Tutorial

Cara Menggunakan Soda Api Untuk Solusi Saluran Mampet

Cara menggunakan soda api saat saluran di rumah kamu mampet merupakan langkah atau cara yang paling efisien untuk kamu lakukan.

Sebab jika saluran di rumah kamu mampet dan tidak segera di bereskan maka semua sisa kotoran air akan tergenang disana dan bisa mendatangkan penyakit yang tidak di duga-duga.

Apa Itu Soda Api?

serbuk soda api
sumber : blog.kliknclean.com

Banyak dari kita mungkin menganggap bahwa jika saluran air atau WC di toilet kita mampet maka kita harus mulai menggali dan membongkar pipa salurannya agar bisa normal kembali.

Namun saat ini, ada cara paling mudah untuk mengatasi saluran air mampet tanpa perlu repot-repot untuk membongkar pipa saluran air di rumah kita.

Soda api merupakan bahan yang bisa mengatasi permasalahan tersebut dimana soda api merupakan bahan yang terbuat dari kandungan alkali dan basa yang bersifat sangat kaustik

Sehingga mampu menguraikan protein pada suhu lingkungan biasa dan menyebabkan luka bakar. Nah, efek bakar yang diberikan mampu mencairkan atau meleburkan benda apa saja yang di lewatinya.

Oleh sebab itu, saluran air yang sebelumnya mampet bisa normal kembali di karenakan penggunaan soda api ini.

Sedangkan cara menggunakan soda api masih terbilang sangat mudah namun perlu ke hati-hatian sebab bahan yang satu ini tidak boleh sampai di konsumsi secara tidak sengaja apalagi sampai mengenai anak-anak.

Cara Menggunakan Soda Api Untuk Saluran Mampet

Cara Menggunakan Soda Api Untuk Saluran Mampet
sumber : asset-a.grid.id

Apabila sebelumnya kamu selalu menggunakan cara kuno saat saluran mampet yakni dengan menggali pipa saluran air tersebut atau sampai menyedot air yang tersumbat keluar.

Maka segera tinggalkan cara tersebut dan mulai lah untuk menggunakan cara praktis, simple serta menghemat waktu seperti menggunakan soda api.

Untuk cara menggunakan soda api, tentunya kamu memerlukan bahan utama soda api dan beberapa alat pelindung lainnya agar soda api tidak sampai melukai kulit tangan kamu nantinya.

Dan jika saluran di rumah kamu banyak yang sudah mampet maka kamu perlu menyediakan soda api dalam jumlah yang banyak ya sobat.

Mari simak dan selesaikan cara menggunakan soda api untuk saluran mampet sesuai langkah-langkah di bawah ini:

1. Sediakan Alat dan Bahan

Cara menggunakan soda api yang wajib kamu perhatikan terlebih dahulu ialah dengan menyediakan beberapa alat dan bahan yakni soda api.

Alat-alat pelindung yang di maksudkan seperti sarung tangan, kaca mata sampai dengan masker. Perlu kamu ingat bahwa materi seluruh alat pelindung haruslah berkualitas agar keselamatan kamu terjamin nantinya.

Baca Juga :  2 Cara Logout Wifi Id di HP dan Laptop Dengan Mudah

2. Cek Ruangan Saluran Air Mampet

Memperhatikan ruangan tempat kamu ingin mengatasi saluran air mampet merupakan cara menggunakan soda api yang penting untuk di cek terlebih dahulu.

Dimana saat kamu melakukan pengecekan, kamu harus melihat daerah sekitar penggunaan soda api nantinya aman dari bahan-bahan yang mudah terbakar dan jauh dari anak-anak serta hewan peliharaan.

Sebab kandungan soda api sangatlah berbahaya dan mudah memicu terjadinya luka bakar apabila terkena bahan yang mudah terbakar pula.

3. Gunakan Alat-Alat Pelindung

Setelah menyediakan alat-alat pelindung dan bahan yang diperlukan, jangan lupa untuk menggunakan alat-alat tersebut segera untuk mulai mengatasi saluran air yang mampet.

Pastikan untuk tidak melewatkan cara menggunakan soda api ini ya sobat.

4. Buat Larutan Soda Api

Berikutnya, cara menggunakan soda api ialah mulai dengan membuat larutan soda api dimana larutan tersebut nantinya yang akan kamu gunakan untuk mengatasi saluran yang mampet.

Saat melarutkannya, gunakan 750 ml bubuk soda api dengan kurang lebih 3 liter air dingin ke dalam sebuah wadah bekas yang tidak kamu gunakan lagi.

Jika sudah, aduk campuran tersebut menggunakan spatula kayu dan tidak menggunakan tangan. Saat semuanya sudah tercampur maka suara desis dan uap panas akan terdengar nantinya.

5. Tumpahkan Larutan Ke Dalam Saluran Yang Tersumbat

Cara menggunakan soda api di urutan terakhir ialah coba untuk menyiram atau menumpahkan larutan soda api yang telah kamu campurkan sebelumnya.

Ke dalam lobang saluran air atau WC yang mampet. Setelah kamu menumpahkannya, mari tunggu selama 30 menit dan siram dengan air mendidih pada menit kemudian.

Apabila saluran air masih mampet maka kamu bisa gunakan cara yang sama secara berulang. Namun tetap, kamu harus menyelesaikan cara menggunakan soda api secara hati-hati ya.

Fungsi Lain Dari Soda Api

Manfaat Lain Dari Soda Api
sumber : cdn-cms.pgimgs.com

Selain dapat melancarkan saluran air yang mampet, soda api juga masih memiliki fungsi lain untuk mengatasi permasalahan rumah kamu.

Mari lihat kegunaan umum dari soda api dalam kehidupan sehari-hari setelah membahas cara menggunakan soda api.

1. Sebagai alat disinfektan atau pembersih

Dikatakan sebagai alat disinfektan atau pembersih karena soda api nyatanya mampu mengubah lemak keras yang telah menumpuk dimana bisa meleburkan saluran air yang telah mampet menjadi sebuah larutan sabun.

Tidak hanya itu saja, soda api juga nyatanya bisa membasmi ragi, jamur bahkan endotoksin di karenakan di anggap sudah manjur untuk menghilangkan mikroorganisme dan sering digunakan pada industri-industri medis sebagai desinfektan.

2. Berguna untuk produk kencantikan

Cara menggunakan soda api nyatanya bisa kamu lakukan untuk beberapa produk kencantikan. Mengapa? hal ini tentunya sangat mengagetkan kamu bukan?

Ya, kamu tidak salah sobat karena ternyata soda api memiliki fungsi lain untuk produk kecantikan. Dikutip dari beberapa halaman resmi jurnal kecantikan.

Soda api ternyata telah di temukan atau terkandung pada beberapa produk kecantikan seperti wewangian, hairspray, pembuatan sabun, bedak kaki, hingga pewarna rambut.

Baca Juga :  Isi Pulsa XL Masa Aktif Tidak Bertambah? Ini Penyebab & Solusinya

3. Dapat menghilangkan noda karat pada besi

Jika kamu memerlukan sebuah besi namun besi yang ada di rumah kamu ternyata sudah berkarat, gunakan soda api untuk menghilangkan karatan yang ada pada besi tersebut.

Soda api bisa menghilangkan noda karat di karenakan kandungan sodium hidroksida yang ada di dalamnya. Nah, cara menggunakan soda api untuk menghilangkan noda karat pada besi juga sangat mudah.

Cukup dengan melarutkan soda api ke dalam air pada sebuah wadah, kemudian oleskan larutan yang sudah ada pada permukaan besi yang berkarat maka noda karat pada besi akan hilang dalam hitungan menit.

Gunakan kuas baru untuk mengoleskan larutan tersebut dan bilas permukaan besi dengan air atau sabun agar besi bisa digunakan kembali.

4. Cocok untuk menghilangkan cat

Cara menggunakan soda api juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan cat atau warna pada beberapa peralatan rumah tangga.

Melakukan pengelupasan cat biasanya bertujuan untuk mengganti cat dengan baru pada benda yang kamu inginkan.

Soda api sangat cocok untuk menyelesaikan keinginan kamu karena bahan yang satu ini dikenal sebagai paint remover yang cukup baik.

5. Sebagai obat medis

Fungsi dari soda api berikutnya ialah dapat digunakan sebagai komposisi pada beberapa obat medis. Penggunaan soda api pada obat-obat medis tentunya sangat mengejutkan kita semua.

Akan tetapi, tanpa kamu sadari bahwa ternyata beberapa obat nyeri yang sering kita gunakan telah terbuat dengan kandungan soda api di dalamnya.

Selain bisa meredahkan nyeri di badan atau persendian lainnya, soda api ternyata sangat efektif digunakan untuk mengobati penyakit kolesterol sebab memiliki kandungan antikoagulan di dalamnya.

6. Pengawet makanan

Cara menggunakan soda api ternyata cukup berfungsi untuk mengawetkan sebuah makanan. Jangan khawatir karena bahan pengawet yang satu ini cukup baik digunakan untuk mengawetkan makanan dalam jangka waktu yang lama.

Kualitas makanan yang ingin kamu awetkan dijamin masih bagus dan kamu juga bisa menggunakan soda api untuk menghilangkan kulit tomat, kentang hingga buah bahkan sayuran jika kamu menginginkannya.

Saat bahan makanan sedang dalam proses pengawetan, soda api juga akan membantu makanan-makanan tersebut terhindar dari jamur bahkan bakteri yang tumbuh.

7. Sebagai bahan bakar

Fungsi atau manfaat dari soda api yang paling akhir ialah dapat kamu gunakan sebagai bahan bakar untuk beberapa benda elektronik hingga kendaraan kamu.

Sebagai bahan bakar, soda api mampu menjalankan moda transportasi dan beberapa aplikasi daya cadangan stasioner.

Tidak hanya itu, soda api juga mampu menghasilkan energi listrik yang bermanfaat sebagai bahan bakar pada esin epoksi pada sebuah turbin angin.

Itulah beberapa manfaat atau fungsi soda api yang belum banyak kita ketahui. Jangan takut untuk menggunakan soda api, sebaliknya gunakanlah bahan tersebut dengan hati-hati namun tetap sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Urutan Soda Api Dengan Kualitas Terbaik Saat Ini

Urutan Soda Api Dengan Kualitas Terbaik Saat Ini
sumber : oraorami.co.id

Apakah kamu masih mencari atau bahkan bingung ingin menggunakan soda api yang bagaimana? Mari lihat pilihan soda api dengan kualitas terbaik berikut ini untuk mulai menyelesaikan langkah-langkah cara menggunakan soda api nantinya.

Baca Juga :  4 Cara Mengembalikan Video TikTok Yang Terhapus Permanen

1. Bubuk Anti Sumbat Soda Api

Bubuk anti sumbat soda api adalah rekomendasi soda api terbaik yang di jual dengan harga paling murah Rp. 13.000 untuk ukuran 0,5-1 kg nya.

Untuk mengatasi saluran air yang tersumbat, kamu cukup menggunakan 4-6 botol bubuk anti sumbat soda api saja dan 1 botol bubuk sebagai bentuk pencegahan setiap bulannya.

2. Soda Api Cap Kuda Bintang

Rekomendasi soda api terbaik lainnya ialah soda api cap kuda bintang. Berbeda dengan bubuk anti sumbat soda api, soda api cap kuda bintang di jual dengan harga yang lebih murah yakni sekitar Rp. 9.000 untuk ukuran 500 gram dan Rp. 13.000 untuk ukuran 1 kg nya.

Cara menggunakan soda api dengan soda api cap kuda bintang tak ada ubahnya dengan cara sebelumnya, apabila kamu hendak mengatasi masalah mampet pada saluran air di rumah kamu.

Keunggulan dari soda api cap kuda bintang selain mengatasi saluran yang tersumbat, juga bisa menghilangkan noda karat pada besi.

Reaksi dari soda api cap kuda bintang ini sendiri cukup singkat yakni hanya sekitar 10-15 menit an saja.

3. Soda Ash Dense ANSAC

1 kg soda ash dense ANSAC dapat kamu beli dengan harga Rp. 10.000 saja di beberapa toko offline maupun online.

Soda Ash Dense ANSAC adalah soda api dengan fungsi dan kualitas terbaik sama seperti jenis soda api sebelumnya.

Jika pada umumnya, material soda api cukup kasar maka hal tersebut berbeda dengan jenis soda api yang satu ini karena soda Ash Dense ANSAC bertekstur cukup halus berwarna putih dan bisa digunakan untuk pembuatan kaca, deterjen hingga sabun.

4. Anti Sumbat NACHEM

Produk soda api anti sumbat NACHEM sangat lah berbeda dengan produk-produk soda api pada umumnya. Dikarenakan NACHEM sudah bertekstur cair dan memiliki harga yang terbilang cukup mahal yakni sekitar Rp. 34.000 per 1.200 gram nya.

Sedangkan dari review produk Anti sumbat NACHEM juga terbilang sangat bagus karena banyak pengguna yang memberikan pendapat bahwa cara menggunakan soda api anti sumbat NACHEM dapat menghancurkan pintalan rambut, benang lemak maupun sisa makanan yang tesimpan dalam saluran air.

5. Drain Force Anti Sumbat Soda Api

Masih pada rekomendasi soda api terbaik, kini kami memberikan merek drain force untuk mengatasi masalah saluran kamar mandi yang tersumbat.

Drain force masih sama dengan produk soda api NACHEM dikarenakan masih memiliki tekstur yang serupa yakni berupa cairan soda api.

Akan tetapi untuk cara menggunakan soda api merek drain force ternyata masih dengan aturan penggunaan yang wajib kamu ketahui sebelum menggunakannya.

Dimana daftar penggunaan yang di anjurkan yakni untuk wastafel yang tersumbat sekitar 1-11/2 botol ukuran 720-1080 gram.

Urinal 1-11/2 botol ukuran 720-1080 gram, kamar mandi 2-3 botol ukuran 1440-2160 gram dan septic tank 3-5 botol ukuran 2160-3600 gram.

Kesimpulan

Cara Menggunakan Soda Api
Cara Menggunakan Soda Api

Dari penjelasan cara menggunakan soda api hingga merek soda api terbaik saat ini, kami akan memberikan kesimpulan bahwa soda api yang paling banyak di jual di pasaran ternyata masih ber terkstur bubuk.

Sehingga harganya masih terbilang cukup murah. Akan tetapi jika di lihat dari kwalitas nya, soda api bertekstur cair ternyata jauh lebih baik dan memiliki fungsi yang cukup banyak.

Oleh sebab itu produk tersebut masih terjual dengan harga yang terbilang mahal. Sekian cara menggunakan soda api dan informasi manfaat dari soda api. Semoga berguna bagi kamu.

 

 

 

 

 

Back to top button