Tutorial

8 Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah dengan Mudah: Pasti Berhasil!

Mengetahui bagaimana cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah dapat membantu anda untuk mengambil langkah yang tepat ketika mengalami kendala yang mana salah satu sisi headset bluetooth tidak dapat berfungsi yang menyebabkan kualitas audio kurang memuaskan.

Dalam artikel ini kami akan menyajikan berbagai cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah melalui langkah-langkah yang mudah dan sederhana. Yuk disimak!

Kenapa Headset Bluetooth Mati Sebelah?

Mengetahui terlebih dahulu penyebab kenapa headset bluetooth mati sebelah tentu akan memudahkan anda untuk mengambil langkah penanganan yang tepat! Oleh karena itu, berikut ini kami akan menunjukkan sejumlah penyebab kenapa headset bluetooth mati sebelah.

1. Lubang headset kotor

Penyebab headset bluetooth mati sebelah
Penyebab headset bluetooth mati sebelah

Lubang headset yang kotor dapat menutup saluran suara pada headset bluetooth sehingga tidak dapat berfungsi ketika digunakan. Kondisi ini dapat dibenarkan jika lampu headset berkedip namun tidak ada mengeluarkan suara.

2. Terdapat masalah pada baterai headset

Baterai merupakan komponen paling penting agar headset bisa menyala. Kerusakan pada bagian baterai dapat menyebabkan headset tidak bisa menyala. Namun, sebelum menyimpulkan baterai headset anda rusak, pastikanlah terlebih dahulu daya kedua belah headset telah terisi penuh.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Voucher Telkomsel Tidak Dapat Digunakan di Regional Anda

3. Mode pairing yang salah

Memastikan kedua belah headset bluetooth telah terpairing dengan benar biasanya akan membuat headset menyala kedua-duanya. Biasanya headset bluetooth telah terpairing akan ditandai dengan lampu yang menyala berkedip-kedip.

4. Perangkat tidak didukung

Perlu diketahui bahwa beberapa perangkat mungkin tidak kompatibel dengan headset bluetooth tertentu yang dapat menyebabkan masalah koneksi pada salah satu sisi atau bahkan keduanya.

5. Gangguan sinyal bluetooth

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah
Penyebab headset bluetooth mati sebelah

Headset bluetooth mati sebelah bisa juga disebabkan karena adanya gangguan sinyal bluetooth. Kondisi ini biasanya disebabkan ketika perangkat audio dengan headset berada dalam jarak yang berjauhan.

6. Kotak pengisian daya rusak

Headset bluetooth melakukan pengisian daya baterai melalui sarang atau kotaknya. Namun terkadang sarang penyimpanan headset bluetooth ini bisa mengalami kerusakan sehingga menghambat pengisian daya baterainya. Letak kerusakan pada kotak penyimpanan headset bluetooth ini dapat anda ketahui dengan menyesuaikan

7. Kualitas headset buruk

Kondisi headset bluetooth mati sebelah bisa juga disebabkan karena kualitas headset yang buruk. Sudah menjadi rahasia umum bahwa ada harga ada kualitas! Agar dapat awet digunakan, maka pilihlah headset bluetooth yang kualitasnya sudah di percaya.

8. Perangkat headset rusak

Penyebab yang terakhir kenapa headset bluetooth mati sebelah adalah karena perangkat headset yang memang sudah rusak. Kerusakan ini dapat dipicu oleh berbagai hal seperti terkena atau kemasukan air, terbentur.

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah

Usai memahami sejumlah penyebab kenapa headset bluetooth mati sebelah, selanjutnya kami akan menampilkan beberapa cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah melalui langkah-langkah sederhana dan mudah!

Baca Juga :  5 Cara Top Up FF Pulsa Indosat, Top Up FF Termurah Pakai Pulsa
Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah
Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah

1. Bersihkan lubang headset

Pada langkah yang pertama, pastikanlah terlebih dahulu kedua lubang headset bersih dari kotoran dan debu, karena bisa membuat saluran suara menjadi terhambat. Anda bisa membersihkan lubang headset dengan menggunakan tissu basah atau cotton buds.

2. Periksa baterai headset

Cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah yang berikutnya adalah memeriksa baterai headset. Namun sebelum menyimpulkan bahwa baterai headset rusak, cobalah pastikan terlebih dahulu apakah baterai headset telah terisi penuh.

3. Putuskan dan sambungkan kembali penyambungan ke perangkat

Memutuskan lalu menyambungkan kembali headset bluetooth ke perangkat audio juga termasuk sebagai salah satu cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah. Anda bisa mengikuti beberapa langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Pada perangkat audio atau HP, silahkan putuskan dan lupakan koneksi dengan headset bluetooth
  2. Matikan juga fitur bluetooth di ponsel
  3. Masukkan headset bluetooth ke dalam sarangnya
  4. Kemudian nyalakanlah kembali bluetooth dalam ponsel anda
  5. Keluarkan juga kedua belah headset bluetooth dari sarangnya
  6. Lalu sambungkan kembali
  7. Terakhir, silahkan test kembali dan lihat apakah masalahnya kini sudah teratasi atau masih tetap sama.

4. Dekatkan headset ke perangkat

Pastikan headset bluetooth berdekatan dengan ponsel atau pun perangkat audio lainnya yang anda gunakan. Biasanya jarak maksimal yang disarankan agar bluetooth dan perangkat audio dapat terkoneksi dengan baik adalah 10 meter.

5. Cek kotak pengisian daya headset

Selanjutnya, cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah bisa anda lakukan dengan mengecek bagian kotak pengisian daya atau sarang headset. Pastikan lampu didalamnya menyala sebagai tanda komponen masih bisa berfungsi dengan baik.

6. Pairing headset dengan benar

Cara pairing headset bluetooth dengan benar
Sumber: samsung.com

Cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah yang berikutnya yaitu dengan melakukan pairing dengan benar. Berikut langkah-langkah untuk pairing headset bluetooth yang bisa anda ikuti:

  1. Pastikan kedua bagian headset bluetooth memiliki daya baterai yang masih penuh
  2. Keluarkan headset dari sarangnya
  3. Lampu pada kedua belah headset bluetooth akan menyala dan secara otomatis akan memulai proses pairing
  4. Jika pairing berhasil akan ditandai dengan terdengar suara Connected
  5. Kemudian, sekarang silahkan anda beralih ke pengaturan bluetooth di ponsel anda
  6. Cari nama headset bluetooth anda
  7. Sambungkan dan tunggu dalam beberapa saat hingga keduanya terhubung
  8. Apabila sudah terhubung biasanya ditandai dengan suara Connected dan lampu berkedip-kedip
  9. Selesai! headset bluetooth siap digunakan untuk mendengarkan musik favorit anda!
Baca Juga :  2 Cara Melacak IP Address Pengguna Instagram Tanpa Aplikasi

7. Reset headset

Cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah yang terakhir adalah mereset headset. Langkah ini akan dapat mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada perangkat headset.

Cara reset headset bluetooth bisa anda lakukan melalui beberapa langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah yang pertama, hapuslah penyandingan bluetooth dari ponsel atau perangkat audio ke headset bluetooth terlebih dahulu
  2. Matikan fitur bluetooth pada ponsel
  3. Masukkan juga kedua belah headset ke dalam kotak penyimpanannya
  4. Kemudian tekanlah tombol ON pada kotak headset tersebut
  5. Biarkan hingga 15 detik
  6. Setelah itu, keluarkanlah kembali headset dari kotaknya
  7. Hidupkan kembali fitur bluetooth di ponsel anda
  8. Terakhir lakukan penyandingan kembali
  9. Selesai! setelah berhasil tersambung maka headset sudah bisa digunakan!

Penutup

Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah
Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah

Kendala terkait headset bluetooth mati sebelah tentu saja menjadi sebuah pengalaman yang cukup mengganggu dalam hal mendengarkan musik lewat headset.

Namun melalui beberapa cara mengatasi headset bluetooth mati sebelah yang telah kami jelaskan diatas, anda akan bisa terbantu untuk mengidentifikasi penyebab dan melakukan perbaikan.

Back to top button