucing berikut kami peroleh dari beberapa sumber terpercaya yaitu situs online shop yang berhasil menjual beberapa kucing munchkin, namun tidak menutup kemungkinan adanya perbedaan maupun perubahan harga jenis tertentu.

Oleh karena itu, jika kamu mendapatkan tawaran lebih murah ataupun sebaliknya silahkan pastikan terkait vaksin rutin kucing. Jika ingin memelihara kucing munchkin, sebaiknya kamu melakukan pembelian secara langsung agar melihat fisik dan keaktifan kucing pun hal lain yang berkaitan dengan kesehatanya.

Lihat juga daftar kucing jenis lainya 8 Jenis dan Harga Kucing Hutan di Indonesia

Penutup

Harga Kucing Munchkin
Harga Kucing Munchkin

Itulah ulasan mengenai harga kucing munchkin berdasarkan usia dan jenis kelamin, semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara kucing munchkin. Kunjungi Mocipay jika ingin melihat daftar harga lain yang mungkin anda butuhkan.

Related Post