TutorialRagamTips

4 Cara mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

Tahukah kamu penyebab baterai Hp boros? Selain penggunaan, aplikasi salah satu penyebabnya, lantas bagaimana cara mengetahui aplikasi yang boros baterai? ketahui penyebab dan cara mengetahuinya disini.

Salah satu permasalahan pengguna smartphone adalah baterai yang cepat habis, sayangnya lagi hal tersebut terjadi disaat beraktivitas dan mengganggumu. Selain usia baterai, beberapa kemungkinan yang membuat pemakaian baterai mu boros termasuk aplikasi yang kamu unduh sebelumnya.

Sering kali sobat tidak menyadari penggunaan baterai cepat habis meskipun telah mengubah pengaturan ponsel menjadi ”mode hemat baterai”, nah untuk itu penting bagi kamu mengetahui aplikasi penyedot baterai mu dan untuk segera mengatasinya. Sebelum kita membahas cara mengetahui aplikasi yang boros baterai, simak penyebab baterai ponselmu cepat habis berikut ini:

Kenapa Baterai Cepat Habis?

Kenapa aplikasi boros baterai
Sumber: kreditpintar.com

Sobat, pernahkah baterai kamu habis lebih cepat dari waktu yang diperkirakan? hal ini tentu membuat kita risau terlebih kamu yang melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan ponsel. Sebelum kita mengulas cara mengetahui aplikasi yang boros baterai, ketahui beberapa penyebab daya ponsel mu cepat habis:

  1. Usia baterai ponsel yang secara langsung mempengaruhi keawetannya, ponsel dengan usia baterai 5 tahunan membuat baterai cepat habis.
  2. Cahaya layar ponsel yang berlebihan tentu mempengaruhi penggunaannya, ketika kamu menghidupkan fitur ”pencahayaan otomatis” yang menyesuaikan cahaya layar pada saat tertentu atau kondisi disaat kamu menaikkan pencahayaan pada ruang gelap akan membuat baterai cepat habis.
  3. Aplikasi yang berjalan di belakang layar, seperti yang kita bahas dalam artikel ini, aplikasi yang berjalan di latar belakang berpengaruh pada penggunaan baterai, beberapa aplikasi tanpa disadari akan menghabiskan masa penggunaan dengan notifikasi atau waktu penggunaannya, untuknya kamu perlu cara mengetahui aplikasi yang boros baterai berikut.
Baca Juga :  5 Format dan Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Benar

Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

Adanya aplikasi pasti menguras baterai dengan cepat, terutama aplikasi-aplikasi baru yang kamu install. Selain itu, penggunaan aplikasi secara terus menerus akan menghabiskan daya, Ikuti cara mengetahui aplikasi yang boros baterai di android berikut :

  • Pada androidmu, buka setting/pengaturan dan scroll kebawah untuk menemukan baterai. Klik baterai akan muncul detail pemakaian baterai mu saat itu. Dalam fitur ini kamu bisa mengaktifkan penghemat dan fitur lain yang mendukung pemakaian baterai.
  • Klik Ikon 3 sebagai cara mengetahui aplikasi yang boros baterai di sudut kiri atas, temukan penggunaan baterai.
Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai
penggunaan baterai
  • Selanjutnya kamu akan diarahkan pada grafik penggunaan baterai mu. Dibawahnya akan muncul aplikasi dengan penggunaan daya terbesar, scroll kebawah untuk melihat urutan aplikasi.
Cara Mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai
penggunaan baterai
  • Setelah itu kamu dapat memutuskan untuk uninstall aplikasi, dengan begitu baterai ponsel tidak mudah habis.

Cara Mengatasi Aplikasi yang Boros Baterai

Aplikasi yang kamu gunakan di smartphone tentu memiliki fungsi yang beragam, mulai dari chatting, browsing dan berbelanja. Setelah mengetahui cara melihat aplikasi yang boros baterai, lakukan cara berikut cara berikut  untuk menghemat penggunaan baterai :

  • Hapus aplikasi yang tidak dibutuhkan

Tentu kamu memiliki aplikasi yang tidak dibutuhkan dalam jangka panjang, hapus penggunaan aplikasi yang tidak dibutuhkan atau aplikasi yang bisa dialihkan fungsinya.

  • Nonaktifkan Aplikasi

cara menonaktfkan aplikasi sementara
Nonaktifkan Aplikasi

Jika kamu enggan menggunakan cara pertama, kamu bisa mengatasi penggunaan baterai dengan menonaktifkan aplikasi yang sedang tidak digunakan. Nonaktifkan aplikasi dengan membuka pengaturan lalu temukan aplikasi dan notifikasi, klik paksa berhenti pada aplikasi yang ingin dinonaktifkan

Dengan cara diatas, kamu tidak akan kehilangan aplikasi/unisntall. Aplikasi tetap tersedia didalam ponsel mu tetapi tidak akan berjalan di layar dan akan membantu menghemat penggunaan baterai mu.

  • Gunakan Ponsel Seperlunya

Selain baterai yang telah rusak, waktu pemakaian merupakan alasan bateraimu cepat habis. Menggunakan ponsel dengan bijak akan membantu keawetan baterai, membatasi penggunaan setiap harinya dengan menetapkan waktu maksimal penggunaan ponsel atau gunakan aplikasi yang tidak banyak menyedot daya ponsel.

  • Fancy Battery untuk menghibernasi Aplikasi

aplikasi penghemat baterai
Fancy Battery untuk menghibernasi Aplikasi

Jika kamu enggan menghapus aplikasi, lakukan alternatif lain untuk menghemat penggunaan bateraimu dengan aplikasi Fancy battery. Aplikasi fancy dapat menghemat penggunaan baterai hingga dua hari dan disebut bersih karena memiliki manfaat berlipat ganda.

Baca Juga :  6 Cara Upload Story WA HD Android Dengan dan Tanpa Aplikasi Terbaru 2024

Fancy battery melakukan penghematan baterai dengan menghibernasi aplikasi yang sedang berjalan sehingga sangat direkomendasi untukmu, lainnya aplikasi ini berfungsi sebagai penguat telepon, antivirus, dan booster android yang kuat dengan satu ketukan. Temukan aplikasi penghemat baterai lainya disini: 6 Aplikasi Penghemat Baterai Hingga 2 Hari

Link Download Aplikasi Fancy Battery

Nama Aplikasi Fancy Battery
Ukuran 18 MB
Total Download 5 jt+
Link Playstore Klik Disini

Kesimpulan

Cara mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai
Cara mengetahui Aplikasi yang Boros Baterai

Itu dia cara mengetahui aplikasi yang boros baterai pada android, setelah mengetahui aplikasi yang boros baterai kamu dapat menghentikan penggunaan aplikasi maupun gunakan aplikasi tambahan untuk menghematnya. Demikian artikel ini semoga sobat terbantu, selamat mencoba.!

Back to top button

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay