Tutorial

10 Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis

Tanpa pergi ke tempat service ponsel, kamu bisa coba cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis berikut ini. Cara yang kami berikan sangat lah gampang dan tentu nya nyata apabila kamu terapkan.

Faktor umum yang kita temui saat baterai cepat habis kemungkinan di karena kan kita terlalu sering menggunakan ponsel bahkan saat proses charging berlangsung.

Sehingga permasalahan baterai hp yang cepat terkuras bukanlah masalah baru di kalangan pengguna smartphone. Namun untuk cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis tidak semua orang mengetahui nya.

Penyebab Umum Baterai Hp Cepat Habis

Penyebab Umum Baterai Hp Cepat Habis
Penyebab Umum Baterai Hp Cepat Habis

Mari kenali beberapa penyebab umum baterai hp kalian cepat habis sebelum mengambil tindakan cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis.

Tidak hanya penyebab nya, kalian juga bisa tau cara mencegah agar ponsel kalian tetap awet baterai nya walaupun sudah di pakai selama beberapa tahun.

Layar ponsel kamu akan berpotensi besar menyerap daya atau baterai di karena kan beberapa penyebab berikut ini:

  1. Fitur layar ponsel sering sekali aktif seperti wifi, GPS dan bluetooth
  2. Kamu terlalu sering menggunakan akses kamera
  3. Aplikasi yang aktif di ponsel kamu terlalu banyak setiap hari
  4. Kamu terlalu banyak mengunduh aplikasi ke dalam ponsel kamu
  5. Kamu tidak menggunakan pengisi daya baterai yang sesuai atau bawaan
  6. Terlalu rendah suhu ponsel kamu atau bisa terbilang tidak normal
  7. Kamu terlalu sering menggunakan ponsel saat proses charging berlangsung
  8. Suhu ponsel terlalu panas
  9. Kamu tidak melakukan update ponsel ke software yang terbaru
  10. Pengisian daya yang terlalu lama
Baca Juga :  8 Cara Login DANA Di Chrome: Mudah dan Praktis!

Kebiasaan-kebiasaan di atas dapat menyebabkan usia baterai ponsel kamu tidak bertahan lama, apalagi jika kamu membeli ponsel bekas pemakaian orang lain sebelum nya.

Jika sudah terlanjur terjadi dan kamu mulai merasa penggunaan baterai ponsel kamu tidak optimal. Jangan buru-buru untuk mengganti nya dengan yang baru tapi silahkan coba cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis dengan cepat.

Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Cepat Habis

Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Cepat Habis
Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Cepat Habis

Baterai ponsel memang memiliki masa pakai nya seiring penggunaan nya yang terus menerus atau biasa di sebut dengan usia baterai.

Untuk permasalahan baterai hp yang cepat habis, kamu bisa mengatasi nya bukan hanya dengan cara membeli ponsel baru melainkan mencoba beberapa cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis.

Jika kamu tidak segera melakukan penanganan untuk baterai ponsel yang cepat habis, konsekuensi atau akibat yang bisa saja terjadi yakni kamu tidak dapat menggunakan ponsel dengan semestinya di karenakan

Kondisi baterai yang tidak terpakai lagi. Mari lihat tahapan cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis di bawah ini :

1. Tetap jaga tingkat kecerahan layar

Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis dengan mudah bisa kamu mulai dengan tetap menjaga kondisi kecerahan layar ponsel.

Dimana kamu bisa mengurangi tinggi nya cahaya ponsel kamu karena hal tersebut dapat menyita penggunaan baterai terlalu banyak.

Kamu juga dapat menggunakan intensitas cahaya ponsel sesuai dengan kebutuhan untuk menjaga kesehatan baterai terutama mata kamu saat berada di dalam maupun di luar ruangan.

2. Non aktifkan fitur bluetooth, NFC dan GPS

Non aktifkan fitur bluetooth, NFC dan GPS
Non aktifkan fitur bluetooth, NFC dan GPS

Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis selanjutnya ialah dengan memperhatikan penggunaan bluetooth, NFC bahkan GPS di ponsel anda.

Baca Juga :  5 Cara Mendapatkan Teman Korea Di Instagram

Ada baik nya anda selalu mengecek kondisi fitur-fitur ini untuk menjaga pemakaian baterai yang terlalu banyak. Jika semua fitur tersebut dalam keadaan aktif, kamu bisa mematikan nya saat tidak di perlukan lagi.

3. Close aplikasi yang tidak di gunakan

Terlalu sering membiarkan aplikasi yang tidak di gunakan selalu aktif atau terbuka di jendela ponsel merupakan tindakan yang dapat memperpendek usia ponsel kamu.

Pasal nya setiap aplikasi yang terbuka akan selalu bekerja dan baterai ponsel kamu pun akan semakin berkurang. Sehingga segera tutup aplikasi yang tidak kamu gunakan agar konsumsi daya baterai bisa terhenti.

4. Selalu gunakan mode hemat daya

Saat baterai kamu lemah, kamu bisa coba cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis dengan menggunakan mode hemat daya.

Setiap smartphone tentu nya sudah di lengkapi dengan mode hemat daya untuk tujuan agar kondisi baterai tetap sehat dan ponsel tidak langsung mati saat baterai nya habis.

Sehingga dengan adanya mode hemat daya, kamu dapat melakukan pengisian daya ponsel tanpa perlu menunggu ponsel kamu dalam keadaan mati.

5. Memperbarui aplikasi

Proses pembaharuan aplikasi di ponsel kamu ternyata akan menjadi cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis.

Sebab aplikasi yang selalu di perbarui dapat mengurangi terjadi bug sehingga efisiensi daya akan terus meningkat dan aplikasi juga akan berjalan tidak lambat melainkan lebih cepat dari sebelumnya.

6. Kurangi sinkronisasi aplikasi

Sinkronisasi pada aplikasi memang sangat di perlukan untuk melihat update terbaru dari aplikasi yang ada di ponsel.

Namun jika terlalu sering kamu lakukan, cara tersebut akan mengurangi kesehatan baterai apalagi jika terjadi sinkronisasi secara terus menerus.

Nah untuk itu, cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis ialah dengan mengurangi sinkronisasi yang terjadi pada aplikasi ya sobat.

Baca Juga :  10 Cara Mengetahui Nomor HP Terdaftar Di Aplikasi Apa Saja

7. Batasi penggunaan wifi dan data seluler

Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis yang paling utama kamu lakukan ialah dengan membatasi penggunaan wifi dan data seluler setiap hari.

Cara nya mudah saja, kamu bisa menonaktifkan data seluler atau wifi saat sedang tidak di gunakan contoh nya pada malam hari saat kamu hendak beristirahat, saat bekerja dan sebagainya.

8. Pakai charger asli

Pada faktor yang menyebabkan baterai hp habis di katakan bahwa penggunaan charger yang bukan bawaan hp dapat menjadi penyebab kondisi baterai hp semakin melemah.

Sehingga kamu perlu menghindari penggunaan charger yang tidak sesuai dengan ponsel kamu. Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis dengan memperhatikan penggunaan charger asli

Ternyata menjadi faktor penting yang dapat menyelamatkan kondisi buruk baterai ponsel kamu.

Artikel terpopuler saat iniĀ 17 Aplikasi Untuk Menjawab Soal Pelajaran Dengan Cara Difoto

9. Cek temperatur hp

Suhu ruangan yang terlalu tinggi bahkan terlalu rendah ternyata akan menjadi faktor utama rusak nya baterai ponsel kamu.

Saat kamu meletakkan hp kamu di mana saja, ada baiknya kamu memperhatikan suhu sekitar ponsel sebagai cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis.

Ingatlah bahwa suhu yang terlalu ekstrem dapat mempengaruhi daya tahan baterai hp.

10. Aktifkan mode pesawat

Cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis di urutan terakhir ialah selalu aktifkan fitur mode pesawat saat data seluler maupun wifi tidak di gunakan.

Fungsi mode pesawat sama hal nya dengan kamu ingin mengistirahatkan ponsel kamu dari aktivitas online yang tidak di perlukan.

Terkhusus saat kamu sedang dalam kondisi susah sinyal. Sehingga aktivitas penggunaan ponsel pasti semakin berkurang.

Ada banyak keuntungan apabila kamu selalu memperhatikan kondisi baterai kamu terutama saat menyelesaikan cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis.

Di antara nya kamu tidak perlu beli baterai hp baru setiap kali rusak, kamu bisa menggunakan ponsel kamu lebih lama lagi dan tentu nya ini sangat menguntungkan bukan?

Akhir Kata

Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis
Cara Memperbaiki Baterai Hp Yang Cepat Habis

Ada banyak cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis dan menurut penggunaan baterai hp, cara-cara di atas dapat menjadi solusi awal untuk kamu yang mengalami kendala baterai hp rusak.

Sekian penjelasan cara memperbaiki baterai hp yang cepat habis, terima kasih.

Back to top button