Tutorial

9 Cara Mengatur Durasi Foto di TikTok Agar Hasil Video Lebih Menarik

Cara Mengatur Durasi Foto di TikTok merupakan salah satu hal yang wajib kamu ketahui jika ingin menghasilkan konten yang menarik.

Hingga sampai saat ini fitur mengatur durasi di TikTok ini menjadi pusat perhatian banyak pengguna. Pasalnya, fitur TikTok ini bisa menjadi penentu kualitas konten yang akan di unggah ke patform tersebut.

Secara umum, durasi foto yang terlalu lama atau terlalu singkat dapat mengurangi efektivitas konten yang sedang dibuat, bahkan menghilangkan pesan yang ingin disampaikan pada penonton yang akan melihatnya.

Untuk itu sudah saat-Nya kamu untuk menghasilkan video yang berkualitas lewat pengaturan durasi yang telah disediakan oleh pihak TikTok. Langsung saja simak informasi cara mengatur durasi foto di TikTok ini sampai selesai!

Sekilas Tentang Fitur Sesuaikan Klip di TikTok

Fitur Sesuaikan klip TikTok memungkinkan setiap pengguna untuk mengedit dan memotong, menambahkan filter, musik, efek khusus, teks, dan stiker pada klip video yang dibuat.

Fitur ini akan memberikan kontrol yang besar kepada pengguna dalam mengedit foto dan video, pasalnya melalui fitur ini kamu dapat membuat konten yang lebih menarik dan kreatif.

Melalui fitur sesuikan klip di TikTok, kamu juga bisa mengatur pergantian musik dengan durasi foto sehingga menghasilkan konten yang lebih maksimal.

Mengapa Harus Mengatur Durasi Foto di TikTok?

Mengatur durasi foto di TikTok sangat penting dilakukan karena dapat mempengaruhi kualitas dari keseluruhan tampilan video TikTok yang dibuat.

Umumnya, durasi foto yang terlalu lama atau terlalu singkat dapat mengurangi efektivitas konten yang sedang dibuat, bahkan menghilangkan pesan yang ingin disampaikan pada penonton yang akan melihatnya.

Baca Juga :  3 Cara Transfer Pulsa Smartfren Ke Telkomsel paling Mudah dan Terbaru!

Selain itu alasan mengapa kamu harus mengatur durasi foto di TikTok yaitu ketika ingin membuat video dengan musik latar, maka durasi foto sesuai dengan tempo atau ritme musik.

Bukan hanya itu saja, mengatur durasi foto dengan benar juga dapat membantu menjaga kesinambungan dan konektivitas antara foto dan video. Jadi sebaiknya pahami bagaimana cara mengatur durasi foto di TikTok untuk menghasilkan konten yang lebih menarik.

Cara Mengatur Durasi Foto di TikTok

Mengatur durasi pada foto di TikTok merupakan salah satu hal yang wajib kamu ketahui. Selain membuat hasil video menjadi menarik, mengatur durasi foto juga akan berpengaruh pada posisi musik atau backsound.

Cara Mengatur Durasi Foto di TikTok
Cara Mengatur Durasi Foto di TikTok

Cara mengatur durasi foto di TikTok sangat mudah dilakukan, bahkan setiap penggunanya dapat melakukan hal ini. Pasalnya, hanya dengan klik fitur sesuaikan klik kamu langsung bisa mengatur durasi foto di TikTok.

Untuk cara mengatur durasi foto di TikTok agar memperoleh hasil video yang lebih menarik, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka Aplikasi TikTok

Langkah pertama cara mengatur durasi foto di TikTok yaitu membuka aplikasi TikTok yang ada di smartphone kamu terlebih dahulu.

Pastikan koneksi internet yang kamu gunakan lancar atau stabil agar proses mengatur durasi foto di TikTok tidak terkendala dan hasil video yang di dapatkan lebih maksimal.

2. Pilih Lagu di Halaman Utama TikTok

Pilih Lagu
Pilih Lagu

Sebelum mengatur durasi foto di TikTok, kamu bisa memilih lagu di halaman utama. Namun jika sebelumnya kamu sudah mendapatkan pilihan lagu yang menjadi backsound foto tersebut, kamu bisa langsung mencarinya. Ketika sudah menemukan video dengan lagu di TikTok, kamu dapat mengklik langsung lagu tersebut.

3. Klik Simpan Lagu

Simpan Lagu
Simpan Lagu

Untuk menyimpan lagu, kamu bisa mengklik ikon pemutaran lagu kemudian akan tampil beberapa konten yang dibuat oleh pengguna lain dengan menggunakan lagu tersebut. Kemudian simpan lagu atau musik dengan cara klik Tambah ke Favorite atau Simpan.

4. Kembali ke Menu Home dan Pilih ikon +

Langkah selanjutnya untuk cara mengatur durasi foto di TikTok yaitu kembali ke menu utama atau beranda TikTok kamu. Setelah itu, klik ikon + yang berada dibagian bawah layar.

5. Klik Unggah

Unggah Foto
Unggah Foto

Pada bagian ini kamera TikTok akan tampil beserta beberapa menu lainnya. Karena tujuannya adalah untuk mengatur durasi foto di TikTok, silahkan klik menu Unggah yang ada disebelah kanan bawah layar.

Baca Juga :  Newapps.Tech Instagram/Privategram 2024

6. Pilih Foto

Setelah itu pilih beberapa foto dari galeri sesuai dengan yang kamu inginkan. Agar lebih memudahkan kamu dalam memilih beberapa foto yang akan dibuat ke TikTok, klik menu Pilih lebih dari satu.

Pastikan foto yang akan diatur sesuai dengan yang kamu inginkan, agar proses mengatur durasi foto di TikTok berlangsung dengan baik.

7. Klik Berikutnya

Apabila sudah memilih semua foto yang akan diatur durasi nya di TikTok, selanjunya klik menu Berikutnya yang berada di kanan bawah layar ponsel kamu.

8. Masukkan Lagu

Berikutnya masukkan lagu TikTok yang telah kamu simpan atau tambahkan sebagai favorite. Untuk mendapatkan lagu yang sebelumnya disimpan, kamu bisa klik ikon musik yang ada di bagian atas layar.

Setelah itu pilih menu Favorit dan pilih lagu yang akan dijadikan sebagai backsound foto kamu. Kemudian klik judul lagunya hingga muncul tanda centang. Apabila sudah muncul klik tanda centang tersebut.

9. Klik Sesuaikan Klip

Sesuaikan Klip
Sesuaikan Klip

Jika lagu sudah berhasil dijadikan sebagai backsound, klik Sesuaikan Klip. Ini merupakan langkah yang menjadi penentu cara mengatur durasi foto di TikTok. Pada bagian ini kamu bisa menyesuaikan berapa lama waktu foto tersebut muncul dalam sebuah konten.

Penyebab Fitur Sesuikan Klip TikTok Tidak Muncul

Beberapa pengguna TikTok mengeluh karena ditur sesuaikan klip tidak muncul ketika sedang mengatur durasi foto yang sedang di edit.

Salah satu faktor yang menjadi penyebabnya yaitu versi aplikasi yang digunakan saat ini. Apabila kamu masih menggunakan aplikasi versi lama dapat dipastikan fitur sesuaikan klip TikTok tersebut tidak akan muncul.

Beberapa penyebab fitur Sesuaikan Klip TikTok tidak muncul ketika mengedit atau mengatur durasi foto yaitu sebagai berikut.

  • Masalah teknis.
  • Masih menggunakan aplikasi versi lama.
  • Terjadinya bug sistem.
  • Fitur tidak tersedia di wilayah kamu saat ini.
  • Kompatibilitas perangkat.

Cara Membuat Slide Foto di TikTok Tanpa Aplikasi Tambahan

Fitur slide foto terbagi menjadi dua bagian, yakni mode foto dan mode video. Jika kamu ingin membuat kedua mode tersebut sangatlah mudah, pasalnya langkah cara untuk membuatnya tidak memiliki perbedaan.

Pada bagian ini kamu hanya perlu mengumpulkan gambar, akan tetapi tampilan yang akan disajikan sangat memiliki hasil yang jauh berbeda.

Untuk mode foto, konten yang ditampilkan berupa slide foto satu persatu dengan tanda titik di bagian bawah yang berfungsi sebagai jeda antara satu foto dengan foto yang lainnya. Sedangkan untuk mode video, foto yang telah dikumpulkan akan digabung menjadi konten slideshow dan foto akan bergeser secara otomatis.

  • Buka aplikasi TikTok di ponsel kamu.
  • Klik ikon + yang ada dibawah layar.
  • Pilih opsi Unggah atau Upload.
  • Pilih beberapa foto yang akan dibuat menjadi konten slide show.
  • Setelah itu, klik Berikutnya.
  • Foto yang telah dipilih akan tampil dalam bentuk video. Karena ingin membuat slide foto kamu bisa beralih ke mode foto.
  • Agar mendapatkan hasil yang menarik kamu bisa mengatur durasi dengan langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.
  • Lalu kli Berikutnya.
  • Masukkan Deskripsi foto sesuai dengan gambar yang telah kamu pilih, jangan lupa tambahkan hashtag, mention, tag dan location.
  • Terakhir, klik opsi Posting.
Baca Juga :  9 Cara mengirim Chip Higgs Domino Di iPhone 2022

Jika ingin mengabadikan konten slide video yang telah kamu edit, sebaiknya unduh video tanpa menggunakan watermark TikTok yang akan muncul pada konten.

Manfaat Mengartur Durasi Foto Tiktok Penjelasan
Penyampaian Pesan yang Lebih Baik Dengan mengatur durasi foto dengan cermat, Anda dapat menyampaikan pesan atau cerita dalam video TikTok dengan lebih efektif. Anda bisa menyesuaikan durasi untuk memastikan setiap foto atau klip video mendukung narasi atau pesan yang ingin Anda sampaikan.
Tingkat Kepuasan Pengguna Video TikTok yang memiliki durasi foto yang tepat lebih mungkin membuat pemirsa Anda lebih puas. Jika foto atau klip video terlalu cepat, pemirsa mungkin kesulitan untuk memahami konten nya. Jika terlalu lambat, pemirsa bisa merasa bosan. Dengan durasi yang tepat, Anda dapat menjaga keseimbangan ini.
Kreativitas yang Terlibat Pengaturan durasi foto yang baik memungkinkan Anda untuk lebih kreatif dalam penyuntingan video TikTok. Anda bisa menggunakan efek transisi, teks, musik, dan elemen visual lainnya untuk menambahkan daya tarik dan keunikan nya pada video Anda.
Kendali Atas Ritme dan Alur Anda dapat mengendalikan ritme dan alur video TikTok Anda dengan mengatur durasi foto. Ini membantu Anda untuk menonjolkan momen penting, menjaga perhatian pemirsa, dan membuat video yang menarik.
Keefisienan Waktu Pengaturan durasi foto yang tepat membantu Anda memaksimalkan waktu dalam video TikTok. Anda dapat menyampaikan pesan atau cerita dalam waktu yang singkat tanpa kehilangan informasi penting. Ini penting dalam format video yang terbatas dalam hal waktu.

Akhir Kata

Cara Mengatur Durasi Foto di TikTok
Cara Mengatur Durasi Foto di TikTok

Nah, sudah taukan bagaimana cara mengatur durasi foto di TikTok? sekarang saatnya kamu melakukan setiap langkah diatas dengan benar.

Pastikan durasi yang telah dibuat sesuai dengan backsound musik latar belakang foto kamu agar hasil video yang dibuat lebih menarik dan pesan yang ada di dalam video ter sampai kan kepada penonton.

Semoga informasi cara mengatur durasi foto di TikTok ini bermanfaat bagi dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button