Promo Top Up Game Termurahūüėć
Tutorial

2 Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita

Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita – Merasa ada orang yang ingin mencoba login ke akun instagram kamu? Tidak perlu khawatir, karena Mocipay akan menjelaskan tutorial cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita dengan langkah yang mudah.

Karena sampai pada saat ini, penggunaan media sosial juga tidak terlepas dari kekurangannya yang dapat merugikan pengunanya. Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh media sosial seperti instagram yaitu rentan mengalami peretasan.

Sehingga, orang yang meretas akun kamu dapat dengan mudah melakukan login dan membuka ruang privasi di dunia virtual.

Sekilas Tentang Fitur Aktivitas Login Instagram

Fitur Aktivitas Login Instagram

Instagram merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digemari dan dapat difungsikan sebagai media untuk berbagi foto dan video.

Instagram juga memiliki fitur aktivitas login yang dapat di manfaatkan oleh para penggunanya untuk mengetahui siapa saja yang ingin mencoba masuk ke akun instagram kamu dan perangkat yang digunakan pada saat login.

Apabila fitur Aktivitas login ini tidak terpasang di akun Instagram pribadi kamu, pastikan kembali bahwasannya aplikasi ini sudah di update ke versi terbaru. Langsung saja, yuk kita bahas cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita.

Artikel lainnya yang menarik untuk kamu: Daftar Harga Koin Tiktok

Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram Kita Melaui HP dan Laptop

Tentu saja kamu perlu tahu bagaimana cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita, untuk menghindari penyalah gunaan dan peretasan akun.

Cara mengatahui perangkat yang login Instagram kita, bisa diketahui dengan dua cara mudah, yakni melalui data akses maupun melalui email dari Instagram. Berikut caranya :

1. Melaui HP

Langkah pertama yang bisa kamu coba, cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita yaitu melalui data akses. Cara ini sangat mudah dilakukan dan terbukti dapat mengetahui perangkat yang login.

Beberapa langkah cara mengatahui perangkat yang login Instagram kita, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Silahkan buka akun Instagram kamu terlebih dahulu.
  • Pada menu profil, klik icon garis tiga yang terletak di sisi sudut sebelah kanan.

  • Lalu klik Pengaturan > Keamanan

  • Selanjutnya pilih opsi Aktivitas Login atau Data dan Riwayat.

  • Kamu bisa melihat info login akun instagram kamu, mulai dari tanggal login, perangkat yang digunakan dan lokasi login. Apabila kamu tidak mengenali perangkat yang login diakun Instagram, kamu bisa segera mengganti password agar akun Instagram terhindar dari peretasan.

2. Melalui Laptop

Cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita juga dapat dilakukan melalui laptop maupun PC. Tentunya cara ini hampir sama dengan cara diatas dan sangat mudah dilakukan.

Beberapa langkah cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita melalui laptop, diantaranya :

  • Buka akun instagram kamu melalui browser yang ada di laptop.
  • Pilih opsi menu profil, lalu klik icon garis tiga yang teletak disebelah kiri layar.
  • Selanjutnya klik menu settings atau pengaturan.
  • Lalu klik Login Activity.
  • Maka akan tampil perangkat yang login ke akun kamu sesuai dengan waktu beserta lokasinya. Apabila ada perangkat yang tidak kamu kenali mencoba login ke akun kamu, agar akun kamu tetap terjaga ada baiknya ganti password akun instagram.

Cara Melihat Aktivitas Login Lewat Email dari Instagram

Nah tutorial diatas, kamu juga dapat mengetahui cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita lewat email yang sudah kamu tautkan sebelumnya.

Jika sudah berhasil mentautkan email, kamu bisa melihat contoh perangkat lain yang ingin mencoba login instagram kita lewat notifikasi email.

Notifikasi Email Perangkat Lain Mencoba     Login Instagram

Penasaran dan ingin tahu bagaimana cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita lewat email? Yuk, langsung saja simak caranya.

  • Pada menu profil, klik icon garis tiga yang terletak di sisi sudut sebelah kanan.
  • klik Pengaturan, kemudian klik Keamanan
  • Lalu klik opsi Email Dari Instagram
  • Selanjutnya kamu bisa lihat beberapa email terakhir dari Instagram terkait keamanan. Dan jangan lupa perhatikan tanggal, perangkat yang digunakan dan email yang dikirim.

Artikel lainnya mengenai topik instagram: 5 Cara Mengatasi Musik Instagram Tidak Tersedia di Wilayah Anda

Cara Menjaga Akun Instagram Agar Tidak di Hack

Salah satu faktor yang mengakibatkan peretasan akun Instagram adalah password yang lemah. Untuk itu hindari menggunakan password seperti tanggal lahir atau nama yang berhubungan dengan username akun kamu.

Meskipun lebih mudah untuk di ingat, tetapi password yang diambil dari informasi tersebut sangat mudah diretas karena sangat bersifat publik. Agar akun kamu tetap terjaga, berikut simak informasi dibawah ini.

1. Hindari Penggunaan Aplikasi yang Mencurigakan

Cara ini merupakan salah satu yang hal yang wajib kamu hindari agar akun kamu tetap aman dan terjaga. Informasi akun instagram juga dapat digunakan untuk login keberbagai situs, aplikasi maupun game.

Nah, untuk mengetahui apakah akun Instagram kamu sedang digunakan pada perangkat yang berbahaya, kamu bisa cek dengan langkah berikut :

  • Silahkan login ke akun Instagram melalui browser laptop maupun PC.
  • Pilih Settings lalu klik App and Websites.
  • Kemudian cek daftar ditus, aplikasi atau game yang telah menggunakan akses ke akun Instagram kamu.
  • Apabila ada situs yang mencurigakan, kamu bisa klik Revoke Access untuk mencabut akses atau View and edit untuk melakukan penyesuaian.

2. Gunakan Password yang Tidak Mudah Diketahui

Banyak pengguna Instagram yang tidak ingin menggunakan password yang sedikit lebih susah untuk diingat. Bahkan tidak jarang para pengguna, menggunakan tanggal lahir sebagai password akun media sosialnya.

Sehingga mengakibatkan password tersebut mudah diketahui atau dilacak oleh orang lain. Agar tidak jadi terjadi peretasan akun, ada baiknya kamu menggunakan password yang lebih kuat, seperti memasukkan aangka, huruf dan simbol.

3. Aktifkan Otentifikasi Dua Langkah

Dimana sistem ini mewajibkan pengguna melakukan dua langkah (2FA) verifikasi untuk masuk ke dalam akun, guna menghindari peretasan akun Instagram.

Biasanya otentifikasi tersebut berupa password akun dan kode khusus yang dikirim melalui SMS atau email.  Untuk mengaktifkan otentifikasi dua faktor diinstagram, kamu bisa perhatikan tutorial dibawah ini :

  • Pada halaman menu, klik profil yang terletak disebelah kanan bawah.
  • Klik ikon tiga garis, lalu klik menu Pengaturan atau Settings.
  • Kemudian klik opsi Keamanan > Autentikasi Dua Faktor >Mulai.
  • Ada tiga opsi yang bisa kamu pilih, yakni melalui aplikasi, WhattsApp dan SMS.
  • Kamu bisa pilih salah satu nya. Selanjutnya akan tampil lima kode pemulihan, kamu bisa Screenshot kode tersebut apabila kamu lupa password akun Instagram kamu.

Postingan sebelumnya: 2 Cara Mendapatkan Barang Gratis Di Akulaku

Kesimpulan

Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram kita
Cara Mengetahui Perangkat Yang Login Instagram kita

Sudah tahu kan bagaimana cara mengetahui perangkat yang login Instagram kita? Jadi cara diatas dapat kamu manfaatkan untuk melihat apakah ada perangkat lain yang tidak kamu kenali ingin mencoba login ke akun instagram kamu.

Apabila ada perangkat yang mencoba ingin meretas/ hack akun instagram kamu, ada baiknya lakukan langkah yang telah dijelaskan diatas. Setelah itu, kamu dapat mengubah password instagram yang lebih kuat dan tidak memungkinkan untuk dihack oleh orang lain.

Selamat informasi diatas bermanfaat dan selamat mencoba!

Back to top button