Tutorial

3 Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan merupakan hal yang sering dicari oleh pengguna yang sering belanja online melalui tiktok shop.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan agar memudahkan Kamu untuk mengetahui langkah-langkah dalam membatalkan pesanan di tiktok. Simak ulasannya berikut ini!

Sekilas Mengenai Tiktok

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan
Sumber : binus.ac.id

Tiktok adalah aplikasi untuk membuat dan menyebarkan beragam video pendek dalam format secara vertikal, yang dimainkan hanya dengan scroll layar ke atas maupun ke bawah.

Aplikasi tiktok diluncurkan sebagai tiktok di pasar internasional pada bulan september 2017. Pada tanggal 28 September 2018, aplikasi tiktok menduduki peringkat pertama di antara pengunduhan aplikasi gratis di toko aplikasi di Thailand dan negara-negara lain.

Pada bulan Januari 2019, Tiktok mengizinkan para kreator untuk menyematkan tautan penjualan barang dagangan ke dalam video mereka. Hal inilah yang menjadi awal aplikasi tiktok menjadi salah satu aplikasi yang diminati untuk melakukan belanja online.

  • Download Aplikasi Tiktok

Nama Aplikasi Tiktok
Rating 4.4
Jumlah Unduhan 500jt+
Link Playstore App Tiktok

Untuk dapat menggunakan fitur belanja online pada aplikasi tiktok, Kamu perlu mengunduh aplikasi tiktok pada smarthpone Kamu. Berikut ini langkah-langkah menggunakan aplikasi tiktok :

  1. Unduh aplikasi tiktok di playstore atau appstore pada smartphone Kamu.
  2. Buka aplikasi tiktok yang telah selesai di unduh.
  3. Daftar akun menggunakan nomor handphone atau menggunakan email.
  4. Jika akun sudah terdaftar, Kamu sudah dapat melakukan belanja online menggunakan aplikasi tiktok dengan memilih menu “Shop”.
  5. Pilih barang yang ingin Kamu pesan untuk melakukan belanja online di aplikasi tiktok.
  6. Selesai!

Baca juga : 16 Link Penambah Like di TikTok Gratis Tanpa Password

Baca Juga :  9 Cara Mengatasi Jaringan Smartfren Hilang Hari Ini 2024

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan3
Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan

Salah dalam membuat pesanan memang sering terjadi pada belanja online. Selain salah pesanan, alasan lain pengguna membatalkan pesanan yaitu bisa saja karena tiba-tiba berubah pikiran tidak ingin memesan barang tersebut.

Oleh karena itu, Kamu perlu mempertimbangkan manfaat dari barang yang di pesan agar tidak terjadi pembatalan terhadap pihak aplikasi yang Kamu gunakan untuk memesan barang apalagi jika pesanan sudah menunggu penjemputan.

Untuk itu di bawah ini, beberapa cara membatalkan pesanan di tiktok yang sudah menunggu penjemputan :

1. Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan Tapi Belum Dibayarkan

Jika Kamu belum membayar pesanan di tiktok tetapi sudah di tahap penjemputan, berikut ini Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan Tapi Belum Dibayarkan :

  1. Buka aplikasi tiktok di smartphone Kamu.
  2. Lalu, masuk ke menu profil pada aplikasi tiktok.
  3. Kemudian, klik icon tiga garis yang berada di sisi sebelah kanan atas layar.
  4. Setelah itu, pilih menu “orders” pada menu “settings and privacy”.
  5. Pilih produk yang ada pada tab All.
  6. Klik “Cancel” yang ada pada menu “A waiting payment”.
  7. Selanjutnya,m Kamu bisa memasukkan alasan kenapa Kamu ingin membatalkan pesanan pada kolom “Tell us why you canceled”.
  8. Kemudian, klik tombol “Submit”.
  9. Jika sudah berhasil batalkan pesanan, akan muncul notifikasi pembatalan pesanan yang sudah Kamu lakukan.
  10. Selesai!

2. Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan Saat Sudah Dibayarkan

Jika pesanan sudah terlanjur dibayarkan dan berubah pikiran ingin membatalkan pesanan, berikut ini Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan Saat Sudah Dibayarkan :

  1. Buka aplikasi tiktok.
  2. Di bagian kanan bawah, klik menu “Profil”.
  3. pilih icon tiga garis di sisi kanan atas layar.
  4. klik menu “Pengaturan dam Privasi atau Settings and Privacy”.
  5. Pilih menu “Pesanan atau Orders”.
  6. Klik produk di tab All.
  7. Klik Pesanan yang sudah dibayar.
  8. Di bagian kanan bawah, klik menu “Batalkan Pesanan”.
  9. Kemudian, Kamu akan masuk ke menu “Pengembalian Uang”. Setelah itu, isi alasan kenapa ingin membatalkan pesanan, lalu klik “Kirimkan atau Submit”.
  10. Tunggu sampai proses pembatalan di setujui seller hingga muncul notifikasi persetujuan.
  11. Selesai!
Baca Juga :  9 Cara Buat Link IG Pacar Di Bio Anti Ribet

3. Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan Pembayaran COD

Jika Kamu membuat pesanan dengan memilih pembayaran COD dan ingin membatalkan pesanan karena berubah pikiran atau karena salah dalam membuat pesanan, Kamu dapat mengikuti langkah-langkah seperti cara pesanan yang belum dibayar.

Untuk dapat melanjutkan pembatalan pesanan yang telah di order, jangan lupa menghubungi pihak seller agar barang tidak terlanjur dikemas dan dikirimkan.

Apakah Uang Akan Kembali Setelah Batalkan Pesanan?

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan5
Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan

Banyak pengguna yang sudah terlanjur membuat pesanan ragu untuk membatalkan pesanan yang telah dibuat. Para pembeli takut bahwa uang tidak akan kembali setelah membatalkan pesanan di tiktok.

Tetapi, Kamu tidak perlu khawatir. Karena pesanan yang sudah Kamu batalkan jika sudah mendapat persetujuan dari pihak tiktok shop maka biasanya pesanan mu akan batal secara otomatis dan uang akan dikembalikan menurut prosedur yang berlaku di tiktok, seperti dengan mengisi form pengembalian dana secara lengkap dan valid.

Syarat Batalkan Pesanan Di Tiktok

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan1
NU Online Jombang

Setelah mengetahui cara membatalkan pesanan di tiktok yang sudah menunggu penjemputan, berikut ini ada beberapa syarat batalkan pesanan di tiktok yang wajib Kamu ketahui :

  • Akun Tiktok

Syarat pertama untuk dapat membatalkan pesanan di tiktok yaitu pastikan Kamu bisa masuk ke akun tiktok yang Kamu gunakan untuk membuat pesanan di tiktok. Karena jika ingin membatalkan pesanan, Kamu wajib terlebih dahulu membuka aplikasi tiktok.

  • Sudah Membuat Pesanan

Selanjutnya untuk dapat membatalkan pesanan di tiktok, Kamu wajib sudah membuat pesanan di aplikasi tiktok. Karena jika tidak membuat pesanan, maka tidak bisa batalkan pesanan.

  • Chat Dengan Seller

Syarat terakhir yaitu Kamu dapat menghubungi seller dengan memanfaatkan fitur chat dengan seller. Karena biasanya, ada beberapa toko yang mengharuskan untuk terlebih dahulu chat seller sebelum membatalkan pesanan.

Artikel Menarik Lainnya : 3 Cara Beli Koin Tiktok Pakai Pulsa Telkomsel, Indosat, XL, Axis

Kenapa Tidak Bisa Membatalkan Pesanan Tiktok Shop Yang Sudah Dibayarkan?

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan2
Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan

Mungkin masih banyak diantar kita yang masih bertanya kenapa tidak bisa membatalkan pesanan tiktok shop yang sudah dibayarkan. Untuk jawaban dari pertanyaan ini yaitu karena aplikasi ini belum menyediakan fitur membatalkan pesanan di tiktok shop yang sudah dibayarkan.

Meskipun begitu, Kamu bisa menghubungi pihak seller dan pihak tiktok untuk memberikan alasan yang jelas agar pesanan Kamu dapat dibantu untuk dilakukan pembatalan.

Alasan Untuk Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan4
Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan

Dalam membatalkan pesanan yang sudah menunggu penjemputan, Kamu perlu pertimbangan dalam memilih untuk membatalkannya. Karena ada beberapa toko yang akan melakukan blacklist terhadap akun Kamu jika keseringan melakukan pembatalan pesanan.

Baca Juga :  2 Cara Membaca Wattpad Tanpa Login Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Berikut ini beberapa Alasan Untuk Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan :

  1. Ingin merubah rincian pesanan.
  2. Ingin membuat pesanan baru.
  3. Produk memiliki ulasan buruk, misalnya produk KW atau berbeda dengan deskripsi produk.
  4. Berubah pikiran, karena menemukan harga yang lebih murah.
  5. Penjual mengirimkan pesanan terlalu lama.

Cara Menghindari Kesalahan Saat Belanja Di Tiktok

Selain cara membatalkan pesanan di tiktok yang sudah menunggu penjemputan, artikel ini juga akan membahas cara menghindari kesalahan saat belanja di tiktok :

Tips  Penjelasan
Baca Deskripsi Produk Membaca deskripsi produk merupakan hal yang sangat penting sebelum membuat pesanan di tiktok. Karena bisa saja gambar atau video yang tertera di toko sesuai dengan kenyataan. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu membaca deskripsi produk sebelum check out barang pesanan.
 Baca Ulasan Pelanggan Untuk menghindari kesalahan saat belanja di tiktok, penting sekali untuk membaca ulasan pelanggan. Sebab pada ulasan tersebut Kamu akan menemukan beberapa komentar dari pelanggan yang sudah membeli barang di toko tersebut. Jadi Kamu bisa mengetahui keaslian barang yang akan Kamu beli.
Chat Seller Untuk mengetahui lebih detail mengenai barang yang akan dibeli, maka sebaiknya Kamu bertanya kepada seller. Pertanyaan yang dapat Kamu ajukan dapat berupa jumlah stok, keunggulan, kekurangan, atau pengiriman produk.
Memperhatikan Kebijakan Pengiriman Barang Setiap masing-masing toko biasanya memiliki masing-masing kebijakan. Salah satu kebijakan yang diterapkan toko yaitu waktu pengiriman barang. Biasanya toko memiliki kebijakan terkait batasan pengiriman barang, batas yang biasanya diberlakukan oleh toko adalah sampai pukul 15:00. Jadi jika Kamu ingin pengiriman barang cepat sampai, pastikan untuk membuat pesanan sebelum jam yang sudah ditetapkan.
Utamakan Fungsi Cara Menghindari Kesalahan Saat Belanja Di Tiktok yang terakhir adalah utamakan fungsi barang yang akan Kamu pesan. Jangan pernah memesan barang hanya untuk iseng semata saja. Karena hal ini dapat membuat Kamu berubah pikiran dan ingin membatalkan pesanan yang telah dibuat. Oleh sebab itu, pesan barang sesuai fungsinya. Jika Kamu benar-benar membutuhkan barang tersebut, silahkan pesan barang. Sebaliknya, jika memesan barang hanya untuk iseng sebaiknya untuk tidak membuat pesanan agar tidak terjadi kesalahan saat belanja di tiktok.

Kesimpulan

Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan
Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan

Aktivitas belanja online saat ini memang sudah sangat tren. Oleh sebab itu, pastikan untuk belanja di toko yang resmi dan sudah terbukti kualitas barangnya agar Kamu tidak salah dalam membuat pesanan. Dan Kamu juga perlu untuk menghindari keseringan dalam pembatalan pesanan, karena bisa mengakibatkan akun tiktok Kamu di blacklist.

Demikianlah artikel ini mengenai beberapa Cara Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan. Kamu juga dapat membaca cara menghindari kesalahan saat belanja di tiktok di atas agar Kamu tidak perlu lagi Membatalkan Pesanan Di Tiktok Yang Sudah Menunggu Penjemputan di kemudian hari. Semoga artikel ini dapat membantu ya!

Back to top button