Ragam

4 Penyebab Kuota TikTok Tidak Bisa Digunakan Serta Solusinya

Kenapa Kuota TikTok Tidak Bisa Digunakan – Seiring dengan meningkatnya jumlah penggunaan TikTok, kini banyak sekali provider Telekomunikasi yang memberikan kuota gratis untuk mengakses aplikasi tersebut.

Namun beberapa pengguna tidak bisa menggunakan kuota TikTok gratis yang telah didapatkan. Bahkan tidak jarang pula kuota tersebut hangus begitu saja.

Sehingga hal ini menjadi pertanyaan bagi pengguna kenapa kuota TikTok tidak bisa digunakan. Dengan harap agar kuota tersebut tidak terbuang dengan sia-sia atau bisa dimanfaatkan.

Kenapa Kuota TikTok Tidak Bisa Digunakan

Kuota TikTok Tidak Bisa Digunakan

TikTok salah satu aplikasi populer yang memerlukan koneksi internet apabila ingin mengaksesnya. Karena kepopulerannya banyak provider telekomunikasi yang memberikan kuota gratis TikTok.

Namun kuota tersebut tidak dapat digunakan, adapun penyebab kenapa kuota TikTok tidak bisa digunakan yaitu sebagai berikut.

Sinyal Tidak Memadai

Pada umumnya, sinyal yang tidak memandai merupakan faktor penyebab kenapa kuota TikTok tidak bisa digunakan.

Biasanya hal ini terjadi karena lokasi keberadaan kamu saat ini sangat lemah sinyal, sehingga untuk mengaksesnya pun terbatas.

Koneksi Internet Lemah

Jadi cobalah pergi ketempat yang memiliki jaringan kuat sesuai dengan provider kartu yang kamu gunakan. Kemudian buka kembali aplikasi TikTok, untuk mencoba apakah sudah bisa menggunakan kuota khusus tersebut.

Wilayah Tidak Terjangkau

Sama seperti kuota lokal lainnya, provider telekomunikasi juga memberikan batasan akses penggunaan kuota TikTok di beberapa wilayah.

Baca Juga :  13 Daftar Distributor Roti Aoka Terdekat dan Terlengkap

Oleh sebab itu, meskipun kuota TikTok masih banyak dan masa aktifnya masih panjang, penggunaan kuota TikTok tetap saja tidak bisa digunakan.

Server Provider Sedang Down

Masalah pada server penyedia jaringan internet atau seluler juga menjadi pemicu kenapa kuota TikTok tidak bisa digunakan saat ini.

Tidak hanya layanan akses TikTok saja, semua aplikasi yang memerlukan koneksi jaringan atau internet pun tidak akan bisa dijalankan.

Untuk itu, satu-satunya cara yang paling tepat mengatasi masalah ini yaitu menunggu pihak penyedia/provider memperbaiki koneksi jaringan terrlebih dahulu.

Masa Aktif Kuota TikTok

Beberapa orang sering sekali merasa masih memiliki kuota TikTok, tanpa memperhatikan masa aktif atau masa berlaku dari kuota yang di dapatkan.

Menjadi faktor pemicu kenapa kuota TikTok tidak bisa digunakan yaitu masa aktif kuota TikTok sudah lewat. Sehingga ketika sedang mengakses aplikasi TikTok, kuota yang disedot merupakan kuota utama bukan kuota TikTok.

Cara Mengatasi Kuota TikTok Tidak Bisa Digunakan

Mengatasi Kuota TikTok Tidak Bisa Digunakan

Beragam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kuota TikTok tidak bisa digunakan. Meskipun beberapa cara tersebut terlihat sangat sepele, namun hal itu akan menjadi pengaruh besar.

Setelah mengetahui pemicu kenapa kuota TikTok tidak bisa digunakan, berikut simak cara mengatasi kuota TikTok tidak bisa digunakan, diantaranya :

Cek Koneksi Internet

Langkah pertama mengatasi kuota TikTok tidak bisa digunakan yaitu dengan memeriksa kembali koneksi internet atau jaringan yang digunakan.

Pastikan bar ponsel kamu penuh, apabila tidak berpengaruh sama sekali. Cobalah untuk berpindah ke tempat yang memiliki sinyal lancar atau kuat.

Cek Kuota TikTok

Beanyak pengguna yang memiliki kuota TikTok, namun sangat jarang memeriksa sisa kuota yang dimiliki saat ini. Pasalnya, penggunaan kuota TikTok bisa digunakan jika kuota utama sudah habis.

Baca Juga :  6 Rekomendasi Distributor Baja Ringan Terdekat dan Terlengkap

Untuk itu cek kembali sisa kuota TikTok yang kamu dapatkan, apakah limit masih tersedia atau kuota TikTok telah habis digunakan.

Update Aplikasi TikTok

Untuk mengindari terjadinya bug yang mengakibatkan kuota TikTok tidak bisa digunakan, sebaiknya update aplikasi TikTok ke versi terbaru.

Hal ini bertujuan untuk menghindari ketidaksesuaian antara server TikTok dan paket data kuota sosmed dari berbagai provider yang ada di Indonesia.

Restart HP

Apabila ketiga cara diatas sudah dilakukan, namun kuota TikTok masih tidak bisa digunakan, langkah terakhir yang bisa dicoba yaitu restart handphone.

Hal ini bertujuan untuk mengatasi perangkat yang sedang bermasalah, seperti error. Untuk mengatasinya, matikan dan hidupkan kembali smartphone kamu.

Apakah Kuota TikTok Bisa Digunakan Untuk Browsing?

Hampir sama dengan kuota khusus SMS, telepon, instagram dan YouTube. Dimana kuota tersebut hanya bisa diakses untuk keperluan penggunaan TikTok saja.

Meskipun kuota bonus TikTok yang dimiliki sangat banyak, namun kuota tersebut tidak bisa digunakan untuk browsing dengan menggunakan aplikasi browsing mana saja.

Akan tetapi berbeda halnya jika kamu mengubah kuota bonus tersebut menjadi kuota reguler. Jika berhasil diubah ke kuota reguler, kamu dapat menggunakannya untuk keperluan browsing.

Bahkan, kamu juga dapat memanfaatkan kuota reguler yang telah diubah tersebut untuk mengakses aplikasi lain. Seperti YouTube dan Insagram.

Menarik bukan? Agar kuota bonus tersebut lebih bermanfaat untuk penggunaan yang lainnya. Ada baiknya kamu mengubahnya. Untuk cara mengubahnya, langsung saja simak penjelasan dibawah ini.

Cara Mengubah Kuota Bonus TikTok menjadi Kuota Utama

Faktanya hingga saat ini ada tips dan trik yang bisa dicoba agar pemicu dari penyebab kenapa kuota TikTok tidak bisa digunakan.

Salah satunya yaitu dengan cara mengubah kuota bonus TikTok menjadi kuota utama. Meskipun terlihat tidak memungkinkan, namun beberapa orang berhasil mengubahnya.

Agar proses mengubahnya tidak terkendala, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Psiphon Pro atau HTTP Injector.

Baca Juga :  Profil dan Alamat Distributor Produk Mayora Terbaru 2024

Adapun langkah-langkah mengubah kuota TikTok dengan menggunakan HTTP Injector, yakni diantaranya sebagai berikut :

  • Silahkan Instal aplikasi HTTP Injector terlebih dahulu melalui Play Store di pnsel.
  • Kemudian download config operator melalui link https://sfile.mobi/.
  • Buka aplikasi HTTP Injector.
  • Tekan opsi menu Import Config.
  • Lalu masukkan config.
  • Terakhir, tekan tombol Mulai.
  • Selesai.

Setelah kuota bonus berhasil diubah menjadi kuota reguler, kamu juga dapat menggunakan kuota tersebut untuk mengakses aplikasi lainnya.

Apakah kuota Bonus TikTok Bisa di Ubah Menjadi Kuota Utama Tanpa Aplikasi?

Banyak sekali orang yang bertanya-tanya apakah kuota bonus bisa di ubah menjadi kuota utama tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Tahukah kamu, hingga saat ini kuota bonus TikTok tidak bisa diubah menjadi kuota utama tanpa menggunakan aplikasi. Satu-satunya cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi yang telah di jelaskan.

Meskipun harus menggunakan paket data dan memerlukan ruang penyimpanan, namun cara ini terbukti bisa mengubah kuota bonus TikTok menjadi kuota reguler.

Tips Menggunakan Kuota Internet Tiktok

Tips Penjelasan
Batasi Waktu Penggunaan Tetapkan batasan waktu untuk menggunakan TikTok agar tidak menghabiskan terlalu banyak kuota internet dalam satu sesi.
Aktifkan Mode Hemat Data TikTok memiliki mode hemat data yang dapat mengurangi penggunaan kuota internet. Aktifkan opsi ini di pengaturan aplikasi.
Preload Video TikTok memungkinkan Anda untuk memuat sejumlah video sekaligus saat terhubung ke Wi-Fi, sehingga Anda dapat menontonnya secara offline.
Tonton Video Berkualitas Rendah Pilih opsi untuk menonton video dengan kualitas yang lebih rendah jika tujuan Anda adalah menghemat kuota internet.
Hentikan Penggunaan Latar Belakang Pastikan aplikasi TikTok berhenti berjalan di latar belakang untuk menghindari penggunaan tak terduga kuota internet.

Postingan Menarik Lainnya : 3 Cara Beli Koin Tiktok Pakai Pulsa Telkomsel, Indosat, XL, Axis

Kesimpulan

Kenapa Kuota TikTok Tidak Bisa Digunakan
Kenapa Kuota TikTok Tidak Bisa Digunakan?

Maka kesimpulan yang dapat kita tarik dari pembahasan kenapa kuota TikTok tidak bisa digunakan paling umum yaitu koneksi internet yang digunakan tidak bagus atau sedang down.

Untuk mengatasinya, kamu dapat berpindah tempat dengan mencari lokasi yang memiliki koneksi jaringan yang lancar. Selain keempat cara diatas, kamu juga bisa menghubungi CS dari provider yang kamu gunakan.

Semoga informasi kenapa kuota TikTok tidak bisa digunakan ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu di pembasan selanjutnya.

Back to top button

Promo Top Up Game Termurah✅

Download Aplikasi Mocipay