Tips

10 Life Hack Sebagai Anak Kos. Dijamin Bisa Survive Sampai Akhir Bulan

Life Hack sebagai Anak Kos yang Wajib Kamu Terapkan

Menjadi anak kos adalah sebuah pengalaman baru bagi orang yang terbiasa tinggal bersama orangtua atau keluarga. Buat Sobat Mocipay yang merantau ke luar kota untuk menempuh pendidikan dan mendapat uang bulanan yang terbatas dari orangtua, tentu harus memikirkan cara agar uang yang terbatas ini bisa cukup untuk bertahan hidup selama sebulan.

Hidup sendiri di kota yang jauh dari keluarga memang ada enak dan nggak enaknya. Kalau enaknya mungkin kamu bisa lebih bebas melakukan apapun yang kamu suka tanpa ada yang melarang. Tapi enggak enaknya adalah kamu harus belajar mandiri mengurus diri kamu sendiri, termasuk mengatur pengeluaran kamu.

Life hack sebagai anak kos adalah trik yang bisa dilakukan agar kamu bisa survive dengan uang pas-pasan dari orangtua kamu. Biaya kuliah yang tidak sedikit tentu sudah cukup memberatkan buat orangtuamu. Pasti kamu tidak ingin menambah beban mereka dengan biaya hidup yang berlebihan kan?

Kuncinya adalah jangan mudah tergiur dengan life style di kota yang tidak sesuai dengan isi kantongmu. Berikut ini beberapa life hack sebagai anak kos yang bisa kamu terapkan;

10 Life Hack sebagai anak kos

1. Sediakan Rice Cooker Mini di Kamar Kos Kamu

Membeli nasi dari warung makan memang praktis. Akan tetapi, sebagai anak kos dengan biaya hidup terbatas, yang harus kamu lakukan adalah meminimalisir pengeluaran seminimal mungkin. Oleh sebab itu, kamu perlu memasak nasi sendiri menggunakan rice cooker untuk menghemat pengeluaran kamu.

Kamu cukup pakai rice cooker mini. Tidak perlu rice cooker ukuran besar seperti yang ada di rumahmu, karena rice cooker mini lebih hemat listrik dibanding rice cooker biasa.

2. Memasak Menu Sederhana dengan Rice Cooker

Selanjutnya, life hack sebagai anak kos yang satu ini wajib kamu coba. Pernah nggak kamu ngebayangin masak telor ceplok pakai rice cooker? Hah, emang bisa? Tentu saja bisa. Kalo nggak percaya, silakan kamu cobain sendiri.

Pengeluaran paling besar untuk anak kos biasanya adalah pengeluaran untuk makan, apalagi untuk yang setiap mau makan harus beli dari luar. Jadi, kalau uang saku kamu sudah mulai menipis, kamu bisa coba life hack yang satu ini. Kamu bisa menggunakan rice cooker untuk memasak menu-menu sederhana seperti, telor ceplok, nasi goreng, atau mie instan.

3. Bawa Tumbler Saat Bepergian

Biasakan membawa tumbler berisi air minum saat hendak bepergian dari kos. Membeli air minum kemasan saat berada diluar tentu tidak baik untuk efisiensi keuangan kamu. Coba bayangkan berapa uang yang harus kamu keluarkan jika setiap hari di kampus kamu harus beli air minum kemasan dengan harga Rp5000/botol. Lumayan banyak bukan?

Uang untuk membeli air minum kemasan itu bisa kamu gunakan untuk hal lain yang juga harus kamu penuhi.

4. Cuci Pakaian Sendiri

Sebagai anak kos yang hidup mandiri, mau tidak mau kamu harus belajar mengurus segala sesuatunya sendiri. Bahkan untuk hal sepele seperti mencuci dan menyetrika pakaianmu sendiri. Jadi, tidak perlu ya menggunakan jasa laundry yang bertebaran di sekitar kosanmu.

5. Usahakan Cari Kost yang Sudah Tersedia Akses Internet (WIFI)

Harga paket internet yang tidak murah tentu akan cukup memberatkan bagi anak kos yang menggantungkan hidupnya hanya dari kiriman orangtua.

Sementara itu, internet adalah kebutuhan wajib bagi mahasiswa saat ini. Maka akan sangat membantu apabila kamu bisa mendapatkan kosan yang sudah menyediakan akses internet bagi penghuninya. Mungkin akan dikenakan biaya lebih sekitar Rp50.000 per bulan. Tentu saja itu lebih baik daripada kamu harus pergi ke cafe untuk numpang wifi dengan biaya minimal Rp20.000 setiap berkunjung.

6. Jangan Terlalu Sering Nongkrong

Kebiasaan nongkrong sepulang kuliah memang menyenangkan. Tapi perlu kamu sadari bahwa setiap kali nongkrong pasti kamu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi kalo nongkrongnya di cafe mahal. Bukan berarti kamu tidak bisa nongkrong kok. Kamu masih bisa nongkrong, tapi sebaiknya sesekali saja ya. Kalau bisa sih, sekali seminggu aja cukup.

7. Catat Setiap Pengeluaran Kamu dan Menabunglah di Awal Bulan

Mencatat pengeluaran setiap bulan adalah salah satu life hack sebagai anak kos yang harus kamu terapkan. Pentingnya mencatat pengeluaran setiap bulan adalah supaya kamu bisa tahu kemana saja pengeluaran kamu dan bisa meminimalisir pengeluaran yang tidak terlalu penting.

Selain itu, sebagai anak kos kamu juga harus mulai belajar menabung. Karena pasti ada saja pengeluaran-pengeluaran mendadak atau tidak terduga yang harus kamu keluarkan. Untuk itulah kamu harus punya tabungan. Sisihkan uang bulanan kamu setiap awal bulan ke pos tabungan. Jangan menabung di akhir bulan, karena kamu pasti akan kesulitan menyishkan uang di akhir bulan untuk ditabung.

8. Manfaatkan Fasilitas Kampus

Sebagai anak kos yang dituntut untuk berhemat, kamu tidak boleh melewatkan fasilitas kampus yang disediakan secara gratis untuk mahasiswanya. Seperti fasilitas bus kampus, perpustakaan, wifi gratis, fotokopi murah di kampus, atau fasilitas olahraga yang ada di lingkungan kampus. Manfaatkan semua fasilitas kampus itu untuk meningkatkan kualitas hidup kamu sebagai mahasiswa.

9. Download Aplikasi Belanja Online

Belanja di toko online lebih hemat? Kamu tidak perlu heran dengan ini. Harga di toko online biasanya memang lebih murah karena mereka tidak perlu mengeluarkan berbagai biaya operasional yang dibebankan ke harga barang.

Kalau kamu ingin lebih hemat lagi, carilah toko yang menyediakan harga promo dan ongkos kirim gratis. Tapi ingat, belanja di toko online bisa membuat kamu lapar mata. Jadi pintar-pintarlah mengendalikan diri.

Beli pulsa, paket internet, bayar tagihan atau top up game juga bisa kamu lakukan lewat aplikasi online. Belanja di aplikasi Mocipay dijamin lebih hemat.

10. Buang Gengsimu Jauh-Jauh

Tidak perlu malu jika life style kamu tidak semewah teman-teman kamu. Tidak perlu gengsi kalau kamu harus jalan kaki ke kampus, atau gadget kamu tidak secanggih teman-temanmu. Bergayalah sesuai isi kantongmu. Jangan memberatkan orangtuamu dengan biaya life style yang tinggi.

Bahkan jika memungkinkan, kamu bisa mencari penghasilan tambahan dengan berbagai pekerjaan yang tidak mengikat waktu kamu sebagai mahasiswa.

Lihat inspirasi bisnis untuk pemula disini

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Seberapa Menarik Artikel Ini?

Klik Untuk Meberikan Penilaian

Penilaian Rata-rata 0 / 5. Jumlah Penilaian: 0

Mari Berikan Penilaian

Show More

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Di Indonesia. Yuk Download Aplikasi MOCIPAY Sekarang Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button