Ragam

Instruktur Wajib Tahu, Inilah 4 Cara Mendapatkan Sertifikat Bela Diri Paling Mudah!

Informasi terkait tata cara mendapatkan sertifikat bela diri, umumnya sangat penting diketahui dan dipahami bagi seseorang yang memang berencana untuk menjadi instruktur seni bela diri.

Pasalnya dengan memiliki sertifikat bela diri tersebut, maka mereka dapat menunjukkan skill yang dimiliki dalam penguasaan berbagai metode bela diri kepada para calon pemberi kerja atau klien. Bagi Anda yang mungkin penasaran mengenai tata cara mendapatkan sertifikat khusus seni bela diri, maka bisa menyimak detail informasinya di artikel berikut ini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikat Bela Diri Bagi Instruktur?

Cara Mendapatkan Sertifikat Bela Diri
Cara Mendapatkan Sertifikat Bela Diri

Sebagai informasi penting untuk Anda ketahui, bahwa instruktur bela diri umumnya dikenal sebagai salah satu seorang / pelatih yang memberikan pelatihan kepada siswa, yakni dalam hal penggunaan teknik-teknik pertarungan dan pertahanan fisik tertentu.

Walaupun penggunaan ilmu bela diri sendiri banyak digunakan orang-orang dalam bidang olahraga dan rekreasi, namun ilmu bela diri ini sangat berguna dalam memberikan pengajaran bagi siswa mengenai teknik pertahanan diri yang begitu berharga.

Berkaitan dengan hal tersebut, penting bagi seorang instruktur untuk memiliki sertifikat bela diri khusus yang bisa diperoleh dengan menerapkan tata cara mendapatkan sertifikat bela diri.

Dengan menerapkan tata cara mendapatkan sertifikat bela diri tersebut, maka instruktur akan memperoleh sertifikat bela diri yang berguna untuk menunjukkan kemampuan berbagai metode bela diri yang dikuasai kepada calon pemberi kerja / klien.

Baca Juga: 12 Aplikasi Translate Inggris Indonesia Paling Akurat

Ketika seorang instruktur memiliki sertifikat bela diri, maka akan sangat menguntungkan bagi pihak mereka dalam proses perekrutan kerja. Hal ini dikarenakan, pihak instruktur nantinya akan memperoleh promosi khusus di tempat kerjanya saat ini, dan bahkan bisa memungkinkan mereka untuk bisa mengajar di berbagai kelas.

Lebih lanjut, sertifikat instruktur bela diri sendiri biasanya turut melibatkan beberapa hal penting seperti halnya biaya pendaftaran / sertifikasi, lokakarya / modul studi sampai dengan ujian maupun persyaratan penyelesaian lainnya.

Namun sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mendapatkan sertifikat bela diri, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu jenis-jenis sertifikat bela diri yang umum diberikan bagi instruktur tersebut. Mengenai jenis-jenis sertifikat instruktur bela diri, bisa Anda lihat pada tabel penjelasan yang ada di bawah ini.

Baca Juga :  35+ Distributor Gula Pasir Terdekat paling Lengkap di Semua Kota di Indonesia
Jenis-jenis Sertifikat Bela Diri Penjelasan
 

 

 

 

Certified Personal Trainer

 

 

 

Merupakan jenis sertifikat instruktur bela diri yang berguna untuk memberikan jaminan penguasaan maupun penerapan pengetahuan dan keterampilan. Biasanya, jenis sertifikat instruktur bela diri ini akan berkaitan secara langsung dengan pelaksanaan pekerjaan bertajuk “Personal Trainer” lewat proses yang bisa dipertahankan, anda, valid dan ketat.
 

 

 

 

Specialist in Martial Arts Conditioning (SMAC)

Jenis sertifikat SMAC untuk instruktur bela diri satu ini, biasanya sudah dirancang sedemikian rupa oleh pihak tertentu dalam program sertifikasi kebugaran ilmu bela diri. Dikatakan disini, bahwa sertifikat ini merupakan program pertama di dunia yang dapat memenuhi kebutuhan pelatihan khusus bagi para instruktur profesional seni bela diri.
 

 

 

 

First Aid, CPR and AED Instructor

Salah satu jenis sertifikasi instruktur bela diri, yang mana dapat melatih karyawan / masyarakat umum seputar keterampilan, teknik dan keahlian terkini dalam prosedur penyelamatan jiwa. Biasanya, praktik dan feedback dari keterampilan yang dilakukan disini akan di integrasikan ke dalam pengalaman pengajaran ilmu bela diri yang sebenarnya.
 

 

 

Advanced Personal Training Certification (APT)

Sertifikat APT sendiri, merupakan jenis sertifikat ilmu bela diri yang sudah diakui secara nasional dan internasional sejak tahun 1994 silam. Sertifikat ini, akan memberikan sumber daya yang dinilai paling komprehensif dan otoritatif bagi instruktur dimanapun mereka bekerja.
 

 

 

 

Instructor Certification (EPIC)

Bisa dikatakan, bahwa jenis sertifikat EPIC ini merupakan sertifikat instruktur ilmu bela diri yang dapat membawa seorang instruktur untuk melangkah ke jenjang karier yang lebih tinggi. Bagi seorang instruktur yang ingin menerapkan tata cara mendapatkan sertifikat bela diri ini, biasanya harus mengikuti kelas selama 4 hari secara intensif.

Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai tata cara mendapatkan sertifikat bela diri bagi seorang instruktur, Anda perlu tahu mengenai beberapa persyaratan dan ketentuan khusus yang harus dipenuhi oleh seorang instruktur bela diri.

Sehingga ketika Anda nantinya tertarik untuk menjadi instruktur ilmu bela diri, maka bisa mempersiapkan segala syarat dan ketentuan yang berlaku di dalamnya. Beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh seorang instruktur bela diri, di antaranya yakni sebagai berikut :

  1. Memiliki tingkat ilmu bela diri tinggi, yang mana dibuktikan dengan sabuk hitam.
  2. Memiliki pengalaman dalam mengajar seni ilmu bela diri kepada siswa, baik dari berbagai usia maupun tingkat kebugaran.
  3. Memiliki skill dan keahlian khusus, dimana hal ini bisa dibuktikan dalam mempersiapkan siswa untuk ikut serta dalam turnamen lokal, nasional maupun internasional sekalipun.
  4. Tidak memiliki riwayat tindakan kriminal.
  5. Memiliki kondisi fisik yang sehat dan lincah.
  6. Punya keterampilan dan jiwa kepemimpinan yang baik.
  7. Memiliki keahlian berkomunikasi verbal yang luar biasa dan mampu menarik perhatian.
  8. Melakukan pendekatan pengajaran ilmu bela diri yang penuh hormat, supportif dan adil.
  9. Harus mempunyai keterampilan perencanaan acara yang luar biasa.
  10. Memiliki semangat kerja yang tinggi dalam mengajar ilmu bela diri maupun pengembangan diri.

Apabila semua syarat dan ketentuan sudah dipenuhi dengan baik, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui seputar tata cara mendapatkan sertifikat bela diri bagi seorang instruktur bela diri.

Dalam memperoleh sertifikat ilmu bela diri tersebut, ada 4 langkah mudah yang bisa dilakukan oleh seorang instruktur bela diri. Yang mana, langkah-langkah dalam mendapatkan sertifikat ilmu bela diri bisa dilihat pada penjelasan di bawah ini.

  • Tentukan Program Sertifikasi yang Dipilih

    Tentukan Program Sertifikasi yang Dipilih
    Tentukan Program Sertifikasi yang Dipilih

Salah satu cara mendapatkan sertifikat bela diri yang perlu dilakukan oleh instruktur bela diri, yakni dengan menentukan program sertifikasi yang akan dipilih. Dikatakan disini, bahwa mengenai program sertifikasi yang akan dipilih bisa saja tergantung dari latar belakang dan tujuan karir seorang instruktur tersebut di masa mendatang nantinya.

Bisa kita ambil contoh disini, jika Anda memiliki keinginan untuk mengajar di sebuah fasilitas yang khusus pada program bela diri tertentu, maka nantinya Anda akan mendapatkan sertifikat dalam metode tersebut. Sementara itu, program seni ilmu bela diri lainnya juga sangat cocok dipilih oleh instruktur yang menginginkan untuk mengajarkan kepada siswa mengenai berbagai metode di pusat kebugaran, atau bisa juga menjadi seorang konsultan independen.

Selain itu, Anda juga nantinya bisa dengan bebas memilih program sertifikasi yang sesuai dengan keinginan diri sendiri maupun siswa yang Anda inginkan. Sebagai contoh jika Anda ingin fokus mengajar seni ilmu bela diri wanita, maka bisa memilih jenis sertifikat yang memang berfokus pada wanita saja seperti halnya Federasi Seni Bela Diri Wanita Nasional.

  • Memenuhi Semua Prasyarat Sertifikasi untuk Pelatihan Instruktur

    Memenuhi Semua Prasyarat Sertifikasi untuk Pelatihan Instruktur
    Memenuhi Semua Prasyarat Sertifikasi untuk Pelatihan Instruktur

Anda perlu tahu, bahwa biasanya seorang instruktur ilmu bela diri sering kali memulai proses sertifikasi mereka, yakni dengan cara mengambil kelas teknik ilmu bela diri pilihan mereka sebagai seorang siswa. Apabila mereka dikatakan sudah mampu menguasai keterampilan teknik ilmu bela diri yang diajarkan, maka cara mendapatkan sertifikat bela diri yang perlu dilakukan, yakni memenuhi semua prasyarat sertifikasi di dalamnya.

Yang mana disini dikatakan, bahwa semua prasyarat tersebut harus dipenuhi oleh instruktur bela diri, agar nantinya bisa mengikuti pelatihan yang diberikan pihak terkait. Berkaitan dengan hal tersebut, biasanya terdapat beberapa program sertifikasi yang mungkin akan membutuhkan sabuk hitam / pelatihan ilmu bela diri tingkat tinggi lainnya, seperti halnya taekwondo atau jiu-jitsu.

Bahkan ada kemungkinan juga, bahwa instruktur tersebut akan memberikan izin kepada kandidat dalam menggantikan persyaratan tertentu dengan tetap tunduk pada aturan hukum ataupun pengalaman pelatihan bela diri secara pribadi. Atau bisa juga dalam proses cara mendapatkan sertifikat bela diri tertentu, akan ada kandidat yang diharuskan untuk menjalani pemeriksaan latar belakang / memberikan informasi pribadi sebelum mereka mendaftarkan diri mengikuti sertifikasi tersebut.

  • Menguasai Konten Pelatihan yang Ditawarkan

Dalam membantu instruktur mendapatkan keterampilan ilmu bela diri untuk ujian sertifikasi, biasanya akan ada banyak program sertifikasi yang harus dilalui di dalamnya. Yang mana berkaitan dengan cara mendapatkan sertifikat bela diri satu ini, biasanya program sertifikasi yang ditawarkan akan mencakup sejumlah lokakarya atau modul pelatihan secara mandiri.

Dengan demikian, maka instruktur yang mengikuti sertifikasi akan memiliki kemampuan dan keterampilan tertentu untuk bisa ikut ujian sertifikasi nantinya. Dalam hal ini, instruktur bela diri nantinya dapat menghadiri kelas secara offline (tatap muka) di sekolah khusus seni bela diri maupun di fasilitas pelatihan lainnya, yang nantinya akan dipimpin oleh instruktur bersertifikat.

Selain itu, ada juga program sertifikat ilmu bela diri secara online / virtual, yang mana nantinya akan menampilkan kelas online secara langsung ataupun berupa modul pelatihan secara otomatis. Mengenai kursus-kursus yang diberikan disini, biasanya akan mencakup berbagai informasi seperti anatomi, gerakan ilmu bela diri tertentu sampai dengan metode pengajaran ilmu bela diri kepada siswa.

  • Dinyatakan Lulus Ujian dan Telah Memenuhi Persyaratan Lainnya

    Dinyatakan Lulus Ujian dan Telah Memenuhi Persyaratan Lainnya
    Dinyatakan Lulus Ujian dan Telah Memenuhi Persyaratan Lainnya

Tips cara mendapatkan sertifikat bela diri terakhir yang perlu dilakukan instruktur bela diri, yakni nantinya akan memperoleh status lulus ujian dan sudah memenuhi semua persyaratan lainnya. Sebelum dinyatakan lulus ujian dan memenuhi semua persyaratan lain yang ditetapkan, instruktur ilmu bela diri harus sudah mengikuti berbagai sertifikasi yang mencakup tes tertulis, dan biasanya akan dilakukan secara online.

Tes yang dilakukan ini, umumnya bertujuan untuk mengetahui mengenai teknik khusus metode pertahanan diri yang nantinya akan diajarkan kepada siswa. Tidak hanya tes secara tertulis saja, instruktur ilmu bela diri juga mungkin akan melakukan tes pemeriksaan secara fisik.

Yang mana, tes ini akan dilakukan dengan menerapkan berbagai gerakan ilmu bela diri yang sudah disetujui oleh pihak instruktur profesional terkait. Apabila instruktur bela diri yang mengikuti serangkaian tes tersebut dinyatakan lulus ujian dan sudah memenuhi persyaratan lainnya, maka akan memperoleh sertifikat sebagai bukti kemampuan dan penguasaan ilmu bela diri yang dimiliki.

Cara Mendapatkan Sertifikat Bela Diri
Cara Mendapatkan Sertifikat Bela Diri

Demikianlah tadi informasi lengkap yang bisa Anda ketahui seputar beberapa cara mendapatkan sertifikat bela diri, yang mana perlu diikuti oleh semua instruktur ilmu bela diri.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button