Tutorial

7 Cara Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Habis Windows 11

Cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 merupakan cara yang paling banyak ditelusuri oleh pengguna laptop saat ini. Ketika kalian sudah melakukan update terbaru ke fitur windows 11 pada laptop kalian maka akan menyebabkan delay di beberapa sistem operasi yang ada di perangkat tersebut.

Penyebab laptop cepat habis baterai di windows 11 juga sangat beragam aturannya, mulai dari spesifikasi, ram, sistem operasi, ruang data internal dan masih banyak lagi. Untuk meringkas hal tersebut maka kalian harus mencoba cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 yang sudah di rangkum di bawah ini.

Memang jika menggunakan fitur dari windows 11 akan dapat meningkatkan beberapa kinerja terbaru di dalam perangkat yang kalian gunakan. Namun tidak menjadikan hal tersebut membuat laptop kalian menjadi lebih cepat karena pasti ada hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu.

Apa Itu Windows 11 Dari Microsoft

Apa Itu Windows 11 Dari Microsoft
Apa Itu Windows 11 Dari Microsoft

Apa Itu Windows 11 Dari Microsoft ? Windows 11 adalah fitur terbaru dari microsoft untuk perangkat laptop yang kalian gunakan untuk dapat meyakinkan penggunanya dalam menyukai apa yang kalian inginkan.

Dan windows 11 dirilis dengan baik agar dapat kalian gunakan dalam satu waktu perintah di laptop atau pc dalam mengakses aktivitas dan peran menjadi lebih terarah dan terpusat, guna terhubung bersama windows 11 yang menyediakan beragam fitur menarik pastinya.

Apakah Windows 11 Lebih Hemat Baterai ?

Windows 11 sebenarnya sudah di desain dengan mode pengehematan baterai terbaru dengan beberapa fitur di dalamnya, namun mode hemat ini justru sangat tergantung dengan spesifikasi laptop kalian.

Oleh karena itu banyak yang ingin tahu kebenarannya dengan melakukan sedikit racikan dengan cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 yang dapat kalian gunakan dalam mengakses fitur hemat baterai pada windows 11 tersebut.

Apa Penyebab Laptop Cepat Habis Baterai ?

Apa Penyebab Laptop Cepat Habis Baterai ?
Apa Penyebab Laptop Cepat Habis Baterai ?

Sebelum kalian memulai bagaimana cara agar baterai laptop tidak cepat habis dengan Cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 yang akan dijelaskan di bawah, penting sekali untuk mengetahui apa saja yang menyebabkan baterai laptop kalian cepat habis.

Berikut di bawah ini penyebab masalah baterai laptop jadi boros dan cepat habis.

  • Kecerahan Layar Max

Kecerahan layar laptop yang tinggi sampai dengan 100% dapat menguras dan merusak baterai laptop kalian secara tiba-tiba dan turun drastis.

Jika kecerahan layar laptop kalian selalu tinggi dan mencapai batas kalian akan memperhatikan bahwa baterai akan lebih cepat habis daripada kalian mempertahankannya pada kecerahan yang lebih rendah.

  • Usia Baterai Laptop

Seiring waktu yang berjalan pada penggunaan laptop, baterai laptop kehilangan kemampuannya untuk mengisi daya karena habis masa alaminya.

Baca Juga :  6 Cara Mendapatkan Pulsa Gratis Xl: Mudah dan Praktis Banget!

Akibatnya baterai laptop kalian menjadi drop dan perlu diisi berulang kali setiap penggunaan. Selain usia baterai yuk cek juga Cara Keluar dari WhatsApp Tanpa Menghapus Akun.

  • Intensif Sumber Daya

Menggunakan intensif sumber daya seperti aplikasi perangkat lunak pengeditan video, desain grafis, dan game online atau offline dapat menguras baterai laptop Anda dengan cepat.

Program dari aplikasi tersebut membutuhkan banyak daya untuk dapat menjalankannya hal tersebut dapat menyebabkan baterai laptop kalian lebih cepat terkikis.

  • Aplikasi Berjalan Di Latar Belakang

Menggunakan terlalu banyak software dan aplikasi yang berjalan di latar belakang laptop kalian juga sama halnya dengan menguras baterai laptop kalian, sehingga kalian harus menggunakan cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11.

Disaat kalian sudah tidak menggunakan aplikasi, sebaiknya ditutup dengan close aplikasi untuk menghemat daya penggunaan baterai laptop tersebut.

  • Malware Atau Virus

Malware atau virus dapat menyebabkan laptop kalian menggunakan lebih banyak daya penggunaan baterai dari yang biasanya, penting sekali untuk membersihkan cache laptop ketika sudah selesai menggunakannya.

Cek juga beberapa Cara Mengatasi Layar Mati Saat Telepon di Whatsapp.

  • Kebiasaan Mengisi Baterai Sambil Digunakan

Kebiasaan mengisi daya baterai sambil digunakan sudah sangat lumrah apalagi bagi para pekerja saat ini, hal itu merupakan penyebab utama kenapa baterai laptop menjadi lebih boros dan cepat habis.

Cara Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Habis Windows 11 Jadi Lebih Hemat

Cara Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Habis Windows 11 Jadi Lebih Hemat
Cara Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Habis Windows 11 Jadi Lebih Hemat

Cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 supaya menjadi lebih awet sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, mengapa ? Karena windows 11 sendiri sudah menyediakan fitur battery saver yang bisa diaktifkan lewat laptop kalian masing-masing.

Pasti sudah banyak yang mencoba cara tersebut namun sangat nihil hasilnya dan masih saja boros saat digunakan dalam keadaan apapun, apalagi spesifikasi laptop nya sudah ketinggalan dengan versi laptop terbaru saat ini.

Ada beberapa hal yang harus kalian ikuti untuk dapat memaksimalkan kinerja baterai di windows 11 terbaru kan dengan cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 seperti yang ada di bawah ini

  • Mengatur Penghematan Energi Laptop

Mengatur Penghematan Energi Laptop
Mengatur Penghematan Energi Laptop

Jika kalian sudah melakukan update terbaru di laptop dengan menggunakan windows 11 maka sangat disarankan untuk mengaktifkan pengaturan penghematan energi laptop yang tersedia pada menu setting fitur windows 11 terbarukan tersebut.

Fitur penghematan baterai di windows 11 merupakan satu tempat yang sangat cepat untuk kalian jangkau dalam menurunkan jejak history karbon di dalam perangkat kalian dan sekaligus dapat menghemat baterai laptop dapat bertahan lebih lama.

Cara Mengaktifkan Penghematan Energi Laptop Di Windows 11

Cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 yang pertama dengan mengaktifkan fitur penghematan energi laptop dengan petunjuk nya di bawah ini.

  1. Pertama klik logo windows start berlogo windows.
  2. Silahkan kalian klik menu Pengaturan dan pilih Sistem.
  3. Masuk ke dalam menu pilih Daya dan Baterai.
  4. Kemudian kalian pilih lagi Rekomendasi Energi.
  5. Setelah masuk ke dalam rekomendasi energi klik Terapkan Semua.
  6. Sebelumnya kalian juga dapat menyesuaikan pengaturan dengan individual dari daya rata-rata.
  7. Seperti kecerahan layar, penghemat layar, waktu perangkat aktif.

Nah untuk dapat menyesuaikan kecerahan dan waktu aktif perangkat semuanya ada di dalam Rekomendasi Energi tersebut dan dapat disesuaikan dengan saran dari windows 11.

  • Menggunakan Fitur Penghemat Baterai Bawaan

Menggunakan Fitur Penghemat Baterai Bawaan
Menggunakan Fitur Penghemat Baterai Bawaan

Cara setting baterai baterai laptop agar tahan lama di windows 11 adalah dengan menggunakan fitur penghemat baterai bawaan yang tersedia di windows 11 kalian, ini merupakan cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 yang sangat kompatibel untuk digunakan.

Jika penghemat baterai bawaan ini sudah kalian aktifkan, laptop kalian otomatis akan menonaktifkan beberapa perlakuan yang memakan banyak daya dan juga akan menutup aplikasi yang sudah jarang kalian gunakan secara aktif.

Cara Mengaktifkan Fitur Penghemat Baterai Di Windows 11

Berikut di bawah ini cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 dengan mengaktifkan fitur penghemat baterai bawaan.

  1. Buka menu windows dengan logo kotak empat di bagian tengah kiri layar.
  2. Kemudian silahkan klik Pengaturan dan pilih Sistem.
  3. Setelah itu klik kembali Daya dan Baterai di menu pengaturan.
  4. Lalu klik Fitur Penghemat Baterai di dalam menu Daya dan Baterai.
  5. Selanjutnya kalian pilih Aktifkan Sekarang di sebelah Penghemat Baterai tersebut.
  6. Kalian juga dapat klik Icon Baterai di sudut kanan bawah layar.
  7. Untuk cara yang lebih simple dan cepatnya.
Baca Juga :  2 Cara Mengetahui Nama Kontak Kita Di HP Orang Dengan Getcontact

Namun jika kalian ingin fitur penghemat baterai diaktifkan pada saat baterai sudah lemah dengan angka tertentu ikuti saja cara yang ada di atas. Dan kalian juga dapat memilih tingkat baterai yang ingin digunakan dalam pemakaian sehari-hari.

  • Mengatur Durasi Tampilan Layar Laptop

Mengatur Durasi Tampilan Layar Laptop
Mengatur Durasi Tampilan Layar Laptop

Cara menghemat baterai laptop di windows 11 sangat mudah dengan mengatur bebebrapa durasi tampilan layar aktif, sebenarnya pemakaian laptop dengan durasi tampilan layar hidup dengan jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan baterai menjadi lebih cepat habis.

Dikarenakan layar tampilan laptop di windows 11 kalian terus bersinar dan aktif sementara kalian tidak menggunakannya sama sekali oleh karena hal itu penting sekali mengatur durasi tampilan di windows 11 agar laptop tidak boros untuk kedepan nya.

Cara Mengatur Lama Durasi Layar Aktif Di Windows 11

Berikut di bawah ini cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 dengan mengurangi durasi layar aktif yang terlalu lama menjadi singkat.

  1. Buka menu windows dan klik Pengaturan.
  2. Silahkan klik Sistem dan pilih Daya Baterai.
  3. Kemudian kalian klik Layar Dan Tidur.
  4. Gunakan daya baterai aktif lalu nonaktifkan layar setelahnya.
  5. Lanjut silahkan kalian pilih durasi yang sangat singkat agar baterai kalian tetap terjaga.
  6. Selesai.

Mengapa harus memilih rekomendasi yang lebih singkat ? Agar layar laptop kalian mati lebih cepat dengan otomatis ketika tidak digunakan sama sekali, sehingga kalian dapat menimalisir cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11.

  • Menyesuaikan Kecerahan Layar Laptop

Menyesuaikan Kecerahan Layar Laptop
Menyesuaikan Kecerahan Layar Laptop

Perlu kalian ketahui bahwa penyebab laptop cepat habis baterai dikarenakan kecerahan layar yang tidak sesuai dengan penggunaannya, mungkin kalian sering memakai kecerahan layar dengan tingkat maximun dan tidak pernah menguranginya dalam beberapa saat.

Hal tersebut dapat menjadi pemicu baterai laptop cepat habis windows 10 dan windows 11 dan juga di windows sebelumnya. Alangkah baiknya kalian selalu menyesuaikan kecerahan layar laptop sebagai salah satu cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 dan menjadi lebih awet.

Cara Mengatur Kecerahan Layar Laptop

Mungkin kalian sudah cukup paham dengan mengatur tingkatan kecerahan pada laptop, mau bagaimanapun berikut cara singkatnya di bawah ini.

  1. Mulai buka windows seperti biasa.
  2. Dan masuk kedalam menu Tampilan dan pilih Tampilan Layar.
  3. Kemudian silahkan klik Kecerahan dan kosongkan kotak dengan hilangkan centang.
  4. Silahkan ubah kecerahan dengan otomatis ketika cahaya berubah.
  5. Kemudian klik Tingkatkan Baterai dengan optimal pada konten yang diperlihatkan.
  6. Kemudian gunakan slider untuk mengatur manual tingkat kecerahan yang diinginkan.
  7. Selesai.

Mengatur kecerahan layar di laptop versi windows 11 ini dapat memperbaiki baterai laptop yang cepat habis baik itu di windows 7, 10, dan pastinya kompatibel di windows 11 yang kalian gunakan.

  • Mengurangi Tingkat Kecepatan Refresh Layar

Mengatur Tingkat Kecepatan Refresh Layar
Mengatur Tingkat Kecepatan Refresh Layar

Mengurangi kecepatan refresh layar di laptop berarti kalian harus menurunkan frekuensi layar menyegarkan halaman dan page. Kecepatan penyegaran layar diukur dalam istilah Hertz (Hz) dan mengacu pada berapa kali per detik layar menyegarkan halaman yang ditampilkan.

Maksudnya gini layar dengan kecepatan refresh 60Hz akan memperbarui halaman setiap 60 kali per detik. Nah kenapa harus dikurangi ? Karena hal tersebut dapat membuat baterai laptop kalian akan cepat habis dan boros. Hal ini merupakan cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 yang cukup efektif digunakan.

Cara Mengurangi Kecepatan Refresh layar Laptop

Dengan menurunkan kecepatan refresh pada layar laptop guna untuk dapat menghemat pemakaian baterai laptop kalian, mengurangi panas saat melihat layar laptop dengan waktu yang lama.

  1. Silahkan kalian klik seperti biasa menu Windows.
  2. Dan pilih pengaturan lalu masuk ke dalam Sistem.
  3. Kemudian kalian pilih Tampilan dan pilih Tingkat Lanjut.
  4. Setelah itu kalian tinggal pilih Laju Refresh.
  5. Kalian tinggal memilih laju refresh yang paling rendah.
  6. Kemudian klik simpan perubahan.
  7. Selesai.
Baca Juga :  5 Cara Cek PIN ATM BRI Lewat HP, Mudah dan Praktis Banget!

Jadi cara mengatasi baterai laptop yang cepat habis adalah dengan mengurangi tingkat kecepatan refresh yang ada di dalam laptop kalian, hal ini sangat berpengaruh dengan kesehatan baterai yang kalian miliki.

  • Costum Grafik Untuk Aplikasi

Opsi grafik costum untuk aplikasi yang ada di dalam laptop kalian biasanya opsi ini ditujukan dengan aplikasi yang ingin kalian buat menjadi hemat daya. Hal ini sangat bagus untuk dapat menghemat daya baterai kalian setiap membuka aplikasi yang sudah di costum sebelumnya

Cara Mengaktifkan Grafik Kostum Untuk Aplikasi Di Laptop

Opsi grafik kostum untuk aplikasi merupakan pilihan daripada cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 dan 10 dari beberapa cara yang ada sebelumnya.

  1. Pertama klik menu Windows.
  2. Kedua pilih pengaturan di dalam windows.
  3. Kemudian masuk ke dalam Sistem pilih Tampilan.
  4. Kemudian silahkan klik Grafik.
  5. Setelah ada di bawah klik Opsi Kostum Aplikasi.
  6. Silahkan pilih aplikasi yang ingin di Kostum.
  7. Kemudian pilih opsi lalu silahkan klik Hemat Daya.
  8. Selesai.
  • Mengaktifkan Tema Gelap

Mengaktifkan Tema Gelap
Mengaktifkan Tema Gelap

Cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 yang terakhir adalah dengan mengaktifkan tema dan latar belakang gelap di laptop kalian masing-masing. Menggunakan tema gelap dapat mengurangi intens cahaya laptop yang kalian gunakan dan hal tersebut dapat menghemat masa pakai baterai laptop kalian.

Cara Mengaktifkan Tema Gelap Di Windows 11

Agar baterai laptop kalian tidak boros gunakan lah fitur tema gelap di windows 11 dengan tema dark paling terbaru dibanding windows lainnya.

  1. Masuk ke windows seperti biasa
  2. Pilih pengaturan dan Personalisasi
  3. Kemudian klik Tema dan klik Tema Saat Ini
  4. Selanjutnya silahkan klik Tema Gelap atau dark
  5. Selesai

Fitur – Fitur Terbaru Di Dalam Windows 11

Jika kalian sudah berniat menggunakan fitur terbaru dari windows 11 ini, berikut ringkasan beberapa penjelasan fitur terbaru kan yang ada di dalam windows 11.

Sebelum kalian menggunakan cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11, pastikan kalian sudah paham betul apa saja yang ada di dalam fitur windows 11 tersebut.

Rincian Tabel Fitur Terbaru Di Windows 11

Fitur Kelebihan Dari Windos 10
Antar Muka Windows 11 menyediakan fitur antarmuka pengguna baru yang lebih modern dan ramping dibandingkan dengan Windows 10 sebelumnya. 
Kinerja Windows 11 memakai kinerja yang lebih baik daripada Windows 10, dengan waktu boot yang lebih cepat dan masa pakai baterai yang lebih baik.
Kompatibilitas Windows 11 memiliki persyaratan keras yang lebih ketat yang berarti beberapa perangkat lama mungkin tidak dapat menjalankan OS baru.
Desktop virtual Windows 11 meningkatkan fungsionalitas desktop virtual, memungkinkan pengguna membuat dan mengelola banyak desktop dengan lebih mudah.
Widget Windows 11 hadir dengan sistem widget baru yang menyediakan akses cepat ke berita, cuaca, dan informasi lainnya.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkan Battery Saver Windows 11

Bagaimana Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkan Battery Saver Windows 11
Bagaimana Cara Mengaktifkan Dan Menonaktifkan Battery Saver Windows 11

Selain menggunakan beberapa pilihan cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 kalian juga dapat mengaktifkan battery saver bawaan di laptop kalian.

Hal ini sebenarnya sudah sangat wajar karena pada dasarnya fitur ini akan aktif secara otomatis tergantung dengan laptop yang kalian gunakan dengan windows 11.

Mengaktifkan battery saver juga dapat menghemat dan memperbaiki sistem baterai healthy di laptop kalian yang semakin hari semakin menurun.

Mengaktifkan Battery Saver Agar Baterai Laptop Hemat

Cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 adalah dengan mengaktifkan battery saver terlebih dahulu, berikut caranya ada di bawah ini.

Cara Mengaktifkan Fitur Battery Saver Di Windows 11

Untuk dapat mengaktifkan fitur penghemat baterai di laptop Windows 11, kalian dapat mengikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  1. Silahkan klik Icon baterai di pojok kanan sudut bawah layar.
  2. Klik pada opsi Pengaturan baterai.
  3. Pada bagian bawah Penghemat baterai alihkan slider ke posisi Aktif.
  4. Hal ini akan mengaktifkan mode penghemat baterai di laptop Windows 11 kalian.

Menonaktifkan Battery Saver Jika Sudah Tidak Digunakan

Jika kalian sudah selesai menggunakan cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 dengan battery saver maka kalian wajib menonaktifkannya dengan petunjuk di bawah ini.

Cara Mematikan Battery Saver Windows 11

Untuk cara menonaktifkan battery saver di Windows 11, kalian tinggal mengikuti kebalikannya sebagai berikut.

  1. Pertama Klik Icon baterai.
  2. Klik pada opsi Pengaturan baterai.
  3. Silahkan kalian alihkan slider ke posisi Mati.
  4. Berhasil. Fitur sudah di nonaktifkan.

Penutup

Cara Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Habis Windows 11
Cara Agar Baterai Laptop Tidak Cepat Habis Windows 11

Itu dia rekomendasi Cara agar baterai laptop tidak cepat habis windows 11 yang dapat kalian cobain langsung untuk mendapatkan kenyamanan menggunakan windows 11 paling stabil.

Baiklah jika ada kesalahan kata dan kalimat yang tidak relevan atau tidak sesuai, sekiranya dapat dimaafkan agar penulis dapat lebih bersemangat lagi untuk menulis artikel tutorial menarik lainnya.

Irfan Nathanael

"The Only Easy Day was Yesterday"
Back to top button