Tutorial

4 Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android Tanpa Aplikasi

Kurang memahami bagaimana cara menonaktifkan huruf kapital di android? Jika iya, maka pastikan kamu mengikuti ulasan kami dalam artikel ini hingga ludes! karena disini kami akan menjelaskan bagaimana cara menonaktifkan huruf kapital di Android tanpa aplikasi.

Meski penggunaan huruf kapital diawal setiap kalimat merupakan standarisasi penulisan yang baik dan benar, faktanya banyak orang yang tidak terlalu menyukai hal ini jika untuk penulisan atau pengetikan teks dalam percakapan sehari-hari dalam ruang lingkup komunikasi online. Jika kamu termasuk salah satu diantaranya, maka ketahuilah cara menonaktifkan huruf kapital di Android dalam artikel ini!

Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android Tanpa Aplikasi

Sebenarnya huruf kapital di Android bisa saja dengan sangat mudah di aktifkan maupun dimatikan melalui tombol Tab yang ditandai dengan “tanda panah keatas” Namun menggunakan cara ini sangat tidak worth it, karena tidak secara otomatis bisa menonaktifkan penggunaan huruf kapital pada setiap awal kalimat. Sehingga mengharuskan anda untuk selalu mengklik tombol tersebut, apabila tidak ingin menggunakan huruf kapital pada awal kalimat.

Hal tersebut tentu saja terlihat sangat ribet bukan? Nah, untuk itu agar tidak ribet lagi, disini kami menunjukan ada dua cara yang dapat kamu lakukan untuk menonaktifkan huruf kapital di Android tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Melalui menu setelan atau pengaturan

Cara yang pertama untuk menonaktifkan huruf kapital bisa kamu lakukan dengan mudah melalui menu setelan ponsel anda.

Langkah-langkah menonaktifkan huruf kapital melalui menu setelan adalah sebagai berikut:

  1. Pertama, bukalah menu setelan atau pengaturan di HP anda
  2. Cari dan klik pada opsi “setelan tambahan
    Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android Tanpa Aplikasi
    setelan tambahan
  3. Lalu pilih menu “Bahasan & masukan
    Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android
    Bahasan & masukan
  4. Maka akan tampil jenis Keyboard yang saat ini sedang teraplikasikan di ponsel anda. Seperti yang terlihat pada gambar diatas, jenis keyboard yang sedang diaplikasikan adalah “Gboard
    Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android
    cara menonaktifkan huruf kapital di Android
  5. Klik lah pada pilihan “Atur keyboard
  6. Kemudian klik “setelan atau pengaturan
    Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android
    setelan atau pengaturan
  7. Maka akan muncul berbagai menu. Silahkan pilih dan klik pada opsi “Koreksi teks
    Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android
    Koreksi teks
  8. Matikan “Kapitalisasi otomatis” dengan menggeser tombol biru hingga berubah warna menjadi abu-abu
    Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android
    Kapitalisasi otomatis
  9. Selesai! penulisan di HP anda tidak akan diawali lagi dengan huruf kapital disetiap kalimat secara otomatis.
  • Lewat papan keyboard

Cara yang kedua untuk menonaktifkan huruf kapital di android tanpa aplikasi dapat dilakukan dengan sangat mudah lewat papan keyboard. Cara ini sebenarnya sama saja dengan cara diatas. Bedanya adalah cara yang kedua ini jauh lebih mudah, simpel dan cepat dilakukan.

Baca Juga :  6 Cara Download Video di Instagram Tanpa Aplikasi ke Galeri
Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android
cara menonaktifkan huruf kapital di Android

Langsung saja perhatikan beberapa langkah-langkah untuk menonaktifkan huruf kapital di Android via papan keyboard:

  1. Silahkan aktifkan keyboard anda sama seperti saat mengetik teks
  2. klik ikon “pengaturan” seperti yang ditandai pada gambar
  3. Ikuti kembali langkah nomor 7-9 pada cara menonaktifkan huruf kapital di Android tanpa aplikasi melalui menu setelan yang telah kami bahas sebelumnya.

Note: Cara menonaktifkan huruf kapital di setiap Android mungkin tidak akan sama persis seperti pada cara yang kami tampilkan diatas. Namun walaupun berbeda, perbedaannya tentu tidak akan jauh berbeda dari langkah-langkah diatas.

Langkah-langkah tersebut umumnya berlaku untuk perangkat Android dengan keyboard default ponsel itu sendiri. Namun, beberapa perangkat mungkin akan memiliki pengaturan yang sedikit berbeda seperti pada penggunaan kata, letak opsi, dll sesuai dengan versi Android itu sendiri.

Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android Menggunakan Aplikasi

Apabila cara diatas tidak berhasil kamu lakukan atau mungkin jika fitur untuk mematikan huruf kapital tidak dapat kamu temui di menu pengaturan ponsel kamu, maka cara lain yang boleh kamu coba untuk menonaktifkan huruf kapital di android yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Tanpa berlama-lama lagi berikut ini kami tampilkan 2 aplikasi keyboard terbaik yang dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, termasuk salah satunya yaitu fitur untuk menonaktifkan huruf kapital.

  • SwiftKey Keyboard

Swiftkey keyboard adalah keyboard pintar yang mempelajari gaya penulisan sehingga pengguna dapat mengetik lebih cepat. Aplikasi keyboard ini dipersonalisasikan untuk mengetik dan mengirim emoji, GIF, dan lain-lain.

Baca Juga :  9 Urutan Limit Pinjaman Akulaku Mulai dari 600 Ribu Hingga 2.5 Juta

Swiftkey mengakomodasikan semua gaya pengetikan, dengan desain dan tema gratis yang sesuai dengan gaya apapun. Selain dapat dimanfaatkan untuk menonaktifkan huruf kapital, aplikasi ini juga menyediakan koreksi otomatis, yang memberikan prediksi yang bermanfaat sehingga pengguna dapat mengetikkan apa yang ingin diketik dengan lebih cepat tanpa typo.

Nah, jika anda ingin menonaktifkan huruf kapital lewat aplikasi ini, silahkan perhatikan beberapa langkah-langkah berikut ini:

  1. Download dan pasanglah terlebih dahulu aplikasi swiftkey Keboard di HP anda
  2. Jika sudah terdownload silahkan buka aplikasinya
  3. Cari dan klik pada menu “mengetik
  4. Berikutnya pada beberapa opsi yang ditampilkan klik lagi “mengetik dan koreksi otomatis
  5. Nonatifkan fitur “Huruf besar otomatis” dengan menggeser toggle hingga berwarna abu-abu
  • Microsoft SwiftKey Beta

Aplikasi kedua yang dapat kamu manfaatkan untuk menonaktifkan fitur kapitalisasi otomatis di Android adalah “Microsoft Swiftkey Beta” Anda tidak perlu khawatir untuk mendownload aplikasi ini karena aplikasi microsoft swiftkey beta untuk Android tidak akan menggantikan aplikasi keyboard default di ponsel anda, tetapi akan diunduh sebagai aplikasi kedua sehingga anda dapat beralih di antara keduanya untuk perbandingan.

Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur yang tentu sangat menarik dan membuat aktivitas mengetik pengguna menjadi lebih cepat dan menyenangkan. Sesuai dengan inti pembahasan kita dalam artikel ini yaitu tentang cara menonaktifkan huruf kapital di Android, aplikasi ini juga memiliki fitur tersebut dan dengan efektif dapat bekerja dengan baik untuk mematikan huruf kapital.

Tentang huruf Kapital

Huruf kapital adalah huruf besar yang biasanya digunakan untuk membedakan huruf awal kata, judul, nama (nama orang, kota, negara, dll), dan untuk berbagai aturan tata bahasa lainnya. Selain itu, huruf kapital juga digunakan di awal kata setiap kalimat, sama seperti yang anda temui di pengetikan ponsel anda, dimana setiap memulai kalimat baru pasti diawali dengan huruf besar. Penggunaan huruf besar pada awal kalimat memang merupakan aturan yang telah ditetapkan sesuai dengan standarisasi penulisan yang benar.

Baca Juga :  Cara Merekam Zoom Di Laptop Sebagai Peserta

Dalam penulisan bahasa Indonesia dan banyak bahasa lain, huruf kapital biasanya digunakan dalam beberapa situasi berikut:

Situasi Penggunaan Contoh Penggunaan Huruf Kapital
Awal Kalimat “Ini adalah contoh kalimat yang dimulai dengan huruf kapital.”
Nama Pribadi dan Tempat “Lisa”, “Bandung”, “Gunung Everest”
Nama Organisasi dan Institusi “United Nations (PBB)”, “Bank Mandiri”, “Universitas Gadjah Mada”
Hari dan Bulan “Rabu”, “Februari”

Penutup

Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android
Cara Menonaktifkan Huruf Kapital di Android

Itulah cara menonaktifkan huruf kapital di Android tanpa aplikasi yang dapat dengan mudah kamu ikuti dan praktekkan langsung di ponsel kamu. Namun perlu diingat, bahwa gaya penulisan seperti ini sudah jelas menyalahi aturan standarisasi penulisan yang baik dan benar. Untuk itu, jangan lupa untuk mengubah kembali pengaturan penggunaan huruf kapital jika anda hendak mengetik teks untuk tujuan yang formal atau resmi.

Back to top button