Ragam

16 Rekomendasi Reel Pancing Terbaik

Jika kamu memiliki hobby memancing, maka kamu wajib tahu rekomendasi reel pancing terbaik berikut ini. Reel pancing merupakan penggulung senar atau tali pancing yang berfungsi untuk menarik ikan ataupun melempar umpan ke dasar air.

Untuk mendapatkan ikan yang sudah diincar, kalian membutuhkan reel pancing terbaik. Disini kami akan menyajikan informasi seputar hal yang perlu diperhatikan saat membeli reel pancing serta rekomendasi reel pancing terbaik yang bisa kalian pilih.

Rekomendasi Reel Pancing Terbaik

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Reel Pancing

sebelum mengulas berbagai reel pancing terbaik, ada beberapa hal penting yang harus kalian ketahui untuk mendapatkan reel pancing sesuai kebutuhan, diantaranya :

Kenali jenis-jenis reel pancing

Nyatanya, reel pancing terbaik juga terdiri dari beberapa jenis reel sesuai dengan kegunaannya. Berikut beberapa jenis reel pancing yang harus kalian tahu :

  • Spinning : Jenis reel pancing yang banyak digunakan oleh pemula maupun profesional. Jenis reel ini memiliki model terbuka dan bail arm yang dapat dibuka ataupun ditutup untuk casting.
  • Spincast : Reel yang digunakan dengan cara menekan tombol diatas untuk mengulur senar dan melepasnya untuk menghentikan laju spool.
  • Baitcasting : Jenis reel pancing yang cocok digunakan oleh profesional. Reel ini memiliki tingkat Akurasi yang tinggi sehingga memerlukan kontrol yang baik dalam mengatur laju senar.

Perhatikan Jumlah dan Kualitas Bearing

Bearing merupakan bagian untuk komponen yang berputar, seperti spool, handle, dan sebagainya. Jumlah bearing pada reel dapat memengaruhi kemulusan performa reel ketika komponen-komponen tadi berputar.

Selain itu, kemulusan performa reel juga ditentukan oleh kualitas bearing itu sendiri. Kualitas bearing yang bagus dapat menghasilkan performa yang lebih mulus.

Pahami Drag Maksimum nya

Drag merupakan fitur yang mengatur seberapa kuat tarikan ikan pada senar sampai spool mulai mengulur. Drag berguna untuk meringankan beban senar agar tidak putus oleh tarikan ikan, sekaligus membuat ikan kehabisan energi lebih cepat.

Pilih Reel Dengan Material Berkualitas

Reel pancing terbaik tentunya terbuat dari material yang berkualitas. Berikut jenis material yang bisa dipilih untuk melihat reel pancing berkualitas.

  • Aluminium : Cocok digunakan untuk memancing di air tawar.
  • Graphite : Lebih ringan dan tahan korosi sehingga cocok untuk memancing di air asin, tapi harganya lebih mahal.
Baca Juga :  Skincare ZamZam Apakah Sudah BPOM? Ini Jawabannya!

Pilih Berdasarkan Gear Ratio-nya

Gear ratio adalah ukuran berapa kali spool berputar dalam satu kali putaran handle. Misalnya untuk gear ratio 7:1 berarti spool akan berputar 7 kali untuk setiap putaran handle. Dengan demikian, semakin besar gear ratio, semakin cepat pula senar tergulung.

Rekomendasi Reel Pancing Terbaik

Ada banyak jenis reel pancing terbaik berdasarkan kegunaannya. Berikut rekomendasi reel pancing terbaik yang bisa kalian pilih sesuai kebutuhan :

Daiwa RX 4000BI

Reel Pancing Terbaik
Daiwa RX 4000BI

Daiwa RX 4000Bi merupakan reel pancing terbaik yang cocok digunakan oleh pemula disekitaran sungai, ataupun kolam ikan. Hal itu dikarenakan reel pancing Daiwa telah dilengkapi dengan desain ergonomis yang bisa menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna.

Selain itu, reel pancing Daiwa juga memiliki fitur Digigear yang dapat memudahkan pemindahan gear secara otomatis sehingga sangat cocok digunakan untuk memancing ikan bertenaga besar. Bahkan sudah ada dukungan twist buster hingga infinite anti-reserve.

Reel pancing Daiwa memiliki Bobot reel pancing hanya 410 gram dengan Ratio gear hingga 5:3:1. Melalui bobot tersebut, pancing dapat menarik ikan hingga berat maksimal hingga 6 kilogram. Sayangnya, Body casing reel pancing Daiwa terbuat dari plastik dan hanya memiliki satu ball bearing.

Blood Magno XT3000

Reel Pancing Terbaik
Blood Magno XT3000

Rekomendasi reel pancing terbaik selanjutnya adalah Blood Magno XT3000. Reel pancing ini merupakan produk best seller asal Jepang. Cocok digunakan oleh pemula dan profesional untuk meancing ikan di sungai, waduk, danau (air tawar) atau laut lepas.

Blood Magno XT3000 memiliki bobot bapling ringan tidak lebih dari 290 gram, dan Ball bearing paling besar hingga 12+1. Ini sangat cocok menarik bobot maksimal hingga 18 kilogram.

Jika kalian tertarik dengan reel pancing ini, maka bisa memesannya melalui platform belanja online. Packing produk cukup bagus dengan beberapa bagian yang tidak disatukan, sehingga sebelum menggunakannya kalian perlu merakit sendiri dengan panduan yang telah tersedia.

Shimano Stella SW 20000PG

Reel Pancing Terbaik
Shimano Stella SW 20000PG

Shimano merupakan reel pancing terbaik yang cocok untuk memancing diperairan dalam seperti laut. Bearing 14+1 yang digunakan memiliki drag hingga 21 kg sehingga akan aman ketika kamu mendapatkan ikan yang berukuran besar saat memancing.

Shimano Stella SW 20000PG juga memiliki gear ratio 4.1 : 4 yang membuat proses penggulungan senar semakin cepat serta perlindungan X-Protect dan X-Shield yang mampu melindungi reel pancing dari ganasnya ombak atau arus. Jika tempat tujuan memancing kalian disekitaran perairan dalam, maka tidak ada salahnya memilih reel pancing ini.

YUMOSHI Reel Pancing Baitcasting Left Hand – AK201

Reel Pancing Terbaik
YUMOSHI Reel Pancing Baitcasting Left Hand – AK201

Yumoshi merupakan merek reel pancing terbaik yang didesain khusus untuk individu yang cenderung menggunakan tangan kiri untuk beraktivitas. Merek reel pancing ini tentunya sangat membantu Individu yang memiliki kebiasaan kidal dalam memancing, sehingga dapat memaksimalkan penggunaan pancing.

Hadir dengan gear ratio 7.2:1 yang menunjukkan bahwa reel ini memiliki kecepatan pengambilan senar yang tinggi. Selain itu, reel pancing ini juga dilengkapi dengan 18+1 ball bearing yang membuat reel ini bekerja dengan lembut sehingga meminimalisir gesekan saat menggulung senar.

SHUANGYU RAMPART Reel Pancing Baitcasting – BL25

Reel Pancing Terbaik
SHUANGYU RAMPART Reel Pancing Baitcasting – BL25

Shuangyu adalah merek reel pancing terbaik dengan jenis baitcasting. Reel pancing ini biasnaya digunakan untuk menangkap predator besar. Reel pancing ini memiliki gear ratio 3.3:1 yang memungkinkan kamu memakai reel lebih cepat dan lancar.

Baca Juga :  2 Cara Membuka Akun DANA Yang Dibekukan Agar Kembali Normal

Dengan begitu, rotor dari reel akan berputar 3.3 kali setiap kali kalian memutar handle dalam satu putaran penuh. Reel ini juga menggunakan benang 5# yang mampu menarik ikan besar dengan lebih mudah dibandingkan senar pancing dengan diameter yang lebih kecil.

TA Reel Pancing Spinning – D3000

Reel Pancing Terbaik
TA Reel Pancing Spinning – D3000

Berikutnya adalah jenis reeel pancing spinning. Reel pancing TA D3000 hadir dengan gear ratio 5.5:1 yang membuatnya dapat dengan mudah dan ringan saat kamu harus menarik benang pancing. Reel pancing ini cocok digunakan untuk memancing dengan umpan buatan seperti jigs, crankbaits, spinnerbaits.

Selain itu, Reel pancing terbaik ini juga memiliki ball bearing 14+1 yang membuat tarikan akan lancar, dengan begitu kalian tidak akan mengalami gulungan macet saat sedang bergulat dengan ikan yang ingin ditangkap.

Daiwa Saltiga 20000H

Reel Pancing Terbaik
Daiwa Saltiga 20000H

Daiwa termasuk rekomendasi reel pancing terbaik yang cocok digunakan pada perairan yang cukup luas seperti lautan. Daiwa hadir dengan gear ratio 5:8:1 dan maksimum drag 66 pon atau sekitar 30 kg yang berguna untuk menangkap ikan yang berat tanpa harus merasa takut alat pancing rusak saat melawan tarikan ikan.

Reel pancing Daiwa telah dilengkapi dengan magsealed pada rotornya untuk melindungi komponen internal gulungan dari air, debu, maupun pasir serta aluminium air rotor yang lebih kaku dari bahan standar untuk menambah kekuatan dan daya tahan pancing.

Golden Fish Metanium 105

Reel Pancing Terbaik
Golden Fish Metanium 105

Reel pancing terbaik dengan bobot yang ringan bisa kalian temukan pada merek Golden Fish Metanium. Reel pancing ini dapat digunakan untuk memancing ikan yang tidka terlalu agresift diperairan air tawar. Menariknya lagi, harga reel pancing ini tergolong murah dibandingkan reel pancing terbaik lainnya.

Golden Fish Metanium memiliki ball bearings 5 presisi yang dapat digeser ke kanan maupun kiri. Sedangkan gear ratio yang dimiliki adalah 5:1:1. Maka, sebelum memilih reel pancing ini sebaiknya pertimbangkan kembali karena tidak cocok digunakan pada perairan yang terlalu luas.

Pioneer Rexo RX-5000

Reel Pancing Terbaik
Pioneer Rexo RX-5000

Pioneer Rexo RX-5000 merupakan rekomendasi reel pancing terbaik yang telah mendapatkan Best Product Award Spinning Reel China Fish pada tahun 2016. Dengan begitu kalian tidak perlu meragukan kualitas dari merek ini lagi.

Reel pancing dari Pioneer telah dilengkapi  gear ratio 5:6:1, maksimal drag 12.5 kg, dan ball bearings 9+1 stainless steel yang dapat memberikan rasa nyaman saat memancing. Pioneer Rexo RX-5000 juga menghadirkan sistem anti reverse pada produk sehingga membantu kalian melawan tarikan ikan karena handle tidak akan berputar balik.

Penn Battle II 4000

Reel Pancing Terbaik
Penn Battle II 4000

Penn Battle adalah reel pancing terbaik yang buat dari bahan metal sehingga reel pancing ini cukup kuat dan tahan lama. Pen Bettle juga cocok digunakan pada berbagai wilayah perairan. Nah, jika kalian sering berpindah-pindah tempat pemancingan, menggunakan reel pancing Pen Battle bukanlah solusi yang buruk.

Jika kalian memancing diperairan yang luas, jangan panik ketika mendapatkan ikan yang besar karena reel pancing ini mampu menahan tarikan ikan hingga sebesar 13kg. Hanya saja, dengan keunggulan tersebut, biaya yang harus dikeluarkan untuk memilikinya cukup besar.

Ryobi Mini Power 500

Reel Pancing Terbaik
Ryobi Mini Power 500

Ryobi Mini Power 500 menjadi salah satu reel pancing terbaik di Indonesia dengan bentuk yang cukup mini. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, namun kekuatannya sudah tidak perlu diragukan lagi. Reel Ryobi Mini Power 500 ini bahkan mampu menarik beban hingga sebesar 3kg.

Baca Juga :  6 Manfaat Bedak Pigeon Warna Hijau, Cocok Kulit Berjerawat

Ryobi Mini Power 500 terbuat dari bahan titanium sehingga tidak akan cepat rusak. Reel tersebut dibekali dengan gear spool rasio 5.2:1 dan 7 ball bearing. Merek ini cukup direkomendasikan melihat dari ketahanan nya.

Versus Duval 3000

Reel Pancing Terbaik
Versus Duval 3000

Jika kalian mencari jenis reel terbuat dari bahan berkualitas aluminium, Versus Duval 3000 bisa menjadi pilihannya. Dengan menggunakan reel ini, akan membuat aktivitas memancing kalian terasa lebih nyaman karena komponen yang digunakan untuk mengubah jalur dapat dipindahkan kekiri ataupun kekanan.

Reell pancing merek Versus ini memiliki ball bearing 9+1 yang tentunya berbeda dengan reel pada umumnya. Sedangkan rasio gear nya sebesar 5.1:1. Jika kalian tertarik mengunakan reel pancing ini, kalian bisa membelinya melalui platform belanja online dengan kisaran harga Rp.300 ribuan per produk.

TaffSport Reel Pancing Spinning BK2000

Reel Pancing Terbaik
TaffSPORT Reel Pancing Spinning BK2000

TaffSPORT merupakan reel pancing terbaik yang terbuat bahan berkualitas tinggi dan memiliki ketahanan yang lama. Reel pancing ini menghadirkan rasio gear sebesar 5.2:1 sehingga aktivitas memancing menjadi semakin lancar.

TaffSPORT sudah dilengkapi dengan ball bearing sebanyak 13 buah. Ukuran yang disarankan untuk senar pancing sendiri yaitu 0.30 mm/90 m, 0.25 mm/130 m, dan 0.20 mm/200 m. Untuk jangka waktu pemakaian produk ini cukup lama, karena produk ini tidak mudah korosi meskipun sudah digunakan berkali-kali.

OneTwoFit Reel Pancing Max Drag

Reel Pancing Terbaik
OneTwoFit Reel Pancing Max Drag

Rekomendasi reel pancing terbaik selanjutnya hadir dari merek OneTwoFit. OneTwoFit memiliki desain ultra tipis dengan balutan model yang begitu menarik. Merek OneTwoFit juga menghadirkan berbagai seri reel pancing, yakni BF7000, BF3000, dan BF1000.

Reel pancing dari merek OneTwoFit memiliki sifat yang fleksibel, sehingga dapat digunakan ketika akan memancing ikan di sungai, waduk, laut, kolam, dan danau. Pada selubung kawatnya dibuat sangat akurat untuk mempertahankan keseimbangan dengan baik.

Maguro Barra 2000

Maguro Barra 2000 hadir dengan desain yang sederhana dan tampak kokoh. Reel pancing ini lebih lebih cocok digunakan untuk aktivitas memancing di laut. Namun, bukan berarti reel pancing ini tidak bisa digunakan pada kawasan air tawar seperti sungai ataupun kolam.

Telah tersedia fitur Super Drag System – Intensive Drag Power yang akan membuat para angler lebih mudah dan nyaman menggunakannya. Reel pancing ini juga dilengkapi dengan 4 ball bearing dengan ratio gear sebesar 4.9:1. Bahkan handle dari Maguro Barra 2000 ini bisa kamu pindahkan dengan mudah ke samping kanan ataupun kiri.

Captain Taurus 6000

rekomendasi reel pancing terbaik yang terakhir ialah Captain Taurus 6000. Reel pancing ini hampir sama dengan reel pancing Maguro karena lebih cocok digunakan area lautan. Captain Taurus 6000 ini dibekali dengan 4 bearing, di mana rasio gear spoolnya mencapai 5.1:1.

Captain Taurus 6000 ini juga sangat kuat dan nyaman digunakan. Kekuatan daya tariknya mencapai 9kg, sementara untuk beratnya mencapai 415 gram. Reel Pancing yang memiliki desain sederhana ini biasanya dibandrol dengan harga Rp200 ribuan saja. Bisa dikatakan nominal ini termasuk merah daripada pilihan reel pancing terbaik lainnya.

Penutup

 Reel Pancing Terbaik
Reel Pancing Terbaik

Rekomendasi reel pancing terbaik termasuk informasi penting yang harus diketahui individu yang gemar memancing. Sebab reel pancing yang baik dapat mempermudah kalian dalam menangkap ikan.

Reel pancing yang bagus juga terbagi kedalam beberapa jenis, pastikan kalian memilih sesuai wilayah memancing kalian agar reel pancing tersebut dapat bekerja dengan maksimal.

Back to top button