Tutorial

5 Cara Investasi Emas Di DANA Agar Untung, Dijamin Cuan

Cara Investasi Emas Di DANA Agar Untung sangat penting untuk diketahui agar memberikan keuntungan dan bisa digunakan sebagai tabungan masa depan. DANA dikenal sebagai salah satu dompet digital yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone. Ternyata, selain digunakan sebagai transaksi dompet digital, pada aplikasi DANA Kamu bisa investasi emas juga loh.

Emas bisa merupakan perhiasan atau logam mulia yang hampir dimiliki setiap orang sebagai salah satu bentuk investasi yang dapat menjadi pelindung nilai jika suatu saat terjadi krisis. Selain itu, emas memiliki kecenderungan naik dan jarang mengalami penurunan jumlah yang signifikan serta mudah diperjual belikan.

Oleh karena itulah, banyak orang yang memilih emas sebagai salah satu bentuk investasi untuk jaminan tabungan masa depan. Jika Kamu masih pemula dan belum mengetahui bagaimana Cara Investasi Emas Di DANA Agar Untung, kamu bisa simak artikel ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut. Simak penjelasannya!

Apa Itu Investasi Emas?

Cara Investasi Emas Di Dana Agar Untung
Sumber : Bareksa

 

Mungkin bagi sebagian orang masih belum mengetahui apa itu investasi emas. Investasi emas adalah aktivitas yang menjadikan emas sebagai alat investasi. Tujuan melakukan investasi emas yaitu untuk mendapatkan manfaat pertambahan nilai emas di masa depan. Hal inilah yang membuat banyak orang memilih untuk melakukan investasi emas dan ingin mengetahui cara investasi emas di DANA agar untung.

Cara Investasi Emas Di DANA Agar Untung

Cara Investasi Emas Di Dana Agar Untung1
Sumber : InvestBro

 

Memiliki investasi emas bisa membantu menjamin masa depan menjadi lebih baik. Mengapa? karena dengan melakukan investasi emas sama halnya dengan menabung. Apalagi jika yang diinvestasikan adalah emas, maka bisa menjadi tabungan di masa depan nanti. Karena emas memiliki kecenderungan naik serta jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signfikan.

Oleh karena itu, jika Kamu tertarik untuk investasi emas, maka Kamu harus mengetahui bagaimana cara investasi emas agar untung. Berikut ini cara investasi emas di DANA agar untung yang dapat kamu lakukan, antara lain :

Baca Juga : 6 Aplikasi Timbangan Digital Terbaik, Bisa Untuk Timbangan Emas?

  • Tentukan Tujuan Investasi Emas

Sebelum mulai melakun investasi, pastikan kamu telah menentukan tujuan investasi emas karena investasi emas tidak cocok untuk jangka pendek. Untuk melakukan investasi sebaiknya lakukan untuk jangka panjang, misalnya 5 sampai 10 tahun. Jadi, alangkah baiknya Kamu harus mengetahui untuk apa Kamu melakukan investasi emas, apakah untuk tabungan, dana pendidikan anak, investasi hari tua, dana pensiun, atau tujuan keuangan lainnya.

  • Pantau Perkembangan Harga Emas

Cara investasi emas di DANA agar untung adalah dengan melakukan pemantauan perkembangan harga emas. Kamu dapat mengunjungi situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Tujuannya adalah agar Kamu mengetahui perkembangan harga emas, apakah mengalami kenaikan atau malah menurun. Karena meskipun jarang terjadi, harga emas tetap bisa turun.

  • Kenali Kadar Karat Emas

Cara investasi emas di DANA agar untung berikutnya adalah kenali kadar karat emas. Jika berniat untuk melakukan investasi emas, maka pilihlah emas yang mempunyai kadar karat tertinggi. Karena semakin tinggi kadarnya, nilainya cenderung lebih stabil.

  • Fokus Untuk Masa Depan

Fokus untuk masa depan merupakan salah satu cara investasi emas di DANA agar untung. Dalam melakukan investasi emas, berarti Kamu telah memilih untuk menginvestasikan emas tersebut untuk digunakan di masa depan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan dalam kurun waktu 5 sampai 10 tahun, sehingga membutuhkan kesabaran dalam melihat hasilnya. Karena dalam investasi emas, Kamu harus fokus terhadap tujuan dan masa depan yang ingin Kamu capai.

  • Beli Di Tempat Terpercaya

Pentingnya untuk membeli emas di tempat terpercaya agar menghindari adanya emas palsu. Saat ini sudah banyak tempat jual beli emas, termasuk marketplace salah satunya aplikasi DANA. Cara investasi emas di DANA agar untung cukup mudah, Kamu cukup membuat akun, kemudian lakukan verifikasi data untuk bisa membeli emas digital.

Baca Juga :  8 Cara Mengembalikan File Yang Terkena Virus Ransomware Mudah

Investasi emas melalui DANA eMAS dijamin aman, karena DANA bekerja sama dengan Pluang yang berada di bawah PT PG Berjangka yang sudah terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Sedangkan emas disimpan dan dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

Langkah-Langkah Membeli Emas Melalui Aplikasi DANA

Setelah mengetahui cara investasi emas di DANA agar untung, Kamu juga wajib mengetahui langkah-langkah membeli emas melalui aplikasi DANA. Untuk bisa memanfaatkan fitur ini, Kamu harus memperbarui akun DANA ke premium terlebih dahulu. Caranya hanya dengan verifikasi menggunakan KTP dan foto diri (selfie).

Jika akun DANA sudah premium, Kamu bisa memanfaatkan fitur beli emas dengan mengikuti langkah-langkah membeli emas melalui aplikasi DANA, berikut ini :

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pilih menu eMAS.
  3. Klik Lanjutkan/Continue.
  4. Pilih nominal gram emas yang diinginkan atau gunakan nominal dalam rupiah. Jika Kamu lebih memilih berdasarkan jumlah saldo dalam rupiah yang diinginkan, klik Beli/Buy.
  5. Cek kembali pembelian untuk menyesuaikan. Jika sudah sesuai, klik Konfirmasi/Confirm.
  6. Kamu telah berhasil emas di DANA dan akan mendapatkan notifikasi tertentu atau dengan melakukan pengecekan saldo yang bertambah pada halaman beranda eMAS.

Cara Jual Emas Di DANA

Cara Investasi Emas Di Dana Agar Untung2
Sumber : Momsmoney.id

 

Selain memberikan informasi mengenai cara investasi emas di DANA agar untung, pada artikel ini juga akan diberikan juga penjelasan mengenai cara jual emas di aplikasi DANA. Berikut ini cara jual emas di DANA :

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pilih menu eMAS.
  3. Klik menu Jual eMAS.
  4. Masukkan jumlah gram emas yang akan dijual. eMAS akan menghitung harga jual berdasarkan informasi harga emas terkini dari Pluang.
  5. Klik menu Jual untuk menampilkan detail penjualan eMAS. Lalu klik Konfirmasi.
  6. Hasil penjualan eMAS akan diproses dan langsung masuk ke saldo DANA atau bank yang tertera.
Baca Juga :  3 Cara Menghilangkan Filter Rotoscope TikTok Terbaru 2024

Cara Tarik Emas Fisik Di DANA

Cara Investasi Emas Di Dana Agar Untung3
Sumber : MoneyDuck

 

Jika Kamu menginginkan cetak emas yang telah dibeli di DANA secara fisik, Kamu tidak perlu khawatir karena DANA juga bisa memberikan emas fisik yang telah kamu beli. Kamu dapat melakukan pencetakan sesuai opsi berat gram yang dipilih, yaitu 1, 5, 10, 50 atau bahkan 100 gram.

Berikut ini cara tarik emas fisik di DANA yang dapat Kamu coba :

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pilih menu eMAS.
  3. Pada halaman awal akan muncul notifikasi Saldo eMAS bisa dicetak. Lalu, pilih opsi Cetak Sekarang.
  4. Pilih jumlah eMAS yang diinginkan.
  5. Klik Lanjut.
  6. Isi formulir data dengan benar dan lengkap.
  7. Pastikan kembali data telah diisi dengan benar, mulai dari Nama, Alamat Pengiriman, serta Nomor Kontak yang ditampilkan sudah benar.
  8. Unggah foto e-KTP dan pastikan foto KTP tidak buram.
  9. Kamu akan dikenakan biaya pengiriman. Pastikan untuk mengetahui biaya pengiriman yang tertera di bawah data pengiriman.
  10. Klik Lanjut.
  11. Cek kembali detail pesanan, lalu klik Konfirmasi.
  12. Klik Bayar dan lakukan pembayaran sesuai jumlah yang harus dibayarkan untuk melanjutkan proses pengiriman tarik emas fisik.
  13. Tunggu hingga eMAS fisik diantarkan ke alamat yang telah terkonfirmasi.

Artikel Menarik Lainnya : 4 Cara Pinjam Saldo DANA Di Aplikasi DANA, Mudah dan Langsung Cair!

Apakah Investasi Emas Di DANA Bisa Bertambah?

Walaupun sudah mengetahui cara investasi emas di DANA agar untung, Tidak sedikit orang yang masih bertanya-tanya apakah investasi emas di DANA bisa bertambah. Jawabannya adalah bisa. Dengan melakukan investasi emas di DANA kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan. Berikut ini keuntungan investasi emas di DANA, antara lain :

  • Mudah dan Praktis

Keuntungan pertama yang akan Kamu dapatkan adalah prosesnya mudan dan praktis. Kamu hanya memerlukan KTP dan foto diri (selfie) saja. Dengan begitu, Kamu bisa investasi emas di DANA. Kamu tidak perlu jauh-jauh lagi ke butik ANTAM atau toko perhiasan untuk berinvestasi emas, karena di DANA kamu bisa melakukannya. Benar-benar mudah dan praktis bukan?

  • Dimulai Kurang Dari 10 Ribu Saja

Hal yang membuat menarik dalam investasi emas di DANA adalah Kamu dapat menabung logam mulia dari nominal kurang dari 10 ribu saja atau setara dengan 0,01 gram. Bahkan, Kamu tidak harus langsung membeli langsung dalam bentuk fisik maupun ukuran 1 gram, karena mulai 10 ribu saja Kamu sudah dapat membeli emas secara digital.

  • Investasi Emas Digital

Melalui aplikasi DANA, Kamu dapat melakukan investasi logam mulia secara digital. Kamu tidak perlu khawatir, investasi emas melalui aplikasi DANA merupakan hal yang halal karena jelas spesifikasi serta dapat dicairkan atau diserah-terimakan, mengingat logam mulia melalui platform tersebut sifatnya dititipkan. Menariknya lagi, DANA menyediakan sistem cicilan dengan jangka waktu 3-24 bulan untuk membelinya.

  • Dijamin Aman

Kamu tidak perlu ragu untuk keamanan Investasi emas melalui DANA. Karena seluruh transaksi diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti)Selain itu, untuk pencairan emas dalam bentuk fisik juga dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI).

  • Mudah Dicairkan dan Dicetak

DANA eMAS menyediakan layanan untuk mengambil atau mencairkan logam mulia sesuai nominal yang diinginkan, mulai dari 1, 5, 10, 50, hingga 100 gram. Cara mencetaknya juga sangat mudah karena Kamu cukup mengisi formulir sesuai data diri dan alamat lengkap. Setelah itu, Kamu hanya tinggal menunggu hingga emas fisik diantarkan ke alamat tujuan.

Baca Juga :  12 Cara Mengatasi Cv02 Lazada Voucher Tidak Valid

Kapan Waktu Terbaik Membeli Emas?

Tidak hanya cara investasi emas di DANA agar untung, artikel ini juga akan memberikan penjelasan mengenai kapan waktu terbaik membeli emas. Waktu yang tepat untuk investasi emas adalah pada saat Kamu mempunyai uang dalam jumlah yang cukup.

Kamu bisa menyisihkan sebagian dari penghasilanmu untuk membeli emas dan menginvestasikannya. Dalam melakukan investasi emas, sebaiknya jangan menunggu harga emas turun atau naik. Jika sudah punya uang, Kamu bisa langsung membeli emas dan investasi emas dalam jangka panjang.

Tips Waktu Terbaik Membeli Emas Penjelasan
Monitor Harga Emas Secara Rutin Pantau pergerakan harga emas secara rutin. Analisis tren jangka panjang dan jangka pendek dapat membantu Anda mengidentifikasi momen terbaik untuk membeli, terutama saat harga berada dalam tren naik atau sedang koreksi.
Manfaatkan Periode Koreksi Harga Emas, seperti investasi lainnya, dapat mengalami koreksi harga. Periode ini bisa menjadi peluang untuk membeli emas dengan harga lebih rendah. Tapi, perlu diingat bahwa investasi emas perlu dipertimbangkan dalam jangka panjang.
Perhatikan Keadaan Ekonomi Global Kondisi ekonomi global dapat mempengaruhi harga emas. Situasi ketidakpastian atau ketegangan geopolitik dapat meningkatkan permintaan terhadap emas sebagai safe haven. Pada saat-saat ini, harga emas cenderung naik.
Pahami Kebijakan Suku Bunga Kebijakan suku bunga dapat memengaruhi harga emas. Saat suku bunga rendah, emas menjadi lebih menarik karena biaya peluang memiliki emas rendah. Sebaliknya, kenaikan suku bunga dapat memberikan tekanan negatif pada harga emas.
Memanfaatkan Diskon atau Promo Beberapa toko emas atau dealer mungkin menawarkan diskon atau promo khusus pada waktu tertentu. Memanfaatkan kesempatan ini dapat membantu Anda membeli emas dengan harga yang lebih baik.

Akhir Kata

Cara Investasi Emas Di DANA Agar Untung
Cara Investasi Emas Di DANA Agar Untung

Melakukan investasi emas memang bisa memberikan keuntungan di masa depan. Karena, jika Kamu telah memiliki jaminan investasi emas, maka Kamu bisa menikmati hasil investasi yang selama ini telah kamu tabung atau simpan di masa yang akan datang.

Oleh karena itu, jika Kamu masih belum mengetahui bagaimana cara investasi emas di DANA agar untung, Kamu dapat melihat dan membaca beberapa cara investasi emas di DANA agar untung di atas agar mengetahui langkah-langkahnya.

Demikianlah informasi mengenai Cara Investasi Emas Di DANA Agar Untung. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya!

Back to top button