Tutorial

7 Cara Mengatasi Audio Tidak Tersedia Di Reels Instagram

Cara mengatasi audio tidak tersedia di reels Instagram, di sebabkan karena Instagram tidak mengizinkan anda mengunduh reels ikut beserta audio atau musiknya.

Akan tetapi penyebab di atas tidak relevan, biasanya pada beberapa versi perangakat mengalami bug saat menggunakan audio di reels instagram.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena banyak cara yang muncul untuk masalah tersebut. Ada beberapa rekomendasi yang bisa anda ikuti untuk mengatasi reels yang audio-nya tiba-tiba menghilang dan tidak ada sama sekali.

Agar anda paham bagaimana cara mengatasi audio tidak tersedia di reels Instagram, silahkan anda simak isi artikel ini sampai habis. Karena di artikel ini banyak metode dan langkah-langkah yang bisa diikuti lewat aplikasi Instagram anda sekalian.

Apa Itu Reels Instagram?

Apa Itu Reels Instagram?
Apa Itu Reels Instagram?

Reels Instagram merupakan fitur video pendek dengan durasi setidaknya 90 detik. Anda dapat merekam dan mengedit video pendek.

Kemudian anda juga bisa menambahkan musik, efek, dan suara ke klip yang anda rekam dari kamera ponsel dan kamera instagram.

Reels ini akan muncul pada postingan instagram anda di bagian tengah Reels, Hal ini akan menambah kesan menarik dan menambah informasi singkat dari kegiatan sehari-hari anda.

Kegunaan Reels Instagram Penjelasan
Hiburan Reels Instagram memberikan hiburan dengan video-video singkat, musik, tarian, komedi dan konten kreatif lainnya
Kreativitas Pengguna dapat mengekspresikan kreativitas mereka melalui pengeditan video, efek khusus dan penggunaan lagu atau suara
Promosi produk Pebisnis dapat memanfaatkan reels untuk mempromosikan produk atau layanan mereka dengan cara yang menarik dan kreatif
Meningkatkan keterlibatan Reels dapat meningkatkan keterlibatan pengikut dengan memberikan konten yang segar dan beragam di akun pengguna
Interaksi dengan audience Pengguna dapat berinteraksi dengan audience mereka melalui komentar, like dan tanggapan terhadap video reels

Apa Saja Fitur Terbaru Di Reels Instagram?

Apa Saja Fitur Terbaru Di Reels Instagram?
Apa Saja Fitur Terbaru Di Reels Instagram?

Sebelum kita memuat kasus tentang bagaimana cara mengatasi audio tidak tersedia di reels instagram.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui fitur-fitur yang digunakan dalam reels instagram.

Baca Juga :  8 Cara Mengatasi Isi Voucher Telkomsel Sistem Sibuk

Ketika anda ingin merekam reels di Instagram, Anda bisa menggunakan fitur-fitur di bawah ini:

  • Audio

Reels Instagram menawarkan anda untuk menggunakan musik dari fitur audio, banyak musik trending dan lawas yang bisa anda gunakan secara gratis untuk kebutuhan video anda.

  • Efek

Anda bisa menemukan filter dan menambahkan efek kamera. Anda tinggal mengusap dan menggulir beragam efek dan filter yang telah disediakan oleh instagram.

  • Stiker

Selain efek, anda bisa menggunakan stiker untuk pelengkap isi dari reels instagram anda, stiker ini dapat anda jadikan sebagai penguat informasi agar video anda terkesan lebih istimewa.

  • Pengatur Kecepatan

Reels Instagram juga memberikan anda kesempatan untuk mengatur waktu video reels instagram. Anda bisa mengatur kecepatan lambat dan cepatnya video pendek tersebut.

  • Tata Letak

Anda bisa mengubah tata letak reel Instagram yang anda rekam. Anda akan dapat memilih tata letak kisi atau skala yang berbeda untuk setiap reels yang berjalan.

  • Timer (Waktu)

Untuk memilih durasi klip yang cocok anda bisa menggunakan timer atau pengatur waktu. Jadi menghitung mundur klik sebelum anda mulai merekam.

  • Kamera Ganda

Reels Instagram menyediakan fitur kamera ganda, itu artinya anda dapat merekam reels menggunakan kamera depan dan belakang pada perangkat anda secara bersamaan.

  • Foto Transparan

Terakhir adalah fitur foto transparan, fitur ini memungkinkan anda untuk menggunakan foto transparan untuk menyelaraskan klip berikutnya sebelum merekam.

Ternyata Ini Penyebab Audio Musik Tidak Tersedia Di Reels Instagram

Ternyata Ini Penyebab Audio Musik Tidak Tersedia Di Reels Instagram
Ternyata Ini Penyebab Audio Musik Tidak Tersedia Di Reels Instagram

Cara mengatasi audio tidak tersedia di reels Instagram sebenarnya mudah, yaitu dengan memeriksa versi Instagram yang anda gunakan saat ini.

Nah sebelum anda mencoba rekomendasi terkait cara mengatasi audio tidak tersedia di reels Instagram, anda harus tahu dulu beberapa penyebab audio tidak tersedia di reels Instagram berikut ini.

Kenapa lagu di reels tidak tersedia? Bisa saja, info di bawah ini dapat membantu anda untuk menggunakan reels instagram lebih baik lagi.

1.Instagram Tidak Diupdate

Penyebab pertama audio reels instagram tidak dapat dipasang, dikarenakan instagram yang digunakan masi versi yang lama.

Seperti yang kita ketahui, Instagram selalu mengupdate fitur dan aplikasi dalam jangka waktu tertentu. Masalah ini memang sepele dan banyak yang menghiraukan-nya.

2.Koneksi Jaringan Bermasalah

Penyebab yang kedua, dikarenakan koneksi jaringan beramasalah sehingga mengalami bug yang dapat menganggu konektivitas penggunaan reels instagram.

3.Akun Instagram Dibatasi

Ketika anda harus tahu, apakah akun instagram anda dibatasi atau tidak. Biasanya audio yang tidak dapat digunakan, terjadi karena akun dibatasi oleh pelanggaran yang telah dilakukan.

Coba deh gunakan Cara Merapikan Feed Instagram Agar Tampilan Lebih Menarik.

4.Instagram Error

Ketika anda tidak dapat menggunakan audio di reels Instagram, bisa disebabkan karena Instagram mengalami gangguan atau error. Hal ini sering terjadi dalam beberapa waktu, ketika anda menggunakan Instagram dalam waktu yang cukup lama.

Baca Juga :  7 Cara Menggunakan Kulkas Baru Merk Sharp yang Benar

5.Perangkat Terkena Malware

Terakhir dikarenakan perangkat yang anda gunakan terkena virus atau malware. Datangnya malware dikarenakan perangkat anda mengizinkan semua penginstalan untuk aplikasi pihak ketiga, hal ini rentan membuat data di ponsel anda mudah diretas.

Begini Cara Mengatasi Audio Tidak Tersedia Di Reels Instagram

Begini Cara Mengatasi Audio Tidak Tersedia Di Reels Instagram
Begini Cara Mengatasi Audio Tidak Tersedia Di Reels Instagram

Cara mengatasi audio tidak tersedia di reels Instagram sebenarnya tidak begitu merepotkan, karena aplikasi Instagram sudah sangat kompleks.

Namun kasus-nya akan berbeda jika akun Instagram anda sudah dibatasi akses nya, hal ini perlu diajukan banding kepada help center Instagram.

Nah jika masalahnya umum anda bisa coba cara mengatasi audio tidak tersedia di reels instagram dengan rekomendasi di bawah berikut ini:

Eitss sebeum-nya apakah anda sudah pernah cobain Cara Download Video di Instagram Tanpa Aplikasi ke Galeri.

  • Update Instagram Versi Terbaru

Cara mengatasi audio tidak tersedia di reels Instagram yang pertama adalah dengan update atau memperbaharui aplikasi Instagram dengan versi yang terbaru.

Aplikasi Instagram harus anda perbarui, agar semua fitur reels, postingan, story, dan lain sebagainya dapat digunakan tanpa harus memiliki kendala.

Update aplikasi instagram juga sangat mudah, berikut langkah-langkah-nya di bawah ini:

  1. Buka play store di ponsel anda.
  2. Tab di kolom pencarian.
  3. Ketik Instagram di bilah kolom.
  4. Silahkan klik Update pada fitur instal.
  5. Tunggu proses update sampai selesai.
  • Login Ulang Akun Instagram

Cara mengatasi audio tidak tersedia di reels Instagram yang kedua adalah dengan melakukan login ulang akun Instagram anda.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi bug pada fitur-fitur aplikasi Instagram sebelumnya, cara ini harus anda lakukan secara rutin jika aplikasi sudah mulai terasa berat.

  1. Buka dan login akun instagram anda.
  2. Klik Gari Tiga di bagian sudut kanan atas.
  3. Pilih pengaturan gulir ke bawah dan pilih Logout.
  4. Close aplikasi instagram dan bukan kembali.
  5. Masukkan akun instagram anda kembali.
  • Mulai Ulang Ponsel Andal (Restart)

Cara mengembalikan audio reels yang hilang di Instagram bisa dikembalikan dengan memulai ulang ponsel anda, atau bisa disebut dengan restart ponsel yang anda gunakan.

Melakukan restart pada ponsel anda, akan mengurangi masalah bug pada ponsel anda. Sehingga ponsel anda bisa digunakan lebih fresh tanpa bug sama sekali.

  1. Tekan tombol power anda selang beberapa detik.
  2. Tunggu sampai muncul pilihan restart.
  3. Silahkan klik Mulai Ulang atau Restart.
  4. Tunggu proses mulai ulang sampai selesai.
  5. Jika sudah, buka dan masukkan reels instagram anda kembali.

Ini dia beberapa tips Cara Mudah Cari Judul Lagu Dari Video Instagram Reels dan IGTV.

  • Pakai Mode Pesawat Dengan Jaringan Wifi

Jika anda tidak dapat menambahkan audio di reels Instagram, silahkan aktifkan mode pesawat dan nyalakan jaringan wifi yang terhubung di ponsel anda.

Baca Juga :  4 Cara Menyembunyikan Story IG Dari Semua Orang Dengan Cepat

Biasanya Cara mengatasi audio tidak tersedia di reels Instagram dengan kombinasi wifi dan mode pesawat, cukup membantu dan kompatibel karena menghasilkan jaringan yang lebih stabil.

  1. Buka ponsel lalu tutup semua aplikasi yang berjalan.
  2. Pastikan tidak ada aplikasi pada latar belakang.
  3. Lalu tarik ulur dan aktifkan Mode Pesawat.
  4. Aktifkan wifi dan hubungkan dengan jaringan yang tersedia.
  5. Silahlan jalankan dan login akun instagram anda.
  • Bersihkan Sampah Chace Instagram

Apakah anda menemukan masalah lagu ini sekarang tidak tersedia di Instagram? Hal ini terjadi karena beberapa musik yang tidak memiliki lisensi, tidak dapat masuk di dalam reels Instagram.

Namun ada beberapa kendala seperti sampah cache Instagram yang menumpuk, sehingga menimbulkan bug pada beberapa fitur seperti audio dalam reels Instagram.

Ikuti cara mengatasi audio tidak tersedia di reels Instagram berikut:

  1. Buka pengaturan ponsel anda.
  2. Cari aplikasi instagram.
  3. Klik Hapus Chace atau Bersihkan Chace.
  4. Pada beberapa ponsel ditandai dengan Hapus Data.
  5. Kemudian pilih Bersihkan Chace.
  • Logout Semua Akun Instagram Yang Tidak Digunakan

Cara mengatasi audio tidak tersedia di reels instagram dapat anda lakukan dengan logout semua akun instagram di dalam aplikasi Instagram anda.

Jika aplikasi Instagram anda memiliki beberapa akun di dalam-nya, akan mengakibatkan terjadinya masalah sistem operasi yang terhambat.

Sehingga fitur tidak dapat digunakan, disarankan untuk logout semua akun yang terdata dalam satu aplikasi Instagram yang digunakan juga pada satu ponsel utama.

  1. Jalankan aplikasi Instagram anda.
  2. Klik Garis Tiga di bagian profile.
  3. Scroll ke bawah dan pilih paling akhir.
  4. Logout semua akun yang tersedia.
  5. Close instagram, dan login dengan akun anda.
  • Tidak Menggunakan Akun Instagram Bisnis

Cara mengatasi audio tidak tersedia di reels Instagram yang terakhir, anda tidak disarankan untuk menggunakan akun Instagram bisnis, karena akun bisnis tidak bisa menggunakan reels audio di Instagram.

Jadi harap menggunakan akun Instagram dengan label pribadi. Supaya anda dapat menggunakan semua fitur reels termasuk musik dan beberapa fitur-fitur yang telah dijelaskan di atas sebelumnya.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Reels Instagram Yang Benar?

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Reels Instagram Yang Benar?
Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Reels Instagram Yang Benar?

Apakah anda sudah tahu bagaimana cara menggunakan fitur reels Instagram yang benar? Jika belum, silahkan ikuti petunjuk yang ada di bawah ini.

Langkah-langkah di bawah ini dapat anda lakukan, agar anda tidak memiliki kendala saat memasukkan audio atau musik di dalam video reels anda.

  • Buka dan jalankan aplikasi Instagram anda.
  • Klik ikon Tambah di beranda aplikasi Instagram.
  • Geser ke kiri dan pilih fitur Reels.
  • Anda bisa memasukkan video atau mulai merekam dengan kamera instagram.
  • Setelah itu anda bisa memilih fitur yang ingin digunakan.
  • Klik logo Musik di bagian atas fitur.
  • Cari musik yang ingin anda gunakan.
  • Setelah itu sesuaikan alur dan lirik yang sesuai selera anda.
  • Klik centang di bagian kanan atas.
  • Silahkan pilih berikutnya di bilah kanan.
  • Anda bisa menambahkan klik dan mengedit video.
  • Klik berikutnya dan posting reels anda.
  • Selesai.

Penutup

Cara Mengatasi Audio Tidak Tersedia Di Reels Instagram
Cara Mengatasi Audio Tidak Tersedia Di Reels Instagram

Rekomendasi cara mengatasi audio tidak tersedia di reels Instagram merupakan petunjuk yang paling simple dan dapat anda gunakan dengan mudah, ketika fitur audio tidak mengalami bug sudah seharusnya anda periksa aplikasi Instagram dan bersihkan sampah cache Instagram sesuai dengan cara mengatasi audio tidak tersedia di reels Instagram yang telah dijelaskan di atas.

Irfan Nathanael

"The Only Easy Day was Yesterday"
Back to top button