Promo Top Up Game Termurahūüėć
Tutorial

8 Penyebab dan Solusi Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Sering kebingungan terkait Kenapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai? jika iya, maka simak beberapa penyebab dan cara mengatasinya di bawah ini!

Seperti yang telah kita ketahui dan bahkan sudah kita rasakan masing-masing, bahwa sekarang ini, manusia hidup di ruang lingkup teknologi, salah satunya yang paling mendominasi adalah penggunaan teknologi di bagian SmartPhone.

Hp menjadi salah satu kebutuhan utama kita dalam mengikuti era sekarang ini, rata-rata orang bahkan di kalangan anak-anak pun sudah memiliki gadget nya masing-masing. Jadi tidak bisa dipungkiri bahwa HP sangat penting untuk kita gunakan dalam aktivitas kita sehari-hari baik untuk digunakan dalam kerjaan, pendidikan, sebagai media komunikasi, sebagai media hiburan, dll.

Namun, pernahkah kamu mengalami Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai? Banyak orang yang mengalami keluhan seperti ini. Sebenarnya itu terjadi karena kebiasaan kamu yang tanpa kamu sadari itu membuat baterai Hp kamu menjadi cepat habis padahal baru di charger dan belum ada digunakan.

Penasaran? berikut ini akan dibahas penyebab dan cara mengatasi baterai Hp yang cepat habis padahal tidak dipakai.

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Dibawah ini beberapa Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai yang mungkin sering kamu abaikan padahal itulah yang menyebabkan baterai Hp anda cepat habis. Apa-apa saja penyebab yang dimaksud? simak berikut ini

  • Mengaktifkan GPS saat sedang tidak digunakan

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Global Positioning System atau yang disingkat dengan GPS dalam Hp adalah salah satu fitur Hp yang merupakan sebuah sistem navigasi berbasis satelit yang fitur utamanya berfungsi untuk mengakses lokasi si pengguna Hp/ keberadaan SmartPhone.

Namun jika fitur ini diaktifkan dalam jangka waktu yang lama, maka akan menyebabkan baterai Hp anda menjadi cepat habis. Untuk itu aktifkanlah fitur ini hanya ketika anda perlu menggunakannya seperti untuk mencari arah/rute sebuah tempat, melacak lokasi, atau untuk kegunaan yang lainnya.

Berbicara tentang Rute perjalanan ataupun lokasi, ada juga nih artikel menarik buat kamu ketahui 7 Aplikasi Penunjuk Arah Jalan Paling Akurat, Bisa Offline dan Bersuara

  • Kecerahan layar yang terlalu tinggi

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Kecerahan layar merupakan sebuah pengaturan pada Hp yang bisa kita gunakan untuk menyesuaikan kontras Hp saat sedang berada ditempat yang gelap atau terang.

Ketika kita sedang berada ditempat yang terang kita perlu menaikkan kecerahan Hp kita agar layarnya bisa terlihat dengan jelas. Namun sering sekali kita lupa untuk mengembalikan kecerahannya seperti semula ketika kita sudah berpindah ke tempat yang tidak memerlukan kecerahan layar yang tinggi. Nah, hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa baterai Hp kamu cepat habis padahal tidak dipakai.

  • Banyaknya aplikasi yang sedang berjalan

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Hal ini adalah salah satu penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai yang paling sering diabaikan banyak orang. Keasyikan membuka berbagai aplikasi tetapi tidak segera di buang saat sudah tidak dipakai lagi.

Tau kah anda? semua aplikasi yang sobat buka akan otomatis masuk ke dalam daftar aplikasi yang sedang berjalan. Sehingga sekalipun sebuah aplikasi itu tidak lagi sobat buka/ gunakan, aplikasi itu akan tetap berjalan dan Tentu saja memakan daya baterai Hp anda sehingga baterai anda menjadi sangat boros.

  • Membiarkan data seluler tetap aktif saat sedang tidak digunakan

Sumber: www.webaik.com/ Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Data seluler merupakan sebuah alat utama bagi kita untuk dapat berseluncur di dunia internet. Namun ketika kita sudah tidak menggunakannya lagi untuk jangka waktu yang lama, misalnya ketika kita mau tidur, kita sering lupa untuk mematikan data seluler kita padahal SmartPhone nya tidak akan kita gunakan sampai beberapa jam berikutnya.

Nah, data seluler yang aktif terus menerus akan membuat Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai untuk internetan, karna aplikasi-aplikasi anda yang mendapat perizinan penggunaan data akan terus berjalan sekalipun anda tidak membuka aplikasinya apabila data seluler anda aktif.

  • Aplikasi Game yang terus berjalan

Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Sedikit mirip dengan salah satu poin dari penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai yaitu “Banyaknya aplikasi yang sedang berjalan” yang telah dibahas sebelumnya.

Namun yang menjadi pembedanya pada bagian ini adalah aplikasi game berkali-kali lipat lebih boros memakan daya baterai apabila tidak segera di singkirkan dari aplikasi yang sedang berjalan.  Khususnya game yang kapasitas penyimpanannya sangat besar seperti Mobile legend, Free Fire, PUBG, Zona Cacing.io, Higgs Domino, dll, akan sangat berpengaruh terhadap cepatnya baterai Hp anda habis apabila tidak lagi digunakan namun aplikasinya tetap berjalan.

Apakah kamu merupakan seorang gamer? mau tau aplikasi Top Up Game Termurah Terpercaya? yuk… mampir ke tautan ini! Aplikasi Top Up Game Termurah dan Terpercaya Selain dapat harga yang murmer, kamu juga akan dikejutkan dengan berbagai promo dan cashback menarik lainnya.

  • Penyalaan Hotspot dalam jangka waktu yang lama

Sumber: www.pelajaran.co.id/ Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Hostspot atau tethering adalah sebuah fitur SmartPhone yang memungkinkan kita untuk dapat berbagai data seluler ke perangkat lain melalui wifi. Ketika anda mengaktifkan fitur ini dalam jangka waktu yang lama, apakah anda merasakan Hp anda menjadi sangat panas?

Menyalakan hotspot dalam jangka waktu yang lama pada umumnya memang membuat Hp menjadi panas, bersamaan dengan itu, hal ini jugalah yang menyebabkan baterai Hp anda cepat habis walaupun Hp-nya tidak anda pakai.

  • Waktu hidup layar yang lama

Penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Waktu hidup layar atau yang biasanya disebut sebagai waktu tidur adalah salah satu bagian dari pengaturan Hp yang fungsinya adalah untuk mematikan/ mengunci layar secara otomatis apabila sudah didiamkan selama waktu yang telah di tentukan pada pengaturan.

Fitur ini tentu sangat berguna, sehingga anda tidak perlu lagi harus selalu mematikan layar dengan cara menekan tombol power. Akan tetapi apabila anda membuat waktu hidup layar Hp anda dengan durasi waktu yang lama tentu akan sangat berpengaruh terhadap daya ketahanan baterai anda.

  • Terjadi Masalah pada Baterai

Sumber: carisinyal.com/ Penyebab Baterai Hp Cepat Habis

Jika anda merasa bahwa anda tidak melalukan salah satu pun dari penyebab Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai yang telah dijelaskan sebelumnya, maka kemungkinan besar masalahnya terdapat di baterai Hp anda sendiri yang sudah tidak berfungsi normal lagi.

Hal ini biasanya di picu oleh dua hal, yakni karena faktor usia pemakaian Hp  yang sudah lama, sebab barang-barang elektonik semakin lama digunakan kinerja komponen-komponennya termasuk salah satunya baterai juga akan menurun.

Pemicu yang kedua adalah kebiasaan anda yang menggunakan Hp sambil melakukan pengisian daya. Hal tersebut semakin diperparah apabila kamu menggunakan Hp untuk main game saat Hp sedang di charger. Kondisi ini dapat menyebabkan baterai anda menjadi bengkak dan kinerjanya menjadi tidak optimal lagi seperti biasa.

Cara Mengatasi Baterai Hp Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab dari kenapa baterai Hp anda cepat habis padahal tidak dipakai, selanjutnya penulis akan memberi tau kamu cara mengatasi agar baterai mu tidak cepat habis. Beberapa cara mengatasi yang dimaksud akan dipaparkan dibawah ini:

  1. Mematikan GPS saat sudah tidak digunakan lagi
  2. Menyetel pencerahan layar otomatis. Dengan demikian kontras layar Hp mu akan otomatis naik turun menyesuaikan sedang dimana kamu berada saat menggunakan SmartPhone kamu
  3. Menghindari penumpukan aplikasi yang sedang berjalan
  4. Mematikan data seluler saat tidak akan diperlukan untuk jangka waktu yang lama, terutama saat anda akan tidur
  5. Segera menyingkirkan aplikasi game dari daftar aplikasi yang sedang berjalan, apabila tidak ingin memainkan game lagi
  6. Mengaktifkan “Otomatis Matikan Hostpot” saat tidak ada perangkat yang terhubung
  7. Mengoptimalkan waktu hidup layar supaya jangan terlalu lama
  8. Menghindari kebiasaan buruk yang menggunakan Hp saat sedang di Charger

Nah selain cara-cara yang telah disebutkan di atas, artikel dari Nomis.id tentang top up ff diskon 90 ini juga akan membantu mu untuk melakukan top up free fire murah dan aman dengan berbagai promo menarik.

Penutup

Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai
Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi masalah baterai Hp cepat habis padahal tidak dipakai. Jangan buru-buru mengganti baterai Hp atau bahkan mengganti SmartPhone kamu hanya karena masalah baterai. Ketahui terlebih dahulu penyebab baterai Hp mu menjadi sangat boros sebelum mengambil tindakan.

Demikianlah artikel penyebab baterai Hp cepat habis padahal tidak dipakai, semoga mendatangkan manfaat yang baik buat sobat semuanya. Terimakasih telah berkunjung.

Back to top button