TutorialPeluang Usaha

8 Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal

Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal, banyak di gandrungi karena Frozen food kini menjadi jenis makanan yang banyak disukai. Selain itu, produk frozen food memiliki masa kadaluarsa yang cukup lama sehingga kalian tidak akan rugi jika produk tidak bisa terjual dengan cepat.

Ada berbagai alasan individu mencari cara menjadi reseller frozen food tanpa modal sebagai peluang bisnis, misalnya, telah memiliki target pasar tersendiri, lebih mudah dipasarkan, serta bisa dijalankan tanpa modal. Dengan alasan tersebut, wajar saja jika banyak individu yang mencari cara menjadi reseller frozen food tanpa modal.

Sekilas Tentang Frozen Food

Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal
Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal

Frozen food merupakan jenis makanan yang telah diolah setengah jadi kemudian diawetkan dengan proses pembekuan. Tujuan dari pembekuan ini adalah untuk memperlambat dekomposisi dengan mengubah kadar air dalam makanan menjadi es sehingga menghambat pertumbuhan bakteri di makanan.

Melalui proses pembekuan tersebut, frozen food dapat bertahan dalam waktu yang lama. Setiap jenis frozen food memiliki masa yang berbeda-beda. Hal itu juga tergantung suhu pada penyimpanan makanan, semakin dingin suhu pada freezer maka semakin lama makanan bertahan. Suhu yang tepat untuk menyimpan makanan frozen food adalah -18 ℃.

Sebelum melanjutkan pembahasan cara menjadi reseller frozen food tanpa modal, mari simak kelebihan dan kekurangan bisnis frozen food berikut ini :

Kelebihan bisnis frozen food

Beberapa kelebihan menjalankan bisnis frozen food antara lain :

Mudah untuk memulainya

Bisnis frozen food banyak dipilih karena terdiri dari berbagai macam produk serta rendah resiko. Untuk menjalankannya juga tidak sesulit menjalankan bisnis lainnya.

Kalian hanya perlu mencari pemasok yang tepat kemudian memasarkan produk melalui sosial media ataupun marketplace. Untuk resiko dikatakan rendah karena modal menjalankan bisnis ini sangatlah minim.

Sudah memiliki pasarnya sendiri

Awalnya penggunaan produk frozen food diminati sejak masa pandemi, dimana seluruh masyarakat memilih membeli produk frozen food sebagai stok makanan jangka panjang.

Baca Juga :  9 Cara Buat Link IG Pacar Di Bio Anti Ribet

Pada kondisi ini, sebagian orang melihat peluang usaha yang dapat dilakukan hanya dari rumah saja. Seiring berjalannya waktu, peminat frozen food bertambah dan usaha ini terus berjalan hingga kini. Hal ini menjadi kelebihan bisnis frozend food yang bisa kalian manfaatkan, apalagi jika bagi yang berdomisili jauh dari kota.

Jangka waktu makanan bisa bertahan lama

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa produk frozen food dapat bertahan lama. Dengan begitu, kelebihan ini sangat membantu, sebab pada umumnya bisnis makanan cepat merugi dikarenakan makanan memiliki kualitas yang tidak bisa bertahan lama.

Produk frozen food bisa lebih banyak terjual

Produk frozen food akan lebih mudah terjual diikarenakan terdiri dari beraneka ragam serta ketahanan yang lama, produk ini menjadi pilihan yang tepat oleh kebanyakan masyarakat. Dengan hanya menyimpan di lemari pendingin, konsumen bisa membeli produk dalam jumlah yang banyak tanpa harus takut makanan tersebut basi atau tidak enak.

Selain itu, jika kalian juga memasarkan secara online, tentu jumlah pembeli akan bertambah dari berbagai wilayah.

Kelemahan bisnis frozen food

Selain kelebihan, bisnis frozen food ternyata memiliki kelemahan, yakni :

Bergantung pada mesin freezer 

Frozen food merupakan jenis makanan yang bisa bertahan pada mesin freezer yang bagus. Jadi, tidak hanya sembarang freezer, untuk mempertahankan kualitas makanan, kalian harus memiliki freezer yang mampu memberikan suhu yang tepat pada makanan.

Untuk itu, mesin freezer memiliki peran yang sangat vital dan harus selalu dalam keadaan hidup, tidak boleh rusak. Jika rusak, maka bisnis frozen food tidak bisa berjalan dan hanya akan mengalami kerugian.

Tidak bisa berjalan tanpa pasokan listrik

Selanjutnya, selain mesin freezer tentu hal yang tidak kala penting ialah pasokan listrik yang stabil. Jika kalian sudah memiliki freezer yang bagus namun pasokan listrik tidak stabil juga dapat merusak kualitas makanan.

Listrik yang tidak dapat memenuhi kebutuhan freezer tentunya membuat makanan yang telah di freezer tidak bisa bertahan lama.

Banyaknya kompetitor dan pesaing

Tak hanya pembeli yang meningkat, ternyata senjumlah individu juga tertarik menjalankan bisnis ini melihat kemudahannya. Oleh sebab itu, untuk dapat bersaing kalian harus memiliki perencanaan yang matang.

Misalnya memilih produk frozen food yang banyak disukai didaerah kalian tinggal. Selain itu, pastikan produk supplier frozen food yang kalian pilih menyediakan produk berkualitas. Cara marketing produk frozen food juga wajib dipertimbangkan.

Sebagian besar produk frozen food adalah junk food

Produk frozen food termasuk junk food, yang jenis makanan ini memiliki kandungan kalori, lemak, gula, dan garam yang tinggi, namun rendah vitamin. Jenis produk ini tentunya tidak baik dikonsumsi anak-anak secara berlebihan.

Baca Juga :  Cara Mengecek Nomor Greater Jakarta

Meskipun begitu, untuk tetap menjalankan bisnis frozen food ini bisa diatasi dengan memilih produk frozen food yang tidak mengandung bahan pengawet, seperti daging, ikan, ataupun sayuran beku.

Waktu kadaluarsa sering kali terlupakan

Karena produk frozen food mampu bertahan lama hingga hitungan bulan, membuat kalian kesulitan untuk memastikan waktu kadaluarsa sebuah produk.

Apalagi jika jenis produk pada sebuah freezer berbeda-beda, akan membuat masa kadaluarsa masing-masing produk terlupakan. Jika demikian, kalian harus lebih sering mengecek produk, atau bahkan membuat catatan waktu kadaluarsa setiap produk.

Keuntungan dan kelemahan tersebut wajib kalian pertimbangkan sebelum mencari cara menjadi reseller frozen food tanpa modal. Lantas, bagaimana cara menjadi reseller frozen food tanpa modal ? Simak dibawah ini.

Bagaimana Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal ?

Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal
Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal

Nah, bagi kalian yang ingin mendaftar sebagai reseller, berikut cara menjadi reseller frozen food tanpa modal yang bisa kalian ikuti :

  • Lakukan riset untuk memilih distributor frozen food yang akan dipilih sebagai pemasok produk
  • Dapatkan kontak resmi distributor tersebut
  • Hubungi distributor frozen food, kemudian lakukan tanya jawab seputar syarat dan cara menjadi reseller frozen food tanpa modal
  • Siapkan dokumen yang diperlukan, misalnya izin usaha, NPWP, dan dokumen lainnya.
  • Jika diperlukan, buat proposal bisnis yang menjelaskan profil kamu, visi dan misi bisnis, target pasar, dan strategi pemasaran untuk memasarkan produk frozen food.
  • Ajukan proposal bisnis kamu ke pihak distributor frozen food, baik melalui email, surat, atau datang langsung ke kantor distributor.
  • Jika proposal kamu disetujui, kamu akan diberikan formulir pendaftaran cara menjadi reseller frozen food tanpa modal
  • Setelah mengisi formulir pendaftaran, kamu akan diminta untuk mengirimkannya kembali ke distributor frozen food beserta dokumen-dokumen yang diperlukan.

Sebelum menetapkan distributor yang akan diajak bekerja sama sebagai pemasok produk, jangan lupa untuk memastikan berbagai hal yang diperlukan dalam menjalin kerja sama, seperti perjanjian kontrak, ketetapan harga, pengiriman produk, dan lainnya. Kemudian beberapa distributor frozen food ada yang memfasilitasi freezer kepada resellernya.

Jika kalian mendapatkan distributor yang demikian, maka kalian tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyediakan freezer. Untuk mempermudah kalian menemukan distributor maupun supplier frozen food sebagai pemasok produk, silahkan temukan deretan supplier frozen food tangan pertama disini.

Tips Menjalankan Bisnis Frozen Food Yang Sukses

Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal
Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal

Setelah mengetahui cara menjadi reseller frozen food tanpa modal, informasi yang tidak kalah penting ialah mengetahui tips menjalankan bisnis frozen food yang sukses. Setiap orang yang membangun usaha tentu ingin usaha tersebut berjalan lancar.

Baca Juga :  9 Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 1 MB di HP Android & iPhone Gratis

Untuk itu, agar usaha yang dibangun berkembang, silahkan simak beberapa tips berikut ini :

Pilih Produk Yang Ingin di Jual

Frozen food terdiri dari berbagai macam produk seperti sosis, nugget, bakso, dimsum, kebab, stick kentang, dan lainnya. Kalian dapat memilih beebrapa produk yang populer didaerah kalian saja. Misalnya produk sosis dan nugget.

Pilih Distributor Yang Tepat

Setelah memilih jenis produk yang ingin dijual, maka selanjutnya dalah memilih distributor yang bisa menyediakan sosis dan nugget dengan harga murah dan kualitas terbaik.

Kualitas merupakan poin penting yang tidak boleh dilupakan. Customer yang puas dengan kualitas produk akan ketagihan untuk membeli kembali produk frozen food dari toko kalian.

Membuat Rencana Bisnis

Agar proses perkembangan bisnis nantinya semakin jelas, sebaiknya kalian membuat perencanaan bisnis yang matang. Rencana bisnis yang tersusun rapi akan menguraikan semua ide, tujuan dan strategi marketingmu dalam jangka panjang.

Siapkan juga target market, brand positioning, harga retail dan beberapa hal lain yang perlu. Jika bisa, sertakan juga analisis marketing, strategi penjualan yang akan diterapkan, dan juga informasi kepemilikan yang legal.

Mempersiapkan Legalitas

Untuk kepemilikian bukti legalitas akan dibutuhka ketika kalian ingin membangun brand sendiri sedari awal wajib memenuhi segala persayaratan yang telah ditentukan, misalnya izin BPOM, maupun sertifikasi halal dari MUI.

Namun jika hanya ingin sebagai reseller biasa saja, maka untuk poin berikut, bisa dikesampingkan.

Membuat Banner di Depan Rumah

Jika kalian ingin berjualan Frozen Food dirumah, maka kalian bisa memasang banner agar orang tahu bahwa kalian menjual Frozen Food. Tindakan ini secara tidak langsung menjadi cara kalian memasarkan produk diwilayah sekitar.

Membuat Akun Sosial Media dan Toko Online

Selanjutnya membuat akun sosial media sebagai teknik pemasaran untuk menjangkau customer yang lebih luas. Media Sosial sendiri termasuk salah satu Platform gratis yang bisa kalian manfaatkan untuk memulai sebuah usaha jualan.

Terlebih lagi karena produk frozen food merupakan produk yang dapat bertahan lama. Namun jika pengiriman membutuhkan waktu yang cukup lama, kalian wajib memperhatikan packaging produk, agar tetap aman ketika sampai pada pelanggan.

Keuntungan Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal

Bisnis Frozen food termasuk peluang usaha yang cukup menjanjikan saat ini. Berbagai keuntungan menjalankan  bisnis frozen food, seperti :

  • Cara menjadi reseller frozen food tanpa modal mudah diterapkan
  • Untuk menjalankan bisnis frozen food membutuhkan modal yang lebih terjangkau
  • Sangat cocok untuk bisnis rumahan sehingga tidak perlu menyewa tempat khusus seperti kios atau ruko.
  • Peralatan dan bahan sudah disediakan oleh perusahaan frozen food dan kita hanya perlu menjualnya saja.
  • Peluang bisnis jangka panjang karena popularitasnya terus ada selama bertahun-tahun.

Jika kalian sudah memiliki toko kelontong sebelumnya, menghadirkan produk frozen food juga pilihan yang tepat karena produk ini kini sudah banyak disukai masyarakat disetiap daerah.

Penutup

Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal
Cara Menjadi Reseller Frozen Food Tanpa Modal

Cara menjadi reseller frozen food tanpa modal bisa diterapkan dengan mudah jika kalian bisa menyelesaikan langkah-langkah secara bertahap dengan benar.

Untuk mengembangkan bisnisnya, mempertimbangkan tips yang tertera diatas mungkin dapat membantu sobat, karena tips diatas merupakan tips yang pada umumnya digunakan oleh pengusaha frozen food yang sudah menjalankannya terlebih dahulu.

Demikian cara menjadi reseller frozen food tanpa modal, semoga pembahasan ini bisa menjadi referensi sobat untuk menjalankan bisnis frozen food.

Back to top button