Tutorial

6 Cara Mengatasi Jaringan Tri Gangguan Hari Ini

Cara Mengatasi Jaringan Tri Gangguan Hari Ini adalah hal yang mungkin terlintas dalam benak pengguna tri hari ini.

Banyaknya keluhan terkait jaringan Tri yang tidak beroperasi sebagaimana mestinya tentu membuat pengguna lebih khawatir. Karena hal ini, aktivitas semakin terkendala sehingga menimbulkan pertanyaan kenapa jaringan Tri gangguan hari ini.

Apabila kamu salah satu pengguna Tri yang mengalami kendala serupa, mari tetap disini karena Mocipay akan menjabarkan beberapa penyebab jaringan Tri gangguan hari ini dan solusi yang berkaitan dengan pembahasan kita.

Penyebab Jaringan Tri Gangguan Hari ini

Penyebab Jaringan Tri Gangguan Hari ini
Penyebab Jaringan Tri Gangguan Hari ini

Seperti yang kita ketahui bahwa Tri merupakan salah satu penyedia produk telekomunikasi yang cukup dikenal kalangan muda, hal ini karena provider menawarkan harga yang relatif murah jika dibandingkan provider lainnya.

Walau begitu, bukan berarti provider Tri sempurna tetap saja ditemukan kendala dalam penggunaannya seperti jaringan yang tidak stabil.

Mengingat banyaknya pengguna Tri sudah pasti hal ini merugikan provider dan penggunanya secara langsung, bagaimana tidak aktivitas pelanggan yang berhubungan dengan internet sudah pasti terkendala yang membuat mereka berfikir untuk segera beralih pada layanan provider yang lebih stabil.

Jaringan Tri mengalami gangguan seperti koneksi jaringan tidak stabil, internet Tri melambat, tidak bisa melakukan panggilan dan mengirimkan SMS. Masalah yang ditimbulkan gangguan jaringan Tri cukup banyak bukan? karena itu, mari lihat beberapa penyebab jaringan Tri gangguan hari ini:

  • Jaringan Tri Hilang Karena Cuaca Buruk

Salah satu alasan kenapa jaringan Tri gangguan hari ini karena cuaca yang buruk. Bukan hanya Tri, sebab semua provider mengandalkan cuaca yang bagus agar kartu tetap digunakan.

Baca Juga :  Cara Transfer Pulsa Indosat Via Aplikasi Myim3

Jaringan Tri perlahan-lahan menjadi hilang saat cuaca buruk, seperti saat hujan deras. Tidak sampai disitu, sebab cuaca yang buruk dapat mengakibatkan jaringan hilang total.

  • Pengguna di Luar Jangkauan

Walaupun Tri sudh dikenal masyarakat, kartu ini masih dalam batasan-batasan yang cukup membuat pelanggan terganggu. Seperti halnya ketika kamu mengunjungi suatu tempat dan tiba-tiba jaringan mengalami gangguan, penyebab gangguan ini karena lokasi yang amat susah di jangkau provider Tri.

  • Perbaikan Sistem

Setiap kali Tri melakukan perbaikan sistem, mereka akan memutus jaringan kamu. Walau demikian, perbaikan sistem Tri tidak butuh waktu lama, tidak butuh waktu lebih dari 1×24 jam kamu bisa melihat bahwa jaringan sudah kembali normal.

  • Kartu SIM Bermasalah

Tidak selalu kesalahan provider, sebab salah satu penyebab jaringan Tri gangguan hari ini karena kartu SIM yang kamu gunakan bermasalah. Berikut beberapa hal pemicu jaringan Tri hilang pada kartu SIM yang kamu gunakan:

  1. Masa tenggang kartu sudah terlewati, yang berarti kartu sudah tidak bisa digunakan lagi karena pengguna tidak mengisi pulsa dalam kurun waktu yang ditentukan provider Tri.
  2. Posisi kartu yang tidak simetris yang membuatnya tidak terbaca oleh sistem.
  3. Adanya kotoran yang menempel pada kartu

Cari tahu lebih dalam tentang Tri disini 2 Cara Mengetahui Kode Voucher Tri Yang Rusak Melalui Serial Number

Cara Memulihkan Jaringan Tri

Setelah memahami apa saja penyebab jaringan Tri gangguan hari ini, mungkin kamu bertanya hal apa yang dilakukan untuk mengatasi gangguan ini. Berbicara mengenai cara memulihkan jaringan Tri, pengguna dapat melakukan upaya dengan beberapa cara, pastikan kamu simak pembahasan ini ya.

1. Mengganti Mode Jaringan

Langkah pertama untuk mengatasi jaringan Tri gangguan hari ini dengan mengganti mode jaringan. Mengganti mode jaringan merupakan langkah dasar yang dapat kamu lakukan sebagai upaya pemulihan yang bisa kamu gunakan untuk semua jenis layanan kartu.

Baca Juga :  5 Cara Ganti Warna Baju di Picsart dengan Mudah dan Praktis

Setiap ponsel pasti memiliki beberapa mode jaringan seperti 2G, 3G dan 4G. Sekarang pergi kedalam menu pengaturan lalu ubah mode jaringan kartu Tri, misalnya penggunaan jaringan 4G menjadi 3G.

2. Cari Manual Jaringan

Apabila saat ini kamu berada dalam lokasi baru dan kehilangan jaringan Tri, mungkin masalahnya karena lokasi yang tidak dapat di jangkau jaringan.

Solusinya dengan mencari jaringan secara manual, atau pergi outdoor untuk mencari lokasi yang lebih terbuka dan tinggi. Biasanya, jaringan Tri lebih mudah di tangkap pada lokasi yang lebih tinggi dan terbuka.

3. Cek Kartu Tri yang Digunakan

Cara menagatasi jaringan tri gangguan hari ini 2023
Cek fisik kartu Tri

Selain mengganti mode jaringan, Mocipay sarankan pengguna Tri untuk memeriksa kondisi kartu yang saat ini digunakan. Seperti yang sudah kita ketahui penyebab jaringan Tri gangguan hari ini bukan hanya karena faktor eksternal, bisa saja masalahnya karena kondisi kartu yang sudah tidak memungkinkan.

Ketika kartu Tri mengalami masalah, maka mereka tidak bekerja optimal bahkan kehilangan jaringan. Berikut hal-hal yang perlu kamu periksa pada kartu Tri milikmu:

  •  Pastikan kartu Tri tidak terblokir karena sudah melewati masa tenggang
  • Jika masalah pada fisik kartu, silahkan lepaskan kartu Tri lalu bersihkan dari debu dan pasang kembali untuk melihat apakah jaringan Tri sudah tersedia atau sebaliknya.

4. Aktifkan Airplane Mode

Aiplane mode
Aiplane mode

Airplane mode salah satu upaya pertama yang dilakukan pengguna semua kartu untuk memulihkan kekacauan jaringan, begitupun dengan pengguna Tri.

Mode pesawat dapat diaktifkan dengan menggesek layar ke bawah maupun ke atas (tergantung tipe ponsel) lalu disana akan ada ikon pesawat. Ketuk ikon tersebut, otomatis beberapa fitur akan dimatikan lalu tunggu sebentar sebelum kamu menonaktifkan mode tersebut.

5. Mengubah Setting APN Tri

Access poin name atau yang dikenal dengan APN merupakan salah satu alat penting pada perangkat ponsel. Fungsi utama APN untuk menyambungkan perangkat android dengan jaringan internet, sehingga cara ini dapat dikatakan sebagai upaya mengatasi jaringan Tri gangguan hari ini.

Baca Juga :  2 Cara Registrasi Kartu Xl Yang Gagal 5x Tanpa ke Gerai

Berikut langkah-langkah mengubah setting APN Tri untuk pengguna android:

  1. Masuk kedalam menu pengaturan android
  2. Lalu pilihlah menu jaringan seluler
  3. Kemudian pilih SIM yang terdapat kartu Tri
  4. Pilihlah APN maupun nama titik akses, lalu akan muncul APN default kartu Tri
  5. Klik add untuk mengatur APN Tri baru

6. Laporkan Masalah

3Care
3Care

Apabila beberapa upaya mengatasi gangguan pada jaringan Tri tidak membuahkan hasil, hubungi call center Tri untuk memastikan kendala provider atau hal-hal yang berhubungan dengan kartu kamu.

Mungkin kamu dapat menghubungi call center Tri ketika dalam masalah cuaca yang buruk atau ketika kamu tidak bisa mendeteksi malah yang membuat jaringan Tri hilang hari ini.

Hubungi call center Tri di 123 untuk mencari tahu lebih dalam masalah kartu Tri yang kamu alami. Nantinya petugas akan menjelaskan masalah dalam provider lebih terperinci dan menyampaikan estimasi perbaikan yang sedang mereka upayakan.

Harga Pulsa Tri Reguler Murah di Aplikasi Mocipay

Bagi kamu yang ingin membeli pulsa Tri dengan harga murah, silahkan mengunjungi aplikasi Mocipay. Selain pulsa Mocipay juga menjual berbagai produk digital seperti paket data, voucher data, token PLN, saldo e-wallet, pembayaran tagihan dan lain sebagainya. Berikut list harga pulsa tri di Aplikasi Mocipay :

Nominal Harga
Pulsa Reguler 1.000 Rp. 1.469
Pulsa Reguler 2.000 Rp. 2.447
Pulsa Reguler 3.000 Rp. 3.417
Pulsa Reguler 4.000 Rp. 4.588
Pulsa Reguler 5.000 Rp. 5.771
Pulsa Reguler 10.000 Rp. 10.628
Pulsa Reguler 15.000 RP. 15.148
Pulsa Reguler 20.000 Rp. 20.005
Pulsa Reguler 25.000 Rp. 24.890
Pulsa Reguler 30.000 Rp. 30.150
Pulsa Reguler 40.000 Rp. 39.800
Pulsa Reguler 50.000 Rp. 49.735
Pulsa Reguler 100.000 Rp. 98.500

note : Harga sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan ketentuan dari provider BimaTri.

Akhir Kata

Cara Mengatasi Jaringan Tri Gangguan Hari Ini
Cara Mengatasi Jaringan Tri Gangguan Hari Ini

Melalui pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa penyebab jaringan Tri gangguan hari ini paling utama adalah cuaca yang buruk, karena ketika cuaca bermasalah semua pengguna Tri akan kehilangan jaringan secara bersamaan.

Lakukan upaya menangani masalah kartu Tri yang sudah kami jabarkan, atau ketika kamu sudah mengetahui cuaca merupakan penyebab gangguan jaringan Tri silahkan menunggu sampai cuaca membaik, karena provider ini mengandalkan cuaca yang bagus dalam pelayanan nya.

Back to top button