Tutorial

6 Cara Mengetahui WA Di Sadap Jarak Jauh

Dengan semakin banyaknya orang yang khawatir terkait fenomena WA di sadap dari jarak jauh, hal ini membuat cara mengetahui WA di sadap jarak jauh semakin dibutuhkan oleh banyak orang. Untuk menghindari kerugian akibat WA yang di sadap dari jarak jauh, Anda harus selalu mengingat cara ini dengan baik.

WhatsApp (WA) merupakan aplikasi chatting online yang sering dipakai oleh sebagian besar orang di Indonesia, karena aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang sangat bermanfaat.

Tidak hanya bisa digunakan untuk mengirim pesan saja, tapi aplikasi ini juga bisa dipakai untuk menelepon, melakukan video call, mengirim pesan di grup, dan lain sebagainya.

Namun, dengan kecanggihan teknologi yang semakin pesat seperti sekarang ini, masalah WA di sadap dari jarak jauh semakin sering di alami oleh beberapa orang. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena masalah ini bisa dihadapi dengan melakukan cara yang mudah.

Cara Mengetahui WA Di Sadap Jarak Jauh

Cara Mengetahui WA Disadap Jarak Jauh
Cara Mengetahui WA Disadap Jarak Jauh

Anak-anak muda mungkin sudah tahu masalah apa yang akan terjadi jika WA miliknya di sadap oleh orang tidak bertanggung jawab. Namun, kemungkinan besar orang tua belum tahu masalah yang dapat terjadi tersebut.

Masalah terbesar ketika akun WA disadap oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab adalah privasi Anda tidak terlindungi, sehingga data-data penting bisa diketahui oleh orang lain.

Untuk menghindari masalah yang lebih besar dari itu, Anda perlu mengetahui cara untuk mengecek nya dengan baik. Berikut adalah cara mengetahui WA di sadap jarak jauh yang bisa dilakukan dengan cukup mudah:

1. Cek Apakah Ada Perangkat Lain yang Login

Cek Apakah Ada Perangkat Lain yang Login
Cek Apakah Ada Perangkat Lain yang Login

Cara mengetahui WA di sadap jarak jauh yang pertama bisa dilakukan dengan mengecek apakah ada perangkat lain yang login dengan menggunakan akun Anda tersebut.

Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa pengguna WA yang belum tahu cara melakukannya. Untuk mengecek apakah ada perangkat lain yang melakukan aktivitas login, ikuti cara di bawah ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp, lalu klik simbol titik tiga yang ada di bagian kanan atas layar.
  2. Pilih menu “Perangkat Tertaut”, kemudian lihat nama-nama perangkat yang ada di halaman tersebut.
  3. Jika ada nama atau tipe perangkat yang tidak Anda kenal, maka ada kemungkinan WA tersebut sedang di sadap oleh orang lain.
Baca Juga :  8 Cara Memindahkan Foto Dari Google Foto Ke Galeri dengan Mudah

Namun, sebelum merasa yakin bahwa WA tersebut sedang di sadap oleh orang lain, Anda perlu memastikan bahwa perangkat yang tertaut itu benar-benar bukan milik orang terdekat Anda.

Jadi, akan lebih baik jika Anda menanyakan ke orang-orang terdekat Anda terlebih dahulu, apakah pernah melakukan login ke akun WA itu atau tidak.

2. Baterai Tiba-Tiba Cepat Habis

Baterai Tiba-Tiba Cepat Habis
Baterai Tiba-Tiba Cepat Habis

Tak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya cara mengetahui WA di sadap jarak jauh juga bisa dilakukan dengan memperhatikan kualitas baterai HP.

Saat WA di sadap oleh orang lain, hal ini dapat membuat baterai perangkat menjadi cepat habis. Maka dari itu, orang-orang perlu mengecek kualitas baterai nya, apakah masih normal atau tidak.

Alasan mengapa baterai jadi cepat habis saat WA di sadap dari jarak jauh adalah, karena pelaku akan melancarkan aksi penyadapan tersebut dengan memasang aplikasi khusus di perangkat korban.

Biasanya, aplikasi ini tidak memiliki sistem keamanan yang terjamin, sehingga dapat merusak kualitas baterai dari perangkat yang memasangnya.

Semakin lama aplikasi itu berjalan di sebuah perangkat, maka semakin terkuras baterai dari perangkat tersebut. Jika Anda sudah mulai merasakan tanda-tanda yang seperti ini, cek kembali perangkat Anda apakah ada aplikasi tidak dikenal yang tiba-tiba terpasang di perangkat tersebut.

3. Muncul Notifikasi Aneh secara Tiba-Tiba

Tidak hanya baterai yang tiba-tiba cepat habis, ciri lain dari WA disadap dari jarak jauh adalah tiba-tiba muncul notifikasi aneh yang sebelumnya tidak pernah muncul.

Salah satu jenis notifikasi yang dapat menandakan bahwa WA sedang di sadap oleh orang lain adalah notifikasi yang menyebutkan bahwa aplikasi sedang berjalan.

Seperti yang sudah banyak orang tahu, saat ada perangkat lain yang melakukan aktivitas login WA, maka notifikasi perangkat tertaut akan muncul di perangkat utama.

Jika Anda merasa tidak melakukan aktivitas tersebut dalam waktu dekat ini, maka ada kemungkinan yang melakukan aktivitas login itu merupakan orang yang tidak bertanggung jawab.

Pastikan untuk menanyakan tentang hal ini ke orang-orang yang pernah meminjam WA Anda terlebih dahulu, dan cek nama perangkatnya melalui menu perangkat tertaut. Namun, jika tidak ada yang merasa melakukan aktivitas tersebut, maka Anda harus mengatasinya dengan cepat.

4. Muncul Pesan WhatsApp yang Aneh

Ini juga bisa menjadi cara mengetahui WA di sadap jarak jauh yang paling tepat, karena saat akun WA sedang di sadap oleh orang lain, kemungkinan besar pelaku akan memakainya untuk mengirim pesan yang aneh.

Baca Juga :  5 Cara Melihat Info WA yang Disembunyikan

Saat ada pesan WhatsApp yang tiba-tiba terkirim, tapi Anda tidak pernah mengetik nya sendiri, hal ini dapat menjadi bukti bahwa akun WA sedang di sadap.

Tentu saat hal ini terjadi Anda harus segera mencari tahu bagaimana cara mengatasinya dengan benar. Sebab, jika situasi ini terus diabaikan, maka risiko pencurian data-data penting akan semakin besar.

Untuk menghindari hal tersebut, jangan pernah izinkan orang lain untuk meminjam akun WA Anda tanpa mengetahui alasan tepatnya.

5. Terdengar Suara Bising Saat Melakukan Telepon WA

Cara mengetahui WA di sadap jarak jauh yang paling tepat memang dengan mengenali ciri-cirinya dengan baik. Salah satu ciri-ciri dari WA di sadap adalah terdengar suara bising saat pemilik akun sedang melakukan telepon pada aplikasi tersebut. Suara bising muncul akibat aplikasi penyusup yang sudah dipasang oleh pelaku.

Namun, ada beberapa orang yang mengira suara bising ini mungkin terdengar, karena orang yang ada di seberang telepon tersebut sedang berada di lokasi yang ramai. Maka dari itu, untuk menghindari kebingungan yang seperti ini, Anda perlu menanyakannya terlebih dahulu ke lawan bicara.

6. Cek Penggunaan Data Internet Apakah Meningkat Drastis

Cara mengetahui WA di sadap jarak jauh yang terakhir adalah dengan mengecek penggunaan data internet yang ada dalam perangkat tersebut. Jika penggunaan data internet dikatakan meningkat drastis, maka ada kemungkinan akun WA milik Anda sedang di sadap oleh orang lain.

Hal ini juga terjadi karena ada aplikasi penyusup yang dipasang dalam perangkat tersebut. Untuk mengecek apakah penggunaan data internet tiba-tiba meningkat drastis, ikuti langkah-langkah yang ada di bawah ini:

  • Masuk ke menu Settings”, lalu pilih opsi “Wireless & Networks” untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  • Pilih opsi selanjutnya yang bertuliskan “Data Usage”, kemudian lihat daftar aplikasi yang sedang menggunakan data internet.
  • Perhatikan penggunaan data internet untuk aplikasi WhatsApp, apakah normal atau tidak.
  • Jika hasil menunjukkan penggunaan data internet pada aplikasi WhatsApp tidak normal, maka ada kemungkinan akun WA tersebut sedang di sadap.

Berbagai cara mengetahui WA di sadap jarak jauh ini memiliki tingkat kemudahan yang berbeda, sehingga pilih salah satu cara yang paling dianggap mudah. Jika tidak, maka Anda akan kesulitan untuk mengikuti cara tersebut.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Disadap dari Jarak Jauh

Cara Mengatasi WhatsApp yang Disadap dari Jarak Jauh
Cara Mengatasi WhatsApp yang Disadap dari Jarak Jauh

Para pengguna WhatsApp tidak hanya perlu memahami cara mengetahui WA di sadap jarak jauh saja, tapi mereka juga perlu memahami bagaimana cara mengatasinya dengan tepat. Sebab, masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, jika pemilik akun aslinya tahu caranya dengan benar.

Baca Juga :  7 Cara Menghapus Kontak Yang Tidak Bisa Dihapus Di WA

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah WhatsApp disadap dari jarak jauh. Dalam hal ini, berikut adalah beberapa cara yang bisa mengatasi masalah WhatsApp disadap dari jarak jauh:

1. Nonaktifkan Akun WhatsApp

Setelah melakukan salah satu cara mengetahui WA disadap jarak jauh yang ada di atas dan hasilnya kemungkinan besar benar, maka Anda harus segera mengatasinya dengan cara yang tepat. Cara yang paling sering dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menonaktifkan akun WhatsApp secara sementara.

Jangan melakukan aktivitas ini secara asal-asalan, agar akun WA bisa digunakan kembali nanti. Untuk menonaktifkan akun WhatsApp secara sementara, kirim email ke support@whatsapp.com dan jelaskan alasan mengapa ingin menonaktifkan akun tersebut.

Biasanya, pihak customer service WhatsApp akan merespon di hari kerja. Setelah mendapat persetujuan dari pihak WhatsApp, biasanya akun tersebut baru bisa digunakan kembali setelah 30 hari kemudian. Jadi, tidak perlu khawatir akun WA itu tidak bisa digunakan kembali setelah di nonaktifkan untuk sementara waktu.

2. Mengaktifkan Fitur Verifikasi 2 Langkah

Tak kalah penting dari cara mengetahui WA disadap jarak jauh, cara mengatasi masalah ini juga wajib diketahui oleh para pengguna WhatsApp. Selain dengan menonaktifkan akun WA untuk sementara waktu, masalah ini juga bisa diatasi dengan mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah yang ada di aplikasi tersebut. Untuk mengaktifkannya, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp dan klik tombol titik tiga yang ada di bagian kanan atas layar.
  2. Masuk ke menu “Settings”, lalu pilih opsi “Akun” dan “Verifikasi Dua Langkah”.
  3. Klik tombol “Enable” dan masukkan 6 digit kode rahasia yang tidak boleh diketahui orang lain.
  4. Aktifkan alamat email untuk memulihkan kata kunci. Selesai.

3. Install Ulang Aplikasi WhatsApp

Jika kedua cara sebelumnya sudah dilakukan namun masih belum ampuh dalam mengatasi masalah WA di sadap, maka coba cara yang satu ini. Metode ini bisa dilakukan setelah mengikuti cara mengetahui WA di sadap jarak jauh dan hasilnya memang menunjukkan bahwa WA sedang di sadap.

Sebelum melakukan install ulang pada aplikasi WhatsApp, pastikan untuk meng-uninstall-nya terlebih dahulu. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengunduh dan memasang aplikasi WhatsApp lagi:

  • Buka aplikasi Google Play Store dan masukkan kata kunci “WhatsApp” pada kolom pencarian.
  • Klik tombol “Install” yang ada di bagian kanan layar, lalu tunggu sampai proses pengunduhan dan pemasangan berhasil dilakukan.
  • Setelah itu, login kembali dengan memasukkan nomor telepon yang terdaftar dalam aplikasi WhatsApp sebelumnya.

Penutup

Cara Mengetahui WA Disadap Jarak Jauh
Cara Mengetahui WA Disadap Jarak Jauh

Informasi terkait cara mengetahui WA di sadap jarak jauh dan cara untuk mengatasinya ini memang harus diketahui oleh para pengguna aplikasi WhatsApp. Dengan begitu, mereka bisa lebih menghindari terjadinya masalah yang lebih serius ketika WA miliknya sedang di sadap oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Setiap orang pasti akan terkena sadap apabila tidak menjaga keamanan perangkat elektronik nyadengan baik. Demikianlah pembahasan tentang cara mengetahui WA di sadap jarak jauh serta langkah dan cara mengatasinya agar terhindar dari sadap.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button