Aplikasi

8 Aplikasi Cek Akta Kelahiran Online Terbaru 2024

Sudahkah kamu tahu bahwa kini sudah ada aplikasi cek akta kelahiran yang bisa kamu cek di handphone android kamu loh,

Dengan berkembangnya dunia digital memudahkan masyarakat dalam mengetahui dan memahami dengan cepat dan tepat waktu seperti aplikasi cek akta kelahirandengan adanya aplikasi cek akta kelahiran ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.

Tak perlu datang ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil atau Disdukcapil kini kamu bisa cek online dengan aplikasi cek akta kelahiran selain cek akte kelahiran dengan beberapa aplikasi yang akan kami rekomendasikan juga bisa membuat akte kelahiran dengan online.

Apa Itu Akta Kelahiran ?

Sebelum membahas aplikasi cek akta kelahiran kamu perlu ketahui bahwa akta kelahiran merupakan tanda keterangan kelahiran seseorang, Dimana akta kelahiran tersebut adalah bukti sah tentang status dan peristiwa kelahiran yang berisi kelengkapan kelahiran seperti nama yang wajib dimiliki setiap warga negara indonesia yang menjadi setiap hak anak.

Untuk pengurusan surat akta kelahiran hanya dapat dilakukan di Dinas kependudukan dan pencatatan sipil dan dikeluarkan oleh Disdukcapil.

Baca Juga 7 Aplikasi Cek KTP Online Terbaik Di Play Store

Cara Mudah Membuat Akta Kelahiran

Dengan adanya layanan aplikasi online dapat memudahkan masyarakat dalam membuat akta kelahiran, yang mana tidak perlu harus datang ke dinas kependudukan dan pencatatan sipil

1.Registrasi Situs Dukcapil Dengan NIK

Buka situs layanan online milik dukcapil untuk mendapat hak akses pengguna aplikasi pencatatan kelahiran

2.Mengisi Formulir Dan Melengkapi Dokumen Persyaratan

Baca Juga :  Download Aplikasi GB Whatsapp yang Asli Versi Terbaru

Jika sudah mendapatkan akses, lalu isi formulir pada aplikasi pencatatan kelahiran dan unggah dokumen persayaratan.

3.Mendapatkan Tanda Bukti Permohonan

Pemohon akan mendapatkan tanda bukti permohonan dan tunggu proses verifikasi dan validasi dari petugas setelah isi formulir dan mendapatkan tanda bukti permohonan.

4.Menunggu Verifikasi

Untuk data yang sudah di unggah akan tersimpan dalam system informasi kependudukan dan akan diverikasi dan divalidasi untuk data permohonan dengan data yang sudah dimasukkan.

5.Petugas Menerbitkan Register Akta Kelahiran

Jika proses verifikasi dan validasi selesai, pejabat pencatatan sipil akan menerbitkan dan menandatangani registasi akta kelahiran dan akan ada pemberitahuan melalui email

6.Cetak Mandiri Akta Kelahiran

Untuk proses selanjutnya jika sudah ditandatangani pejabat pencatatan sipil maka pemohon bisa mencetak sendiri untuk akta kelahiran.

Adapun syarat untuk membuat akta kelahiran online sebagai berikut

  • Surat keterangan lahir dari Klinik atau Rumah Sakit
  • Akta nikah atau surat nikah
  • Kartu keluarga yang terdaftar sebagai anggota keluarga
  • KTP orang tua atau wali
  • Paspor untuk WNI bukan penduduk Indonesia dan orang asing.
  • Surat pernyataan tanggung jawan kebenaran data kelahiran (surat diperlukan bagi yang tidak memiliki surat keterangan dari Klinik atau Rumah sakit
  • Surat pernyataan kebenaran pasangan suami istri (untuk pasangan suami istri yang belum memiliki akta perkawinan, sudah berstatus nikah didalam kartu keluarga dan yang terstruktur suami istri dan anak didalam kartu keluarga)

Aplikasi Cek Akta Kelahiran

Untuk kamu dapat mencek akta kelahiran di aplikasi ini sebelumnya kamu sudah memiliki atau terdaftar di Dinas kependudukan dan pencatatan sipil kamu bisa mencek akta kelahiran secara online dengan aplikasi ini.

Dengan aplikasi cek akta kelahiran ini kamu dapat dengan mudah melakukan pengecekan kamu cukup memiliki jaringan data internet. berikut aplikasi cek akta kelahiran yang bisa kamu coba untuk gunakan.

1 Aplikasi VeriDS

Aplikasi Cek Akta Kelahiran
Aplikasi VeriDS

Aplikasi VeriDS merupakan aplikasi yang dapat melakukan cek akta kelahiran dimana aplikasi ini dapat digunakan dalam mengecek keaslian dari setiap dokumen. yang memverifikasi keaslian dengan mudah dengan proses yang cepat.

Baca Juga :  12 Rekomendasi Aplikasi Tombol Kembali Permanen Untuk Android

Aplikasi ini dapat memverifikasi keaslian dokumen dengan menggunakan QRCODE. Aplikasi VeriDS diliris oleh Disdukcapil kabupaten jember dimana masyarakat bisa menggunakan aplikasi ini dalam pengecekan akta kelahiran atau dokomen penting lainnya untuk memverifikasi keasliannya.

2 Aplikasi e-Open

Aplikasi e-Open - Aplikasi Cek Akta Kelahiran
Aplikasi e-Open – Aplikasi Cek Akta Kelahiran

Aplikasi e-Open merupakan aplikasi yang dapat membantu masyarakat dalam pengecekan akta kelahiran terkhusus untuk masyarakat kota bekasi. Aplikasi ini bisa kamu gunakan dengan mendownload di playstore dengan syarat memiliki NIK kota bekasi.

Dengan adanya aplikasi e-Open ini masyarakat kota bekasi bisa melakukan pengecekan akta kelahiran online dengan aplikasi e-Open.

Baca juga 10 Aplikasi Download Lagu Langsung ke Memori di Android

3 Aplikasi Layanan Moci Legit

Aplikasi Layanan Moci Legit - Aplikasi Cek Akta Kelahiran
Aplikasi Layanan Moci Legit – Aplikasi Cek Akta Kelahiran

Aplikasi layanan Moci Legit merupakan aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen penting seperti pengurusan akta kelahiran , kartu keluarga, akta kematian dan lainnya.

Aplikasi ini bisa digunakan buat masyarakat sukabumi yang bisa mengunakan aplikasi dengan berbagai kemudahan, mempercepat dalam proses penerbitan dokumen kependudukan yaitu dengan aplikasi layanan moci legit.

4 Aplikasi Dukcapil Online

Aplikasi Dukcapil Online
Aplikasi Dukcapil Online- Aplikasi Cek Akta Kelahiran

Aplikasi Dukcapil online sama seperti aplikasi layanan pada umumnya. aplikasi dukcapil online ini dapat kamu gunakan dengan fitur yang tersedia pada aplikasi ini yang mendukung dalam pencetakan dokumen.

5 Aplikasi Alpukat Betawi

Aplikasi Alpukat Betawi
Aplikasi Alpukat Betawi- Aplikasi cek akta kelahiran

Aplikasi cek akta kelahiran ini merupakan aplikasi yang memberikan akses langsung khusus kepada masyarakat DKI Jakarta dalam mengajukan pelayanan administrasi kependudukannya.

Dengan aplikasi Alpukat ini masyarakat DKI Jakarta dapat mengajukan permohonan layanan seperti penjadwalan layanan selain itu aplikasi ini memiliki banyak fitur layanan selain cek akta kelahiran.

6 Si Apel Malang

Si Apel Malang
Si Apel Malang-Aplikasi Cek Akta Kelahiran

Aplikasi si Apel malang merupakan salah satu alternatif media pelayanan bidang kependudukan dan Pencatatan Sipil, Untuk mengecek akta kelahiran, masyarakat perlu melakukan registrasi di halaman siapel.malangkota.go.id.

Kemudian mengisi data diri seperti NIK, nama lengkap, email, dan password serta nomor Whatsapp, berikut cara pengecekan akta kelahiran

  1. Kunjungi situs web resmi Si Apel Malang melalui tautan https://siapel.malangkota.go.id/
  2. Pilih menu layanan akta lahir atau pendaftaran kelahiran. Lalu klik pada bagian Layanan atau Pelayanan Publik.
  3. Berikutnya klik opsi Cek Akta Kelahiran. Lalu Isi formulir dengan informasi yang diminta, seperti nama lengkap bayi  dan informasi tambahan lainnya yang diperlukan.
  4. Klik tombol Cari untuk proses pencarian. Jika proses pencarian selesai, maka hasil pencarian akan ditampilkan.
  5. Untuk Informasi yang dapat ditemukan dari situs Si Apel Malang seperti nomor registrasi akta kelahiran, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua, dan informasi lainnya yang tercatat di akta lahir
Baca Juga :  7 Cara Gestun Shopee Paylater Langsung Cair Hitungan Menit

7 Aplikasi e-Dukcapil Karawang

Aplikasi e-Dukcapil Karawang
Aplikasi e-Dukcapil Karawang

Aplikasi e-Dukcapil Karawang adalah Layanan Kependudukan dan Catatan Sipil secara Elektronik Kabupaten Karawang yang dikembangkan oleh Dispendukcapil Kabupaten Karawang.

Dengan aplikasi ini masyarakat Karawang bisa mengurus administrasi seperti akta kelahiran, kartu keluarga, e-KTP sampai akta kematian dengan mudah dengan aplikasi e-Dukcapil Karawang .

8 Aplikasi Sobat Dukcapil

Aplikasi Sobat Dukcapil
Aplikasi Sobat Dukcapil

Aplikasi milik Pemerintah Kota Tangerang yang merupakan gabungan dari beberapa aplikasi milik Pemerintah Kota Tangerang. Yang membuat lebih mudah dan efektif dalam dalam satu aplikasi.

Untuk data dan informasi pribadi anda aplikasi ini dapat memberikan komitmen dalam melindungi setiap data dan informasi Masyarakat kota tanggerang,  Jadi aplikasi ini dapat digunakan dalam  mengolah, menggunakan dan mengungkapkan data dan informasi Anda.

Tips Memilih Aplikasi Cek Akta Kelahiran

Kriteria Keterangan
Keaslian Aplikasi Pastikan aplikasi berasal dari sumber resmi seperti pemerintah daerah atau instansi terkait.
Ulasan dan Rating Periksa ulasan dan rating aplikasi di toko aplikasi. Aplikasi yang baik biasanya memiliki rating tinggi dan ulasan positif.
Fitur Keamanan Pilih aplikasi yang menawarkan enkripsi dan proteksi data pribadi Anda.
Kemudahan Penggunaan Aplikasi harus memiliki antarmuka yang mudah dipahami dan digunakan oleh pengguna.
Dukungan Pelanggan Pastikan aplikasi menawarkan dukungan pelanggan seperti hotline atau email untuk pertanyaan atau masalah teknis.

Penutup

Aplikasi Cek Akta Kelahiran
Aplikasi Cek Akta Kelahiran

Nah bagaimana sudah tahukan aplikasi yang bisa cek akta kelahiran dengan online selain akta kelahiran beberapa aplikasi memiliki beberapa fitur layanan lainnya. jadi kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi diatas untuk cek akta kelahiran . Semoga bermanfaat

Back to top button