Tutorial

GopayLater Cicilan Tidak Tersedia Untuk Transaksi Ini, Kenali 13 Penyebabnya!

Mau belanja produk atau menggunakan layanan Gopaylater, namun Gopaylater Cicilan Tidak Tersedia Untuk Transaksi Ini? Tenang saja karena kamu akan mengetahui penyebab dan cara mengatasinya pada artikel ini.

GopayLater cicil adalah fitur yang ditawarkan oleh Gopay untuk melakukan pembayaran digital. Dimana fitur ini memungkinkan kamu untuk pembelian barang atau layanan secara kredit,dengan opsi pembayaran dalam bentuk cicilan bulanan.

Namun terkadang, pengguna menghadapi situsi dimana GopayLater Cicil tidak tersedia untuk transaksi yang mereka ingin lakukan, sehingga kebingungan untuk mengandalkan fitur tersebut.

Untuk mengetahui faktor penyebab dan cara mengatasinya yang lebih lanjut lagi, silahkan simak informasi penjelasan pada artikel ini.

Apa Itu GopayLater Cicilan?

Apa Itu GopayLater Cicil
Apa Itu GopayLater Cicil

GopayLater Cicilan adalah layanan dari Gopay yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian secara kredit atau di cicil. Dengan GopayLater Cicil, kamu dapat melakukan pembelian barang atau layanan tanpa harus membayar secara penuh pada waktu yang bersamaan.

  • Alih-alih membayar langsung, kamu bisa memilih opsi cicilan untuk membayar dalam beberapa kali pembayaran setiap bulannya.
  • Dalam proses pembelian menggunakan GopayLater cicil, kamu akan memberikan opsi untuk memilih tenor atau jangka waktu cicilan yang tersedia, seperti 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.
  • Setelah memilih tenor, kamu akan mendapatkan informasi mengenai jumlah pembayaran cicilan bulanan yang harus dibayarkan kedepannya.

Cara Aktivasi Gopaylater Cicil

Seperti yang telah dijelasakan sebelumnya bahwa GopayLater Cicil memiliki tenor atau jangka waktu pembayaran cicilan yang bervariasi hingga 12 bulan sehingga sangat memungkinkan untuk digunakan.

Cara Aktivasi Gopaylater Cicil
Cara Aktivasi Gopaylater Cicil

Akan tetapi sebelum mengakses fitur GoPayLater Cicil, pastikan kamu sudah memiliki aplikasi Gojek Versi terbaru. Nah, untuk melakukan aktivasi GopayLater cicil ikut langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka aplikasi Gojek di perangkat ponsel kamu.
  • Pada halaman utama Gopaylater Cicil, klik Aktifkan.
  • Baca syarat dan Ketentuan pengaktifan, lalu klik Setuju.
  • Isi data diri kamu dengan benar dan tunggu hingga data kamu berhasil di proses.
  • Jika disetujui, akan muncul notifikasi yang menunjukkan pengaktifan GopayLater disetujui.
  • Setelah itu, klik Oke, Lanjut.
  • Buat Tanda tangan digital untuk mengaktifkan.
  • Layanan GopayLater Cicil siap untuk digunakan.
Baca Juga :  10 Cara Mengirim Foto Sekali Lihat Di Telegram

Cara Menggunakan GopayLater Cicil

Setelah proses pengaktifan layanan Gopaylater Cicil berhasil dilakukan, kemungkinan kamu ingin mengajukan pinjaman atau melakukan cicilan pada produk. Untuk melakukan hal tersebut, berikut adalah langkah-langkahnya.

Cara Menggunakan GopayLater Cicil
Cara Menggunakan GopayLater Cicil
  • Pilih produk atau layanan yang sedang dibutuhkan saat ini.
  • Pilih metode pembayaran melalui Gopay.
  • Selanjutnya pilih opsi GoPayLater Cicil dan Tenor Cicilan sesuai dengan kemampuan pembayaranmu.
  • Cek kembali rincian transaksi dan klik Bayar Sekarang.
  • Konfirmasi pembayaran dengan memasukkan 6 digit PIN Gopay.
  • Pembayaran GopayLater cicilan kamu berhasil dilakukan.

Gopaylater Cicilan Tidak Tersedia Untuk Transaksi Ini

Gopaylater Cicilan Tidak Tersedia Untuk Transaksi Ini
Gopaylater Cicilan Tidak Tersedia Untuk Transaksi Ini

Terkendala saat melakukan pembayaran menjadi permasalahan yang besar bagi setiap pengguna yang ingin membeli produk menggunakan GopayLater Cicil. Umumnya, GopayLater cicilan tidak tersedia untuk transaksi ini disebabkan oleh jumlah pemakaian mencapai batas limit.

Selain penyebab GopayLater cicilan tidak tersedia untuk transaksi ini, ternyata masih ada hal lain yang menjadi faktor penyebabnya seperti :

1. Pemakaian Mencapai Batas Limit

Penyabab GopayLater cicilan tidak tersedia untuk transaksi ini yang pertama adalah jumlah pemakaian GopayLater cicil sudah mencapai batas limit yang telah ditentukan.

GopayLater Cicil memiliki batasan kredit yang diberikan kepada penggunanya berdasarkan evaluasi kelayakan kredit dan kebijakan perusahaan. Jika kamu telah mencapai batas limit kredit atau melebihi batas tersebut, maka kemungkinan kamu tidak akan dapat menggunakan GopayLater Cicil.

Karena penting untuk memperhatikan dan mengelola penggunaan kredit dengan kebijak agar tetap berada dalam batas limit yang telah ditetapkan oleh GoPay.

2. Tidak Memenuhi Syarat dan Ketentuan

Tidak memenuhi syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh Gopay untuk penggunaan GopayLater Cicil dapat menjadi penyebab GopayLater cicilan tidak tersedia untuk transaksi ini.

Hal tersebut dikarenakan GopayLater memiliki persyaratan kelayakan dan batasan tertentu yang harus dipenuhi oleh pengguna untuk memenuhi layanan yang telah disediakan oleh GopayLater. Beberapa contoh syarat dan ketentuan yang diterapkan oleh GopayLater Cicil seperti :

  • Kelayakan kredit.
  • Batasan umur.
  • Batasan transaksi.

3. Batasan Transaksi

Salah satu penyebab lain dari GopayLater cicilan tidak tersedia untuk transaksi ini yaitu batasan transaksi. Kemungkinan GopayLater Cicil memiliki batasan terkait jenis transaksi atau toko yang menerima pembayaran menggunakan fitur tersebut.

Karena Gopay sendiri bisa menentukan kategori barang atau layanan mana yang dapat menggunakan GopayLater Cicil, serta toko-toko mana bekerja sama dengan Gopay untuk menerima pembayaran.

Baca Juga :  5 Cara Mengembalikan Data HP Yang Sudah Di Reset Pabrik Xiaomi

Jika transaksi yang kamu lakukan tidak memenuhi batasan yang telah ditetapkan oleh GopayLater, maka fitur GopayLater cicilan tidak tersedia untuk transaksi ini.

4. Kredit Skor Terlalu Rendah

GopayLater melibatkan evaluasi kelayakan kredit, dimana Gopay melakukan penilaian terhadap penggunanya berdasarkan sejarah transaksi, profil resiko, atau informasi lainnya.

Jika kamu memiliki kredit skor yang terlalu rendah atau riwayat kredit yang buruk, kemungkinan besar GopayLater Cicilan tidak tersedia untuk transaksi ini. Hal ini dilakukan karena Gopay dan mitra penyedia kredit memiliki standart dan kriteria tertentu untuk menentukan kelayakan kredit.

Biasanya kredit skor yang terlalu rendah terjadi karena kamu memiliki riwayat pembayaran yang tidak lancar, utang yang belum diselesaikan, atau risiko kredit yang tinggi.

5. Gangguan Teknis

Gangguan teknis atau masalah sistem dapat terjadi dari waktu ke waktu dan dapat mempengaruhi ketersediaan layanan, termasuk GopayLater Cicil.

Jika terjadi masalah teknis pada sistem Gopay atu platform pembayaran mereka, Gopaylater cicil mungkin tidak tersedia untuk sementara waktu. Biasanya hal Ini bisa terjadi karena adanya masalah server, jaringan atau intruksi teknis lainnya yang digunakan oleh Gopay.

6. Informasi Data Tidak Sesuai

Penyebab GopayLater cicilan tidak tersedia untuk transaksi ini terakhir yaitu karena informasi data yang dicantumkan tidak sesuai atau tidak akurat.

Karena Gopay sendiri melakukan evaluasi kelayakan kredit berdasarkan informasi yang diberikan oleh pengguna, seperti riwayat transaksi, profil resiko, dan data lainnya.

Oleh sebab itu, jika kamu memberikan informasi yang tidak akurat atau tidak sesuai, misalnya riwayat transaksi yang tidak benar, hal tersebut dapat mempengaruhi kelayakan pengunaan dan menyebabkan GopayLater cicilan tidak tersedia untuk transaksi ini.

7. Login 2 Akun Gojek dalam 1 Perangkat

Faktor yang memiliki resiko besar dan berdampak pada penggunaan limit GopayLater Cicil yaitu pengguna melakukan login 2 akun Gojek dalam 1 perangkat secara bersamaan.

Biasanya Gojek akan melakukan tindakan seperti pembekuan limit GopayLater Cicil disalah satu akun tersebut, sehingga pada saat melakukan pembelian produk atau layanan lain dari GopayLater Cicil tidak akan muncul.

Cara Mengatasi Gopaylater Cicilan Tidak Tersedia Untuk Transaksi Ini

Setelah memahami faktor penyebab GopayLater cicilan tidak tersedia untuk transaksi ini tentu kamu ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi hal tersebut agar dapat menikmati layanan yang disediakan kembali.

Nah, agar hal diatas tidak pernah terjadi berikut ada beberapa cara mengatasi GopayLater cicilan tidak tersedia untuk transaksi hari ini yang bisa kamu coba, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Periksa Syarat dan Ketentuan – Pastikan kamu sudah memahami syarat dan ketentuan yang berlaku unruk pengunaan GopayLater cicil. Kemudian periksa apakah transaksi yang ingin dilakukan memenuhi batasan dan persyaratan ang ditetapkan.
  • Verifikasi Informasi Kredit – Periksa apakah riwayat transaksi dan data pribadi kamu telah diperbaharui dengan benar. Jika ada kesalahan pada data yang telah dicantumkan, sebaiknya perbaiki atau perbaharui informasi tersebut.
  • Cek Batas Limit Kredit – Apabila kamu telah mencapai batas limit atau melebihi batas tersebut, pertimbangkan untuk melunasi kredit yang ada atau menunggu hingga pembayaran cicilan selesai untuk memperbaharui batas limit kredit.
  • Tingkatkan Transaksi – Untuk meningkatkan transaksi kamu bebas menggunakan layanan yang telah disediakan oleh Gojek, seperti GoRide, GoCar, GoFood, GoSend, atau pembayaran tagihan PDAM dan Listrik.
  • Melunasi Tagihan yang Tertunggak – Melunasi tunggakan atau tagihan GopayLater Cicilan yang tersedia juga dapat meningkatkan limit kredit kamu serta mengatasi terjadinya masalah pada transaksi.
  • Perbaharui Aplikasi Gojek – Untuk mengatasi terjadinya kendala saat melakukan transaksi menggunakan GopayLater cicilan kamu bisa mengaupdate aplikasi Gojek terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mengatasi terjadinya bug atau kesalahan teknis, ini juga dilakukan untuk memunculkan menu-menu baru dari Gojek yang mendukung kinerja GopayLater Cicilan.
Baca Juga :  6 Cara Mengaktifkan Kartu AXIS yang Sudah Mati Tanpa ke AXIS Center

Bagaimana Cara Bayar Tagihan GopayLater Cicil?

Umumnya, tagihan GopayLater Cicil akan jatuh tempo pada tanggal terakhir setiap bulannya. Jika tagihan kamu belum dibayarkan hingga melewati tanggal masa tenggang, maka akan dikenakan denda keterlambatan sebesar RP2.000/hari.

Ada 2 cara membayar tagihan GopayLater Cicil yaitu melalui aplikasi Gopay sendiri dan juga melalui bank transfer. Berikut adalah panduan selengkapnya :

1. Bayar Tagihan GopayLater Cicil Lewat Aplikasi Gopay

Bagi kamu yang ingin melakukan pembayaran GopayLater Cicil melalui aplikasi Gopay secara langsung, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

  • Pada halaman GopayLater Cicil, pilih menu Bayar.
  • Pilih metode pembayaran Gopay.
  • Cek kembali rincian transaksi, lalu klik Bayar.
  • Konfirmasi pembayaran Gopaylater Cicil dengan memasukkan 6 digit PIN Gopay.
  • Pembayaran berhasil dilakukan.

2. Bayar Tagihan GopayLater Cicil Melalui BCA Virtual Account

Alternatif lain yang dapat kamu lakukan untuk membayar GopayLater Cicil selanjutnya adalah melalui BCA Virtual Account dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Di halaman utama GopayLater Cicil, pilih menu Bayar.
  • Pilih metode pembayaran melalui BCA Virtual Account.
  • Salin Kode Virtual Account BCA.
  • Paste atau Tempelkan VA pembayaran pada aplikasi Mobile BCA.
  • Lakukan pembayaran dengan memasukkan PIN BCA.
  • Pembayaran berhasil, tagihan kamu sudah terbayarkan.

Postingan Menarik Lainnya : Cara Mencairkan Gopay Paylater Via Akulaku : 5 Menit Langsung Cair!

Kesimpulan

GopayLater Cicilan Tidak Tersedia Untuk Transaksi Ini
GopayLater Cicilan Tidak Tersedia Untuk Transaksi Ini

Itulah beberapa faktor penyebab GopayLater cicilan tidak tersedia untuk transaksi ini beserta cara mengatasinya yang bisa kamu periksa jika masalah tersebut sedang terjadi pada akun kamu.

Pastikan kamu melakukan pembayaran cicilan tepat waktu atau tidak terlambat, untuk memastikan kelancaran penggunaan GopayLater cicil selanjutnya.

Semoga informasi penyebab GopayLater cicilan tidak tersedia untuk transaksi ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu diinformasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button