Tutorial

13+ Cara Agar Hidung Mancung Secara Alami dan Medis

Cara Agar Hidung Mancung – Memiliki hidung mancung masih menjadi idaman banyak orang, terutama kalangan wanita yang selalu menomor satukan penampilan. Punya tampilan hidung mancung yang tinggi sangat mendukung performa dan meningkatkan percaya diri.

Meskipun hasilnya tidak bisa langsung cepat, memancungkan hidung secara alami boleh dijadikan alternatif.

Di bawah ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara agar hidung mancung dengan alami maupun medis.

Cara Agar Hidung Mancung Dengan Bantuan Medis

Cara Agar Hidung Mancung
Sumber: Unsplash

Bagi orang yang memang ingin cepat-cepat punya hidung mancung permanen, mungkin harus mempertimbangkan untuk meminta bantuan ahli medis. Jangan dikira memancungkan hidung dengan medis hanya tindakan operasi saja.

Ada yang hanya dimasukkan cairan khusus, yang tidak sampai dilakukan proses operasi. Walaupun tetap saja akan ada bahan kimia yang akan dimasukkan dalam tubuh. Sehingga bukan tidak mungkin timbul resiko seperti alergi, dan lainnya.

Walaupun begitu, cara agar hidung mancung dengan medis ini dinilai masih tetap aman kok. Asalkan kamu mempercayakannya pada tenaga profesional.

Beberapa cara membuat hidung mancung dengan medis diantaranya seperti:

1. Dermal Filler

Cara Agar Hidung Mancung Secara Medis
Sumber: Halodoc

Merupakan cara membuat hidung mancung dengan bantuan medis yang termasuk tindakan minimal invasive. Jadi, prosesnya tidak ada pembedahan atau operasi khusus. Pasien akan di suntik kan implant di bawah permukaan kulit dengan tujuan mengubah bentuk hidung.

Inilah yang tadi sempat dibahas, dermal filler memungkinkan hidung dimasuki cairan semacam gel yang sebenarnya adalah asam hialuronat atau kalsium hidroksiapatit. Bagi yang kurang suka tindakan pembedahan, tindakan ini bisa menjadi solusi.

Prosedur salah satu cara cara agar hidung mancung ini tak akan memakan banyak waktu lama, hanya sekitar 15 menit saja. Derma Filler akan membantu mendapatkan bentuk hidung sesuai keinginan pasien. Walaupun disebut permanen, nyatanya kamu harus melakukan re-apply 6 bulan sekali.

2. Rhinoplasty

Jika tidak mau setiap 6 bulan sekali harus reapply karena cukup repot dan tak punya banyak waktu luang, mau tidak mau kamu pilih saja tindakan Rhinoplasty. Tindakan ini mengharuskan pasien untuk dioperasi jika ingin membuat hidungnya jauh lebih mancung.

Selain membuat hidung menjadi mancung, tindakan Rhinoplasty juga bermanfaat untuk membentuk kembali lubang hidung hingga meluruskan kembali organ tubuh tersebut. Hingga kini, dikenal 2 prosedur Rhinoplasty yaitu terbuka dan tertutup.

Untuk Rhinoplasty terbuka bisa menjadi alternatif jika akan dilakukan pembentukan kembali hidung secara besar-besaran. Pada pilihan cara agar hidung mancung ini, setiap pasien akan dibius total, sehingga sebelum dimulai operasi akan dilakukan pemeriksaan menyeluruh oleh sejumlah dokter.

Mulai dari dokter penyakit dalam, dokter anestesi, dan sebagainya. Pasien juga akan melalui proses foto rontgen sampai pemeriksaan darah. Mengingat ini adalah operasi besar, memang persiapan yang dilakukan juga lumayan banyak.

Sedangkan untuk tindakan Rhinoplasty tertutup merupakan operasi hidung dengan cara membuat sayatan dari dalam. Oleh karena sayatan yang dibuat dari dalam tersebut, nantinya bekas operasi tak akan terlihat. Jadi, hasilnya bisa terlihat natural.

Baca Juga :  5 Cara Melihat Orang Yang Menonton Reels Kita di Instagram

3. Septoplasty

Ada lagi cara agar hidung mancung melalui medis yang bisa dicoba. Kali ini melalui prosedur Septoplasty. Sama dengan Rhinoplasty tadi, tindakan ini pun mengharuskan pasien untuk pembedahan/operasi untuk perbaikan septum.

Sementara septum sendiri adalah dinding tipis yang berada di tengah dan menjadi pembatas kedua lubang hidung. Jika merasa punya bentuk hidung yang bengkok dan timbul gejala seperti sakit kepala, hidung tersumbat, nyeri wajah, gangguan penciuman, sampai keluar cairan, Septoplasty adalah pilihan terbaik.

Tindakan ini nantinya juga mengharuskan pasien untuk dibius total. Jadi, persiapan sebelum operasi juga harus lengkap. Mulai dari pemeriksaan dokter penyakit dalam, dokter anestesi, proses pengambilan darah, hingga melakukan foto rontgen.

Selain butuh proses yang panjang, cara agar hidung mancung dengan medis ini biasanya harganya cukup mahal. Namun, hasilnya permanen dan biasanya akan jauh lebih bagus dari sebelumnya.

Tak hanya mengetahui cara agar hidung mancung, kamu juga bisa cek 17+ Cara Mengecilkan Bibir Paling Ampuh: Medis, Alami, Kosmetik ini, ya.

Cara Agar Hidung Mancung Dengan Alami

Cara Agar Hidung Mancung
Sumber: Alodokter

Selain melalui proses medis, kamu sebetulnya juga bisa mencoba memancungkan hidung dengan cara alami. Hal ini akan menjadi alternatif bagi yang tak terlalu suka dengan resiko medis yang kemungkinan akan dialami.

Membuat hidung mancung secara alami, memang prosesnya tak bisa instan. Hasilnya pun tidak bisa dikatakan permanen. Namun, karena alami jarang timbul efek samping lanjutan. Pilihan caranya juga banyak sekali dan rata-rata aman.

Cara agar hidung mancung dengan alami juga dinilai murah. Kamu tak perlu harus menyiapkan budget khusus. Paling penting, harus dilakukan dengan rutin supaya dapat memberikan hasil terbaik. Beberapa cara yang dimaksud adalah:

1. Teknik Make Up

Cara pertama adalah dengan mengandalkan teknik make up. Jangan salah, dengan teknik makeup saja, hidung kamu bisa menjadi lebih mancung kok. Walaupun tidak membuat hidung berubah bentuk secara permanen, namun teknik make up ini sangat aman.

Dengan menggunakan teknik make up yang benar, mampu mengubah penampilan dengan cepat. Untuk teknik make up khusus membuat hidung menjadi mancung ada beberapa pilihan. Kamu bisa mencontohnya dari tutorial di internet. Sementara untuk teknik nya sendiri adalah:

2. Contouring

Kamu bisa mencoba teknik contouring. Ini bisa sekaligus menjadi cara agar hidung mancung yang aman dan praktis. Teknik ini dilakukan dengan cara membuat bayangan pada hidung. Contouring terbukti dapat membuat hidung mancung seketika.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk contouring ini diantaranya adalah eyeshadow, contour powder, hingga beberapa alat make up lainnya. Untuk pengaplikasiannya, silahkan kamu nonton sendiri di video-video tutorial yang banyak tersedia di internet.

3. Pakai Bronzer

Tampilan hidung mancung juga bisa diusahakan dengan mengandalkan bronzer. Bronzer adalah salah satu alat make up yang dapat memberikan efek berkilau. Pada umumnya bronzer memang diaplikasikan pada hidung.

Jadi, cara agar hidung mancung yang satu ini dilakukan setelah wajah diberikan counter. Penggunaan bronzer akan membuat tampilan hidung mancung menjadi makin sempurna. Untuk pengaplikasiannya sama, bagi yang masih pemula bisa coba nonton video tutorial di internet supaya hasilnya makin bagus.

4. Pemijatan Area Hidung

Memijat Area Hidung
Sumber: Orami

Selanjutnya, kamu juga bisa mencoba memijat area hidung untuk membuatnya jauh lebih macung. Sudah banyak yang menggunakan cara ini dan terbukti lumayan berhasil. Berikut beberapa teknik pemijatan hidung supaya lebih mancung:

Baca Juga :  30+ Cara Buka Rekening BRI Offline dan Online Dengan Mudah

5. Mengurut Bagian Atas Tulang Hidung

Kamu dapat mengurut tulang hidung untuk membuatnya jauh lebih mancung. Untuk langkah-langkahnya sendiri, silahkan ikuti panduannya berikut ini:

  • Letakkan jari manis dan jari tengah secara vertikal di bawah mata
  • Gerakkan jari untuk melakukan pijatan dari tulang pipi ke tulang hidung bagian atas
  • Silahkan lakukan gerakan tersebut selama 15 menit per hari

6. Mencubit Hidung

Selain mengurut tulang hidung, ada cara agar hidung mancung lain secara alami yaitu dengan mencubitnya. Tidak ada salahnya kamu coba mencubit atau memencet hidung untuk membuatnya lebih mancung.

Kalau dibandingkan dengan cara lainnya, pilihan ini dianggap jauh lebih ringan. Pasalnya, kamu hanya perlu mencubit hidung secara rutin. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pencet atau mulai dengan mencubit hidung pakai ibu jari dan telunjuk
  • Cubit hidung dengan perlahan sebab jika terlalu kencang dapat menimbulkan iritasi
  • Tahan cubitan tersebut kira-kira selama 5 menit
  • Lakukan gerakan tersebut minimal 3 kali sehari

Untuk diingat, teknik ini boleh dilakukan namun tak disarankan terlalu sering. Mencubit terlalu sering bisa berpotensi merusak tulang hidung maupun area kulit di sekitarnya. Jadi, tetap harus hati-hati.

7. Memijat Area Wajah

Tidak banyak yang tahu jika salah satu cara agar hidung mancung secara alami dapat dilakukan dengan sangat sederhana. Kamu hanya perlu memijat area wajah  secara rutin. Untuk caranya kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Pijat pada setiap bagian hidung, mulai area jembatan hingga ke ujung, lalu ke samping
  • Pemijatan dilakukan dengan gerakan jari yang memutar
  • Memijat hidung paling tidak harus dilakukan 5 menit per hari, serta lakukan dengan teratur untuk mendapatkan hasil terbaik

8. Melakukan Peregangan Kulit Wajah

Cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat hidung mancung adalah melakukan peregangan kulit wajah. Peregangan kulit wajah nyatanya tak hanya membantu memberikan sensasi rileks saja, namun sekaligus memancungkan hidung.

Peregangan kulit wajah bahkan dipercaya mampu membantu membentuk struktur hidung mancung dan indah. Ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan selama peregangan wajah untuk membuat hidung mancung antara lain:

  • Tekan wajah dengan lembut pakai jari telunjuk dan jari tengah. Menekan wajah dapat dilakukan mulai dari hidung menuju telinga
  • Tekan wajah sambil posisikan bibir membentuk duck face
  • Peregangan kulit wajah harus dilakukan dengan rutin agar hasil yang didapatkan maksimal

9. Menggunakan Alat Pemancung Hidung

Alternatif cara agar hidung mancung secara alami yang lain adalah dengan mengandalkan alat pemancung hidung. Sesuai dengan namanya, alat tersebut cukup efektif membantu untuk mendapatkan tampilan hidung menjadi lebih mancung.

Alat pemancung hidung juga telah dijual bebas di pasaran baik online maupun offline. Bahkan, banyak ditawarkan di marketplace dengan harga yang sangat miring. Daripada mempersiapkan dana untuk operasi atau filler, beli alat ini jauh lebih ekonomis.

Pada umumnya, pada kemasan alat akan dijelaskan cara penggunaan. Kamu hanya perlu mengikuti instruksi yang telah diberikan di sana dengan baik. Jangan menggunakannya secara sembarangan.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kesalahan yang justru dapat merugikan kamu sendiri saat pemakaian. Cara agar hidung mancung pakai alat yang satu ini harus dilakukan secara rutin sehingga hasil yang didapatkan makin maksimal.

10. Latihan Pernapasan

Walaupun terdengar sepele dan tidak mungkin, nyatanya banyak yang sudah membuktikan sendiri keefektifan cara memancungkan hidung yang satu ini. Latihan pernapasan dianggap lumayan ampuh untuk membantu tampilannya menjadi lebih menarik.

Baca Juga :  5 Cara Memasukkan Voucher Smartfren Anti Gagal

Seperti yang diketahui menghirup dan menghembuskan napas dalam memiliki banyak sekali manfaat, salah satunya membentuk hidung. Sebagai informasi saja, latihan pernapasan biasanya dilakukan saat olahraga Yoga.

Jadi, bagi kamu yang terbiasa melakukan Yoga pasti sudah sangat paham bagaimana latihan pernapasan yang tepat. Untuk cara agar hidung mancung menggunakan latihan pernafasan sendiri bisa kamu ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Ambil posisi duduk dengan santai
  • Jangan lupa tegakkan tubuh
  • Tutup lubang hidung bagian kanan pakai jempol tangan kanan
  • Bernapas seperti biasa kurang lebih 20 menit lalu lepaskan
  • Lalu tutup lubang hidung kiri pakai jempol tangan kiri
  • Kembali bernapas seperti biasa selama 20 menit

Lakukan gerakan latihan pernapasan tersebut secara rutin. Sama dengan cara memancungkan hidung secara alami lainnya. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu harus melakukan secara rutin. Lagipula latihan pernapasan juga baik untuk kesehatan tubuh, jadi tidak akan sia-sia menjalankannya.

11. Menggoyangkan Hidung

Ada cara lain yang bisa dikatakan lebih sederhana untuk memancungkan hidung yaitu dengan menggoyangkannya saja. Untuk cara ini sebetulnya lebih ke pembentukan otot daripada latihan pembentukan kembali.

Namun, cara agar hidung mancung dengan menggoyangkannya masih dianggap cukup efektif. Cara ini akan membantu memperkuat otot hidung dan membuatnya lebih tajam. Lagipula selain aman, cara melakukannya pun sangat mudah.

Kamu hanya perlu menggoyangkan hidung sambil memastikan wajah benar-benar dalam kondisi diam. Untuk hasil terbaik memang harus dilakukan secara rutin. Paling tidak sehari sekali tidak boleh terlewat.

12. Kompres Es Batu

Salah satu yang membuat hidung terlihat kurang mancung adalah adanya timbunan lemak di beberapa sisinya. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kamu mencoba memancungkan hidung dengan menghilangkan lemak tersebut.

Lemak pada hidung bukan hanya membuatnya tidak mancung, namun terlihat bengkak dan kurang menarik. Es batu menjadi salah satu solusi cara agar hidung mancung secara alami dan praktis.

Apalagi, cara ini sama sekali tidak membutuhkan banyak biaya. Kamu hanya perlu menyiapkan es kubus dan handuk. Setelah itu, bungkus es kubus tersebut ke dalam handuk. Selanjutnya kompres ke hidung berulang kali sampai meleleh.

Walaupun tidak bisa membuat hidung mancung dengan cepat, jika dilakukan rutin akan memberikan dampak terbaik. Lemak di sekitar hidung akan perlahan hilang dan membuatnya tampilannya jauh lebih mancung.

13. Tersenyum

Alternatif lain sebagai cara agar hidung mancung adalah dengan tersenyum. Cara ini diketahui paling sederhana, dan pastinya dapat dilakukan oleh siapa saja. Kamu bahkan bisa melakukannya di rumah atau di mana saja.

Walaupun terdengar sepele, jangan salah karena banyak tersenyum bisa memberikan banyak efek positif bagi tubuh. Bukan hanya membuat awet muda, tampilan hidung mancung pun bisa didapatkan.

Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa menggunakan teknik smiling fish frenzy. Metode tersebut memungkinkan kamu untuk melakukan pose senyum sembari gigi dirapatkan selama kurang lebih 10 menit.

Silahkan Ulangi gerakan tersebut sebanyak 3 kali sehari secara rutin. Sama seperti cara agar hidung mancung secara alami lainnya, kamu harus melakukan gerakan tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

14. Olahraga Hidung

Memang ada olahraga hidung? Tentu saja ada, bahkan ini bisa dijadikan solusi bagi siapa saja yang ingin membuat hidung lebih mancung. Walaupun cara ini tak bisa memancungkan hidung secara signifikan, namun tetap sangat direkomendasikan untuk dicoba.

Melansir dari Halodoc, Olahraga hidung juga dipercaya ampuh untuk membentuk tulang organ tersebut menjadi lebih baik. Caranya, kamu tinggal membentuk mulut dengan gerakan “O”. Lalu dorong lubang hidung ke tengah pakai telunjuk. Arahkan pandangan ke langit-langit sambil bernapas dan lebarkan lubang hidung.

Oh iya, supaya rambutmu sehat, yuk simak 13 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Cepat dan Efektif.

Cara Agar Hidung Mancung
Cara Agar Hidung Mancung

Itu dia tadi beberapa rekomendasi cara agar hidung mancung. Tinggal pilih mau yang secara medis atau alami. Semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pertimbangkan dengan baik.

Back to top button