Tips

Arti JKS Transit Center J&T Express : Dimana dan Berapa Lama

Dalam dunia ekspedisi ada banyak istilah yang harus kita ketahui sebagai pelanggan, salah satunya jks transit center yang sering muncul saat tracking paket pada area pengiriman tertentu.

Untuk membahas jks transit center kita harus menyenggol salah satu penyedia layanan ekspedisi yang saat ini banyak digunakan masyarakat indonesia, yaitu J&T Express.

Siapa sih yang tidak kenal dengan jasa ekspedisi ini, tidak berselang lama setelah kehadiran J&T Express masyarakat mulai memercayakan pengiriman disini karena dianggap layanan ekspedisi terbaik mulai dari pelayanan sampai kecepatan pengiriman.

Apa itu JKS Transit Center?

Bgai anda yang selalu menggunakan jasa ekspedisi J&T sudah tidak jarang dengan istilah tracking yang digunakan ketika melacak paket baik melalui situs resmi maupun situs jual beli online seperti shopee, tokopedia dan sebagainya.

Istilah traking ini pun sangat membantu kita sebagai pelanggan dimana kita akan mengetahui secara detail keberadaan paket untuk mengurangi kecemasan lalu mempersiapkan nominal bagi anda yang mengikuti sistem pembayaran cash on delivery (COD).

Istilah-istilah yang kita jumpai sangat bergama, mulai dari gateway, drop point sampai pada transit canter. Dari beberapa daftar istilah ini jks transit center lah yang menarik perhatian dan paling sering digunakan, sebenarnya apa arti dari jks transit center ini?

Arti JKS transit center
Arti JKS transit center

JKS Transit Center Merupakan status pengiriman yang memiliki arti bahwa barang yang akan dikirim telah sampai di gudang transit. Dengan adanya status pengiriman JKS transit center menandakan bahwa barang yang akan dikirim telah sampai di gudang transit di daerah Jakarta selatan. Jadi disimpulkan bahwa jks merupakan kode area jakarta selatan.

Oleh karena itu jika mendapati pengiriman dengan subjek transit center itu adalah tempat persinggahan barang. Di depan kata  transit center selalu ada nama kota untuk menunjukkan barang yang sedang transit di kota mana, sama hal nya dengan jks transit center yang berarti jakarta selatan transit center.

Baca Juga :  Kenapa Paket Darurat Telkomsel Aktif Sendiri? Ini Jawabannya!

Lamanya Barang di JKS Transit

Setelah mengetahui makna jks transit center, kalian pasti bertanya-tanya berapa lama barang tertahan di jks center ini. Sebenarnya barang di JKS tidak lebih dari satu hari, jadi sebelum 24 jam paket akan berangkat kota tujuan dan lokasi penerima.

Namun saat tracking dan barang tertahan selama 3 hari, bisa saja paket mu mengalami kendala dalam proses pengiriman barang tersebut.

Intip juga 8 Cara Memperjelas Foto yang Blur Tanpa Aplikasi

Cara Mengatasi JKS Transit Center

Maraknya pedangang online dari daerah ini memungkinkan setiap paket yang dikirimkan selalu menyinggahi jks transit center, karena itulah pertanyaan seputar jks transit selalu muncul.

Munculnya masalah saat pengiriman membuat anda berfikir bagaimana cara mengatasi jks transit center ini, oleh karena itu silahkan coba beberapa opsi berikut :

  1. Tunggu 1-3 hari untuk mengetahui adanya kendala saat pengiriman. Kamu juga bisa berpedoman pada estimasi barang didapatkan, biasanya pengiriman dalam kota memakan waktu 1-3 hari,
  2. Jika paket belum bergerak, kamu mungkin bisa menghubungi call center untuk mengetahui kepastian pengiriman melalui twitter, call center maupun email yang akan kita bahas selanjutnya.

Alur pengiriman Berdasarkan Arti JKS Transit Center

Ada beberapa alur pengiriman pada jks transit center yang harus kamu ketahui, berikut diantaranya :

Barang masuk ke JKS Transit Center, dimana setiap barang kiriman akan masuk kedalam gudang jks untuk di sortir.

Barang kiriman keluar dari JKS Transit Center, dimana barang yang sudah di sortir akan diberangkatkan kepada penerima. Sebelum barang diberangkatkan status pengiriman akan berubah menjadi barang akan segera sampai pada penerima.

Barang dalam proses pengiriman ke alat tujuan dimana setelah barang masuk kedalam gudang masing-masing wilayah, kurir J&T akan mengirimkan barang kepada penerima paket

Cara Cek Resi J&T Express

Anda kaum yang suka belanja online, memang sangat memerlukan cara cek resi jika menggunakan ekspedisi pilihan ini. J&T sendiri memiliki website yang bisa digunakan secara universal untuk melacak keberadaan paket kamu.

Baca Juga :  6 Ciri-Ciri Hoodie Dickies Original Dan KW: Logo, Label, Dan Bahan

Arti JKS Transit Center

Untuk melakukan cara ini dibutuhkan serangkaian nomor pengiriman atau resi yang diberikan oleh pengirim barang. Berikut cara cek resi J&T Express :

  1. Kunjungi halaman jet.co.id/track
  2. Masukkan nomor resi pengiriman dan pastikan nomor benar, kemudian klik search
  3. Jika resi terdaftar, akan muncul lokasi terkini paket yang sedang dikirim
  4. Jika anda memiliki pertanyaan seputar paket, hubungi customer service terkait.

Selain melacak paket melalui situs resmi J&T, ada juga website lain yang bisa kamu manfaatkan untuk melacak resi untuk semua ekspedisi salah satunya J&T, berikut caranya :

  1. Kunjungi halaman cek resi disini
  2. Masukkan nomor resi pengiriman lalu klik cek resi
  3. Akan muncul jenis ekspedisi yang relevan, klik jenis ekspedisi yang anda gunakan
  4. Selanjutnya akan muncul lokasi paket yang sedang dikirim
  5. Bila anda memiliki kendala seputar paket, klik tanya paket dan masukkan nomor resi di tangan mu

Call Center J&T Express

Jika mengalami kendala saat mengirim paket lewat J&T, anda bisa langsung mengunjungi kantor J&T terdekat. Ada juga layanan call center dari J&T untuk mempermudah anda mengetahui status paket dari rumah.

  1. Instagram : jntexpressid
  2. Whatsapp : 0811 8466 188
  3. Call center J&T express: 021 8066 1888
  4. Email: jntcallcenter@jet.co.id atau jntcare@jet.co.id

Beberapa Istilah Pengiriman dari J&T Express

Buat anda pengguna setia layanan ekspedisi ini sangat perlu mengetahui beberapa istilah pengiriman yang digunakan J&T Express.

Istilah ini akan kamu lihat saat tracking resi paket melalui situs J&T maupun cek resi yang sudah kami sampaikan diatas. Ada beberapa istilah yang harus kamu ketahui untuk memastikan perjalanan paket mulai berangkat hingga sampai pada tanganmu.

Dalam tracking ada dua jenis bahasa yang digunakan, kali ini akan kami berikan arti dari istilah tracking berbahasa inggris yang paling mendominasi saat pengiriman :

Kode Arti Status
Drop Point Agen/cabang J&T Express
Departed to Paket sudah diberangkatkan dari tempat asal dan dalam perjalanan ke rute lokasi berikutnya, baik transit atau langsung
Arrived Barang sudah tiba di rute selanjutnya
Processed by Nama petugas J&T yang menangani barang
Transit Center Gudang pemrosesan dimana penimbangan, pengukuran dan sortir dilakukan disini. Selain itu paket keluar dan masuk kota di proses disini.
Gateway Lokasi paket berada
On Process Barang sedang diproses ekspedisi
On Delivery Paket dalam pengantaran kepada penerima
On delivery by Paket sedang dibawa kurir J&T untuk diantarkan pada penerima
Pick Up Paket diambil kurir J&T
City Kota paket diterima/dikirim
Invalid waybill number Nomor resi J&T Salah
Has Been Picked UP Barang sudah diambil kurir J&T dari tangan pengirim
On Hold, Exceeded the Busines Hours Paket sedang tertunda, sudah melewati jam operasional Drop point dan akan dikirimkan besok.
On hold, Contain dangerous goods paket ditahan ekspedisi karena barang termasuk jenis berbahaya, dimana barang bisa saja retur ke pengirim.
Baca Juga :  100 Star Facebook Berapa Rupiah? Begini Cara Hitungnya

Kesimpulan

JKS Transit Center J&T Express
JKS Transit Center J&T Express

JKS Transit Center dalam konteks J&T Express biasanya merujuk pada pusat transit atau hub logistik yang dimiliki oleh perusahaan kurir J&T Express. Di pusat transit ini, paket atau barang yang dikirim melalui J&T Express akan dikumpulkan, di sortir, dan didistribusikan ke lokasi tujuan yang berbeda.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai proses pengiriman dalam bentuk tabel:

Status Pengiriman Keterangan
Parcel Received Paket telah diterima oleh J&T Express dari penjual.
Parcel is at Pick Up Station Paket berada di stasiun penjemputan dan siap untuk didistribusikan ke pusat transit.
Parcel Departed to JKS Transit Center Paket telah diberangkatkan menuju JKS Transit Center.
Parcel Arrived at JKS Transit Center Paket telah tiba di JKS Transit Center. Di sini, paket akan disortir dan didistribusikan ke pusat transit atau stasiun J&T Express berikutnya.
Parcel Departed to Destination Paket telah diberangkatkan menuju lokasi tujuan.
Parcel Arrived at Destination City Paket telah tiba di kota tujuan dan siap untuk didistribusikan ke alamat penerima.
Parcel Out for Delivery Paket sedang dalam proses pengantaran oleh kurir J&T Express.
Parcel Delivered Paket telah sukses diserahkan kepada penerima.

Perlu diperhatikan bahwa proses dan status pengiriman ini bisa berbeda tergantung pada lokasi dan kondisi tertentu. Selalu cek informasi terkini melalui situs web atau aplikasi J&T Express untuk mendapatkan detail terkini mengenai pengiriman Anda.

Kini anda sudah mengetahui arti dari JKS transit center yang dimana paket memasuki area transit wilayah Jakarta Selatan.

Transit paket memakan waktu satu sampai tiga hari, apabila status paket belum berubah berarti ada kendala pengiriman yang harus anda konfirmasi melalui customer service terdekat maupun call center yang sudah kita bahas diatas.

Back to top button