Promo Top Up Game TermurahšŸ˜
Tips

4 Cara Mengetahui Jumlah Anak Anjing Dengan Mudah

Cara mengetahui jumlah anak anjing – Kehamilan seekor anjing betina tentu merupakan hal yang paling di tunggu-tunggu setiap pemiliknya karena pada masa tersebut seekor anjing betina akan melahirkan anak-anak anjing yang lucu dan menggemaskan.

Lalu apakah dog lovers perlu mengetahui jumlah anak anjing? jawabannya tentu perlu ya agar kalian dapat memastikan bagaimana ukuran badan anjing yang semestinya dan seberapa banyak asupan yang dibutuhkan anjing pada saat anjing sedang mengandung.

Tanda-Tanda Kehamilan Pada Anjing Betina

Cara memastikan kehamilan anjing
Tanda-tanda kehamilan pada anjing

Seekor anjing betina biasanya dapat mengandung pertama kali di usia yang berbeda-beda tergantung jenisnya masing masing.

Untuk anjing ras kecil biasanya sudah diperbolehkan untuk mengandung pada usia minimal 6 bulan sedangkan pada anjing ras yang lebih besar dapat mengandung pada usia minimal 12 bulan hingga 18 bulan.

Seekor anjing betina dapat hamil dan melahirkan dari usia tersebut sampai sepanjang hidup mereka. Namun apabila anjing betina hamil pada usia 7 tahun maka perlu perhatian khusus karena kesehatan mereka tentu sudah mengalami penurunan dan itu dapat mempengaruhi kondisi kandungan mereka.

Nah sebelum mengetahui cara mengetahui jumlah anak anjing sebaiknya kamu melihat tanda-tanda kehamilan pada anjing berikut ini :

1. Aktivitas anjing berkurang

Jika sebelumnya kamu memiliki anjing betina yang super aktif dan tiba-tiba lemas atau tidak energik maka ini mungkin dapat menunjukkan bahwa anjing kamu sedang hamil ya.

Cara ini sangat berguna karena biasanya anjing betina yang sedang hamil lebih sering menghabiskan waktu mereka untuk tidur atau beristirahat sangat lama dibandingkan seperti sebelumnya.

Namun apabila anjing kamu memang tidak melakukan banyak aktivitas setiap harinya maka hal ini terlihat sama saja dan kamu bisa ikuti cara selanjutnya.

2. Terjadinya perubahan nafsu makan pada anjing

Salah satu tanda kehamilan pada anjing betina yang paling sering terjadi ialah nafsu makan anjing berkurang. Perubahan nafsu makan pada anjing tidak semuanya sama karena hal ini bergantung pada usia kehamilan dan jenis atau ras mereka.

Biasanya perubahan ini akan sangat jelas terlihat pada usia kandungan yang memasuki awal atau pertengahan bulan kehamilan karena pada usia tersebut akan terjadi perubahan hormon pada anjing.

3. Adanya perubahan perilaku pada anjing

Selain nafsu makan yang berkurang, anjing betina juga akan mengalami perubahan perilaku pada saat hamil dimana perubahan ini terlihat dari perilaku mereka yang semakin manja dan sering mencari perhatian kalian dibandingkan biasanya. Namun disisi lain mereka bisa juga menjadi lebih suka menyendiri, tidak ingin diganggu atau lebih sensitif ya.

4. Berat badan anjing meningkatĀ 

Anjing betina yang sedang hamil tentu akan memiliki perut yang semakin membesar dan ini juga bisa mempengaruhi berat badan mereka. Jadi buat para owner yang ingin memastikan kehamilan anjing maka hal yang dapat kalian amati ialah adanya kenaikan berat badan secara tiba-tiba pada anjing.

5. Puting anjing yang membesar dan berubah warna

Anjing betina yang sedang hamil akan mengalami perubahan di area puting mereka. Perubahan tersebut ditandai dengan ukuran puting yang semakin membesar. Selain itu, puting juga akan berubah warna menjadi sedikit lebih gelap dari biasanya.

Cara Mengetahui Jumlah Anak Anjing Dengan Benar

Cara mengetahui jumlah anak anjing
Cara terbaik mengetahui jumlah anak-anak anjing

Umumnya anjing hamil pada rentan waktu 62-64 hari atau sekitar 2 bulan lamanya. Walaupun memang masa kehamilan anjing masih bervariasi karena tergantung pada ras dan ukuran anak anjing yang ada di dalam kandungan.

Selain ras dan ukuran kandungan, jumlah anak-anak anjing juga mempengaruhi waktu kehamilan pada anjing karena apabila jumlah anak anjing lebih banyak dari jumlah anak anjing normal maka waktu kehamilan anjing akan semakin bertambah.

Maka dari itu, kalian perlu mencari tau jumlahnya melalui cara mengetahui jumlah anak anjing berikut ini :

1. Melalui Berat Badan Anjing

Cara mengetahui jumlah anak anjing bisa kalian lakukan melalui pengamatan terhadap berat badan anjing. Biasanya berat badan anjing yang berlebihan atau obesitas dapat menandakan bahwa anak di dalam kandungan berjumlah lebih sedikit dari biasanya.

Nah, untuk menghindari berat badan anjing meningkat pada saat hamil sebaiknya perhatikan pola makan mereka dan hindari memberi makanan dengan suplemen protein tinggi agar kemungkinan memperoleh jumlah anak anjing lebih banyak lagi bisa terpenuhi.

2. Mengetahui usia anjing betina

Cara mengetahui jumlah anak anjing bisa dilakukan melalui usianya. Umumnya seekor anjing betina bisa mengandung pada usia 6 bulan hingga 7 tahun.

Nah pada usia 6 bulan biasanya seekor anjing betina akan memiliki peluang yang lebih besar untuk jumlah anak anjing yang lebih banyak dibandingkan pada usia 5-7 tahun.

3. Melalui jenis atau ras anjing

Setiap anjing memiliki jumlah anak yang berbeda-beda dan ini bisa terjadi jika dilihat dari jenis atau ras anjing. Untuk itu cara mengetahui jumlah anak anjing bisa kalian tebak menggunakan jenisnya.

Umumnya, jumlah anak anjing pada jenis anjing chihuahua berkisar 4 ekor anak saja, anjing spaniel amerika bisa berkisar 5 ekor dan untuk anjing biasa atau ras besar bisa berkisar hingga mencapai 10 ekor anak anjing saja.

4. Bantuan dokter hewan

Cara mengetahui jumlah anak anjing paling efektif dan cepat ialah melakukan pemeriksaan pada dokter hewan. Cara ini dapat kalian lakukan jika usia kandungan anjing memasuki pada hari ke 45 ya.

Selain itu, pada tahap ini dokter hewan akan melakukan USG atau radiografi untuk cek kondisi kandungan dan jumlah anak-anak anjing. USG dan radiografi memiliki teknik pengecekan yang berbeda karena radiografi menggunakan sinar X sedangkan USG tidak dan untuk ke akuratannya bisa dikatakan bahwa sinar X 93 persen lebih akurat dari USG ya.

Baca Juga :Ā 10+ Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

Tips Merawat Anjing Yang Sedang Hamil

Tips merawat anjing hamil
sumber gambar : pinterest.com

Selain cara mengetahui jumlah anak anjing, kami juga menyajikan tips mudah dalam merawat anjing yang sedang hamil agar anak-anak dalam kandungannya tetap sehat dan lahir sempurna.

  1. Berikan anjing tempat istirahat yang nyaman
  2. Sediakan makanan khusus untuk anjing hamil
  3. Ajak anjing berjalan-jalan keluar rumah untuk menghindari faktor stres pada anjing
  4. Jangan memberikan obat hamil sembarangan
  5. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter hewan
  6. Berikan vitamin yang dibutuhkan oleh anjing selama masa kehamilannya
  7. Atur pola makan anjing
  8. Berikan vaksin pada anjing yang hamil agar anak dalam kandungannya aman dan sehat
  9. Jangan memberikan makanan rumahan pada anjing yang sedang hamil
  10. Lindungi anjing dari anjing lainnya

Pembahasan serupa lainnya : 6 cara merawat anak anjing yang baru lahir

Penutup

Cara Mengetahui Jumlah Anak Anjing
Cara Mengetahui Jumlah Anak Anjing

Cara mengetahui jumlah anak anjing merupakan hal yang sangat mudah karena dapat kita lakukan dalam 4 tahapan saja. oleh sebab itu mari lakukan cara-cara diatas segera untuk memastikan kehamilan pada anjing, jumlah anak anjing dan untuk menjaga kandungan anjing. Sekian pembahasan mengenai cara mengetahui jumlah anak anjing dan terimakasih.

Back to top button