Ragam

Gangguan Token PLN Hari Ini 2024, Ini Penyebab dan Solusinya!

Gangguan token pln hari ini 2024 Menjadi penyebab gagal saat menginput kode token listrik, proses input token listrik gangguan hari ini biasanya meteran listrik akan menampilkan “GAGAL” di layar meteran anda.

Jika perihal di atas terjadi berulang kali. Tentu saja akan membuat pengguna listrik prabayar akan merasa jengkel. Karena daya listrik di rumah yang sudah habis dan tidak dapat digunakan lagi seperti biasanya.

Sebenarnya pengguna listrik prabayar tidak perlu khawatir. Biasanya gangguan token pln hari ini terjadi karena adanya proses instalasi dan pemeliharaan saluran listrik di daerah anda.

Anda bisa mengunjungi halaman facebook dan instagram pln di daerah anda. Biasanya anda akun social resmi dari pln, akan menampilkan informasi mengenai gangguan dan pemeliharaan yang sedang berlangsung.

Jika anda tidak menemukan masalah di daerah tersebut. Anda bisa mengecek terlebih dulu meteran listrik di rumah anda dan kode token yang sebelumnya anda input. Karena sering terjadi kesalahan ketikan menginput kode token yang sebelumnya anda beli..

Silahkan simak bagaimana cara mengatasi gagal ketika menginput atau memasukkan kode token listrik pada artikel ini. Sehingga anda mengetahui juga gangguan token pln hari ini.

Apa Itu Token Prabayar Dan Listrik Pintar?

Apa Itu Token Prabayar Dan Listrik Pintar?
Apa Itu Token Prabayar Dan Listrik Pintar?

Pada awalnya masyarakat menggunakan layanan listrik paskabayar. Artinya pelanggan menggunakan listrik dulu lalu membayarnya belakangan atau pada bulan berikutnya.

Sehingga pihak pln harus mengeluarkan catatan meteran listrik dan menghitungnya serta menerbitkan struk rekening pembayaran yang harus kita bayar setiap awal bulan.

Namun apabila kita tidak membayar tagihan listrik tersebut. Maka pihak pln akan melakukan penagihan kepada pelanggan, apabila pelanggan tidak mau membayar dengan jangka waktu yang telah ditentukan. Pihak pln akan memutus aliran listrik pada pelanggan sesuai dengan sistem listrik pintar.

Baca Juga :  5 Perbedaan CIMB Niaga dan CIMB Niaga Syariah Wajib Kamu Ketahui!

Saat ini Listrik Pintar sudah berubah dengan sistem yang lebih canggih. Listrik Pintar adalah layanan listrik prabayar yang dimana anda dapat mengendalikan sendiri penggunaan listrik sesuai dengan kebutuhan di rumah anda.

Sistem yang sebelumnya bayar belakangan, kini berubah menjadi bentuk voucher atau pulsa. Seperti halnya anda membeli pulsa isi ulang untuk nomor ponsel anda.

Nah di listrik pintar ini anda harus membeli pulsa listrik biasa disebut dengan Voucher dan Token listrik isi ulang. Anda bisa membeli Token tersebut melalui gerai dan juga loket pembayaran listrik di daerah anda.

Berapa Jumlah Angka Pulsa Listrik?

Token atau pulsa listrik berjumlah 20 Digit Angka, kemudian diinput dan dimasukkan ke dalam kWh Meter khusus atau Meter Prabayar.

Pada layar MPB akan muncul informasi penting yang dapat anda baca mengenai pelanggan dan penggunaan listrik, berikut penjelasannya:

  • Jumlah energi listrik dalam kWh yang sudah di input.
  • kWh jumlah yang sudah terpakai selama penggunaan.
  • Jumlah energi listrik yang sedang digunakan secara Real Time.
  • Jumlah pulsa listrik yang masih tersedia.

Pada kWh anda dapat mengisi dan menambah kapan saja token llistrik sesuai dengan kebutuhan anda. Jika pulsa listrik sudah hampir habis, maka MPB akan memberikan sinyal agar segera melakukan pengisian ulang.

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Listrik Pintar Atau Pulsa Listrik

Apa Saja Keuntungan Menggunakan Listrik Pintar Atau Pulsa Listrik
Apa Saja Keuntungan Menggunakan Listrik Pintar Atau Pulsa Listrik

Banyak sekali kuntungan menggunakan listrik pintar solusi isi ulang dari PLN. Menggunakan Token Listrik, sama halnya dengan menggunakan kuota internet.

Jika ingin menghemat pemakaian kuota, otomatis harus mengurangi penggunaan akses di dunia internet. Begitu juga dengan Voucher atau Pulsa listrik.

Kalau ingin pulsa listriknya bisa bertahan sampai akhir bulan. Otomatis harus mengurangi penggunaan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari, tentu saja hal tersebut menjadi salah satu keuntungannya bukan?

1. Cocok Untuk Usaha Kontrakan dan Anak Kos

Sebagai anak kos penggunaan listrik pintar ini menjadi solusi yang baik. Supaya dapat menghemat dan mengatur biaya pengeluaran sehari-hari dan juga menghemat penggunaan arus listrik.

Bagi ibu kos tentu ini menjadi peluang yang sangat cocok, jadi ibu kos tinggal menambahkan pembayaran atau menggratiskan biaya token listrik pada jatah bulanan nya.

Mau cuan berlebih? Yuk cobain Link Penambah Followers TikTok Gratis Tanpa Aplikasi Tambahan.

2. Jaringan Pembelian Token Listrik Sudah Banyak

Jaringan pembelian voucher atau pulsa listrik yang sudah banyak. Lebih dari 30.000 ATM di seluruh Indonesia, selain itu anda juga bisa membelinya melalui gerai atau loket pembayaran listrik di daerah anda.

Pembelian token listrik juga dapat dilakukan secara online. Seperti aplikasi e-wallet, mobile banking, dan marketplace online kesayangan anda.

3. Pelanggan Bisa Mengendalikan Penggunaan Listrik

Dengan adanya meter elektronik prabayar sehingga anda bisa memantau pemakaian listrik sehari-hari. Seperti penjelasan sebelumnya, yang menampilkan penggunaan daya listrik secara real time.

Adanya listirk pintar akan memudahkan anda untuk memantau jangkauan dan alur pemakaian listrik sehari-hari. Anda juga bisa menghemat penggunaan listrik dengan mudah bukan?

Baca Juga :  13+ Sarung dan Bahan Jok Mobil Yang Bagus, Nyaman dan Tahan Lama

4. Pemakaian Listrik Bisa Disesuaikan

Dengan adanya jumlah dari pulsa listrik (voucher) yang bervariasi mulai dari Rp 20.000 s.d. Rp 1.000.000 memberikan kemudahan bagi anda untuk membeli listrik sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

5. Privasi Lebih Terjaga

Listrik Pintar tidak akan membuat anda membukakan pintu untuk petugas pencatatan meter PLN. Karena meter prabayar secara otomatis mencatat pemakaian listrik anda, tanpa kesalahan sedikitpun.

6. Tidak Ada Denda Keterlambatan

Anda tidak akan dikenakan lagi biaya tambahan pembayaran listrik dikarenakan keterlambatan akibat lupa bayar tagihan listrik. Sistemnya jika anda tidak mengisi ulang, otomatis anda tidak dapat menggunakan listrik dirumah.

Keuntungan di atas memang menjadi kelebihan ketika menggunakan listrik pintar. Namun anda juga harus tahu bahwa ada beberapa kendala gangguan token pln hari ini. Contohnya gagal saat memasukkan token listrik.

Penyebab Terjadinya Gangguan Token PLN Hari Ini

Penyebab Terjadinya Gangguan Token PLN Hari Ini 2023
Penyebab Terjadinya Gangguan Token PLN Hari Ini

Tidak hanya sekali dua kali ganguan pada token pln sering terjadi. Pelanggan PLN sering kali mengalami gangguan ketika hendak melakukan penginputan Token Listrik.

Mulai dari Gagal memasukkan kode token dan error nya kode token tersebut. Sebenarnya penyebabnya bisa dari pihak PLN atau Pelanggan sendiri yang salah memasukkan kode token tersebut.

Untuk mengetahui gangguan token pln hari ini. Anda bisa mencoba penyebab dan cara mengatasinya pada artikel kali ini.

  • Meteran MPB Maintenance

Gangguan token pln hari ini bisa disebabkan meteran MPB listrik prabayar sedang maintenance. Sehingga ketika anda berusaha menginput kode voucher listrik selalu galat dan gagal.

Jika hal ini terjadi berulang kali, anda tinggal menunggu sampai proses maintenance selesai. Biasanya anda dapat mengetahui melalui akun resmi pln daerah anda.

  • Salah Memasukkan Token Listrik

Gangguan token pln hari ini yang kedua dikarenakan salah memasukkan token listrik. Biasanya ini menjadi penyebab yang paling kruasial, sehingga gagal saat menginput kode token yang sudah dibeli.

Penting sekali untuk memastikan kode token yang diterima sebanyak 20 angka. Anda harus memasukkan kode tersebut dengan benar, agar tidak terjadi kesalahan saat penginputan voucher pulsa listrik.

  • Gangguan Pengiriman Token Listrik

Gangguan token pln hari ini selanjutnya dikarenakan terjadinya kerusakan yang mengakibatkan gangguan jaringan listrik. Sehingga menyebabkan proses penginputan token listrik dari sistem pln terhambat dan tidak terbaca sama sekali.

  • Masalah Teknis Sistem PLN

Terjadinya gangguan token pln hari ini disebabkan karena adanya masalah teknis sistem PLN. Seperti sistem pembayaran down dikarenakan akses penuh.

  • Perangkat Token Rusak

Gangguan token pln hari ini yang terakhir. Karena perangkat sistem pembaca token listrik mengalami kerusakan dan tidak berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

Bagaimana Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Input

Bagaimana Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Input
Bagaimana Cara Mengatasi Token Listrik Gagal Input

Jika anda mengalami gangguan ketika memasukkan atau menginput kode token listrik. Anda dapat mencoba cara mengatasi kendala penginputan tersebut berikut di bawah ini.

Sebenarnya anda juga bisa menunggu sampai gangguan token pln hari ini berakhir. Nah setalah itu anda dapat mencoba memasukkan kodenya kembali.

  • Menginstal Aplikasi PLN Mobile

Menginstal Aplikasi PLN Mobile
Menginstal Aplikasi PLN Mobile

Cara mengatasi token pln yang gagal masuk karena gangguan token pln hari ini adalah dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Satu-satunya aplikasi BUMN yang berfungsi dengan baik, dan petugas yang sigap dalam segala hal permasalahan.

Baca Juga :  100+ Cheat GTA San Andreas Android Lengkap dan Sering Digunakan

Cara Menggunakan Aplikasi PLN Mobile

Pln mobile juga dapat anda gunakan untuk membeli token listrik dengan mudah. Serta informasi lengkap yang disajikan bisa membantu anda untuk mendapatkan info terbaru seputar gangguan.

  1. Pertama install aplikasi PLN Mobile.
  2. Daftar menggunakan Email atau Nomor Hp.
  3. Silahkan masuk di awal beranda.
  4. Kemudian klik Pengaduan.
  5. Lalu ketik permasalahan Token.
  6. Otomatis pihak PLN akan membantu anda.
  7. Jika masalah ringan maka PLN akan memberikan solusi.
  8. Jika perangkat MPB yang rusak maka pihak pln akan datang.
  9. Anda juga bisa menggunakan PLN Mobile untuk transaksi token listrik.
  10. PLN Mobile selesai anda gunakan.

Link Download Aplikasi PLN

Nama Aplikasi PLN Mobile
Rating 4.9
Fitur Pelayanan Pelanggan
Ukuran Aplikasi 55 Mb
Link Download Klik Disini
  • Melaporkan Melalui Laman Resmi PLN

Melaporkan Melalui Laman Resmi PLN
Melaporkan Melalui Laman Resmi PLN

Jika terjadi gagal menginput token pln dikarenakan gangguan token pln hari ini. Anda bisa melaporkan kejadian tersebut melalui laman website dari PLN.

Cara Melaporkan Masalah Gangguan Listrik Via Website PLN

Selain menyediakan aplikasi, PLN juga memberikan website dengan akses tercepat untuk kendala sistem token listrik yang sedang bermasalah.

  1. Pertama anda kunjungi dengan salin https://portal.pln.co.id/
  2. Daftar akun baru jika diperlukan.
  3. Pilih menu Pelayanan Pelanggan.
  4. Kemudian pilih Layanan Gangguan.
  5. Masukkan formulir pengaduan dan nomor Meter Listrik.
  6. Deskripsi kan masalah pada formulir pengaduan.
  7. Silahkan anda simpan nomor tiket yang dikeluarkan.
  8. Tunggu sampai pihak PLN mengubungi kontak anda.
  9. Setelah itu anda tinggal melakukan konfirmasi.
  10. Gangguan anda sudah teratasi.
  • Menggunakan Sambungan Telepon 123

Menggunakan Sambungan Telepon 123
Menggunakan Sambungan Telepon 123

Jika sedang terjadi gangguan token pln hari ini. Dan berlangsung cukup lama, maka anda dapat menghubungi PLN melalui Telepon 123 sesuai daerah anda Masing-Masing.

Selain itu anda dapat menggunakan informasi kontak PLN di bawah ini. Yang bisa anda gunakan untuk melaporkan gangguan kelistrikan di daerah anda.

Apakah layanan call center PLN 24 jam? Call center PLN aktif selama 24 Jam. Dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile anda bisa melakukan pengaduan dan keluhan prameter kelistrikan baik dirumah dan satu daerah.

Informasi Layanan Kontak PLN

Contak Center PLN 123
Telepon (Kode Area) 123
Twitter @pln_123
Facebook PLN 123
Email pln123@pln.co.id

Cara Beli Token Atau Voucher Pulsa Listrik Online Terpercaya

Cara Beli Token Atau Voucher Pulsa Listrik Online Terpercaya
Cara Beli Token Atau Voucher Pulsa Listrik Online Terpercaya

Nah setelah gangguan gangguan token pln hari ini berakhir. Pastinya bro-bro sekalian ingin membeli voucher atau pulsa listrik bukan? Jangan biarkan suara token anda mengganggu tetangga yah.

Anda bisa menggunakan rekomendasi yang akan di tawarkan pada artikel kali ini. Tentu saja sejatinya token hanya akan menampilkan 20 digit angka yah bro sis.

  • Mocipay Digital Indonesia

Mocipay Digital Indonesia
Mocipay Digital Indonesia

Mocipay Digital Indonesia adalah platform layanan produk digital seperti vocuher game, pulsa, paket internet hingga token listrik pascabayar dan prabayar.

Mocipay menjadi aplikasi yang paling aman untuk bro-bro cobain sebagai penyedia produk digital terlengkap di kelasnya.

Sejatinya aplikasi Mocipay memang menyediakan khusus untuk penjualan voucher game. Selain itu anda juga bisa menjadi reseller untuk meraih keuntungan dari berjualan produk digitalnya.

Cara Beli Pulsa Listrik Pakai Mocipay

Anda wajib menggunakan Mocipay. Karena banyak varian produk digital termurah untuk kebutuhan akun game dan voucher data anda.

  1. Pertama instal aplikasi Mocipay Digital Indonesia.
  2. Aplikasi ini sudah ada di Play Store dengan resmi.
  3. Klik daftar akun dan masukkan Nomor HP.
  4. Di halaman awal silahkan klik PLN.
  5. Berada di tengah sudut kanan aplikasi.
  6. Kemudian pilih PLN Prabayar.
  7. Masukkan ID Rekening meter listrik anda.
  8. Lalu anda pilih Nominal yang ingin digunakan.
  9. Konfirmasi pembayaran dengan mudah.
  10. Selesai anda akan ditampilkan dengan 20 Digit kode token.

Link Download Aplikasi Mocipay

Nama Aplikasi Mocipay Digital Indonesia
Rating 4.8
Fitur Produk Digital Terlengkap + Token Listrik
Ukuran Aplikasi 26 Mb
Link Playstore Klik Disini

Penutup

Gangguan Token PLN Hari Ini
Gangguan Token PLN Hari Ini

Apakah anda sudah tahu apa penyebab Gangguan token pln hari ini ? Tentu saja masalahnya akan terus berulang. Karena kita masih tinggal di negara berkembang yang belum menguasai sepenuhnya sistem teknologi dan kecanggihan yang ada saat ini.

Irfan Nathanael

"The Only Easy Day was Yesterday"
Back to top button