Ragam

Mengenal Fitur Arsipkan dan Ciri-Ciri WA Diarsipkan Orang Lain

Ciri-ciri WA diarsipkan menjadi hal yang banyak dipertanyakan oleh banyak orang. Karena biasanya orang-orang bertindak sebagai pelaku yang mengarsipkan pesan, jadi terpikirkan juga bagaimana ciri-ciri WA diarsipkan oleh orang lain.

WA atau singkatan dari WhatsApp ini sudah lama mengeluarkan fitur pesan diarsipkan untuk membantu para penggunanya. Barangkali mereka butuh untuk menyimpan pesan-pesan tertentu supaya lebih rapi atau dengan tujuan lainnya.

Cara Mengarsipkan dan Ciri-Ciri WA Diarsipkan Orang Lain

Cara Mengarsipkan dan Ciri-Ciri WA Diarsipkan Orang Lain
Cara Mengarsipkan dan Ciri-Ciri WA Diarsipkan Orang Lain

Bagi Anda yang belum tahu fitur ini, ada 2 jenis pilihan arsipkan pesan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Yang pertama, arsipkan pesan terletak di tampilan chat paling atas. Gunanya untuk menyimpan pesan dan membuat pesan terbaru yang masuk tidak keluar ke tampilan utama.

Kemudian yang kedua, arsipkan pesan akan terletak di tampilan chat paling bawah. Tujuannya bisa jadi supaya pesan lama tidak mengganggu pesan yang diprioritaskan atau terbaru. Tapi jika ada pesan terbaru dari kontak yang diarsipkan sebelumnya, maka akan muncul kembali di tampilan utama.

Nah sebelum membahas ciri-ciri WA diarsipkan oleh orang lain, sebaiknya Anda perlu tahu cara mengarsipkan pesan terlebih dahulu supaya lebih paham cara kerjanya. Yang belum tahu juga bisa sekalian praktik cara menggunakannya, ya.

1. Cara Mengarsipkan Pesan

Cara Mengarsipkan Pesan
Cara Mengarsipkan Pesan

Sebenarnya cara mengarsipkan ini gampang sekali, dan bisa dilakukan sewaktu-waktu.

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda
  • Pilih pesan dari kontak yang ingin diarsipkan dengan cara menekan dan tahan
  • Setelah itu akan muncul beberapa opsi di pojok kanan atas; sematkan, hapus, hening, arsip, dan titik tiga.
  • Pilih opsi arsip dengan logo kotak dengan tanda panah ke bawah
  • Setelah itu pesan sudah bisa diarsipkan

Nah kalau pesan yang diarsipkan terletak di atas dan ingin Anda ubah ke tampilan paling bawah, berikut caranya:

  • Buka kumpulan pesan yang sudah diarsipkan sebelumnya
  • Di pojok kanan atas, tekan opsi titik tiga
  • Klik Setelan Pengarsipan
  • Untuk mengubah tampilan pengarsipan supaya di bawah, maka non-aktifkan tombol yang ada di sebelah kanan teks “Tetap Arsipkan Pesan

Ini berfungsi supaya pesan terbaru dari kontak yang diarsipkan bisa muncul kembali. Kalau Anda mau yang sebaliknya, maka bisa aktifkan tombol yang ada di sebelah kanan teks “Tetap Arsipkan Pesan”.

Lalu bagaimana cara membuka pesan yang sudah diarsipkan sebelumnya supaya bisa muncul di tampilan utama? Berikut langkah-langkahnya:

  • Dalam tampilan utama WhatsApp, klik fitur pengarsipan pesan yang berada di paling atas atau paling bawah
  • Pilih pesan yang ingin Anda buka arsip pesannya
  • Tekan dan tahan pesan tersebut, lalu akan muncul berbagai opsi di pojok kanan atas; hapus, hening, buka arsip dan titik tiga
  • Pilih Buka Arsip dengan simbol kotak dan tanda panah ke atas di tengahnya
  • Dengan begitu pesan akan kembali timbul di tampilan utama
Baca Juga :  30+ Model Rambut Untuk Wajah Bulat Dan Pipi Tembem paling Recomended

2. Ciri-Ciri WA Diarsipkan Orang Lain

Ciri-Ciri WA Diarsipkan Orang Lain
Ciri-Ciri WA Diarsipkan Orang Lain

Setelah paham dengan cara kerja fitur pengarsipan di WhatsApp, pasti Anda semakin penasaran dengan ciri-ciri WA diarsipkan oleh orang lain. Karena sebelumnya sudah dijelaskan bahwa fitur ini terbagi menjadi dua pilihan:

  • Tampilan pengarsipan di atas = pesan terbaru tidak akan terlihat dan notifikasi jadi hening
  • Tampilan pengarsipan di bawah = pesan terbaru akan keluar dari pengarsipan dan muncul di tampilan utama WhatsApp

Jadi sebenarnya bagaimana ciri-ciri WA diarsipkan? Karena normalnya hanya orang yang mengarsipkan pesan saja yang tahu bahwa mereka mengarsipkan pesan dari orang lain.

Tidak ada ciri-ciri WA diarsipkan khusus yang akan terlihat karena pengarsipan pesan ini bukan semacam memblokir kontak yang membuat orang tersebut tidak bisa menghubungi. Hanya saja pengarsipan pesan ini berguna untuk menyembunyikan pesan dan mengheningkan notifikasinya.

Kalau orang yang mengarsipkan pesan Anda menggunakan pilihan pertama yaitu tampilan pengarsipan di atas, maka notifikasi akan hening dan pesan terbaru Anda tidak akan muncul di tampilan utama.

Maka bisa jadi mereka tidak sadar bahwa Anda mengirim pesan, dan tidak membalas atau membalasnya sangat lama. Begitulah ciri-ciri WA diarsipkan karena diabaikan.

Baca Juga: 11+ Aplikasi Belajar Bahasa Korea Gratis Untuk Pemula

Kelebihan Fitur Arsipkan di WhatsApp

Kelebihan Fitur Arsipkan di WhatsApp
Kelebihan Fitur Arsipkan di WhatsApp

Tentunya dalam pembuatan fitur ini, sebelumnya sudah dipertimbangkan kelebihan dan kekurangannya. Karena pastinya akan ada orang yang merasa fitur ini bermanfaat dan sangat membantu kesehariannya.

Untuk sebagian orang, pengarsipan pesan bisa jadi bentuk penolakan pesan yang sekiranya mengganggu tanpa harus memblokir. Nah, untuk kelebihannya sendiri adalah sebagai berikut:

1. Mendukung Privasi

Pertama, setiap orang pasti butuh privasi. Mungkin saja Anda butuh fitur ini untuk menenangkan kepenatan Anda sejenak dari dunia kerja saat jam pulang. Karena tidak sedikit urusan pekerjaan tetap berlanjut atau overtime sampai di rumah.

Sebagian orang juga merasa tidak enakan kalau mau menghiraukan. Selain mengetahui ciri-ciri WA diarsipkan, mungkin mereka juga sedang butuh privasi. Di sinilah fitur Arsipkan ini bisa berguna supaya tidak terdistraksi dengan pesan tersebut.

2. Tampilan Chat Lebih Rapi

Tampilan WhatsApp yang lebih rapi tentunya akan enak dipandang dan bisa lebih fokus ke hal yang lebih diprioritaskan. Apalagi kalau Anda belum punya cukup waktu untuk menghapus pesan-pesan lama. Fitur Arsipkan pesan ini bisa sangat berguna dan bisa dilakukan kapanpun.

Baca Juga :  Daftar Paket Nex Parabola Terbaru 2024

3. Menghindari Notifikasi yang Mengganggu

Kelebihan dari fitur ini juga bisa mengheningkan pesan yang mengganggu. Melihat dari ciri-ciri WA diarsipkan tadi, mungkin pesan Anda mengganggu mereka.

Fitur ini bukan cuma menjadikan tampilannya lebih rapi. Karena saat diarsipkan, notifikasi pesan juga bisa jadi hening. Jadi kalau pesan Anda lama dibalas, jadi ciri-ciri WA diarsipkan.

Apalagi jika Anda menggunakan pilihan pengarsipan pesan di atas. Jadi pesan terbaru akan tetap berada di pengarsipan tanpa harus muncul ke tampilan awal dan mengacaukan fokus Anda.

Untuk mengetahui isi pesannya, Anda bisa cukup membuka kumpulan pesan yang diarsipkan saat Anda punya waktu luang. Jadi tidak akan mempengaruhi mood Anda di saat yang tidak tepat, bukan?

4. Filter Penghapusan Pesan Lebih Baik

Terkadang dalam menghapus pesan lama, Anda bisa secara terburu-buru menyimpulkan bahwa pesan tersebut tidak penting dan langsung menghapus. Dengan begitu pasti setelah Anda sadar baru timbul rasa penyesalan.

Nah kelebihan lainnya dari fitur ini adalah bisa memaksimalkan penghapusan pesan yang tidak penting. Anda bisa mengarsipkan pesan-pesan yang tidak penting, jadi yang muncul di halaman utama WhatsApp hanya yang dibutuhkan saja. Dengan begitu saat penghapusan chat, cukup buka fitur pesan yang diarsipkan saja.

5. Tidak Perlu Memutus Silaturahmi

Walaupun mungkin tujuan awal pengarsipan pesan karena mengganggu, setidaknya dengan ini Anda tetap memberikan kesempatan untuk bersikap baik dan tidak memutus silaturahmi. Karena tidak jarang orang akan cepat-cepat memblokir kontak dan membuat mereka tidak bisa lagi saling berkomunikasi.

Kalau hanya mengarsipkan pesan, Anda bisa membalas waktu-waktu dan bahkan bisa tetap melakukan panggilan suara atau video. Bahkan kalau pengarsipan pesan yang di bawah akan muncul ke tampilan utama jika ada pesan baru yang masuk.

Kekurangan Fitur Arsipkan Pesan

Kekurangan Fitur Arsipkan Pesan
Kekurangan Fitur Arsipkan Pesan

Setelah mengetahui kelebihannya, Anda juga harus paham kekurangan dari fitur ini. Karena ada beberapa dampak yang bisa terjadi yang mungkin bisa fatal. Jadi nantinya Anda bisa lebih berhati-hati dan mempertimbangkan lagi sebelum mengarsipkan pesan.

1. Resiko Salah Memasukkan Pesan Penting

Sebagian orang memiliki sifat ceroboh dan kurang teliti dalam melakukan berbagai hal. Contohnya juga dalam mengarsipkan pesan yang ternyata penting dan settingan pengarsipannya membuat chat yang baru masuk dari pesan yang diarsipkan tidak timbul.

Notifikasi yang hening juga bisa membuat Anda tidak sadar bahwa ada pesan yang masuk. Kalau ternyata pesan darurat, maka bisa bahaya jika tidak disadari.

2. Pesan Terlupakan

Saat fitur arsipkan pesan digunakan, tujuan utamanya adalah untuk menyembunyikan pesan tertentu. Maka dari itu, sering juga terjadi pesan-pesan penting jadi terlupakan. Kalau pesan Anda tidak pernah dibalas, mungkin ini ciri-ciri WA diarsipkan.

Baca Juga :  Berikut 2 Cara Membatalkan Premium Get Contact Dengan Mudah

Contohnya saat Anda memiliki pekerjaan utama dan pekerjaan sampingan, Anda mengarsipkan pesan dari pekerjaan sampingan yang ternyata itu penting dan lupa untuk membukanya kembali. Tentunya hal ini akan cukup merugikan jika terjadi.

Apakah Pengarsipan Pesan Terbatas?

Biasanya untuk beberapa fitur akan ada keterbatasan kuota. Jadi tidak maksimal saat digunakan bahkan terkadang harus membayar lebih. Nah, apakah fitur pengarsipan pesan di WhatsApp ini terbatas?

Pengarsipan pesan di WhatsApp tidak terbatas dan bisa dilakukan bahkan untuk semua kontak. Jadi jika sekiranya Anda sedang penat dan tidak ingin membaca pesan-pesan terbaru yang bermunculan, maka bisa tandai semua pesan dengan klik titik tiga di pojok kanan atas, pilih semua dan arsipkan pesan.

Dengan begitu tampilan utama WhatsApp Anda akan bersih. Riwayat pesan yang penting juga tetap aman.

Apakah Pembaruan Status dari Kontak yang Diarsipkan Akan Tetap Muncul?

Pertanyaan ini juga banyak sekali ditanyakan orang-orang yang mengarsipkan pesan dari orang lain. Apakah pembaruan status mereka akan tetap muncul?

Jawabannya adalah, iya. Pembaruan status yang mereka buat akan tetap muncul di tampilan Anda karena fitur pengarsipan pesan sebelumnya hanya berfungsi untuk menyembunyikan pesan mereka.

Beda halnya jika mereka pengecualian Anda supaya tidak bisa melihat status terbaru mereka, maka tidak akan muncul di tampilan Anda. Lalu apakah bisa mengarsipkan pembaruan status dari orang lain supaya tidak muncul di tampilan Anda?

Ada fitur lain yang bisa dimanfaatkan supaya membatasi tampilan status dari kontak Anda. Yakni fitur Bisukan. Jadi kalau biasanya status sudah habis dilihat akan otomatis bergulir membuka pembaruan status orang lain.

Bisa jadi tanpa sadar Anda akan melihat pembaruan status yang mungkin tidak diinginkan. Nah, Anda bisa menggunakan fitur bisukan status supaya tidak otomatis terbuka. Bagaimana caranya membisukan status orang lain?

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih bilah Status
  • Pilih status dari kontak yang ingin Anda bisukan dengan ketuk dan tahan
  • Setelah itu akan muncul tulisan “Bisukan pembaruan status (nama kontak)?”
  • Pilih Bisukan

Dengan begitu pembaruan status mereka tidak akan muncul di tampilan teratas lagi, melainkan di paling bawah. Anda bisa menerapkan nya pada kontak-kontak yang tidak ingin dilihat.

Manfaat Mengarsipkan Chat WA Penjelasan
Menyimpan chat penting Dengan mengarsipkan chat, anda dapat menyimpan percakapan yang penting atau berisi informasi berharga seperti nomor telepon, alamat atau rincian penting lainnya
Menjaga ruang chat anda teratur Mengarsipkan chat membantu menjaga tampilan daftar chat anda tetap rapi dan teratur
Menghindari penghapusan otomatis Chat yang tidak diarsipkan mungkin akan dihapus setelah jangka waktu tertentu jika anda mengaktifkan pengaturan penghapusan otomatis Whatsapp
Privasi dan keamanan Jika anda memiliki percakapan pribadi atau rahsia, mengarsipkan chat dapat membantu menjaga privasi dan keamanan informasi tersebut
Mengelompokkan chat Anda dapat mengarsipkan chat untuk mengelompokkan mereka berdasarkan jenis, seperti chat kerja, chat dengan teman atau chat keluarga
Lebih mudah dikelola Dengan mengarsipkan chat, anda dapat lebih mudah mengelola jumlah chat di whatsapp anda
Ciri-Ciri WA Diarsipkan
Ciri-Ciri WA Diarsipkan

Nah sudah jelas bukan mengenai fitur pengarsipan dan ciri-ciri WA diarsipkan oleh orang lain? Pastikan untuk menggunakannya secara bijak supaya bisa lebih bermanfaat.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button