Tips

8 Cara Melacak KTP Hilang Lewat HP Dengan Mudah dan Cepat

Saat berada dalam situasi kehilangan KTP, cara melacak KTP hilang lewat HP merupakan ide pertama yang muncul dalam benak sebagian besar orang agar bisa menemukan KTP dengan mudah dan cepat.

Kehilangan KTP (kartu tanda penduduk) adalah situasi yang dapat menimbulkan kekhawatiran serius karena menyangkut keamanan dan identitas pribadi. Namun di era teknologi saat ini, semuanya sudah dapat dilakukan dengan instan dan mudah. Dalam posting an ini, kami akan menunjukkan beberapa cara melacak KTP hilang lewat HP. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Cara Melacak KTP Hilang Lewat HP, Apakah Ada?

Cara Melacak KTP Hilang Lewat HP
Cara Melacak KTP Hilang Lewat HP/ Cara Melacak KTP Hilang Lewat HP

Benarkah ada cara melacak KTP hilang lewat HP? Merupakan hal pertama yang perlu anda pastikan terlebih dahulu. Kehilangan KTP memang menjadi sebuah moment yang menimbulkan rasa panik, khawatir, dan kalang kabut. Karena selain harus ribet mengurus ini itu, ada juga hal besar yang lebih dikhawatirkan, yaitu penyalahgunaan KTP oleh orang yang menemukannya.

Lantas, adakah cara melacak KTP hilang lewat HP? Sayang sekali, hingga saat ini belum ada ditemukan cara melacak KTP lewat HP secara langsung. Ada pun cara menemukan KTP hilang lewat HP biasanya dilakukan dengan membagikannya ke berbagai aplikasi sosmed, misalnya seperti Instagram.

Namun keberhasilan dari alternatif ini kemungkinan sangatlah kecil. Tapi, anda tidak perlu khawatir, pada poin selanjutnya kami akan menunjukkan beberapa cara menemukan KTP yang hilang dengan mudah.

Cara Menemukan KTP yang Hilang dengan Mudah

Belum tersedianya cara melacak KTP hilang lewat HP bukanlah menjadi alasan bagi anda untuk langsung merasa putus asa dan berhenti berusaha melakukan pencarian. Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa cara menemukan KTP hilang dengan mudah yang mungkin saja akan membantu kamu.

Cara Menemukan KTP yang Hilang dengan Mudah
Cara Melacak KTP Hilang Lewat HP

1. Jangan Panik, Tetap Tenang!

Hal pertama yang paling penting adalah anda tidak boleh panik. Kehilangan KTP memang situasi yang mengkhawatirkan, namun anda tidak boleh sampai panik berlebihan. Kondisi kan diri anda untuk tetap tenang, agar tidak tergesa-gesa dan gegabah dalam melakukan tindakan solusi atau penyelesaian masalah.

Baca Juga :  5 Cara Menaikkan Limit Lazada Paylater Pengguna Baru

2. Periksa kembali tempat-tempat yang baru saja anda kunjungi

Cobalah periksa kembali tempat-tempat yang baru saja anda kunjungi, mungkin saja KTP anda tidak sengaja terjatuh disana. Misalnya di restoran, bisa saja KTP anda terjatuh ketika anda melakukan pembayaran bill makanan. Jangan ragu untuk menanyakan orang atau petugas di tempat tersebut, barang kali mereka ada menemukan KTP anda.

3. Periksa tempat penyimpanan berkas-berkas anda

Untuk anda yang jarang menaruh KTP dalam dompet dan membawanya kemana-mana, anda bisa lakukan pengecekan dulu di tempat-tempat dimana anda menyimpan berkas-berkas pribadi anda, seperti lemari, map, dan yang lainnya. Kadang-kadang kita beranggapan KTP hilang, padahal tersimpan rapi diantara selipan berkas-berkas atau tempat tertentu.

4. Hubungi layanan pengelolaan kependudukan (Dukcapil)

Jika KTP anda yang hilang belum juga ketemu, maka segeralah hubungi instansi atau layanan pengelolaan kependudukan (dukcapil). Sampaikan kendala anda pada mereka. Berikan informasi yang jelas dan tepat ketika diminta keterangan oleh pihak mereka. Anda akan mendapatkan panduan dan prosedur untuk mengatasi permasalahan tersebut.

5. Laporkan kehilangan ke kepolisian

Jangan ragu juga untuk segera melaporkan kehilangan KTP anda ke pihak kepolisian. Tujuannya adalah selain untuk mendapatkan bantuan dalam menemukan kembali KTP anda, juga untuk mengantisipasi jika seandainya ada orang yang menemukan KTP anda dan kemudian menyalah gunakan nya.

Berikan informasi yang lengkap tentang kehilangan KTP, termasuk tempat dan waktu kejadian pada polisi yang bertugas saat anda mengajukan laporan.

6. Ganti KTP

Jika usaha anda untuk menemukan KTP tidak berhasil, maka solusi terakhir yang bisa anda lakukan ketika kehilangan KTP adalah dengan mengganti KTP. Silahkan ajukan penggantian KTP di kantor kependudukan setempat dan ikut segala prosedur beserta persyaratan yang diberikan.

Cara Menemukan KTP Hilang Lewat HP Melalui Sosmed

Cara Melacak KTP Hilang lewat HP melalui Sosmed
Cara Melacak KTP Hilang lewat HP melalui Sosmed

Sebelum akhirnya memutuskan untuk mengganti KTP, mungkin anda bisa mencoba juga cara menemukan KTP hilang lewat HP dengan memanfaatkan sosial media. Melalui jejaring sosial melalui online yang luas, menemukan KTP bukanlah perkara yang sulit untuk diselesaikan. Berikut ini kami berikan panduan yang bisa anda ikuti:

  • Melalui postingan pribadi

Pertama, melalui postingan pribadi. Caranya yaitu:

  1. Siapkan foto KTP anda yang bisa anda ambil dari berkas online atau foto yang tersimpan di galeri (jika ada)
  2. Jangan lupa untuk menutupi atau mencoret bagian NIK
  3. Posting lah foto KTP anda tersebut ke berbagai sosial media anda, seperti FB, Ig, Twitter, WhatsApp, atau pun yang lainnya
  4. Berikan keterangan pada postingan anda, termasuk nomor telepon anda yang bisa dihubungi
  5. Tunggu hingga ada yang mengabari anda
  • Lewat grup

Berikutnya, anda juga bisa menemukan KTP anda lewat grup tertentu. Cara ini bahkan lebih efektif dibandingkan dengan cara sebelumnya, karena postingan akan anda akan sampai pada pengguna sosmed yang bahkan bukan bagian dari pengikut atau teman sosmed anda.

Baca Juga :  5 Penyebab Kenapa Instagram Tidak Bisa Memuat Efek

Inilah langkah-langkah dari pencarian KTP hilang lewat grup sosmed:

  1. Pertama, siapkanlah terlebih dahulu foto KTP anda, yang bisa anda ambil dari berkas online atau foto yang tersimpan di galeri (jika ada)
  2. Jangan lupa untuk menutupi atau mencoret bagian NIK
  3. Masuk ke aplikasi media sosial yang anda miliki, misalnya Instagram
  4. Carilah grup tertentu yang menjangkau tempat anda tinggal. Contohnya jika anda bertempat tinggal di Medan, maka anda bisa mencari akun Instagram “Medantalk
  5. Silahkan DM admin grup dan mintalah bantuan pada beliau agar memosting KTP anda yang hilang
  6. Berikan juga nomor telepon anda agar bisa dicantumkan dalam caption postingan
  7. Selesai, anda tinggal menunggu hingga ada orang yang menemukan KTP anda dan menghubungi anda.

Cara Mengurus KTP Hilang

Apabila setelah mengerahkan segala usaha, KTP anda tidak berhasil juga ditemukan maka tidak ada solusi lain yang bisa dilakukan selain mengurus KTP hilang untuk mendapatkan KTP yang baru. Nah, disini kami akan memberikan anda prosedur tentang bagaimana cara mengurus KTP hilang.

  • Syarat Mengurus KTP Hilang

Sebelum ke langkah-langkahnya, ketahuilah terlebih dahulu beberapa syarat mengurus KTP hilang, diantaranya seperti:

  1. Surat kehilangan KTP dari pihak kepolisian
  2. Surat pengantar KTP hilang beserta formulir permohonan KTP baru dari kantor kelurahan
  3. Pas foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar dengan background atau warna latar belakang biru untuk tahun kelahiran genap, sedangkan merah untuk kelahiran tahun ganjil (dibawa ke kantor lurah)
  4. Pas foto ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar dengan background atau warna latar belakang biru untuk tahun kelahiran genap, dan merah untuk kelahiran tahun ganjil (dibawa ke kantor kecamatan)
  5. Fotocopy kartu keluarga
  6. Surat pengantar dari RT/ RW
  7. Fotocopy KTP yang hilang
  • Cara Mengurus KTP Hilang secara Online

  1. Pertama, silahkan anda buka situs web resmi Dukcapil sesuai dengan domisili/ alamat KTP anda
  2. Lakukan pendaftaran dan lengkapi formulir tentang data diri anda yang diminta
  3. Pada halaman utama, cari dan klik lah pada menu untuk “mengurus KTP yang hilang
  4. Ikuti petunjuk dan unggah dokumen-dokumen persyaratan yang di minta
  5. Tunggu pihak Dukcapil memproses permohonan anda untuk mengganti KTP
  6. Ketika KTP sudah berhasil diganti, mereka akan menghubungi anda untuk melakukan pengambilan KTP yang baru
  7. Silahkan ambil KTP anda yang baru ke kantor Dukcapil
  8. Jangan lupa membawa dokumen asli yang telah anda unggah tadi saat mengajukan permohonan penggantian KTP, untuk digunakan “Verifikasi” nantinya
  9. Selesai, KTP anda berhasil diganti menjadi baru!
  • Cara Mengurus KTP Hilang dengan mengunjungi kantor Dukcapil

  1. Pastikan anda telah mengantongi semua persyaratan untuk ganti KTP hilang seperti yang telah kami sebutkan diatas
  2. Kunjungi lah kantor Dukcapil dengan membawa semua dokumen persyaratan yang telah disiapkan
  3. Ambil nomor antrian (jika ada)
  4. Sampaikan tujuan anda pada layanan yang sedang bertugas
  5. Serahkan semua dokumen kepada petugas untuk di periksa dan di verifikasi
  6. Selanjutnya, tunggulah proses pembuatan KTP yang baru (biasanya memakan waktu dalam beberapa hari kerja, paling lambat 7 hari)
  7. Mereka akan menghubungi anda apabila KTP sudah selesai diganti
  8. Silahkan ambil KTP anda dan ingat tidak boleh diwakilkan yah.
Baca Juga :  Live Streaming Game di Tiktok Bisa Dapat Gift. Berapa Sih Nilai Rupiahnya?

Cara Menghindari KTP Hilang

Cara Menghindari KTP Hilang
Cara melacak KTP Hilang lewat HP

Mencegah lebih baik dari pada mengatasi! Benar bukan? Lantas, bagaimanakah caranya agar terhindari dari masalah KTP hilang? Berikut kami jelaskan, silahkan diperhatikan.

  • Gunakan penyimpanan KTP yang aman

Cara menghindari KTP hilang yang pertama yaitu dengan menggunakan dompet atau penyimpanan KTP yang aman. Pastikan dompet anda memiliki tempat khusus untuk penyimpanan KTP, agar tidak mudah terjatuh saat dompet digunakan.

  • Hati-hati saat mengeluarkan KTP

Berhati-hatilah saat mengeluarkan KTP. Hindari meletakkan KTP di sembarangan tempat. Segera simpan KTP setelah siap digunakan. Tidak perlu mengeluarkan KTP dari tempat penyimpanan nya, kecuali saat diperlukan.

  • Periksa KTP secara berkala

Mengingat KTP merupakan salah satu berkas pribadi yang sangat penting, karena selain sebagai kartu tanda kependudukan Indonesia, KTP juga menjadi alat untuk verifikasi identitas untuk berbagai keperluan.

Maka dari itu, penting untuk rutin melakukan pemeriksaan KTP secara berkala, untuk memastikan KTP tetap ada di tempatnya. Ini dapat membantu anda menyadari ketika KTP anda hilang atau tertinggal.

  • Gunakan KTP copy an

Untuk menghindari KTP hilang, banyak orang yang lebih memilih untuk membuat foto copy-an KTP untuk ditaruh dalam dompet dan di bawa kemana-mana. Langkah ini cukup efektif dan di sarankan untuk di ikuti, karena dengan salinan KTP anda masih bisa tetap memberikan atau menunjukkan identitas anda ketika diperlukan dalam situasi tertentu, tanpa takut kehilangan KTP.

Saran dan Kesimpulan

Cara Melacak KTP Hilang Lewat HP
Cara Melacak KTP Hilang Lewat HP

Dalam hal menyelesaikan masalah KTP hilang, diperlukan keantusiasan dalam bertindak dan kerja sama dengan beberapa pihak yang berwenang, termasuk dukcapil dan kepolisian yang bisa memberikan bantuan dan panduan yang tepat.

Namun, selagi lagi kami sampaikan, ada hal yang tak kalah penting dari itu, yaitu anda tidak boleh panik berlebihan, agar tidak salah dalam mengambil suatu tindakan. Itulah yang dapat kami bagikan tentang cara melacak KTP hilang lewat HP, terimakasih.

Back to top button