Tutorial

Tidak Perlu Beli Baru! 5 Cara Mengatasi Suara Mic Headset Kecil

Sering kesal dengan suara mic headset yang kecil? mari ketahui 5 cara mengatasi suara mic headset kecil untuk semua tipe ponsel dan laptop.

Ketika melakukan komunikasi dengan headset microfon hal pertama yang perlu kita diperhatikan adalah kualitas suara. Hal ini untuk memastikan topik pembicaraan tersampaikan dengan sempurna.

Akan tetapi, microfon headset terkadang mengganggu kenyamanan karena suara mic cukup kecil dan tidak jernih. Lantas adakah solusinya? Tentu saja, sobat dapat memperbaiki kualitas suara pada topik cara mengatasi suara mic headset kecil berikut.

Penyebab Suara Mic Headset Kecil

Penyebab Suara Mic Headset Kecil
Penyebab Suara Mic Headset Kecil

Headset salah satu alat pendukung aktivitas yang cocok digunakan diberbagai kegiatan, dengan headset kamu dapat berbagi suara secara sempurna.

Headset salah satu alat elektronik yang tersedia hingga kini untuk berbagai kebutuhan, karena pada dasarnya headset dilengkapi microfon sehingga tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk mendengar saja, namun dapat juga digunakan untuk berkomunikasi.

Tidak hanya terfokus pada fungsinya saja, sebab alat elektronik ini diklaim sering bermasalah baik dari luar dan dalam sistem dimana hal ini erat kaitanya dengan penggunaan dan pemeliharaan.

Secara sederhana ada dua penyebab suara mic headset kecil, yakni sistem atau headset itu sendiri. Ketika HP mengalami masalah bug dan pengaturan volume belum maksimal, bukan tidak mungkin kamu mendapat suara mic yang kecil, ini merupakan masalah dari sistem.

Sedangkan masalah headset itu sendiri erat kaitanya dengan pemeliharaan saat dan setelah digunakan. Ketika headset tidak dirawat akan beresiko pada audio dan kabel mic nya. Hal ini tentu saja mempengaruhi kualitas suara mic dan membuatnya lebih kecil.

Cara Mengatasi Suara Mic Headset Kecil

Cara Mengatasi Suara Mic Headset Kecil
Cara Mengatasi Suara Mic Headset Kecil

Cara mengatasi suara mic headset kecil bisa dikatakan sangat sederhana ya. Kamu hanya perlu menemukan masalah pada mic dan dapat berlanjut pada cara mengatasi suara mic headset kecil secara terperinci, atau dengan kata lain memfokuskan diri pada satu masalah dan solusi.

Baca Juga :  20+ Cara Membuat Lem Gigi Palsu Alami Dengan Mudah

Misalnya mic heaset milik anda bermasalah karena komponen ponsel, maka kamu dapat fokuskan diri pada satu solusi yakni memperbaiki bug pada HP. Tidak perlu berlama-lama, adapun cara mengatasi suara mic headset kecil sebagai berikut:

  • Cek Volume Pada Headset

Cara mengatasi suara mic headset kecil dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan sederhana pada headset. Saat melakukan pengecekan, pastikan kamu terfokus pada tingkat volume headset.

Beberapa headset memiliki tombol untuk mengatur volume, pastikan kamu memeriksa dan pastikan menyetelnya dengan tingkat suara yang dibutuhkan.

  • Memeriksa Konektor Headset

Setelah memeriksa volume headset, lakukan cara mengatasi suara mic headset kecil dengan memeriksa konektor headset. Salah satu faktor penyebab suara headset kecil karena konektor tidak berfungsi seutuhnya, dengan kata lain tidak tersambung secara sempurna.

Jika konektor bermasalah dan sudah usang tidak heran suara yang dihasilkan mic lebih kecil dari biasanya. Kamu dapat memeriksa konektor dan mencoba secara berulang-ulang menghubungkan headet dan mencari posisi yang pas untuk menghasilkan volume suara yang diinginkan.

  • Menggunakan Aplikasi Equalizer

Selanjutnya lakukan cara mengatasi suara mic headset kecil dengan memanfaatkan aplikasi Equalizer untuk cek suara pada microfon.

Aplikasi ini berfungsi untuk menyesuaikan frekuensi audio dan meningkatkan nya. Namun perlu kamu pahami bahwa tidak semua volume dapat disesuaikan, seperti panggilan telepon. Gunakan aplikasi ini untuk menyesuaikan musik, film dan aplikasi.

Ada berbagai aplikasi equalizer yang dapat kamu pergunakan, salah satunya volume booster GOODEV. Berikut langkah-langkah yang dapat kamu ikuti:

  1. Pertama sekali silahkan unduh aplikasi volume booster GOODEV 
  2. Selanjutnya buka aplikasi dan sambungkan headset pada alat elektronik seperti biasanya
  3. Pada halaman utama atur volume headset ke tingkat yang lebih tinggi atau sesuaikan dengan kebutuhan suara.
  4. Secara otomatis pengaturan ini akan memperbaiki suara headset dan membuatnya menjadi lebih tinggi dari sebelumnya.
  • Service Headset

Headset salah satu alat eletronik yang dipasarkan dengan harga yang berbeda-beda, namun pada umumnya harga headset microfon ini tergolong murah.

Meski begitu, cukup menguras biaya apabila kamu mengganti headset dengan yang baru. Nah, kalian dapat meminimalisir hal tersebut dengan membawa headset kepada ahlinya dan diperbaiki.

Baca Juga :  Mulai 10 Ribu! Berikut 25+ Kode Rahasia Paket Murah XL 2024

Biasanya cara memperbaiki headset tidak membutuhkan waktu yang lama jika masalahnya ringan. Konsultasi kan dahulu masalah dan biaya reparasi, selanjutnya kamu dapat mempertimbangkan apakah ingin mengganti atau service mic headset dengan biaya yang ditawarkan teknisi.

  • Mengganti Headset

Jika beberapa opsi diatas tidak berfungsi sebagaimana mestinya, kamu disarankan untuk mengganti headset. Ini merupakan cara mengatasi suara mic headset kecil terakhir yang dapat Mocipay bagikan.

Seperti yang dipaparkan harga headset microfon cukup terjangkau, kamu dapat mengganti headset dengan merk terbaik untuk mendapatkan kualitas suara dan mic yang mumpuni. Untuk kalian yang memanfaatkan headset microfon dalam dunia perkerjaan, berikut tips memilih headset berkualitas:

  1. Perhatikan audio output yang ditawarkan
  2. Kompatibilitas dan konektivitas yang didukung
  3. Pilihlah headset dengan microfon sensivitas yang tinggi
  4. Cari barang yang terjamin dan memiliki garansi

Cara Setting Suara Mic Headset Lebih Jernih

Cara Setting Suara Mic Headset Lebih Jernih
Cara Setting Suara Mic Headset Lebih Jernih

Jika diatas sobat sudah menemukan cara mengatasi suara mic headset kecil, kali ini kami punya toutorial untuk membuat suara mic headset lebih jernih dan berkualitas.

Karena pada dasarnya headset microfon lebih banyak digunakan untuk melakukan aktivitas yang berat, tidak heran kamu menemukan masalah suara yang tidak jernih. Suara yang tidak jernih disebabkan beberapa hal, seperti kualitas headset menurun dan pengaturan belum sesuai.

Pada dasarnya suara headset yang tidak jernih mengganggu aktivitas, ini akan mempengaruhi kelengkapan informasi yang disampaikan. Berikut cara membuat suara headset menjadi lebih jernih di laptop:

  1. Buka pengaturan komputer/laptop lalu klik system dan pilih sound
  2. Pilih opsi sound control panel
  3. Klik kanan tab menu recording, lalu klik kanan kembali pada alat perekam aktif
  4. Selanjutnya klik properti
  5. Pada menu level atur mircophone ke angka 35 dan microphone bust menjadi angka 0.0 dB. Di menu advanced atur default format menjadi 2 channel, 24 Bit, 44100 Hz (Studio Quality) atau 2 Channel 24 Bit, 48000 Hz (Studio Quality)
  6. Selanjutnya hilangkan centang pada enable audio enchanments, klik apply untuk menyimpan
  7. Terakhir konfirmasi dengan klik Ok.

Cara setting suara mic headset agar lebih jernih cukup mudah bukan? apabila sudah mencermati dan mempraktikkan cara-cara diatas segera periksa kejernihan dengan mencoba langsung mengoneksikan mic dan laptop.

Baca juga 7 Cara Menghilangkan Tanda Earphone Pada HP Ketika Sudah Dicabut

Baca Juga :  7 Cara Dapat Nomor Luar Negeri Gratis 2024 : Untuk Telegram & WA

Rekomendasi Headset Microfon Terbaik

Setelah mengulas cara mengatasi suara mic headset kecil, kami punya beberapa rekomendasi headset microfon yang dapat sahabat pilih jika headset kalian tidak memungkinkan lagi di service, diantaranya:

  • SonicGear Xenon 3

SonicGear Xenon 3
SonicGear Xenon 3 (sumber:sonicgear.com)

Sonicgear xenon 3 salah satu headset microfon terbaik saat ini. Headset mini ini hadir dengan harga terjangkau dan cocok digunakan untuk segala panggilan suara.

Headset microfon sonicgear xenon 3 ini didesain seminimalis mungkin untuk memberi kenyamanan dan ringan sehingga sangat berguna untuk kebutuhan belajar dan bekerja dari rumah. Tidak hanya itu, headset ini dipercaya dapat menangkap suara dari semua arah untuk menghasilkan suara yang nyata dan jernih.

Berbicara tentang harga, headset microfon ini dibanderol pada harga Rp85.000 saja. Untuk semua kualitas dan manfaat dapat disimpulkan harga sonicgear xenon 3 sangat terjangkau.

  • ONIKUMA X10 Pro

ONIKUMA X10 Pro
ONIKUMA X10 Pro (sumber:ecommerce.datablitz.com.ph)

Jika sonixGear diatas nyaman digunakan dalam aktivitas ringan, kali ini saya memiliki rekomendasi headset microfon untuk aktivitas yang lebih berat, seperti bermain game yaitu ONIKUMA x10 pro.

Headset ini nyaris sempurna, bagian microfonya dapat dilepas pasang dan didesain melengkung. Ini mempermudah kamu untuk menyesuaikan kekuatan suara yang dilemparkan kepada lawan bicara.

Headset ONIKUMA x10 pro sudah dilengkapi gel pendingin untuk mengurangi panas, alat eletronik ini dipasarkan mulai dari harga Rp300.000 saja.

  • Kotion Each G900

Kotion Each G900
Kotion Each G900 (sumber:tokopedia,com)

Masih dengan headset gaming yang mampuni, kami punya Kotion Each G900 yang terbuat dari baja kokoh yang mempengaruhi masa penggunaanya.

Sebagai headset microfon yang direkomendasika untuk gaming, kotion each hadir dengan LED lamp, ketebalan earpads sampai 20 mm dan nyaman digunakan untuk semua bentuk kepala. Beruntungnya, headset ini dipasarkan dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp200.000 dan sudah tersedia diberbagai marketplace.

Tips Agar Mic Headset Tidak Cepat Rusak

Tips Deskripsi Singkat
Jangan Menarik Kabel Menarik kabel bukan bagian headset dapat merusak kabel dan konektor. Selalu lepaskan headset dengan memegang bagian konektornya.
Simpan dengan Benar Bila tidak digunakan, simpan headset di tempat yang kering dan bebas debu. Hindari meletakkan benda berat di atasnya.
Hindari Kelembaban Kelembaban dapat merusak komponen elektronik di dalam mikrofon. Jangan menggunakan headset di lingkungan yang sangat lembab atau basah.
Jangan Membenturkan Membenturkan mikrofon dapat merusak bagian dalamnya. Selalu manfaatkan dengan hati-hati.
Gunakan Sarung Pelindung Sarung pelindung atau “windscreen” dapat melindungi mikrofon dari debu dan kerusakan fisik lainnya.

 

Akhir Kata

Cara Mengatasi Suara Mic Headset Kecil
Cara Mengatasi Suara Mic Headset Kecil

Cara mengatasi suara mic headset kecil dapat dilakukan secara mandiri, yakni dengan memeriksa konektor dan aplikasi untuk test suara microfon. Mungkin itu saja yang dapat Mocipay bagikan dalam topik ini, semoga bermanfaat untuk pembaca, sekian.

Back to top button