Promo Top Up Game Termurahūüėć
Tips

10+ Penyebab dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

Penyebab dan cara mengatasi anjing tidak mau makan_ Hello Dog Lovers… sedang mengalami masalah anabul kesayangan anda yang tidak mau makan? simak penyebab dan cara mengatasi anjing tidak mau makan dibawah ini!

Sebagai pecinta anjing merupakan suatu moment yang sangat menyedihkan sekaligus mengkwatirkan ketika menyaksikan anjing kita dalam keadaan lemas tak berdaya karena tidak mau makan. Saat berada di situasi seperti ini terkadang kecemasan kita yang terlalu besar membuat kita jadi mengabaikan penyebab mengapa dia tidak nafsu makan sehingga kita memberikan obat-obatan sembarangan yang malah menjadi memperburuk kondisi anabul kita.

Maka dari itu perlu bagi sobat untuk mengkaji terlebih dahulu apa kira-kira penyebabnya, mengapa anabulnya tidak mau makan supaya bisa memberi penanganan yang tepat. Maka dari itu saya sebagai penulis artikel ini tertarik untuk berbagi pengalaman dan info terkait menghadapi anabul yang tidak mau makan.

So, untuk Dog Lovers yang sedang mengalami masalah seperti yang telah disebutkan diatas, jangan kemana-mana ya, Simak penyebab dan cara mengatasi anjing tidak mau makan berikut ini

Penyebab Anjing Tidak Mau Makan

Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab anjing tidak mau makan, yang bisa sobat jadikan sebagai pertimbangan untuk mengetahui penyebab anabul kesayangan kamu tidak mau makan dan memberi penanganan yang tepat.

  • Cacingan

Cacingan
Penyebab anjing tidak mau makan/ Sumber: id.wikihow.com

Masalah yang paling sering ditemui yang menjadi penyebab anjing tidak mau makan adalah karena cacingan/ adanya parasit usus yang menginfeksi saluran pencernaan anjing. Kondisi ini ditandai dengan keadaaan anjing yang lemas, perut membuncit, depresi, sebagian bahkan ada yang mengalami diare dan muntah serta batuk berdarah.

Meski sudah menjadi masalah yang umum terjadi pada anjing, namun penyakit seperti ini bisa berujung pada kematian apabila tidak segera ditangani.

  • Adanya Penyakit Dalam

Penyakit dalam pada anjing
Source: www.ngopibareng.id

Jangan mengira penyakit dalam hanya terjadi pada manusia ya gaes, karena sebenarnya pada anjing pun bisa terkena penyakit dalam, seperti kanker, tumor, gagal ginjal, hepatitis, dan berbagai penyakit dalam lainnya.

Salah satu gejala yang dimunculkan oleh situasi ini adalah kurangnya nafsu makan, atau bahkan tidak mau sama sekali makan.

  • Bosan dengan Lingkungannya

Bosan dengan Lingkungannya
Sumber: 107dog.files.wordpress.com

Khusus untuk penyebab yang satu ini biasanya terjadi pada anjing yang di kurung/ dikandang di dalam rumah. Taukah kamu? anjing yang kesehariannya berada di tempat tertutup, akan menyebabkan depresi dan tidak bersemangat, dan akhirnya tidak mau makan.

Masalah seperti ini paling sering ditemui pada anjing yang sudah tinggal ditempat tertutup ditambah lagi dengan tuannya yang sering berada diluar rumah (bekerja), sehingga tidak memiliki waktu untuk bermain dengan anabulnya.

  • Terserang Virus Mematikan

Terdapat 2 jenis penyakit anjing yang disebabkan oleh serangan virus, yaitu distemper anjing dan virus Parvo. Kedua penyakit ini sangat berdampak pada anjing menjadi tidak nafsu makan. Untuk lebih memahami, berikut pemaparan dari kedua jenis penyakit tersebut

Distemper Anjing

Distemper Anjing
Sumber: tanyadokterhewan.com

Jenis penyakit ini merupakan serangan dari virus yang sangat membahayakan bagi anjing dan sangat berisiko akan penularan yang cepat melalui paparan udara, liur, urin, maupun feses. Kondisi ini memungkinkan jika ada anjing disekitar lingkungan yang terserang penyakit distemper, maka anjing lain yang berada dilingkungan yang sama juga akan tertular.

Biasanya distemper anjing ditandai dengan mengerasnya bantalan kaki, hidung yang seharusnya lembab menjadi kering dan seperti terdapat kerak dan juga mata merah, bengkak serta mngeluarkan kotoran. 

Salah satu dampak yang ditimbulkan dari penyakit ini adalah tidak nafsu makan. Jika tidak ditangani segera, maka akan memperburuk kondisi anjing, bahkan yang lebih fatalnya lagi bisa berujung kematian. Karna penyakit distemper ini merupakan salah satu penyakit yang mematikan pada anjing.

Virus Parvo

Virus mematikan berikutnya yaitu virus Parvo. Penyakit ini bahkan lebih berbahaya dari distemper yang telah dibahas sebelumnya. Karna itu jarang anjing yang terinfeksi virus ini bisa diselamatkan. Sama seperti distemper, penyakit yang disebabkan oleh virus parvo juga merupakan penyakit yang penyebarannya sangat cepat.

Virus parvo biasanya ditandai dengan diare bercak darah dan dengan bau yang sangat menyengat dari bau kotoran anjing yang normal, serta muntah dan dehidrasi. Hal itu karena saat terinfeksi, virus ini hanya akan menyerang sel-sel di saluran usus, sumsum tulang, dan kulit anjing.

Anjing yang terkontaminasi oleh virus ini akan kehilangan nafsu makan bahkan sama sekali tidak mau makan. Barangkali disini mungkin ada Cat Lovers juga, kamu boleh mengunjungi laman ini untuk mendapatkan walpaper kucing paling keren, lucu dan aesthetic 30+ Wallpaper Kucing Aesthetic Paling Lucu dan Imut 2022

  • Menu makanan yang Monoton

Menu makanan yang Monoton
Penyebab anjing tidak mau makan/ Sumber: sibinatang.com

Penyebab paling umum yang membuat anjing tidak mau makan adalah menu makanannya yang begitu-begitu saja sehingga menimbulkan rasa bosan dan tidak bernafsu untuk makan.

Sama seperti kita manusia, pastinya bosan dan tidak berselera makan apabila menu makanan kita hanya itu-itu aja setiap harinya, maka dengan demikian untuk sobat Dog lovers cobalah untuk mengatur menu makanan yang bervariasi dan teratur untuk anabul kesayangan kamu, supaya meningkatkan selera makannya dan tidak menimbulkan rasa muak dengan satu jenis makanan saja setiap harinya.

  • Kurang Perhatian/ Tidak Bahagia

Anjing tidak bahagia
Source: www.kompas.com

Ditengah kesibukan kita yang begitu padat, kadang kita jadi lupa memberi perhatian pada anabul kita. Memelihara anjing sebenarnya tanggung jawabnya besar. Tak hanya memenuhi kebutuhan pangannya, akan tetapi kita juga harus memenuhi kebutuhan psikisnya. Tidak terpenuhinya kebutuhan psikis anjing membuatnya menjadi tidak bahagia yang pada akhirnya anjing tidak mau makan.

Jangan pernah berniat untuk memelihara Anjing jika anda tidak benar-benar memiliki Komitmen, karena memelihara anjing akan menempatkanmu diposisi harus rela mengorbankan Waktu dan juga Materi

Kebutuhan psikis anjing diwujudkan dengan sering mengajaknya bermain, walau sebentar tapi itu pasti membuatnya lebih bahagia dan merasa disayangi. Selain bermain, mengajaknya jalan-jalan juga akan sangat mempengaruhi kondisi psikis anjing. Dalam hal ini, apabila kamu merupakan seseorang yang punya banyak kesibukan, kamu bisa memanfaatkan waktu untuk membawa keluar jalan-jalan anabuk kesayangan kamu saat sedang jogging pagi/ sore.

  • Penyakit Gigi

gigi anjing
Source: dokterhewan.co.id

Apabila kondisi anjing anda sebelumnya baik-baik saja, dan tidak ada terdapat tanda-tanda/ gejala aneh, sebaiknya coba anda periksa giginya. Kemungkinan anjing anda tidak mau makan disebabkan oleh kondisi sakit gigi atau ada sesuatu yang nyangkut digigi anabul anda.

  • Lingkungan Baru

Anjing bosan dengan lingkungannya
Sumber: www.kompas.com

Apakah anda dan anabul anda baru saja berpindah tempat ke lingkungan yang baru. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab anjing tidak mau makan, karena sedang menjalani proses penyesuaian diri/ berdaptasi dengan lingkungan barunya, atau bisa juga disebabkan karena mabuk habis melakukan perjalanan panjang.

  • Vaksinasi

Vaksinasi anjing
Source: www.halodoc.com

Untuk kondisi seperti ini anda tidak perlu khawatir ya sobat Dog lovers, karena merupakan hal biasa jika anjing yang baru saja di vaksin kehilangan nafsu makan untuk beberapa hari. Setelah itu, nafsu makannya akan kembali normal seperti biasa

Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

Nah, setelah sobat mengetahui beberapa penyebab mengapa anjing tidak mau makan, sekarang penulis akan membagikan cara mengatasi anjing tidak mau makan berdasarkan penyebabnya masing-masing.

No PENYEBAB CARA MENGATASI
1  Cacingan Memberikan obat cacing yang bisa anda dapatkan di Pet Shop. Selain itu ada juga cara alami yaitu dengan memberikan setengah sendok teh air kunyit sekali sehari selama seminggu
2 Penyakit Dalam Karna ini sudah termasuk penyakit yang parah, sebaiknya ditangani langsung oleh dokter. Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter melalui aplikasi Halodoc  Silahkan ketik Dokter Hewan di kolom pencarian setelah masuk ke aplikasinya.
3 Bosan dengan Lingkungannya Seringlah mengajaknya untuk bermain dan jalan-jalan
4  Terserang Virus Mematikan (Distemper) Memberikan vaksin sejak kecil, memberikan vitamin dan suplemen supaya daya tahan dan kekebalan tubuhnya kuat
5  Terserang Virus Mematikan (Varpo) Memberikan vaksin sejak kecil, memberikan vitamin dan suplemen supaya daya tahan dan kekebalan tubuhnya kuat
6 Menu Makanan yang Monoton Membuat daftar menu makanan anjing per minggu. Sehingga pola makannya teratur dengan menu yang bervariasi setiap harinya
7 Kurang Perhatian/ Tidak Bahagia Meluangkan sedikit waktu untuk berkomunikasi dengan anjing setiap harinya. Walau hanya sebentar, tapi itu akan berdampak positif untuk kesehatan psikisnya.
8  Penyakit Gigi Memeriksa gigi anabul dengan teliti
9  Lingkungan Baru Cobalah bawak anabul berkeliling-keliling lingkungan yang baru ditempatinya. Supaya mempercepat proses beradaptasinya dengan lingkungan barunya
10  Vaksinasi Untuk hal ini tidak ada yang perlu di kwahatirkan. Tinggal sabar menunggu waktu saja

Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan Secara Alami Berdasarkan Pengalaman Penulis

Selain beberapa cara yang telah disebutkan diatas, penulis juga ingin berbagi pengalaman terkait cara mengatasi anjing tidak mau makan secara alami. Ada 2 cara yang pernah saya lakukan ketika menghadapi anabul yang tidak mau makan. Dan ajaibnya cara ini berhasil membuat nafsu makan anabul saya kembali normal seperti biasa, bahkan lebih lahap.

Cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Campuran Gula Merah dan Arang

Terdengar aneh memang ya gaes, tapi cara ini terbukti berhasil membuat nafsu makan anabul saya kembali normal seperti biasa. Setiap kali anabul saya mogok makan, saya selalu mengatasinya dengan cara ini dan terbukti selalu berhasil bahkan nafsu makannya lebih lahap dari yang biasanya. Cara ini awalnya disarankan oleh teman saya yang kuliah mengambil jurusan peternakan.

Cara pembuatannya cukup mudah, yaitu melalui langkah-langkah berikut ini:

  1. Haluskan secukupnya arang
  2. Setelah dirasa sudah halus, campurkan dengan gula merah secukupnya
  3. Tambahkan sedikit air. Lalu campur lagi sampai merata
  4. Obat ramuan siap diberikan kepada anabul

Note: Perlu untuk diketahui dan diingat, agar tidak berlebihan dalam memberikan obat ini. Setelah nafsu makan anabulnya dirasa sudah lebih membaik. Segera hentikan ya sobat!

Kuning Telur Ayam Kampung

Kuning telur ayam kampung dipercaya bagus untuk kesehatan. Tak hanya pada manusia, pada hewan juga seperti anjing kuning telur sangat bermanfaat, terutama bagi pencernaannya. Seperti yang kita ketahui, Kuning Telur mengandung asam lemak yang tinggi. Tubuh anjing dapat memecah asam lemak dan kemudian menyerapnya melalui saluran pencernaan. Asam lemak inilah yang kemudian akan membangun dan memelihara sel-sel tubuh yang sehat.

Artikel Menarik Lainnya: 10 Jenis Anjing Kecil Yang Tidak Bisa Besar

Penutup

Penyebab Dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan
Penyebab Dan Cara Mengatasi Anjing Tidak Mau Makan

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi masalah terkait anjing tidak mau makan. Semoga cara-cara yang telah diberikan, bermanfaat untuk teman-teman semuanya. Terimakasih telah berkunjung.

Back to top button