Tutorial

3 Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat WA: Mudah Dan Terjamin 100% Akan Berhasil!

Adakah cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA? Jika ada, bagaimana langkah-langkahnya? Jawaban dari dua pertanyaan tersebut, akan anda temukan dalam artikel ini!

Kode OTP DANA umumnya dikirim melalui SMS, namun banyak pengguna yang berharap bisa menerimanya melalui platform pesan instan yang lebih praktis, seperti WhatsApp.

Namun benarkah ada cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA? Dalam artikel ini, kamu akan dapat memastikan benar atau tidak adanya fitur menerima kode OTP lewat WA di DANA.

Apa itu Kode OTP DANA?

Kode OTP DANA
Kode OTP DANA

Sebelum lanjut membahas mengenai cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA, anda tentu perlu memahami terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan kode OTP DANA.

Kode OTP DANA (One Time Password) DANA adalah sebuah kode yang hanya berlaku sekali pake, yang digunakan untuk verifikasi identitas pengguna dalam login akun Dana, transaksi, atau pun aktivitas tertentu di aplikasi DANA.

Kode OTP DANA umumnya terdiri dari 4 digit angka, yang dikirim melalui SMS ke nomor HP yang terdaftar dalam akun DANA dan harus dimasukkan oleh pengguna dalam jangka waktu tertentu untuk mengonfirmasi login ke akun.

  • Fungsi Kode OTP DANA

Terdapat beberapa fungsi dari kode OTP DANA yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Verifikasi identitas: Kode OTP DANA digunakan untuk memverifikasi pengguna. Tanpa melewati langkah verifikasi, seseorang tidak akan bisa masuk ke akun DANAnya.
  2. Keamanan transaksi. Kode OTP DANA juga sering kali digunakan untuk mengkonfirmasi identitas pengguna saat melakukan tindakan sensitif, seperti pembayaran, transfer, penarikan uang, dan lain-lain. Terutama jika dalam nominal yang banyak.
  3. Pencegahan penipuan: Penggunaan kode OTP menjadi langkah dan kebijakan DANA untuk mengurangi risiko akses tidak sah ke akun pengguna.

Cara Mendapatkan Kode OTP DANA

Mungkin disini ada yang masih kebingungan terkait dengan cara mendapatkan kode OTP DANA. Jangan khawatir, berikut kami tampilkan langkah-langkah dari cara mendapatkan kode OTP DANA dengan mudah:

Baca Juga :  6 Cara Menyambungkan Laptop Ke Proyektor Dengan Mudah Dan Praktis
  • Buka aplikasi DANA di ponsel anda.
  • Masuk dengan menggunakan nomor HP yang sebelumnya telah terdaftar di akun DANA anda.
  • Tunggu dalam beberapa saat, kode OTP akan dikirimkan ke nomor tersebut.
  • Masukkan lah kode OTP dengan benar.
  • Setelah itu, masukkan PIN DANA anda dengan benar.
  • Lanjut kemudian ke proses verifikasi wajah. Arahkan wajah anda ke bingkai foto yang ditampilkan. Pastikan anda berada dalam pencahayaan yang bagus, supaya wajah anda terlihat jelas, sehingga mudah diverifikasi.
  • Selesai! Jika verifikasi wajah berhasil, maka dalam beberapa saat tampilan halaman utama DANA akan muncul di layar kamu.

Apakah Ada Cara Mendapatkan Kode OTP DANA lewat WA?

Cara Mendapatkan Kode OTP DANA lewat WA
Cara Mendapatkan Kode OTP DANA lewat WA

Tak sedikit orang yang mengalami kendala terkait kartu SIM dengan nomor HP yang terdaftar pada akun DANAnya, seperti seperti kehilangan kartu, SIM card mati atau telah kadaluwarsa.

Hal ini membuat mereka menghadapi masalah tidak bisa masuk ke akun DANAnya, karena tidak dapat menerima kode OTP, sebab kode OTP ini umumnya dikirim lewat SMS atau panggilan telepon ke nomor yang terdaftar pada akun DANA pengguna. Kondisi seperti ini kerap sekali menimbulkan pertanyaan ‘apakah ada cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA?

Nah, perlu diketahui bahwa hingga saat ini, DANA mengirimkan kode OTP melalui SMS ke nomor ponsel yang terdaftar dalam akun pengguna. Jadi, jawaban untuk pertanyaan ‘apakah ada cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA?’ adalah Tidak ada ya sobat Mocipay!

Alternatif untuk Mendapatkan Kode OTP DANA Selain melalui SMS

Tak perlu langsung merasa sedih dan frustasi setelah mengetahui fakta bahwa tidak ada cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA.

Ada loh beberapa alternatif yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan kode OTP DANA tanpa melalui SMS. Penasaran? Yuk, simak berikut ini!

  • Dapatkan Kode OTP DANA melalui Email

Cara mendapatkan Kode OTP DANA melalui Email
Cara mendapatkan Kode OTP DANA lewat WA

Metode alternatif pertama untuk mendapatkan kode OTP DANA bisa kamu lakukan lewat email. Berikut kami tampilkan langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Gmail dalam perangkat anda.
  2. Ketuk ikon pensil untuk membuat pesan baru.
  3. Masukkan alamat email DANA ‘help@dana.id’ pada kolom ‘Kepada’
  4. Isi subjek email dengan format ‘Permohonan untuk Login Akun DANA Menggunakan Email’
  5. Pada bagian isi pesan/ tulis email, tulislah pesan yang menyatakan bahwa anda ingin mengajukan permohonan login akun DANA dengan menggunakan Email.
  6. Pastikan anda menyertakan dengan lengkap nama pengguna, nomor ponsel yang terdaftar di akun DANA kamu, dan alasan kenapa anda tidak bisa menerima kode OTP lewat cara default.
  7. Lampir kan juga foto KTP sebagai bukti bahwa anda benar adalah pemilik akun DANA tersebut.
  8. Terakhir klik tombol ‘Kirim’ dan tunggu balasan dari DANA. Harap bersabar dan perlu diketahui bahwa respon DANA atas keluhan pelanggan biasanya akan diberikan dalam waktu 1×24 jam.
  • Ganti Nomor HP yang Terdaftar dalam Akun DANA

Alternatif cara yang berikutnya untuk mendapatkan kode OTP DANA adalah mengganti nomor HP yang terdaftar dalam akun DANA. Bagaimana urutan langkahnya bisa anda perhatikan dibawah ini:

  1. Lakukan login seperti biasa, masukkan nomor HP yang sebelumnya terdaftar di akun DANA anda
  2. Kemudian masukkan PIN DANA anda
  3. Maka anda akan dikirimi kode OTP. Nah dibawah kolom untuk masukkan OTP, terdapat 2 pilihan yakni “Nomor hilang dan kirim ulang OTP”. Pilihlah opsi ‘Nomor Hilang’
  4. Lalu pada tampilan selanjutnya yang muncul klik “Ganti nomor”
  5. Selanjutnya silahkan pilih metode verifikasi. Terdapat 2 pilihan yang ditawarkan yaitu “Kirim kode OTP ke nomor HP yang lama dan saya sudah tidak pakai nomor HP yang lama” Pilihlah opsi kedua.
  6. Akan muncul permintaan untuk memasukkan PIN DANA. Pastikan kamu masukkan dengan benar.
  7. Langkah berikutnya adalah “Verifikasi pertanyaan keamanan”. Silahkan jawab semua pertanyaan yang diajukan. Pastikan jawaban yang kamu masukkan tidak asal-asalan, karena jika sampai salah jawaban sampai 3 kali maka penggantian nomor Dana anda akan gagal.
  8. Setelah sesi verifikasi pertanyaan keamanan sudah berhasil terlewati, selanjutnya masukkan nomor HP yang baru (pastikan nomor HP yang kamu masukkan disini adalah nomor yang masih aktif).
  9. Kemudian masukkan kode OTP yang dikirim via SMS ke nomor HP yang baru saja kamu masukkan.
  10. Sesaat setelah kode OTP dimasukkan, kamu akan melihat notif yang menunjukkan bahwa pengalihan nomor HP Dana anda berhasil.
  11. Jika sudah demikian, maka langkah berikutnya adalah melakukan login ulang aplikasi DANA dengan menggunakan nomor HP yang baru saja kamu ganti.
  12. Masukkan nomor telepon dan PIN Dana anda.
  13. Selamat! akun Dana kamu berhasil dikembalikan.
  • Aktifkan Kembali Nomor HP yang Terdaftar dalam Akun DANA

Alternatif untuk Mendapatkan Kode OTP DANA Selain melalui SMS
Alternatif untuk Mendapatkan Kode OTP DANA Selain melalui SMS

Apabila dua cara diatas belum bisa membantu, maka kamu bisa mencoba alternatif yang terakhir yaitu dengan mengaktifkan kembali nomor HP yang terdaftar dalam akun DANA kamu.

Baca Juga :  3 Cara Membuat Slowmo di TikTok Tanpa Jeda

Kamu bisa mengaktifkan kembali nomor HP kamu sesuai dengan provider jaringan yang anda gunakan. Misalnya, jika anda menggunakan nomor Telkomsel, maka aktifkan lah kembali nomor HP kamu melalui GraPARI Telkomsel.

Setelah kartu SIM berhasil diaktifkan kembali, lakukanlah login seperti biasa ke akun DANA anda, atau anda bisa mengikuti langkah-langkah pada cara mendapatkan kode OTP DANA yang telah kami tampilkan sebelumnya.

Sekilas tentang DANA

Setelah menjelaskan tentang cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA, dalam artikel ini kami juga akan memberikan sedikit penjelasan mengenai aplikasi DANA.

  • Apa itu DANA?

DANA adalah dompet digital Indonesia yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi non-tunai dan non-kartu secara digital, dengan cepat, praktis dan tetap terjamin keamanannya.

DANA sebagai pembayaran digital telah berperan untuk menggantikan dompet konvensional. Sederhananya DANA adalah sebuah aplikasi dompet digital yang memudahkan penggunanya untuk dapat menyimpan uang secara digital serta dapat melakukan berbagai transaksi secara online dengan mudah dan aman.

Dengan adanya aplikasi Dana, sekarang anda akan sangat terbantu untuk melakukan berbagai transaksi dengan cepat dan mudah hanya dalam sebuah genggaman, terutama untuk kamu yang tidak memiliki akun mobile banking.

  • Keuntungan Menggunakan DANA

DANA sebagai dompet digital yang paling populer di Indonesia memberikan sejumlah keuntungan bagi penggunanya, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat menjadi dompet digital yang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi dengan mudah hanya melalui ponsel
  2. Dapat melakukan penarikan tunai melalui kasir Alfamart maupun Alfamidi
  3. Memiliki limit gratis transfer bank sebanyak 10 kali dalam sebulan
  4. Sebagai salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai wadah untuk menabung yang aman
  5. Dana merupakan alat pembayaran digital terpercaya
  6. Top Up saldo dana dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai cara seperti: melalui Alfamart/ Alfamidi, Top Up melalui Bank, berbagai E-wallet lainnya, dll)
  • Amankah DANA Digunakan?

Mengingat uang adalah sesuatu hal yang sensitif, maka ketika mendengar adanya aplikasi DANA sebagai dompet digital, tentu hal pertama yang anda lakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi Dana adalah memastikan apakah Dana aman atau tidak!

Baca Juga :  8 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Menerima Panggilan Masuk

Nah, untuk hal ini anda tidak perlu khawatir karena Dana sudah memiliki sertifikat keamanan dan jaminan yaitu PCI-DSS ( The Payment Card Industry Data Security Standard) serta DANA protection yang akan menjamin 100% keamanan dana dan data yang tersimpan dalam aplikasi Dana anda.

Akhir Kata

Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat WA
Cara Mendapatkan Kode OTP DANA Lewat WA

Setelah melihat ulasan tentang cara mendapatkan kode OTP DANA lewat WA, sekarang anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk bisa mendapatkan kode OTP DANA tanpa melalui SMS, agar bisa login kembali ke akun DANA.

Back to top button