Tips

7 Penyebab Dan Ciri Ciri Akun TikTok Diblokir Permanen, Begini Cara Mengembalikannya Dengan Mudah

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan seperti akun TikTok terblokir permanen, maka kenali lah lebih dulu Ciri Ciri Akun TikTok Diblokir Permanen oleh sistem.

TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia, terutama di kalangan generasi muda.

Namun, seperti halnya platform lainnya, pengguna TikTok juga berisiko mengalami akun terblokir, baik sementara maupun permanen.

Blokir permanen adalah situasi yang paling merugikan, karena pengguna kehilangan akses ke akun dan semua konten yang terkait dengannya.

Nah, untuk mencegah agar akun TikTok tidak diblokir permanen, maka kenali dan simaklah ciri ciri akun TikTok diblokir permanen serta langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk menghindari atau mengatasi masalah ini.

Hal-hal yang Menyebabkan Akun TikTok Diblokir Permanen

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai ciri ciri akun TikTok diblokir permanen, ada baiknya kita mengenal lebih dulu hal-hal yang menyebabkan akun TikTok diblokir secara permanen.

TikTok dapat memblokir akun secara permanen jika teridentifikasi melakukan pelanggaran sesuai pedoman komunitas dan ketentuan layanan antara lain sebagai berikut:

  1. Tidak memenuhi persyaratan usia minimum atau persyaratan lain sebagaimana sudah tercantum dalam ketentuan layanan TikTok.
  2. Akun TikTok meniru identitas orang lain atau entitas lain dengan cara menipu.
  3. Melakukan pelanggaran parah seperti memposting, mempromosikan atau memfasilitasi materi pelecehan seksual terhadap anak atau eksploitasi remaja.
  4. Mengancam atau mempromosikan akan melakukan tindak kekerasan.
  5. Mempromosikan atau memposting konten yang menggambarkan tindakan seks seperti pelecehan atau pemerkosaan.
  6. Memposting konten yang memfasilitasi adanya perdagangan manusia.
  7. Memposting konten yang menggambarkan penyiksaan.

Ciri Ciri Akun TikTok Diblokir Permanen

Penyebab dan Ciri Ciri Akun TikTok Diblokir Permanen, Begini Cara Mengembalikannya Dengan Mudah
Ciri Ciri Akun TikTok Diblokir Permanen

Jika akun TikTok diblokir, maka pengguna tersebut akan menerima banner atau pop up yang memberi tahu tentang pemblokiran tersebut.

Baca Juga :  Download Youtube Vanced Terbaru 2024 (Versi Tanpa Iklan)

Pengguna juga dapat memeriksa pelanggaran tersebut pada bagian status akun di kotak masuk melalui banner atau pop up notifikasi.

Namun, biasanya para pengguna TikTok tidak akan sadar jika akun nya diblokir permanen. Maka dari itu, kenali ciri ciri akun TikTok diblokir permanen berikut ini:

Tidak Bisa Melihat Konten dan Profil

Ciri ciri akun TikTok diblokir permanen yang pertama adalah tidak bisa melihat konten yang pernah dibuat dan profil TikTok.

Jika tetap mencoba melihat konten dan profil TikTok, maka akan muncul pop up notifikasi kesalahan yang menyatakan bahwa akun tidak tersedia.

Kehilangan Akses ke Fitur-fitur Khusus

Ciri ciri akun TikTok diblokir permanen yang kedua yaitu kehilangan akses ke fitur-fitur khusus di TikTok. TikTok menawarkan berbagai fitur khusus kepada pengguna yang aktif, seperti Live, Fitur Duets, dan fitur-fitur interaktif lainnya. Jadi, jika akun TikTok telah diblokir permanen, kamu mungkin akan kehilangan akses ke fitur-fitur ini.

Tidak Bisa Login

Ciri ciri akun TikTok diblokir permanen yang ketiga mungkin saja akun akan ter log out secara otomatis. Sehingga saat mencoba untuk login kembali, maka tidak akan bisa masuk ke akun tersebut.

Sebaliknya, pengguna akan menerima pesan kesalahan melalui email atau pemberitahuan langsung yang menyatakan bahwa akun telah di blokir atau ditangguhkan.

Tidak Ada Tanggapan dari Layanan Pelanggan

Ciri ciri akun TikTok diblokir permanen berikutnya adalah tidak ada tanggapan dari layanan pelanggan. Jika kamu mencoba untuk menghubungi layanan pelanggan TikTok untuk menyelesaikan masalah, kamu mungkin tidak akan menerima tanggapan atau resolusi yang memuaskan.

Akun yang diblokir secara permanen mungkin tidak dapat dipulihkan, terutama jika pelanggaran terhadap kebijakan telah terjadi.

Tidak Bisa Menyukai Postingan Atau Konten Pengguna Lain

Ciri ciri akun TikTok diblokir permanen selanjutnya adalah tidak bisa menyukai postingan atau konten pengguna lain. Selain itu, pengguna juga tidak bisa mendapatkan pengikut atau suka dari pengguna lain.

Jadi, jika kamu yakin bahwa penanguhan akun atau pemblokiran akan secara otomatis merupakan suatu kesalahan sistem, maka kamu bisa untuk mengajukan banding ke TikTok.

Tidak Bisa Memposting atau Berinteraksi

Ciri ciri akun TikTok diblokir permanen yang lain mungkin tidak bisa membuat atau memposting video baru, mengomentari, menyukai atau melakukan interaksi apa pun dengan konten TikTok lain.

Baca Juga :  6 Ciri-Ciri Port Charger iPhone Rusak yang Wajib Anda Ketahui!

Tidak Bisa Mengakses atau Membuka Dukungan Pelanggan

Jika kamu mencoba menghubungi dukungan pelanggan TikTok dan tidak mendapat tanggapan atau tidak dapat menghubungi mereka sama sekali, ini bisa menjadi tanda bahwa akun kamu telah diblokir secara permanen.

Jadi, jika kamu menemukan akun TikTok seperti itu dan itu sangat penting, kamu harus memeriksa ulang peraturan dan kebijakan komunitas TikTok dan melihat apakah kamu telah melanggar aturan apa pun.

Jika menurut kamu larangan tersebut tidak adil, kamu dapat mencoba menghubungi tim dukungan pelanggan TikTok untuk mendapatkan bantuan.

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Terblokir Permanen

Jika akun TikTok kamu di blokir secara permanen, kecil kemungkinan kamu untuk memulihkan nya. Namun, jika akun TikTok di blokir karena melanggar Pedoman Komunitas TikTok, kamu masih bisa mengajukan banding ke TikTok.

Untuk mengajukan banding, kamu harus mengisi banding keberatan di website TikTok dan mengirim pesan pengaduan melalui email. Dengan cara ini, kamu harus menjelaskan secara detail bahwa pemblokiran akun adalah sebuah kesalahan. Sertakan juga bukti untuk mendukung penjelasan kamu.

Mengajukan Banding ke Website TikTok

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk mengembalikan akun TikTokyang terblokir permanen, perlu untuk mengisi formulir banding yang sudah tersedia di situs web TikTok.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengajukan banding akun TikTok yang terblokir permanen:

  • Buka Google yang bisa mengakses website TikTok.
  • Tuliskan pada kolom Google dengan kata kunci pencarian “Laporkan masalah TikTok”, seperti gambar dibawah
Penyebab dan Ciri Ciri Akun TikTok Diblokir Permanen, Begini Cara Mengembalikannya Dengan Mudah
Laporkan Masalah TikTok
  • Pilih Topik “Pemblokiran/Penangguhan Akun”, seperti gambar di bawah
Penyebab dan Ciri Ciri Akun TikTok Diblokir Permanen, Begini Cara Mengembalikannya Dengan Mudah
Pilih Topik Pemblokiran penangguhan Akun
  • Masukkan “Email”.
  • Isi formulir Alasan Pengajuan Banding.
  • Lampir kan juga bukti berupa gambar pada bagian Unggah.
  • Klik Kirim.

Jika TikTok menerima banding yang kamu ajukan tadi, mereka akan menyelidikinya terlebih dahulu. Jika TikTok menentukan bahwa pemblokiran akun kamu adalah sebuah kesalahan, TikTok akan mengaktifkan kembali akun kamu dalam waktu 14 jam.

Namun, jika akun TikTok terblokir secara permanen, akun tersebut akan dihapus secara permanen dalam waktu 30 hari kecuali kamu permohonan banding sebelum waktu yang ditentukan habis.

Mengirim Pesan Pengaduan ke TikTok Melalui Email

Penyebab dan Ciri Ciri Akun TikTok Diblokir Permanen, Begini Cara Mengembalikannya Dengan Mudah
Mengirim Pesan Pengaduan ke TikTok Melalui Email

Cara mengembalikan akun TikTok yang terblokir permanen lainnya adalah dengan mengirimkan pesan pengaduan ke TikTok melalui Email.

Melalui pengaduan yang diajukan, kamu bisa menjelaskan secara detail masalah yang sebenarnya terjadi. Nantinya, penjelasan tersebut akan menjadi pertimbangan mereka untuk mengembalikan akun TikTok yang terblokir tersebut.

Untuk mengajukan pengaduan tersebut, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Buka aplikasi Gmail atau Email.
  • Buat pesan baru dengan tujuan pengiriman ke alamat feedback@tiktok.com, business-servicesupport@tiktok.com, legal@tiktok.com, creators@tiktok.com, creator@tiktok.com atau info@tiktok.com, privacy@tiktok.com.
  • Jangan lupa juga untuk mengisikan subjek pengaduan akun di blokir permanen. Misalnya: TikTok Account Blocked unilaterally.
  • Berikan juga penjelasan tentang pemblokiran akun secara permanen secara detail di kolom pesan dan keinginan kamu untuk mengembalikan akun tersebut.
Baca Juga :  Lupa Username dan Password BRI? Ini 5 Solusi untuk Mengatasinya

Contoh pesannya seperti:

Dear TikTok, With this letter I express my objection if my TikTok account is banned (deactivated). If my TikTok account violates TikTok rules and conditions, will TikTok forgive me?

If so, in the future I will obey the applicable rules and regulations and will not repeat the act.

Here’s my & TikTok username: @mocipay

Thank you, best regards.

  • Jangan lupa juga untuk melampirkan gambar bukti berupa screenshot terkait masalah, agar pihak TikTok tahu bahwa akun kamu di blokir permanen.
  • Selesai.

Setelah mengirim pesan, kamu harus menunggu hasil tinjauannya. Jika pengaduan yang kamu ajukan tersebut disetujui, maka akun TikTok milikmu bisa di kembalikan.

Maka dari itu, pastikan untuk membuat kalimat pengaduan dengan menggunakan bahasa yang baik, tepat dan juga sopan ya.

Pertanyaan Seputar Ciri Ciri Akun TikTok Diblokir Permanen

Adapun beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar ciri ciri akun TikTok diblokir permanen antara lain sebagai berikut:

Apakah akun TikTok diblokir permanen bisa kembali?

Dilansir dari laman Hops.ID melalui akun TikTok @shagalaaya menyebutkan bahwa akun yang sudah diblokir secara permanen kecil kemungkinan untuk bisa kembali.

Apa ciri ciri akun TikTok diblokir?

Berikut ciri ciri akun TikTok diblokir permanen:

  1. Tidak bisa melihat Konten dan Profil.
  2. Tidak bisa log in.
  3. Tidak bisa unggah video.
  4. Tidak bisa menyukai postingan atau konten pengguna lain
  5. Tidak bisa membuat atau memposting video baru, mengomentari, menyukai atau melakukan interaksi apa pun dengan konten TikTok lain.
  6. Tidak bisa mengakses atau membuka dukungan pelanggan.
  7. Akun tidak tersedia.

Gimana cara melihat akun TikTok yang diblokir?

Untuk menemukan daftar akun yang diblokir di TikTok, berikut beberapa petunjuk yang bisa di ikuti:

  1. Luncurkan home page TikTok.
  2. Klik icon Profile di sudut kanan bawah.
  3. Arahkan ke menu hamberger yang berada di sudut kanan atas.
  4. Select Settings and privacy.
  5. Arahkan ke Privacy.
  6. Scroll ke bawah temukan dan klik Blocked Account.
  7. Selesai.

Apa yang terjadi jika akun TikTok diblokir?

Jika akun diblokir karena masih di bawah umur, saat berikutnya kamu membuka aplikasi TikTok, kamu akan menerima pop up notifikasi dalam aplikasi yang memberi tahu kamu tentang perubahan akun.

Akhir Kata

Penyebab dan Ciri Ciri Akun TikTok Diblokir Permanen
Penyebab dan Ciri Ciri Akun TikTok Diblokir Permanen

Nah, itulah tadi beberapa hal-hal yang menyebabkan, cara mengembalikan serta ciri ciri akun TikTok diblokir permanen yang bisa dilakukan untuk menghindari atau mengatasi masalah tersebut.

Mengalami pemblokiran permanen akun TikTok dapat menjadi pengalaman yang mengecewakan bagi banyak pengguna. Namun, dengan mengenali ciri ciri akun TikTok diblokir permanen diatas, kamu dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.

Selain itu, penting untuk selalu mematuhi aturan dan kebijakan platform media sosial agar dapat tetap menikmati pengalaman yang positif dalam berinteraksi di dunia digital yang terus berkembang.

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button