Tutorial

Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada? 8 Penyebab dan Cara Mengatasinya!

HP kamu tiba-tiba mati sendiri? Jangan langsung panik! Yuk ketahui apa saja penyebab kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Namun kadang-kadang kita mengalami hal yang buat panik sekaligus mengkhawatirkan yang mana HP kita secara tiba-tiba mati padahal baterai nya masih ada. Apakah sebenarnya yang membuat hal demikian terjadi? Nah, jika anda ingin mengetahui alasan dibalik kenapa HP tiba-tiba mati padahal baterai masih ada, maka simaklah penjelasan yang kami paparkan dalam artikel ini.

Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada

Nah, yang pertama langsung saja kita akan membahas inti topik dari artikel ini yaitu mengetahui kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal. Diantaranya adalah seperti berikut ini:

  1. Overheating (panas berlebih)
  2. Overload (beban berlebih)
  3. Masalah pada baterai HP
  4. Serangan virus dan malware
  5. Penumpukan file sampah
  6. Masalah pada perangkat lunak (Bug system)
  7. HP kemasukan air
  8. Kerusakan pada hardware
Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada
Kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada

 

  • Overheating

Penyebab kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada yang pertama dan paling umum sering terjadi adalah karena overheating (panas berlebih). Kondisi ini biasanya terjadi pada pemakaian HP dalam jangka waktu yang lama secara terus menerus tanpa nonstop atau memberi waktu jeda sejenak untuk HP beristirahat, terutama saat HP digunakan untuk aktivitas yang berat seperti salah satu contohnya yaitu bermain game. Oleh karena itu, jika anda merasa perangkat anda sudah panas, maka sebaiknya anda menghentikan dulu sebentar aktivitas anda hingga perangkat dingin kembali.

  • Overload

Selain overheating, Penyebab HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada dapat juga disebabkan karena overload (beban berlebih). Overload yang dimaksud disini misalnya seperti menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Memaksakan kinerja HP juga bisa menjadi salah satu pemicu yang membuat beban pada HP menjadi berat. Misalnya, ketika kondisi HP anda yang sebelumnya sudah sedikit lag, lalu anda paksakan lagi untuk menjalankan berbagai perintah atau aplikasi sekaligus. Hal demikian bisa memperburuk kondisi HP bahkan hingga mati tiba-tiba. Terlebih lagi jika pada saat kondisi HP sedang nge-lag, kamu dengan tidak sabaran terus mengetuk-ngetuk dengan paksa layar HP kamu.

  • Masalah pada Baterai HP

Penyebab kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada
Kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada/ wigatos.com

Penyebab kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada yang berikutnya adalah karena terdapat masalah pada baterai. Jika baterai HP bermasalah atau tidak dapat lagi berfungsi dengan baik, maka tentu saja akan berpengaruh pada performa HP yang bisa padam secara mendadak.

Baca Juga :  Produk Shopee Tidak Muncul di Pencarian? Ini 6 Penyebab dan Solusinya

Kerusakan pada baterai HP dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti perawatan baterai yang buruk (gonta-ganti charger HP, sering membiarkan baterai lowbat dulu baru melakukan pengisian daya, kualitas bawaan baterai rendah, dan yang lainnya)

  • Masalah Software (Bug system)

Software atau perangkat lunak pada HP adalah sebuah fitur pada perangkat yang berfungsi untuk melakukan pengoperasian system. Software berperan penting untuk merespon dan menjalankan segala perintah yang anda operasikan dalam perangkat.

Akan tetapi perlu untuk anda ketahui bahwa software dalam perangkat memerlukan pembaruan atau update secara berkala pada periode tertentu. Apabila dalam waktu yang lama anda tidak mengupdate software dari perangkat yang anda gunakan, maka inilah yang menjadi salah satu penyebab kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada.

Namun, tidaklah secara tiba-tiba HP anda langsung mati karena tidak melakukan update software. Awal-awal biasanya ditandai dengan sering terjadi bug system, performa HP menurun atau lemot, sering keluar sendiri dari aplikasi, terkadang tidak responsif, barulah ke tingkat yang lebih parah yaitu padam tiba-tiba.

  • Serangan Virus dan Malware

Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada karena virus dan malware
Sumber: www.bacapos.com/ Kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada

Anda sendiri mungkin sudah mengetahui bagaimana dampak buruk atau bahaya dari adanya serangan virus dan malware pada perangkat elektronik. Yah, sebuah perangkat seluler apabila sudah dimasuki virus dan malware, maka selain mengancam data atau file dalam perangkat anda, juga bisa menyerang perangkat lunak HP yang dapat berdampak pada performa HP menjadi buruk.

Bahkan yang lebih fatalnya lagi bisa membuat perangkat anda mati dengan sendirinya secara tiba-tiba walaupun HP anda dalam kondisi masih full baterai. Serangan virus pada perangkat biasanya terjadi ketika anda sembarangan membuka situs website berbahaya, menggunakan aplikasi tidak resmi, dan yang lainnya.

  • Penumpukan File Sampah

Selanjutnya, penyebab kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada adalah karena file sampah yang telah menumpuk. Adanya sampah pada perangkat seluler bersumber dari aktivitas menghapus file dalam HP (seperti foto, video, aplikasi, ataupun data lainnya). Selain itu, sampah juga dapat berasal dari aplikasi digunakan dalam perangkat.

Baca Juga :  6 Cara Menghapus File Sampah Di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Seiring dengan banyaknya aplikasi yang dijalankan dan file-file yang dihapus, maka file sampah akan semakin banyak. Penumpukan sampah ini dapat mempengaruhi kinerja perangkat, dan apabila dalam waktu yang secara terus-menerus tidak dibersihkan maka bisa menyebabkan dampak buruk yang lebih fatal yaitu matinya perangkat secara mendadak.

  • HP Kemasukan Air

Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada karena HP kemasukan air
Kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada/ eraspace.com

Ada juga salah satu hal lain yang menjadi penyebab umum kerusakan HP yang tiba-tiba mati sendiri yaitu kondisi HP yang kemasukan benda cair. Masuknya air ke bagian dalam HP dapat menyebabkan korslet sehingga membuat perangkat mati secara tiba-tiba. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk selalu menjaga keamanan HP dari hal-hal yang berpotensi membahayakan seperti tumpahan air, termasuk juga menjauhkan HP dari paparan panas berlebih.

  • Kerusakan pada Hardware

Bagian terakhir penyebab kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada adalah karena adanya kerusakan pada hardware atau perangkat keras HP seperti masalah pada motherboard, RAM, ataupun komponen lainnya yang berpengaruh terhadap kebisaan perangkat seluler untuk hidup.

Solusi untuk HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada

Setelah mengetahui sejumlah penyebab kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada, berikutnya kami akan menampilkan beberapa solusi untuk mengatasi kendala perangkat seluler yang mendadak padam padahal baterai masih ada.

Solusi untuk HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada
Solusi untuk kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada

Berikut cara mengatasi HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada, yang dilakukan lewat beberapa langkah-langkah, diantaranya yaitu:

  1. Pertama, jangan panik tentunya! Karena rasa panik berlebih akan membuat anda menjadi gegabah dalam bertindak
  2. Jika HP anda kemungkinan mati karena overheating, maka jangan langsung mencoba menghidupkan HP. Sebaiknya biarkanlah dulu hingga sekitar 1 jam
  3. Apabila karena kemasukan cairan, maka lepaslah komponen yang bisa dilepas, lap menggunakan tissu kering dengan lembut (bisa juga anda masukkan HP ke dalam beras karena sifatnya yang panas dan dapat menyerap cairan yang masuk). Jangan mencoba menghidupkan HP selama ± 3 jam
  4. Namun jika 2 hal diatas bukanlah penyebabnya, maka cobalah untuk menghidupkan perangkat anda
  5. Jika tidak ada tanda-tanda HP untuk bisa hidup kembali, jangan langsung cemas!
  6. Cobalah untuk reboot HP anda. Caranya yaitu dengan menekan dan menahan tombol power dan volume up/ down selama beberapa detik hingga muncul tampilan menu “Recovery Now” > Konfirmasi reboot HP > Ikuti petunjuknya hingga selesai
  7. Perlu diingat bahwa me-reboot HP akan menghapus semua data dan file yang tersimpan dalam perangkat anda
  8. Proses reboot HP akan memakan waktu selama sekitar ± 1 jam
  9. HP otomatis akan hidup dengan sendirinya setelah proses reboot telah selesai
Baca Juga :  3 Cara Tag Semua Orang Di Grup WA: Manual, Otomatis, dan Melalui WhatsApp Web

Itulah cara mengatasi permasalahan terkait HP yang mati tiba-tiba padahal baterai masih ada. Namun jika cara diatas tidak berhasil memulihkan kembali HP anda, maka langkah terakhir yang dapat kami sarankan untuk anda lakukan adalah dengan membawa HP ke service HP yang lebih profesional dan handal dibidangnya.

Tips Merawat HP dengan Benar

Tips Merawat HP dengan Benar
Tips Merawat HP dengan Benar/ Kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada

Selain membahas tentang kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada, kami juga akan membagikan tips tentang bagaimana cara merawat HP dengan benar. Sebenarnya, 85% kerusakan pada HP bukan disebabkan oleh karena kualitas HP yang buruk, namun justru karena cara perawatan nyalah yang tidak benar. Jika kamu tidak ingin perangkat kamu cepat rusak, maka perhatikanlah bagaimana cara perawatan HP yang benar dibawah ini.

Tips merawat HP dengan benar Deskripsi singkat
Jaga baterai Hindari gonta-ganti menggunakan charger HP, Jangan mengisi baterai hingga penuh ataupun sebaliknya mengosongkan baterai hingga HP mati. idealnya isi ulang daya dilakukan saat baterai sudah berada di angka 20% dan hentikan pengisian apabila baterainya telah mencapi hingga 90%.
Rutin perbarui perangkat lunak Ingatlah untuk selalu rutin mengupdate software atau perangkat lunak di perangkat anda. hal ini dapat meningkatkan performa dan kinerja perangkat anda.
Gunakan pelindung layar dan casing Lindungi layar dan body HP anda dari benturan, goresan maupun cairan. Langkah ini dapat melindungi HP anda ketika secara tidak sengaja terjatuh atau terkena benda cair.
Hindari aplikasi yang tidak dikenal Mendownload aplikasi dari sumber yang tidak dikenal dapat menyebabkan masuknya virus dan malware yang akan membahayakan perangkat anda.
Hindari suhu ekstrem dan jauhkan dari cairan Jangan biarkan HP terkena suhu yang sangat panas dan juga sebaliknya, karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai komponen dalam HP.
Hindari penggunaan yang kasar Saat menggunakan perangkat, perlakukanlah HP anda dengan lembut. Hindari membanting HP saat sedang lag, karena bisa memperburuk kondisi HP.
Jaga penyimpanan perangkat Hindari menggunakan kapasitas penyimpanan hingga penuh, karena akan memberatkan beban HP anda, sehingga berpengaruh terhadap kinerjanya. Sebaiknya, tinggalkanlah sekurang-kurangnya 20% ruang kosong. Cara untuk menjaga ruang penyimpanan agar tidak penuh adalah dengan mencadangkan data ke penyimpanan awan seperti Google drive, Terabox, email, dan yang lainnya.

Kesimpulan

Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada
Kenapa HP Tiba-Tiba Mati Sendiri Padahal Baterai Masih Ada?

Dalam menghadapi kondisi HP yang mati secara tiba-tiba, pemahaman tentang langkah-langkah yang benar untuk menghidupkannya kembali akan sangat membantu dalam mengatasi kekhawatiran anda dan juga untuk menghindari risiko kerusakan HP lebih lanjut. Itulah sejumlah informasi yang dapat kami bagikan terkait kenapa HP tiba-tiba mati sendiri padahal baterai masih ada. Sekali lagi kami tegaskan, sebelum melakukan tindakan penanganan akan HP kamu yang tiba-tiba mati, pahamilah terlebih dahulu apa penyebabnya agar tidak salah dalam memberikan solusinya.

Back to top button