Harga

Rincian Bunga Shopeepaylater 2024 Serta Cara Menghitungnya

Rincian Bunga Shopeepaylater 2024 Serta Cara Menghitungnya – Bagi Anda yang sering menggunakan Shopeepaylater ketika berbelanja online melalui Shopee, tentunya harus mengetahui rincian bunga Shopeepaylater.

Hal tersebut bertujuan agar Anda bisa mempersiapkan dana yang dibutuhkan ketika sudah jatuh tempo waktu pembayaran, sehingga Anda tidak akan mengalami gagal bayar yang bisa menyebabkan berbagai masalah untuk diri sendiri. Oleh karena itulah, pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai rincian dari bunga Shopeepaylater.

Rincian Bunga Shopeepaylater

Rincian Bunga Shopeepaylater
Rincian Bunga Shopeepaylater

Sebelum membahas lebih jauh mengenai rincian bunga Shopeepaylater, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu Shopeepaylater. Nah, untuk Shopeepaylater sendiri merupakan salah satu produk pinjaman online yang dikeluarkan oleh pihak Shopee.

Jadi dengan Shopeepaylater tersebut pembeli tetap bisa berbelanja dengan cara kredit atau mencicil pembayarannya selama jangka waktu yang ditentukan. Sama seperti layanan pinjaman online lainnya, untuk bisa menggunakan fasilitas ini tentunya ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi ketika menggunakan layanan ini adalah membayar bunga. Untuk rincian bunga Shopeepaylater yang ditetapkan oleh pihak Shopee adalah paling sedikit 2,95 dari total jumlah belanja untuk jangka waktu pembayaran satu bulan. Untuk jangka waktu 3 bulan 8,85 persen, 6 bulan 17,7 persen, dan bunga 35,4 persen untuk jangka waktu pembayaran 12 bulan.

Denda Shopeepaylater

Selain memperhatikan rincian bunga Shopeepaylater, Anda juga harus memperhatikan denda yang dikenakan saat menggunakan Shopeepaylater. Sebab perlu Anda ketahui, ketika gagal membayar tagihan Shopeepaylater sesuai dengan waktu yang telah disepakati akan ada sanksi yaitu berupa denda yang akan dikenakan kepada Anda.

Jumlah denda nya sebenarnya tidak terlalu besar, yaitu hanya 5 persen dari jumlah belanjaan Anda. Tetapi, jumlah tadi dapat berlipat ganda jika Anda terus menunggak melakukan pembayaran Shopeepaylater. Nah untuk dampak yang ditimbulkan karena kebiasaan menunggak pembayaran Shopeepaylater adalah limit pinjaman Anda akan semakin berkurang atau bahkan pengajuan kredit Anda akan ditolak.

Hal ini tentunya akan sangat merugikan untuk Anda yang memang sangat membutuhkan layanan Shopeepaylater. Selain terkena denda, dampak lain ketika Anda gagal melakukan pembayaran Shopeepaylater adalah Anda tidak akan mendapatkan voucer diskon belanja.

Lebih buruknya lagi, nama Anda bisa masuk ke daftar hitam orang yang tidak bisa mengajukan kredit atau pinjaman ke perusahaan keuangan dan juga bank. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi Anda harus melakukan pembayaran Shopeepaylater secara rutin. Tidak hanya itu saja, jangan melakukan kredit yang jumlahnya terlalu besar dan pembayarannya di luar kemampuan Anda.

Baca Juga :  Tabel Angsuran Kur BRI 2024 Plafon 100 Juta

Cara Menghitung Rincian Bunga Shopeepaylater

Sebelum mengajukan kredit menggunakan layanan Shopeepaylater, Anda perlu mengetahui cara untuk menghitung rincian bunga Shopeepaylater. Jika Anda menguasai cara menghitung rincian bunga Shopeepaylater Anda akan tahu lebih dahulu jumlah total uang yang perlu dibayarkan setiap bulannya.

Nah, dengan mengetahui terlebih dahulu jumlah uang yang harus dibayarkan, Anda bisa menyesuaikan dengan penghasilan bulanan yang Anda dapatkan. Jika dari perhitungan rincian bunga Shopeepaylater ternyata didapatkan hasil jumlah kredit yang dibayarkan hampir menghabiskan pemasukan bulan, maka Anda tidak perlu melanjutkan kredit tersebut.

Dengan begitu Anda menjadi terhindar dari masalah finansial yang merugikan diri sendiri. Untuk cara menghitung kredit pembayaran berdasarkan rincian bunga Shopeepaylater cukup mudah. Nah, adapun contoh perhitungan dari total pembayaran kredit adalah seperti di bawah ini:

Total Belanja : 3.000.000

Bunga : 2,95

Total Bunga : 3.000.000 X 2,95% = 88.500

Total Bayar : 3.088.500

Cara Mengaktifkan Shopeepaylater

Cara Mengaktifkan Shopeepaylater
Cara Mengaktifkan Shopeepaylater

Setelah memahami rincian bunga Shopeepaylater, tentunya Anda juga harus mengetahui cara untuk mengaktifkan Shopeepaylater. Karena untuk bisa menggunakan layanan kredit Shopeepaylater tentunya Anda perlu mengetahui cara untuk mengaktifkannya.

Sebenarnya untuk bisa mengaktifkan Shopeepaylater cukup mudah, namun ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Adapun cara untuk mengaktifkan Shopeepaylater adalah seperti di bawah ini:

  • Langkah pertama untuk mengaktifkan Shopeepaylater adalah dengan membuka aplikasi Shopee di perangkat Anda. Jika Anda masih belum memiliki aplikasi Shopee silakan mengunduhnya terlebih dahulu secara gratis di Apps Store atau pun di Playstore.
  • Setelah membuka aplikasi Shopee di ponsel, segera cari menu Saya yang berada di sebelah kanan bawah. Pada menu Saya nanti Anda akan dihadapkan dengan beberapa opsi yang bisa Anda pilih. Namun untuk mengaktifkan Shopeepaylater Anda hanya perlu memilih opsi Dompet Saya.
  • Pada Dompet saya, silakan Anda cari menu SpayLater. Jika sudah ketemu silakan klik menu SpayLater tersebut. Agar permintaan Anda untuk mengaktifkan layanan Shopeepaylater Anda diproses, silakan klik Aktifkan Sekarang.
  • Nantinya pihak Shopee akan mengirimkan kode OTP pada nomor telepon yang Anda gunakan untuk mendaftar akun Shopee. Setelah menerima kode OTP segera masukkan kode tersebut pada kolom yang ada di aplikasi Shopee.
  • Setelah memasukkan kode OTP tersebut Anda akan diminta mengisi info data diri pribadi. Tidak hanya itu saja Anda juga akan diminta untuk mengunggah foto KTP. Nah, saat mengunggah foto KTP pastikan foto tersebut jelas. Sebab, jika foto KTP kurang jelas pengajuan Anda untuk mengaktifkan Shopeepaylater bisa ditolak.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk mengunggah foto selfie. Ketika Anda melakukan pengambilan foto selfie, pastikan foto tersebut tidak melebihi frame yang ditentukan. Jika, foto yang diambil tidak pas karena melebihi frame, ulangi proses pengambilan foto selfie
  • Jika semua proses telah dilakukan, Anda hanya tinggal menunggu notifikasi yang menyatakan status pengajuan pengaktifan Shopeepaylater. Jika pengajuan Anda ditolak, silakan ulangi proses tersebut dari awal atau silakan menghubungi pihak call center

Baca Juga: 8 Cara Top Up FF Pakai Pulsa, Mocipay, Dunia Games, Codashop

Baca Juga :  Redmi Note 13 Pro Max Harga dan Spesifikasi, Mulai 3 Jutaan!

Syarat Mengaktifkan Shopeepaylater

Syarat Mengaktifkan Shopeepaylater
Syarat Mengaktifkan Shopeepaylater

Tidak hanya rincian bunga Shopeepaylater yang memiliki ketentuan, untuk bisa mengaktifkan layanan Shopeepaylater ada beberapa syarat yang harus dipenuhi pengguna.

Alasan pihak Shopee memberikan syarat kepada pengguna jika ingin mengaktifkan Shopeepaylater adalah untuk mengurangi risiko kerugian baik bagi pihak Shopee maupun pihak pengguna itu sendiri.

Nah, adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh pengguna yang tertarik menggunakan layanan Shopeepaylater adalah sebagai berikut ini:

1. Akun Sudah Diverifikasi

Syarat pertama yang harus dipenuhi oleh pengguna yang ingin memanfaatkan kredit dengan Shopeepaylater adalah akun Shopee sudah harus terverifikasi. Maksudnya, akun tersebut telah mengunggah identitas pemilik akun dengan benar meliputi, nomor telepon, email, hingga fotocopy.

Alasan mengapa pihak Shopee hanya akan menyetujui pengaktifan Shopeepaylater hanya kepada akun yang sudah terverifikasi adalah agar proses penagihan lebih mudah dan jelas. Jadi pengguna layanan Shopeepaylater tidak akan bisa lepas tanggung jawab dengan cara kabur karena tidak mau membayar kredit yang dilakukan.

Hal ini dikarenakan pihak Shopee telah memiliki identitas orang yang melakukan pinjaman. Apabila orang tersebut menolak membayar kredit yang dilakukan, tentunya pihak Shopee akan memberikan sanksi kepada orang tersebut.

2. Usia Akun Lebih Dari 3 Bulan

Syarat kedua yang perlu pengguna tepati jika ingin mengaktifkan layanan Shopeepaylater adalah usia akun Shopee minimal 3 bulan. Jika usia akun Shopee Anda masih di bawah 3 bulan, maka Anda masih belum bisa mengaktifkan layanan tersebut.

Jadi untuk Anda yang memiliki akun dengan usia di bawah 3 bulan harus sabar menunggu hingga usia akun Anda mencapai 3 bulan. Tetapi tenang, bagi Anda yang akun Shopee-nya masih baru masih bisa membeli barang secara online melalui aplikasi Shopee menggunakan metode pembayaran lainnya.

Baca Juga :  Seberapa Murah Biaya Hidup Di Malang Tahun 2024?

Nah, dengan melakukan pembelian selama masa tunggu dengan kooperatif akan membuat penilaian akun Anda menjadi baik. Hal tersebut akan membuat pengajuan pengaktifan Shopeepaylater akan dipermudah.

3. Menggunakan Shopee Versi Terbaru

Agar bisa mengaktifkan layanan Shopeepaylater Anda harus menggunakan aplikasi Shopee versi terbaru. Sebab aplikasi Shopee versi lama masih belum mendukung fitur dari layanan Shopeepaylater. Itulah mengapa, hanya Shopee versi terbaru yang bisa digunakan untuk mengaktifkan layanan Shopeepaylater.

Selain itu, pada versi terbaru Shopee untuk masalah keamanan juga telah ditingkatkan. Karena itu, tidak ada pihak yang akan dirugikan ketika menggunakan Shopeepaylater. Pihak pengguna dan pihak Shopee akan sama-sama diuntungkan dengan adanya layanan Shopeepaylater ini.

4. Rajin Bertransaksi

Syarat terakhir untuk mengaktifkan layanan Shopeepaylater adalah Anda harus rajin melakukan transaksi belanja online. Dengan Anda rajin berbelanja online, akan menjadi bahan pertimbangan pihak Shopee mengabulkan permohonan pengaktifan layanan Shopeepaylater Anda.

Namun tentunya dengan catatan bahwa semua transaksi yang Anda lakukan tidak pernah bermasalah. Sebab meskipun Anda rajin melakukan pembelian online namun sering kali bermasalah ketika melakukan pembayaran, akan membuat penilaian akun Anda menjadi buruk.

Hal tersebut bukan tidak mungkin akan berdampak ke pengajuan layanan Shopeepaylater Anda menjadi ditolak. Untuk itulah, sebisa mungkin hindari masalah pembayaran, terutama jika menggunakan metode pembayaran COD agar penilaian akun Anda tetap baik.

Keuntungan Shopeepaylater

Keuntungan Shopeepaylater
Keuntungan Shopeepaylater

Nah, untuk menghilangkan keraguan Anda menggunakan layanan Shopeepaylater, ada baiknya Anda mengetahui keuntungan dari menggunakan Shopeepaylater. Untuk keuntungan dari menggunakan Shopeepaylater adalah sebagai berikut:

Keuntungan Penjelasan
Mudah Praktis Keuntungan pertama yang Anda dapatkan jika menggunakan layanan kredit menggunakan Shopeepaylater adalah prosesnya yang mudah dan praktis. Karena itu bagi Anda yang ingin membeli kebutuhan mendesak bisa memanfaatkan layanan ini terlebih dahulu. Sebab, Anda tidak harus melalui proses panjang dan melelahkan untuk bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan.
Banyak Pilihan Ketika melakukan kredit melalui dengan Shopeepaylater, ada beberapa layanan yang bisa Anda pilih terkait dengan jenis cicilan. Dengan adanya pilihan tersebut Anda bisa menyesuaikan pembayarannya dengan pemasukan yang Anda dapatkan. Sehingga proses pembayaran kredit tidak akan menjadi beban bagi Anda di masa depan. Anda tidak akan merasa takut dan khawatir untuk mengalami gagal bayar dan mendapatkan sanksi karena hal tersebut.
Mendapat Promo Keuntungan terakhir yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan Shopeepaylater adalah memperoleh berbagai promo. Sebab, seringkali pihak Shopee atau bahkan juga pedagang akan memberikan promo menarik bagi pengguna yang menggunakan sering Shopeepaylater dan tidak pernah mengalami masalah pembayaran.
Rincian Bunga Shopeepaylater Serta Cara Menghitungnya
Rincian Bunga Shopeepaylater Serta Cara Menghitungnya

Jadi itulah tadi informasi mengenai rincian bunga Shopeepaylater yang harus pengguna Shopee ketahui. Semoga informasi mengenai rincian bunga Shopeepaylater yang kami sampaikan di atas bisa berguna dan bermanfaat bagi Anda yang berencana menggunakan layanan Shopeepaylater.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button