Tips

Tips Merawat Ponsel agar Bermain Game Lebih Nyaman

Merawat ponsel sangat perlu dilakukan agar pengalaman bermain game kamu lebih menyenangkan. Pernah gak sih kamu merasa kesal karena baterai ponsel kamu yang cepat habis saat bermain game? Atau kamu merasa tidak nyaman memakai ponsel yang mudah panas saat bermain game? Itu adalah tanda-tanda bahwa ponsel kamu sedang tidak baik-baik saja. Jika sering terjadi berulang-ulang, maka akan menyebabkan masalah yang lebih serius untuk ponsel kamu. Bisa saja ponsel kamu lebih lambat, atau bahkan mati total.
Untuk mencegak terjadi masalah yang lebih serius pada posnel kamu, maka kamu perlu merawat ponsel kamu sejak dini. Berikut ini tips merawat ponsel agar lebih tahan lama.

Merawat Ponsel agar Lebih Tahan Lama

Merawat ponsel agar lebih awetApakah kamu sering membanting ponselmu saat kalah bermain game? Mulai sekarang berhenti melakukan kebiasaan itu, karena itu hanya akan merusak ponsel kamu. Rawatlah ponselmu semaksimal mungkin agar lebih tahan lama, karena ponsel bukanlah barang murah. Baca tips merawat ponsel berikut ini!

1. Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Aplikasi yang memenuhi ponsel kamu akan membuat kinerja ponsel kamu menjadi lebih berat dan memenuhi RAM kamu. Kurangi beban ponsel kamu dengan cara menghapus beberapa aplikasi yang jarang digunakan, menghapus foto atau video yang tidak perlu, dan bersihkan cache secara berkala. Hal ini akan membuat kinerja ponsel kamu menjadi lebih ringan, dan game kamu bisa berjalan lebih lancar.

2. Gunakan casing dan pelindung layar untuk melindungi ponsel

Merawat ponsel agar tidak retakSaat bermain game dngan serius, kadang kita bisa sampai terbawa suasana dengan ketegangan yang terjadi. Bahkan ada yang tidak sadar sampai membanting ponsel saat kalah bermain game. Kalau kamu tidak ingin menggunakan ponsel yang layarnya retak. Sebaiknya hentikan kebiasaan itu dan kendalikan emosi kamu saat bermain game. Dan untuk pencegahan atau meminimalisir kerusakan, sebaiknya pasang casing dan pelindung layar untuk melindungi ponsel kamu dari benturan dan gesekan.

3. Jauhkan ponselmu dari paparan cuaca

Menjaga ponsel dari paparan cuaca sangat penting untuk merawat ponsel agar lebih terhindar dari kerusakan. Jangan pernah meletakkan ponsel kamu di tempat yang terlalu terpapar langsung sinar matahari karena itu akan membuat ponsel kamu panas atau overheat. Dan juga jangan menyimpannya di tempat yang terlalu lembab atau terkena air hujan karena jika sampai air menyerap ke perangkat dalam ponsel kamu, tentu akan menggangu kinerja ponsel kamu bahkan bisa sampai mati total.

4. Cas ponselmu dengan Benar

Merawat ponsel agar baterai sehatMengecas ponsel dengan benar adalah salah satu kunci merawat ponsel agar lebih awet dan baterai tahan lama. Berikut ini beberapa poin yang penting kamu perhatikan saat mengecas ponsel:

  • Hindari mengisi daya sampai 100% karena hal itu akan berpotensi merusak baterai. Cukup isi baterai 80% atau 90% saja agar kondisi baterai ponsel kamu lebih sehat dan awet.
  • Isi daya segera saat ada peringatan baterai lemah. Jangan menunggu sampai daya ponsel kamu benar-benar kosong dan mati untuk mengecas ponsel. Kebiasaan itu akan membuat baterai ponsel kamu lebih cepat rusak.
  • Hindari menggunakan powerbank terlalu sering. Gunakan powerbank hanya saat situasi tertentu saja.
  • Hindari mengecas lewat port USB PC atau laptop
  • Jangan gunakan ponsel saat mengecas. Kalau memungkinkan matikanlah ponsel kamu saat mengecas agar proses pengecasan lebih optimal.
  • Gunakan charger asli atau charger yang berkualitas baik untuk mengecas ponsel kamu. Jangan gunakan charger abal-abal atau charger yang kondisinya sudah tidak baik. Hal ini tidak hanya merusak baterai ponsel kamu, tapi juga bisa merusak port charging ponsel kamu.

5. Perbarui perangkat lunak jika ponselmu menyarankannya

Apakah kamu salah satu orang yang sering mengabaikan notifikasi pembaharuan perangkat lunak di ponsel kamu? Mulai sekarang, perbarui perangkat lunak ponsel kamu jika kamu menerima notifikasinya. Proses ini memang memakan waktu yang cukup lama, tapi kamu tidak bisa mengabaikannya terus-menerus karena ini akan berpengaruh terhadap kinerja ponsel kamu. Jika ingin ponsel kamu bekerja dengan optimal, maka selalu update perangkat lunak di ponsel kamu.

6. Matikan bluetooth, WIFI, Hotspot, dan GPS saat tidak digunakan

Saat bluetooth, WIFI, GPS, hotspot, dan GPS aktif, maka kinerja ponsel akan lebih berat dan akan menghabiskan daya ponsel lebih cepat. Tentu kamu ingin daya ponsel kamu lebih tahan lama saat bermain game. Jadi, jika ingin menghemat daya ponsel kamu agar lebih tahan lama, matikan bluetooth, WIFI, GPS, hotspot, dan GPS kamu jika memang tidak sedang digunakan.

7. Jangan cas ponsel dalam keadaan panas

Jika ponselmu dalam keadaan panas, mungkin ini terjadi karena ponselmu bekerja terlalu berat. Kamu harus menetralkan terlebih dahulu suhu ponsel kamu sebelum mengecasnya. Jangan pernah mengecas ponsel kamu dalam keadaan panas (overheat) karena itu bisa merusak ponsel kamu. Yang perlu kamu lakukan untuk mengurangi panas di ponsel kamu adalah tutup semua aplikasi yang sedang berjalan dengan menutup semua tab aplikasi, lepas casing ponsel kamu sementara sampai suhu ponsel kamu normal, atau jika perlu matikan ponsel kamu saat pengecasan.

8. Jangan simpan ponsel di saku celana

Menyimpan ponsel disaku celana mungkin lebih praktis daripada harus memasukkannya ke dalam tas. Tapi menyimpan ponsel di saku celana akan sangat beresiko terhadap keamanan ponsel kamu. Bisa saja kamu lupa dan menduduki ponsel kamu, atau menaruhnya ke mesin cuci tanpa mengeluarkannya terlebih dahulu. Menyimpan ponsel terlalu lama di saku celana juga bisa membuat ponsel lebih panas karena suhu tubuh yang panas bisa mengalir ke ponsel.

9. Jangan menginstal aplikasi yang tidak resmi

Jangan pernah menginstal aplikasi yang tidak resmi diluar Playstore atau App Store. Bahaya yang bisa mengincar ponsel kamu jika kamu nekat menginstal aplikasi dari pihak ketiga yang tidak resmi adalah ponsel kamu rentan disusupi malware, ancaman hacker dan cyber, ponsel kamu jadi lemot, dan munculnya berbagai iklan dan aplikasi yang menggangu.
Salah satu aplikasi yang aman untuk kamu instal di Playstore adalah Mocipay. Mocipay adalah aplikasi yang mendukung para gamers untuk meningkatkan performa game mereka dengan memberikan layanan top up game termurah dan terlengkap.

10. Batasi penggunaan ponsel dengan pemakaian wajar

Bermain game memang bisa membuat kita lupa waktu. Tapi kamu harus bisa mengendalikan penggunaan waktu kamu dengan tepat agar tetap produktif. Batasi waktu bermain game kamu secara wajar. Selain untuk menjaga kesehatan kamu, juga untuk menjaga kesehatan ponsel kamu. Ponsel kamu juga perlu istirahat, loh.

Seberapa Menarik Artikel Ini?

Klik Untuk Meberikan Penilaian

Penilaian Rata-rata 5 / 5. Jumlah Penilaian: 1

Mari Berikan Penilaian

Show More

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Di Indonesia. Yuk Download Aplikasi MOCIPAY Sekarang Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button