Tutorial

5 Cara Cek Bantuan Simpel BRI Lewat HP dan Besar Dana Bantuannya

Cara Cek Bantuan Simpel Bri Lewat Hp kini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis tanpa harus mengunjungi kantor cabang BRI terdekat yang ada disekitar kamu secara langsung.

Program Indonesia Pintar (PIP) dirancang untuk membantu pelajar di  usia sekolah, mulai dari keluarga miskin, rentan miskin, dan prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah.

Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah dan di harapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya.

Biasanya pencairan bantuan PIP ini dibagi menjadi tiga termin setiap bulannya. Untuk memastikan apakah dana bantuan tersebut sudah cair, silahkan simak cara cek bantuan Simpel BRI lewat hp pada artikel ini.

Sekilas Tentang Bantuan Simpel Bri

Sekilas Tentang Bantuan Simpel Bri
Sekilas Tentang Bantuan Simpel Bri

Program Indonesia Pintar (PIP) hadir untuk membantu para pelajar yang memiliki keterbatasan dalam memenuhi biaya pendidikan sehingga meyelesaikan pendidikan menengah.

Umumnya, PIP melibatkan jalur pendidikan formal dari tingkat SD hingga SMA/SMK , serta jalur pendidikan nonformal seperti paket A dan juga paket C.

Pemerintah selalu berkomitmen untuk mencegah terjadinya putus sekolah dan mengajak kembali siswa yang terlanjur putus sekolah dengan memberikan program ini kepada pendidik untuk membantu meringankan beban biaya pendidikan selama proses studi.

Jadi tidak semua pendidik berkesempatan mendapatkan Program Indonesia Pintar (PIP) ini. Karena pemerintah akan melakukan seleksi, dengan meminta data lengkap siswa kepada pihak sekolah secara langsung.

Syarat Penerima Bantuan Simpel Bri

PIP atau Program Indonesia Pintar ini bertujuan untuk membantu siswa yang kurang mampu dan mendukung anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin untuk mendapatkan layanan pendidikan yang lebih baik lagi.

Akan tetapi, PIP tidak hanya ditujukan pada peserta didik secara umum namun juga memprioritaskan beberapa kelompok penerima yang terdiri dari beberapa syarat dibawah ini.

  1. Pelajar memiliki Kartu Indonesia Pintar (PIP).
  2. Pelajar berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin.
  3. Pelajar memegang Kartu Keluarga Sejahtera.
  4. Pelajar dari keluarga penerima Program Keluarga Harapan.
  5. Pelajar mengalami kelainan fisik atau korban musibah.
  6. Pelajar yang berstatus yatim piatu, yatim, atau piatu dari sekolah, panti asuhan, atau panti sosial.
  7. Pelajar yang terkena dampak bencana alam.
  8. Pelajar yang berasal dari keluarga terpidana.
  9. Pelajar berasal dari daerah konflik.
  10. Pelajar yang tidak bersekolah (drop out) yang diharapkan untuk kembali bersekolah.
  11. Pelajar yang memiliki lebih dari 3 saudara yang tinggal serumah.
  12. Pelajar pada lembaga kursus atau satuan pendidikan non formal lainnya.
  13. Pelajar dari orang tua yang mengalami PHK (Pemutusan Hubungan Kerja).
  14. Pelajar yang berada di Lembaga Pemasyarakatan.
Baca Juga :  Cara Menambah Followers TikTok Dalam 1 Menit Tanpa Aplikasi

Cara Membuat Rekening BRI Simpel untuk Bantuan PIP

Cara Membuat Rekening BRI Simpel untuk Bantuan PIP
Cara Membuat Rekening BRI Simpel untuk Bantuan PIP

Sebelum masuk pada pembahasan inti tentang cara cek bantuan simpel BRI lewat hp, tentu kamu juga harus memahami cara membuat rekening BRI simpel untuk bantuan PIP agar lebih memudahkan kamu dalam mengakses layanan tersebut.

Adapun cara membuat rekening BRI Simpel untuk bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Kunjungi cabang Bank BRI terdekat.
  • Ambil nomor antrian.
  • Setelah nomor antrian kamu dipanggil, sampaikan tujuan kamu yaitu membuka rekening Simpel PIP kepada petugas bank.
  • Berikan semua dokumen yang telah dilengkapi sebelumnya, mulai dari Kartu Pelajar/ Surat Keterangan dari sekolah yang mencantumkan NISN/ NIS. fotocopy KTP Orangtua/Wali, Formulir Tambahan Pembukaan Rekening (Persetujuan Orangtua/wali).
  • Setelah itu, petugas bank akan memproses permohonan buka rekening Simpel PIP.
  • Jika proses membuka rekening selesai, petugas bank akan menyerahkan buku tabungan dan kartu debit BRI yang akan digunakan untuk mengakses PIP serta melakukan transaksi keuangan lainnya.

Cara Cek Bantuan Simpel Bri Lewat Hp

Tidak semua pelajaran bisa mendapatkan bantuan PIP ini, karena untuk bisa mendapatkan bantuan ini maka pelajar harus memenuhi kriteria atau syarat yang telah dijelaskan diatas.

Jika dirasa kamu layak mendapatkan bantuan tersebut dan pihak sekolah telah menginformasikan bahwa kamu salah satu orang yang akan menerima bantuan PIP Simpel BRI ini, perhatikan beberapa cara cek bantuan simpel Bri lewat Hp dibawah ini.

Lewat Website PIP Simpel BRI

Cara Cek Bantuan Simpel Bri Lewat Hp di Situs Resmi PIP
Cara Cek Bantuan Simpel Bri Lewat Hp di Situs Resmi PIP

Cara cek bantuan simpel BRI lewat hp yang pertama bisa kamu coba yaitu melalui situs resmi PIP. Untuk cek bantuan simpel bri lewat situs ini, pastikan kamu sudah menyiapkan NISN dan NIK.

Berikut adalah panduan cara cek bantuan simpel BRI lewat hp di situs pip :

  • Kunjungi situs pip.kemdikbud.go.id melalui browser di perangkat ponsel kamu.
  • Pada halaman utama, scroll kebawah dan Cari Penerimaan PIP.
  • Input atau masukan NISN dan NIK siswa pada kolom yang tersedia.
  • Masukkan nomor verifikasi yang muncul di halaman website.
  • Klik Cek Penerima PIP.
  • Setelah itu akan muncul informasi mengenai status bantuan program Indonesia Pintar (PIP).
Baca Juga :  8 Cara Deteksi Lagu Dari Video Online Dengan Mudah

Melalui SMS Banking

Cara Cek Bantuan Simpel Bri Lewat Hp di SMS Banking
Cara Cek Bantuan Simpel Bri Lewat Hp di SMS Banking

Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk cek bantuan Simpel Bri yaitu lewat SMS Banking. Metode ini cukup efektif dilakukan, pasalnya kamu tidak perlu memiliki koneksi internet dan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Bukan hanya itu saja, ketika kamu menerima bantuan PIP biasanya pihak BRI akan mengirimkan notifikasi lewat SMS secara langsung.

Jika kamu ingin mengetahui cara cek bantuan simpel BRI lewat hp melalui sms Banking, ikuti panduan dibawah ini.

  • Buka menu SMS di perangkat ponsel kamu.
  • Buat pesan baru dengan format “SALDO (spasi) PIN ATM BRI SIMPEL. Misalnya SALDO 234501.
  • Kirim pesan ke nomor 3300.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi dari pihak BRI.
  • Balasan tersebut berisi jumlah tabungan yang kamu miliki.
  • Apabila tabungan kamu bertambah, maka kemungkinan kamu salah satu orang yang mendapatkan bantuan PIP.

Perlu dicatat, apabila kamu menggunakan metode ini pastikan kamu memiliki pulsa yang mencukupi untuk biaya SMS. Biasanya biaya yang akan dikenakan sebesar 500 rupiah untuk setiap sms yang diterima.

Besar Bantuan Pip Simpel Bri

Setiap tingkatan atau golongan pelajar memiliki besar bantuan simpel BRI yang berbeda-beda. Program Indonesia Pintar (PIP) menetapkan nilai bantuan yang cukup besar sehingga dapat memberikan bantuan yang sangat baik bagi pelajar.

Untuk mengetahui besar bantuan yang akan diterima berdasarkan tingkatan atau derajatnya, silahkan perhatikan ulasan dibawa

1. Siswa SD/ Sederajat

Program Indonesia Pintar (PIP) ini juga diberikan kepada pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan setara melalui rekening Simpel BRI. Biasanya besar bantuan yang akan diterima pada tingkatan ini yaitu sekitar RP 450.000.

Bantuan ini diberikan dengan tujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan pendidikan pelajar selama menjalankan studinya, seperti buku pelajaran, uang sekolah, dan seragam.

2. Siswa SMP/ Sederajat

Untuk pelajar tingkat SMP dan setara nya juga akan mendapatkan bantuan. Umumnya, besar bantuan yang akan didapatkan lebih besar dari tingkatan SD.

Besar bantuan untuk tingkat SMS atau sederajat yaitu sekitar Rp 750.000. Bantuan tersebut diberikan untuk membantu biaya pendidikan mereka, mulai dari biaya uang sekolah, pembelian buku, dan kebutuhan lainnya.

3. Siswa SMS/SMK/ Sederajat

Program Indonesia Pintar (PIP) untuk pelajar tingkat SMA, SMK, dan sederajat akan menerima bantuan kemendikbud yaitu sekitar Rp 1.000.000. Bantuan ini diserahkan kepada pendidik untuk membantu biaya pendidikan, seperti uang sekolah, buku, seragam, dan kebutuhan pendidikan lainnya.

Baca Juga :  Cara Pengembalian Barang dan Dana di TikTok Shop

Bagaimana Cara Mencairkan Bantuan PIP Simpel BRI?

Cara Mencairkan Bantuan PIP Simpel BRI
Cara Mencairkan Bantuan PIP Simpel BRI

Setelah melakukan cara cek bantuan simpel BRI lewat hp dan ternyata kamu telah menerima dana bantuan dari Program Indonesia Pintar, tentu kamu ingin tahu bagaimana cara mencairkan dana bantuan tersebut.

Umumnya, pencairan bantuan PIP ini dibagi menjadi tiga termin setiap bulannya, dimana :

  • Termin pertama dilaksanakan antara bulan Februari hingga April. Berlaku untuk penerima bantuan FIP yang terdaftar di basis data DTKS dan Dapodik.
  • Sementara pencairan kedua dilakukan pada bulan Mei hingga September, khusus untuk penerima yang terdaftar berdasarkan usulan dari dinas pendidikan, pemangku kepentingan, dan data lain yang relevan.
  • Sedangkan pencairan ketiga dilaksanakan pada bulan Oktober hingga Desember khusus untuk penerima PIP yang berasal dari data DTKS, usulan dinas pendidikan, dan pemangka kepentingan yang telah melakukan aktivasi rekening.

Nah, untuk pencairan bantuan PIP ini biasanya di lakukan di kantor cabang BRI terdekat dengan membawa buku rekening BRI Simpel serta kartu identitas diri pelajar. Biasanya ini dilakukan serentak dengan pelajar lain yang mendapatkan program bantuan ini.

Postingan Menarik Lainnya : 4 Cara Buka Blokir ATM BRI Salah PIN 3 Kali Tanpa Harus ke Bank

Kesimpulan

Cara Cek Bantuan Simpel Bri Lewat Hp
Cara Cek Bantuan Simpel Bri Lewat Hp
Cara Deskripsi
Buka Aplikasi BRI Mobile Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstall aplikasi “BRI Mobile” pada ponsel Anda.
Login atau Daftar Jika Anda sudah memiliki akun BRI Mobile, buka aplikasi dan login dengan menggunakan ID pengguna dan kata sandi Anda.
Pilih Menu “Simpanan” Setelah Anda berhasil masuk, cari dan pilih menu yang berkaitan dengan “Simpanan” atau “Tabungan.”
Pilih Simpel BRI Di dalam menu “Simpanan” atau “Tabungan,” Anda akan menemukan opsi untuk “Simpel BRI” atau program bantuan sejenisnya.
Cek Saldo atau Informasi Bantuan Setelah Anda memilih “Simpel BRI,” Anda biasanya akan melihat informasi tentang saldo atau bantuan yang Anda terima dari program tersebut.
Transaksi Lain (Opsional) Selain mengecek saldo atau bantuan, Anda juga dapat melakukan transaksi lain seperti penarikan atau transfer dana jika dibutuhkan.
Logout (Jika Diperlukan) Jangan lupa untuk keluar dari akun Anda jika Anda menggunakan ponsel yang bersifat pribadi atau bersama-sama dengan orang lain.

Cara cek bantuan simpel BRI lewat hp ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, pasalnya, pemerintah sendiri memberikan akses situs resmi pada semua pelajar untuk mengecek nya.

Namun, agar cara cek bantuan simpel BRI lewat hp ini berhasil dilakukan pastikan kamu memiliki NISN dan NIK yang sudah terdaftar di Program Indonesia Pintar (PIP).

Semoga informasi cara cek bantuan simpel BRI lewat hp ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button