Tutorial

10 Cara Memperbaiki HP Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Cara Memperbaiki Hp Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali Tanpa perlu service dapat dilakukan dengan mudah. Metode umum yang biasa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan me-restart ponsel dan mengaktifkan fitur safe mode.

Namun metode yang dipaparkan untuk memperbaiki touchscreen yang tidak bisa disentuh sama sekali ini bukan karena layar retak atau pecah akibat jatuh terlalu keras.

Penyebab Hp Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Penyebab Hp Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali
Penyebab Hp Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Saat ini ponsel pintar sudah dilengkapi dengan sistem touchscreen atau teknologi sensor sentuhan. Dimana pengguna dapat mengontrol perintah melalui gerakan sederhana sesuai dengan akses yang dilakukan pada perangkat tersebut.

Layar atau touchscreen merupakan salah satu bagian terpenting dari perangkat hp yang sangat sensitif dan rawan rusak. Hal tersebut dikarenakan layar ini terdiri dari dua lapisan konduktif dan bisa rusak kapan saja meski dijaga sebaik mungkin.

Adapun beberapa faktor penyebab handphone tidak bisa disentuh sama sekali yang kerap dialami banyak orang, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Jatuh Terlalu Keras – Jatuh terlalu keras dapat menyebabkan retak atau pecah pada layar, yang pada akhirnya menghentikan fungsi layar sentuh hp. Hal ini juga bisa menyebabkan kabel fleksibel yang menghubungkan layar sentuh dengan motherboard lepas dan rusak.
  • Tekanan Benda Berat – Dampak keras yang merusak komponen internal yang terlibat dalam teknologi layar sentuh, seperti sensor atau kontroler, sehingga mempengaruhi kemampuan ponsel untuk mendeteksi sentuhan. Jadi, tekanan terlalu kuat atau benturan keras dapat menyebabkan layar retak atau pecah sehingga menghentikan fungsi layar sentuh.
  • Masuk ke Dalam Air – Air dapat merusak sirkuit dan mengakibatkan gangguan pada sensor, menyebabkan layar tidak respons. Jika ponsel terkena air, segera matikan dan keringkan dalam beberapa waktu.
  • Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang – Jika aplikasi berjalan terus menerus di latar belakang, hal ini dapat mengonsumsi RAM sehingga mengakibatkan layar sentuh tidak responsif. Psalnya, proses latar belakang yang berlebihan mengakibatkan kegagalan sistem.
  • Sistem Error atau Bermasalah – Kesalahan dalam sistem operasi dapat menghentikan fungsi layar sentuh. Pembaharuan perangkat lunak yang tidak sempurna, konflik aplikasi, atau bug juga dapat mengurangi respons layar.
Baca Juga :  8 Cara Mencairkan Limit BRI Ceria, Mudah dan Cepat!

Cara Memperbaiki Hp Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Cara Memperbaiki Hp Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali
Cara Memperbaiki Hp Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Sebelum membawa ke pusat service, mengetahui cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali merupakan solusi terbaik yang bisa kamu coba. Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk memperbaiki layar handphone yang tidak bisa di fungsikan sama sekali.

Namun tergantung kerusakan pada perangkat hp yang dimiliki. Jika kerusakan terjadi akibat jatuh terlalu keras dan mengenai LCD, maka solusi atau alternatif satu-satunya adalah dengan membawa hp tersebut ke pusat service.

Nah, jika kerusakan yang masih bisa ditangani sendiri, silahkan coba beberapa cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali tanpa perlu service dibawah ini.

1. Restart Hp

Restart Handphone
Restart Handphone

Cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan me-restart perangkat ponsel yang dimiliki.

Metode ini dapat bantu kamu untuk memperbaiki masalah perangkat yang mungkin terjadi pada sistem operasi atau aplikasi yang terpasang. Ini juga memberikan kesempatan bagi sistem untuk memulai ulang dan memulai kembali dengan keadaan bersih.

Berikut adalah cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali dengan metode restart hp :

  • Tekan tombol daya beberapa detik hingga muncul beberapa pop up.
  • Pilih opsi Restart.
  • Tunggu beberapa saat hp memuat ulang.
  • Setelah reload, coba operasikan layar sentuh hp.

2. Aktifkan Safe Mode

Mengaktifkan fitur safe mode memiliki beberapa manfaat adalah untuk mengecek aplikasi pihak ketiga mana yang membuat handphone menjadi tidak respon dan layar sentuh rusak.

Baca Juga :  11 Cara Agar Video Story WA Tidak Buram Tanpa Aplikasi

Cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali ini bisa kamu gunakan apabila penyebabnya karena aplikasi pihak ketiga yang terpasang atau belum terpasang. Nah, untuk memulai ulang ponsel dalam safe mode, ikuti langkah berikut.

  • Tekan dan tahan tombol power beberapa detik.
  • Pilih opsi Nonaktifkan.
  • Setelah ponsel mati,, tekan kembali tombol daya bersamaan dengan tombol volume turun secara bersamaan.
  • Safe mode berhasil diaktifkan.

3. Keringkan Ponsel

Jika hp terkena air dapat menyebabkan kerusakan pada komponen. Pasalnya air dapat menyebabkan korosi pada sirkuit atau konektor di dalam perangkat sehingga mengganggu aliran listrik.

Dengan mengeringkan ponsel setelah terkena air menjadi langkah sederhana yang terbukti ampuh mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat hp. Dalam beberapa kasus cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali ini membutuhkan waktu beberapa hari.

4. Diagnosis Layar

Diagnosis Layar
Diagnosis Layar

Saat ini ada beberapa aplikasi yang hadir dan di klaim mampu untuk membantu pengguna mengetahui mengapa layar hp tidak bisa disentuh sama sekali.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu manfaatkan yaitu Display Tester yang mendiagnosa sensitivitas layar smartphone secara manual. Berikut adalah cara mengakses aplikasi Display Tester dengan langkah yang mudah :

  • Install atau download aplikasi Display Tester melalui Play Store di perangkat hp.
  • Buka aplikasi Display Tester.
  • Di halaman utama, pilih opsi menu Tests.
  • Klik Touch Screen Test.
  • Kamu bisa sepenuhnya menyentuh seluruh bagian layar sentuh hp tersebut.
  • Jika nilai indikator tidak mencapai 100 persen, maka layar di diagnosis adanya kerusakan.

5. Keluarkan Kartu SIM dan SD Card

Keluarkan Kartu SIM dan SD Card Dari Hp
Keluarkan Kartu SIM dan SD Card Dari Hp

meski terlihat tidak memungkinkan, namun dengan mengeluarkan kartu SIM dan SD Card yang masih terpasang di dalam perangkat ponsel dapat membantu memperbaiki layar sentuh yang tidak bisa disentuh sama sekali.

Cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali dengan melepaskan kartu SIM dan SD Card, yaitu :

  • Nonaktifkan perangkat hp.
  • Lepaskan kedua kartu dan SD Card.
  • Nyalakan kembali tanpa memasang kartu SIM dan SD Card.
  • Coba operasikan layar sentuh ponsel kembali.

6. Tekan Sudut Layar Perlahan

Menekan sudut layar hp perlahan bisa kau lakukan saat ponsel baru saja terjatuh. Metode ini telah terbukti mampu mengatasi layar yang tidak bisa disentuh sama sekali, karena kemungkinan beberapa komponen ada yang mengendur.

Baca Juga :  3 Cara Menonton Live IG Yang Sudah Lewat : Melalui Story, Sorotan & IGTV

Tekan dengan lembut setiap sudut handphone untuk menyatukan kembali komponen tersebut. Jika tidak mendapatkan perubahan, silahkan coba untuk membongkar perangkat hp yang dimiliki.

7. Bersihkan Touchscreen dan Screen Protector

Salah satu penyebab layar hp tidak berfungsi dengan baik yaitu akibat debu atau partikel lain yang terselip diantara layar handphone dengan screen protector atau perlindungan perangkat layar yang digunakan.

Umumnya ini bisa terjadi karena perlingungan layar yang tidak diganti dalam jangka waktu yang lama. Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan kain bebas serat atau tisu basah yang kembap.

8. Periksa Pengisisan Daya Baterai

Ketika layar sentuh hp tidak berfungsi dengan baik saat dalam mode pengisian daya, ini kemungkinan disebabkan oleh pengisian daya yang tidak kompatibel.

Apabila hal tersebut yang menjadi faktor penyebabnya, cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali yaitu menggunakan charger original bawaan ponsel.

Pasalnya, meskipun voltase charger sama, arus listrik bisa berbeda-beda, hingga akhirnya menimbulkan masalah pada layar sentuh.

9. Kalibrasi Layar Sentuh

Kalibrasi Layar Sentuh
Kalibrasi Layar Sentuh

Fungsi layar sentuh bisa menerus meski kamu sudah merawatnya dengan baik. salah satu cara untuk meningkatkan fungsi tersebut yaitu dengan melakukan kalibrasi layar sentuh. Perlu dicatat, hal ini berlaku apabila touchscreen tidak berfungsi sebagian.

Cara melakukan kalibrasi layar sentuh, ikuti langkah-langkah ini.

  • Download aplikasi pihak ketiga seperti Touchscreen Calibration di play store.
  • Izinkan akses aplikasi ke perangkat.
  • Ikuti semua petunjuk untuk melakukan ketukan tunggal, sentuhan dalam waktu lama, hingga memperbesar layar.
  • Lakukan kalibrasi layar sentuh.
  • Coba operasikan layar sentuh ponsel kembali.

10. Membawa Ke Pusat Service Hp

Sudah melakukan semua cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali diatas namun tidak terdapat perubahan pada handphone, alternatif terakhir yang harus dilakukan yaitu membawa hp ke pusat service.

Layar merupakan komponen yang sangat sensitif terutama jika sudah mengenai LCD. Hal ini perlu penanganan khusus oleh pihak service yang sudah memiliki pengetahuan lebih terkait kerusakan yang terjadi pada perangkat ponsel yang dimiliki.

Postingan Menarik Lainnya : Daftar Harga Memperbaiki Layar HP Lepas di Service Center Terbaru 2023

Akhir Kata

Cara Memperbaiki Hp Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali
Cara Memperbaiki Hp Yang Tidak Bisa Disentuh Sama Sekali

Sebenarnya cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali ini bisa dilakukan dengan mudah tergantung kerusakan yang terjadi pada layar. Kesepuluh cara memperbaiki hp yang tidak bisa disentuh sama sekali diatas bisa kamu coba apabila kerusakan layar tidak terjadi akibat tekanan terlalu kuat atau benturan keras.

Back to top button