Tutorial

7 Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung dengan Mudah dan Praktis

Aktivitas di smartphone kamu terganggu akibat safe mode yang tiba-tiba aktif sendiri? Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung merupakan langkah awal yang harus kamu cari tahu terlebih dahulu.

Mode aman adalah salah satu fitur di hp Samsung yang berguna untuk mendeteksi masalah yang ada di perangkat handphone tersebut.

Ketika mode aman ini aktif, maka semua aplikasi pihak ketiga tidak akan bisa dijalankan dan hanya aplikasi bawaan dari hp Samsung itu saja yang bisa diakses atau dimainkan.

Akibat dari hal tersebut, tak heran jika banyak yang mencari cara menonaktifkan mode aman Samsung karena dinilai cukup mengganggu dan mempersulit semua aktivitas pengguna khususnya bagi mereka yang memiliki pekerjaan di hp.

Namun kali ini kamu tidak perlu khawatir lagi, karena kamu akan menemukan cara menonaktifkan mode aman Samsung dengan mudah dan praktis dan apa saja indikasi yang menyebabkan fitur tersebut tiba-tiba muncul.

Apa Itu Mode Aman di Hp?

Mode Aman atau safe mode merupakan sebuah fitur yang memungkinkan Hp Android hanya menjalankan sistem utama dan komponen penting saja.

Saat masuk ke safe mode, smartphone tidak akan bisa menjalankan aplikasi pihak ketiga yang di instal dan aplikasi bawaan yang bisa berjalan.

Mode aman biasanya digunakan untuk melakukan troubleshooting atau mencari sumber masalah yang ada di hp Android.

Selain itu hal ini juga bertujuan untuk mengisolasi sumber masalah dan mencegah gangguan yang mungkin disebabkan oleh aplikasi yang tidak kompatibel atau rusak.

Mengapa Orang Mengaktifkan Mode Aman?

Ada beberapa alasan mengapa para pengguna Android khususnya Samsung mengaktifkan safe mode ini meskipun nantinya harus mencari cara menonaktifkan mode aman Samsung lagi.

Hal tersebut dikarenakan safe mode berguna dalam beberapa situasi, mulai dari ketika perangkat mengalami kerusakan sistem, kesalahan pemasangan aplikasi yang tidak kompatibel, atau konflik perangkat lunak yang mengakibatkan kinerja buruk.

Jadi dengan mengaktifkan mode aman tersebut, pengguna dapat menghapus aplikasi yang bermasalah, memecahkan masalah, atau mengidentifikasi apakah permasalahan tersebut berasal dari perangkat keras atau perangkat lunak.

Baca Juga :  5 Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk (GAGAL)

Cara Mengaktifkan Mode Aman Samsung

Cara Mengaktifkan Mode Aman Samsung
Cara Mengaktifkan Mode Aman Samsung

Sebelum memasuki pembahasan inti terkait cara menonaktifkan mode aman Samsung, kemungkinan kamu juga ingin tahu bagaimana cara mengaktifkan safe mode di hp Samsung.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengaktifkan safe mode ini di hp Samsung, yaitu melalui tombol power dan dengan kunci.

Melalui Tombol Power

Jika ingin menggunakan metode tombol power untuk mengaktifkan safe mode di hp Samsung, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Tekan dan tahan tombol power secara bersamaan.
  • Ketuk dan tahan Power off.
  • Saat prompt Reboot to safe mode muncul, klik Ok.
  • Perangkat akan me-restart dan tulisan safe Mode akan muncul di sudut kiri bawah.

Menggunakan Kunci Mode

Bagi kamu yang menggunakan Samsung Galaxy Note 9, HTC U12 Plus, atau tablet Android lainnya, metode ini bisa kamu terapkan untuk mengaktifkan mode aman dengan kunci melalui langkah-langkah berikut ini,

  • Tekan dan tahan tombol power.
  • Pilih Power off untuk mematikan peragkat.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol power kembali hingga muncul logo animasi Samsung atau HTC.
  • Lepaskan tombol power, lalu tekan dan tahan tombol Volume down.
  • Teras pegang hingga perangkat menyala.
  • Jika tulisan Safe Mode sudah muncul, lepaskan tangan kamu dari tombol volume.
  • Safe Mode telah aktif.

Penyebab Safe Mode Samsung Tiba-Tiba Muncul

Penyebab Safe Mode Samsung Tiba-Tiba Muncul
Penyebab Safe Mode Samsung Tiba-Tiba Muncul

Tak heran jika banyak pengguna Samsung yang mencari cara menonaktifkan mode aman Samsung ini, pasalnya safe mode tersebut bisa tiba-tiba muncul padahal pengguna tidak mengaktifkannya.

Sebenarnya hal ini bisa terjadi bukanlah tanpa sebab, karena kemungkinan ada beberapa akses yang sedang berjalan di dalam hp Samsung kamu dan tanpa disengaja fitur tersebut aktif dengan sendirinya.

Nah, sebelum mengetahui cara menonaktifkan mode aman Samsung ini sebaiknya pahami faktor penyebab munculnya fitur tersebut.

Penyebab Mode Aman Samsung Tiba-Tiba Muncul Keterangan 
Aplikasi Tidak kompatibel Salah satu aplikasi yang di install di perangkat mungkin tidak kompatibel dengan versi Android atau perangkat Samsung tertentu sehingga memaksa perangkat masuk ke mode aman untuk mencegah gangguan.
Kesalahan Pemasangan Aplikasi Jika baru-bau ini kamu menginstall aplikasi yang menyebabkan gangguan sistem, perangkat dapat memasuki safe mode untuk mengisolasi masalah tersebut.
Gangguan Firmware Perangkat Samsung mungkin memasuki safe mode jika firmware nya mengalami masalah. Ini dapat terjadi karena pembaruan sistem yang tidak berhasil atau permasalahan dengan proses pembaruan.
Kesalahan Tombol Dalam beberapa kasus, mode aman bisa aktif jika ada masalah dengan tombol power perangkat yang secara tidak sengaja memicu masuk ke mode ini.
Perangkat Rusak Safe Mode bisa aktid secara otomatis jika sistem mengidentifikasi adanya masalah yang mungkin mengganggu operasi normal.
Baca Juga :  8 Cara Masuk Akun WA Orang Lain di HP Kita

Jadi jika perangkat Samsung kamu tiba-tiba masuk ke mode aman, kamu dapat mencoba memecahkan maslaah dengan menghapus aplikasi yang mencurigakan, memeriksa pembaharuan firmware, dan memastikan tidak ada masalah fisik dengan perangkat.

Jika masalah berlanjut. kemungkinan kamu membutuhkan cara menonaktifkan mode aman Samsung sebelum membawanya kepusat service Samsung.

Sibuk browsing namun tiba-tiba muncul notifikasi paket data kamu hampir habis? Yuk isi pulsa dan paket data kamu di aplikasi Mocipay dan dapatkan harga termurah hanya diplatform tersebut.

Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung

Mode aman biasanya digunakan untuk melakukan troubleshooting atau mencari sumber masalah yang ada di hp Android. Namun terkadang mode aman ini bisa muncul tiba-tiba tanpa disengaja mengaktifkannya.

Umumnya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari tombol yang tertekan, aplikasi yang bermansalah, atau sistem yang corrupt.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena cara menonaktifkan mode aman Samsung dapat dilakukan dengan mudah melalui cara dibawah ini.

1. Restart Hp

Menonaktifkan Mode Aman Samsung Melalui Restart Hp
Menonaktifkan Mode Aman Samsung Melalui Restart Hp

Metode pertama yang bisa kamu lakukan untuk menonaktifkan mode aman di perangkat Samsung kamu yaitu dengan mematikan dan menghidupkan kembali Hp tersebut.

Cara menonaktifkan mode aman Samsung dengan restart ini cukup mudah dilakukan, ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk melakukannya :

  • Pastikan tidak ada kinerja yang belum di tutup di smartphone kamu.
  • Tekan dan tahan tombol power Samsung.
  • Pilih opsi Reboot atau muat ulang.
  • Maka hp akan memuat beberapa saat.
  • Tunggu hingga Hp menyala kembali.
  • Safe mode akan hilang, kamu juga sudah bisa menggunakan hp Samsung kamu.

2. Via Notification Center

Menonaktifkan Mode Aman Samsung Via Notification Center
Menonaktifkan Mode Aman Samsung Via Notification Center

Notification Center merupakan sebuah jendela yang dirancang khusus untuk menampilkan notifikasi yang muncul akibat program aplikasi yang berjalan di ponsel kamu. Biasanya notifikasi yang muncul di notification Center adalah Safe Mode aktif.

Saat perangkat Hp berada dalam Safe Mode, notifikasi akan ditampilkan di jendela Notification Center tersebut. Jika ingin menonaktifkan safe mode di Hp Samsung melalui Notification Center ini adalah tutorial nya :

  • Silahkan akses jendela Notification Center.
  • Pilih opsi notifikasi Safe Mode.
  • Klik pada notifikasi Safe Mode.
  • Lanjutkan dengan mengklik menu Matikan.
  • Maka mode aman di Samsung berhasil dinonaktifkan.

3. Melepas Baterai Hp

Menonaktifkan Mode Aman Samsung dengan Melepas Baterai Hp
Menonaktifkan Mode Aman Samsung dengan Melepas Baterai Hp

Cara menonaktifkan mode aman Samsung selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu dengan melepaskan baterai dari hp Samsung yang kamu miliki.

Baca Juga :  6 Cara Mengecilkan Tampilan Layar Laptop Windows 7,8,10 dan 11

Metode ini terbukti dapat menonaktifkan safe mode tersebut, namun perlu dicatat alternatif ini hanya berlaku bagi kamu yang memiliki smartphone dengan baterai yang masih bisa dilepas pasangan dan tidak berlaku untuk pengguna hp yang memiliki baterai tanam.

Jika baterai kamu masih masuk dari kategori baterai lepas pasang, silahkan ikuti tutorial ini untuk menonaktifkan mode aman di Samsung tersebut.

  • Matikan hp terlebih dahulu dengan menekan tombol power.
  • Setelah handphone sudah benar-benar mati, buku penutup baterai dibelakang.
  • Keluarkan baterai yang terpasang.
  • Tunggu beberapa saat dan pasang kembali baterai ke tempatnya.
  • Nyalakan kembali smartphone kamu dan lihat apakah safe mode sudah hilang.

4. Menghapus Aplikasi yang Malfungsi

Nah, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika hp samsung kamu tiba-tiba masuk ke Safe Mode, ini biasanya terjadi karena aplikasi  mengalami kerusakan atau permasalahan pada proses rooting.

Solusi yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menghapus aplikasi malfungsi, maka Safe Mode di handphone Samsung kamu akan berhasil di nonaktifkan. Ini cara menonaktifkan mode aman Samsung dengan menghapus aplikasi yang malfungsi dengan mudah dan praktis.

  • Akses menu Pengaturan di ponsel Samsung kamu.
  • Pilih opsi aplikasi atau manajemen aplikasi.
  • Cari aplikasi yang terdeteksi mencurigakan atau baru saja kamu instal sebelum mode aman muncul.
  • Klik aplikasi tersebut dan tekan menu Hapus/ Uninstall.
  • Jika sudah selesai, restart perangkat ponsel dan cek kembali apakah mode aman sudah hilang.

5. Factory Reset

Menonaktifkan Mode Aman Samsung Melalui Factory Reset
Menonaktifkan Mode Aman Samsung Melalui Factory Reset

Factory Reset merupakan proses mengembalikan hp ke pengaturan pabrik/ awal dengan sistem menghapus semua data dan aplikasi yang tersimpan di dalamnya.

Tindakan ini didapat menonaktifkan safe mode di hp kamu, namun cukup berisiko karena akan mengilangkan data penting di hp Samsung kamu.

Namun melalui metode ini, cara menonaktifkan mode aman Samsung akan berhasil dilakukan tanpa harus mengkhawatirkan safe mode tersebut muncul lagi.

  • Buka setings.
  • Pilih opsi About Phone.
  • Klik menu Factory Reset,
  • Scroll ke bawah dan pilih menu Erase all data/ factory reset.

Postingan Menarik Lainnya : 10 Cara Cek HP Samsung Bekas Masih Bagus Atau Tidak

Akhir Kata

Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung
Cara Menonaktifkan Mode Aman Samsung

Nah, itulah lima cara menonaktifkan mode aman Samsung yang bisa kamu coba satu persatu apabila sudah menemukan permasalahan yang terdapat pada perangkat Samsung kamu.

Metode diatas dapat menyelesaikan permasalahan yang sedang kamu dapatkan tanpa harus membanya ke ahli service Samsung terlebih dahulu.

Tetapi, jika sudah mencoba semua cara menonaktifkan mode aman Samsung diatas namun tidak memiliki perubahan sama sekali, sebaiknya langsung saja tanyakan kepada ahli khusus, seperti tenaga service hp khusus Samsung.

Semoga informasi cara menonaktifkan safe mode Samsung ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button