TutorialTips

7 Cara Mengaktifkan Shopee Paylater yang Dinonaktifkan

Sedang mengalami masalah terkait akun shopee paylater anda yang dinonaktifkan? Sudah tau cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan belum? Jika belum, itu artinya anda berada di halaman yang tepat! Mengapa demikian? Karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan secara rinci mengenai cara mengaktifkan shopee paylater yang dinonaktifkan. Anda tidak perlu khawatir dan pusing lagi, karena melalui artikel ini, masalah kamu dijamin akan dapat teratasi dengan mudah! Namun pastikan anda tidak ketinggalan sedikit info pun yang kami bagikan dalam artikel ini ya.

Apa itu Shopee Paylater

Cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan, kami akan memaparkan terlebih dahulu penjelasan mengenai apa itu Shopee Paylater.

Shopee Paylater atau yang lebih akrab disingkat dengan SPaylater adalah salah satu fitur yang disediakan aplikasi Shopee sebagai metode pembayaran beli sekarang bayar nanti (bulan depan/ dengan beberapa kali cicilan). Fitur ini dibuat oleh PT Commerce Finance dan sudah berada dalam pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Oleh karena itu, anda sebagai pengguna SPaylater tidak perlu khawatir menggunakan aplikasi ini sebagai salah satu metode pembayaran.

Fitur ini sekaligus sebagai salah satu daya tarik dari aplikasi Shopee yang menarik hati orang-orang terutama pada kalangan para pecinta belanja online. Mengapa tidak? Jika dengan adanya fitur ini kamu bisa melakukan berbagai pembelian produk Shopee maupun pembayaran berbagai tagihan dan membayarnya bulan depan atau bisa juga dengan beberapa kali cicilan dengan pilihan rentang waktu yang berbeda yakni per 3, 6, 12, bahkan sampai 18 bulan.

Oleh karena itu, ketika anda sedang memiliki keperluan mendadak yang harus dibeli sementara isi dompet sedang tidak mendukung, maka solusi terbaiknya adalah membeli produknya melalui aplikasi Shopee dengan menggunakan SPaylater.

Keunggulan Shopee Paylater

Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki oleh fitur Shopee Paylater ini, diantaranya seperti:

  1. Memiliki opsi cicilan sampai per 12 bulan bahkan bisa juga sampai per 18 bulan namun untuk beberapa pengguna pilihan saja
  2. Biaya penanganan yang relatif kecil, yakni sebesar 1% dari total belanjaan kamu
  3. Beban bunga yang relatif ringan
  4. Dapat menjadi solusi ketika sedang ada keperluan mendadak yang harus dibeli pada saat keuangan sedang menipis
  5. Berkesempatan untuk mendapatkan reward apabila rutin selalu melunasi tagihan
Baca Juga :  5 Cara Memasukkan Voucher Smartfren Anti Gagal

Mengapa Shopee Paylater dinonaktifkan?

Alasan dari mengapa Shopee Paylater dinonaktifkan merupakan salah satu hal yang wajib anda pahami sebelum mencari tau cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan. Berikut ini akan kami tunjukkan beberapa alasan yang menyebabkan fitur Spaylater anda dinonaktifkan.

  • Kesalahan memasukkan PIN yang sudah melampaui batas

Cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan

Setiap anda melakukan pembelian produk Shopee yang menggunakan metode pembayaran SPaylater, anda akan diminta memasukkan PIN ShopeePay untuk menyelesaikan proses pembelian. Dalam memasukkan PIN ini terdapat batas yang sudah ditentukan yakni sebanyak 3 kali. Jika dalam 3 kali secara berturut-turut anda salah memasukkan PIN maka SPaylater anda akan otomatis dibekukan/ dinonaktifkan oleh sistem.

Hal ini dilakukan demi keamanan, karena ketika salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali secara berturut-turut akan membuat pihak Shopee mencurigai bahwa seseorang sedang mencoba untuk membobol/ menyalahgunakan akun Spaylater anda. Untuk mengantisipasi terjadinya masalah seperti ini, maka sebaiknya anda membuat notes yang dapat kamu pergunakan jika sewaktu-waktu kamu lupa PIN Shopeepay kamu.

  • Adanya tagihan menunggak yang belum dibayar

Pembayaran yang anda selesaikan dengan menggunakan SPaylater memiliki jatuh tempo waktu pembayaran tertentu. Biasanya tanggal jatuh tempo pembayarannya tagihannya akan ditampilkan setelah produk yang anda beli tersebut sampai ketangan anda. Selain itu, untuk mengatasi kemungkinan anda lupa akan pembayaran tagihan Spaylater, biasanya pihak Shopee akan mengirimkan notifikasi yang berisi peringatan akan pelunasan tagihan SPaylater beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

Nah, jika pada tanggal jatuh tempo pelunasan tagihan SPaylater yang sudah ditentukan anda belum juga melunasi tagihan, maka anda akan menerima beberapa konsekuensi seperti pengenaan akan beban bunga keterlambatan membayar sebesar 5% per hari dari jumlah total tagihan, penurunan limit yang SPaylater, bahkan yang paling fatal adalah akun SPaylater anda akan dinonaktifkan.

  • Terdapat aktivitas mencurigakan

Aktivitas mencurigakan yang dianggap oleh Shopee rupanya tidak hanya pada kesalahan memasukkan PIN sebanyak 3 kali berturut-turut. Namun beberapa aktivitas seperti penggunaan limit SPaylater dalam jumlah nominal yang sangat banyak secara tiba-tiba, pembelian barang-barang terlarang dengan menggunakan metode pembayaran SPaylater, dan pengajuan limit SPaylater yang terlalu banyak secara mendadak akan menimbulkan kecurigaan besar pada pihak Shopee, sehingga melakukan langkah pengamanan akun yakni dengan menonaktifkan akun SPaylater anda untuk sementara waktu.

  • Terdeteksi menggunakan akun SPaylater yang sama dalam 2 perangkat sekaligus

Sebagian besar orang yang merupakan pelanggan Shopee belum mengetahui dampak yang ditimbulkan apabila menggunakan akun yang sama dalam 2 perangkat sekaligus. Padahal taukah anda? Ketika anda login akun Shopee yang sama dalam 2 perangkat dengan waktu bersamaan, dan melakukan pembayaran belanjaan/ tagihan dalam waktu yang bersamaan juga, maka  akan menimbulkan anggapan oleh pihak Shopee bahwa akun anda sedang dibobol.

  • Adanya data yang tidak sesuai

Cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan

Akun Shopee Paylater anda juga bisa dinonaktifkan sementara waktu apabila terdapat data yang tidak sesuai. Biasanya jika penyebabnya adalah hal seperti demikian, maka anda akan diminta untuk mengajukan kembali pengaktifan dengan mengupload foto KTP yang jelas (tidak rusak) dan pastikan juga anda menggunakan KTP milik anda sendiri.

  • Menggunakan 2 akun dalam 1 perangkat

Jika pada poin sebelumnya kami menyebutkan bahwa salah satu penyebab dari SPaylater anda dinonaktifkan adalah penggunaan akun SPaylater yang sama dalam 2 perangkat sekaligus, pada poin berikutnya disini, penyebab selanjutnya adalah kebalikan dari poin diatas, yakni penggunaan 2 akun yang sama dalam 1 perangkat.

Baca Juga :  Cara Melihat Pin ShopeePay Yang Lupa Tanpa Ganti Nomor

Perlu untuk anda ketahui bahwa penggunaan 2 akun yang sama (menggunakan identitas KTP yang sama) dalam 1 perangkat dianggap melanggar syarat dan ketentuan berlaku yang telah ditetapkan oleh pihak Shopee.

Apakah Shopee Paylater yang dinonaktifkan dapat diaktifkan kembali?

Nah, ketika Shopee Paylater anda dinonaktifkan tentunya akan menimbulkan kecemasan serta pertanyaan pada anda terkait bisa tidaknya akun Shopee Paylater yang telah dinonaktifkan untuk diaktifkan kembali.

Anda tidak perlu khawatir, karena Shopee Paylater yang dinonaktifkan tentu bisa diaktifkan kembali dengan mudah melalui beberapa cara yang akan kami tampilkan pada pembahasan selanjutnya.

Syarat untuk Mengaktifkan kembali Shopee Paylater yang dinonaktifkan

Sebelum mengetahui cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan, sebaiknya anda terlebih dahulu mengetahui beberapa persyaratan berupa hal-hal yang harus anda sertakan ketika melakukan pengajuan akan pengaktifan kembali akun Shopee Paylater anda.

Untuk dapat mengaktifkan kembali Shopee Paylater yang dinonaktifkan, terdapat beberapa list yang perlu anda persiapkan untuk anda isi nantinya dalam formulir pemulihan SPaylater anda, diantaranya adalah seperti: “Username, Email dan nomor HP yang aktif, serta bukti Screenshot akun Shopee Paylater anda yang dinonaktifkan”.

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater yang Dinonaktifkan

Cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan
Cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan

Nah, setelah anda mengetahui beberapa info terkait Shopee Paylater, Mengapa SPaylater dinonaktifkan beserta persyaratan untuk mengaktifkan kembali akun SPaylater yang telah dinonaktifkan, sekarang kami akan menunjukkan beberapa cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan.

Cara mengaktifkan Shopee paylater yang dinonaktifkan:

  1. Masuk ke aplikasi Shopee anda
  2. Tab pada menu “saya
  3. Kemudian scroll kebawah. Pilih dan klik pada “chat dengan Shopee
  4. Pada kolom yang disediakan, silahkan sampaikan/ tulis keluhan anda terkait pengaktifan Shopee Paylater yang dinonaktifkan
  5. Nantinya akan muncul balasan dari Shopee yang melampirkan beberapa opsi yang dapat membantu anda, termasuk opsi untuk “Chat dengan Customer Service
  6. Klik lah pada opsi ” chat dengan Customer service” tersebut. Maka secara otomatis anda akan dihubungkan dengan salah satu Customer Service Shopee
  7. Sampaikan keluhan anda pada Customer service yakni permintaan untuk mengaktifkan kembali Shopee Paylater yang dinonaktifkan
  8. Customer service akan mengarahkan kamu langkah demi langkah agar dapat mengaktifkan kembali Spaylater kamu
  9. Silahkan berikan beberapa berkas atau persyaratan yang diminta oleh Customer service tersebut
  10. Apabila persyaratan yang dibutuhkan untuk mengaktifkan kembali akun SPaylater anda sudah lengkap, Customer service akan memberikan konfirmasi kepada anda agar menunggu karena mereka akan melakukan verifikasi lanjutan terkait pengaktifan kembali akun Spaylater anda. Pada saat yang bersamaan juga customer service akan menanyakan apakah masih ada yang ingin anda tanyakan sebelum akhirnya mengakhiri sesi chat
  11. Nah, setelah beberapa langkah diatas telah anda lakukan. Maka pada tahap selanjutnya anda tinggal menunggu konfirmasi akan pengaktifan kembali akun SPaylater anda.
  12. Selesai!
Baca Juga :  20+ Cara Menambah 5000 Followers Gratis Dengan Link dan Aplikasi

Selain cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan diatas, terdapat juga beberapa alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk memulihkan kembali akun SPaylater kamu yang dinonaktifkan, diantaranya adalah dengan menghubungi:

Email help@support.shopee.co.id
Call center (021) 1500702 atau 39500300
Instagram resmi https://www.instagram.com/shopee_id/
Facebook https://www.facebook.com/ShopeeID
Twitter https://twitter.com/ShopeeCare
Website resmi CS Shopee https://help.shopee.co.id

Caranya sama saja seperti langkah-langkah yang telah kami urutkan diatas, yaitu dengan menyampaikan keluhan/ masalah, memberikan berkas atau syarat untuk pengaktifan kembali akun SPaylater, dan menunggu konfirmasi setelah proses verifikasi oleh pihak Shopee selesai dilakukan.

Berapa lama proses verifikasi untuk mengaktifkan kembali Shopee Paylater?

Cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan

Seperti yang telah kami sebutkan diatas bahwa pada langkah terakhir anda akan diminta untuk menunggu proses verifikasi oleh pihak Shopee dalam menindak lanjuti masalah anda. Tentu anda bertanya-tanya akan “berapa lamakah proses verifikasi untuk mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan?

Nah, disini kami akan memberitahukan bahwa biasanya kasus/ masalah anda terkait Shopee Paylater yang dinonaktifkan akan ditangani paling lambat dalam 3 hari setelah anda mengajukan pengaktifan akun Shopee Paylater kembali.

Kesimpulan dari cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater Yang Dinonaktifkan
Cara Mengaktifkan Shopee Paylater Yang Dinonaktifkan

Hal yang menyebabkan Shopee Paylater dinonaktifkan memang beragam, namun apapun penyebabnya, kami pastikan beberapa cara mengaktifkan Shopee Paylater yang dinonaktifkan yang telah kami jelaskan diatas akan berhasil memulihkan akun Shopee Paylater anda, namun dengan catatan anda tetap harus melakukan sesuai dengan prosedur dan memenuhi syarat beserta ketentuan yang telah ditetapkan untuk dapat mengaktifkan kembali akun SPaylater anda.

Back to top button